Estimasi Biaya Renovasi Kolam Renang di Apartemen Lantai 28

“Mengetahui perkiraan biaya renovasi kolam renang skimmer dan overflow ini, cukup berguna sebagai acuan dalam merenovasi kolam renang”.

Pada dasarnya kebutuhan untuk merenovasi kolam renang kolam renang itu muncul, ketika kolam renang tersebut sudah tidak berfungsi dengan maksimal.

Selain itu, yang mendasari kenapa sebuah kolam renang perlu di renovasi, yaitu bosannya (si pemilik) dengan tampilan kolam renang yang sudah lama.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan estimasi / perkiraan biaya renovasi kolam renang, ijinkan saya mengurai sedikit tentang kelompok permasalahan dan beberapa alasan yang mendasari perlunya merenovasi kolam renang.

Permasalah kolam renang dan alasan inilah yang umumnya sering saya temukan. Sehingga pemilik kolam renang membutuhkan tindakan untuk segera merenovasi kolam renang.

I. Kebutuhan renovasi kolam renang akibat kerusakan

Kebutuhan untuk meenovasi kolam renang akan datang ketika terdapat kerusakan, sehingga fungsi kolam renang tidak lagi maksimal. Jenis kerusakan tersebut diantaranya:

1. Keretakan konstruksi kolam renang :

Retaknya konstruksi kolam renang sudah jelas akan mempengaruhi fungsi kolam renang tersebut. Level air kolam renang akan berkurang signifikan setiap hari. Itulah kenapa jika ditemukan keretakan pada konstruksi, pemilik harus segera merenovasi. Ini dilakukan agar kolam renang bisa berfungsi maksimal.

2. Rusaknya sistem pemipaan (plumbing system)

Gagalnya dalam proses instalasi pemipaan atau rusaknya plumbing system pada kolam renang, bisa mengkondisikan pemilik untuk melakukan renovasi kolam renang tersebut.

Instalasi plumbing system yang tidak baik, akan berpengaruh terhadap sistem sirkulasi air kolam renang.

Kebocoran pada instalasi pemipaan juga harus segera diperbaiki. Apabila kebocoran berasal dari plumbing system, maka debit air kolam renang juga bisa berkurang drastis.

Buruknya sirkulasi kolam renang, akan mengakibatkan air kolam renang sulit mencapai kondisi maksimal. Keruh, hijau, dan susah dijernihkan akan menghantui air kolam renang tersebut.

Jika sebuah kolam renang menemui masalah seperti ini, saya sarankan untuk segera merenovasi secepatnya. Jika tidak segera direnovasi, maka akan membutuhan penambahan air setiap hari.

Pembiaran seperti ini, bisa berdampak pada meningkatnya bebas biaya operasional kolam renang.

Hubungi perusahan jasa kontraktor kolam renang langganan Anda untuk mengatasi hal ini.

Kemudian, jenis kerusakan ke tiga yang bisa mengakibatkan kolam renang tidak berfungsi maksimal yaitu

3. Kerusakan pompa / filter kolam renang.

Pompa dan filter kolam renang merupakan katalis utama dalam sistem sirkulasi air kolam renang. Apabila terdapat kerusakan di kedua komponen ( pompa dan filter) tersebut, maka pemilik kolam renang wajib segera memperbaikinya.

Apabila tidak memungkinkan dilakukan perbaikan pada pompa / filter, maka tidak ada pilihan lain kecuali mengambil langkah untuk mengganti komponen yang rusak tersebut. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar sirkulasi air kolam renang tetap bisa berjalan.

Saya mendapat input dari tim saya. Banyak ditemukan (pada saat proyek renovasi) pembuatan ukuran ruang mesin yang salah. Ini akan merepotkan siapa saja, termasuk petugas perawatan yang selalu masuk ke dalam ruang mesin untuk perawatan.

Selin itu, kita juga sering melihat penggunaan ukuran pipa tidak tepat. Dengan ukuran yang salah, maka kerja pompa tidak optimal.

Kondisi ini akan berdampak pada sistem sirkulasi air kolam renang secara keseluruhan. Jika kolam renang Anda menemukan kondisi seperti ini, maka kebutuhan untuk merenovasi kolam renang tidak bisa dielakkan.

Pompa dan filter bisa dikatakan sebagai jantungnya sitem sirkulasi kolam renang. Tidak maksimalnya fungsi kedua komponen itu akan berdampak pula terhadap fungsi kolam renang Anda.

Kita lanjutkan permasalahan yang ke emapat yaitu …

4. Terkikisnya Nut

Terkikisnya nut keramik / mosaic merupakan hal yang lumrah terjadi. Kolam renang yang sudah lama digunakan umumnya menemui permasalahan ini.

Jika kolam renang Anda sudah cukup umur, sudah lama beroperasi, maka nutting ulang sangat dianjurkan untuk tetap menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna kolam renang.

Nat yang terkikis, jika dibiarkan bisa merusak pinggiran keramik. Keramik yang ikut terkikis akan menjadi tajam dan beresiko melukai orang yang berenang. Itulah kenapa nutting ulang juga perlu diagendakan dalam merenovasi kolam renang.

Selanjutnya, jenis kerusakan ke lima yang bisa mengakibatkan kolam renang tidak berfungsi maksimal yaitu

5. Terlepasnya Keramik Mosaic

Keramik / mosaic bisa terlepas diakibatkan adanya pembiaran ketika nut keramik sudah mulai terkikis. Selain itu, keramik juga bisa terlepas akibat dampak dari penggunan obat-obatan ( chemical ) perawatan kolam renang.

Jika sebuah kolam renang sudah ditemu kenali kondisi seperti ini, maka wajib menyusun agenda untuk melakukan renovasi kolam renang.

Menurut saya itulah jenis – jenis kerusakan yang yang segera membutuhkan renovasi, karena berdampak terhadap fungsi kolam renang secara umum.

Sekarang kita masuk ke dalam kelompok kebutuhan renovasi kolam renang akibat bosan dengan tampilan kolam renang yang sudah lama.

II. Kebutuhan Merenovasi kolam renang akibat bosan dengan konsep/desain lama

Selain kerusakan yang mengakibatkan kolam renang tidak berfungsi maksimal. Alasan di bawah ini juga bisa menjadi penyebab kenapa kolam renang butuh direnovasi.

1. Penggantian Jenis Material finishing

Tidak sedikit klien yang ingin mengganti lantai dan dinding kolam renang dari keramik menjadi mosaic. Hal ini dilakukan, karena pemilik ingin meningkatkan visualisasi kolam renang mereka.

Banyak juga yang merenovasi kolam renangnya hanya karena ingin mengganti bibir kolam renang, dari keramik menjadi batu alam. Batu andesit memang banyak menjadi pilihan untuk bibir kolam renang ssaat ini.

Tidak sedikit pemilik kolam merenovasi hanya untuk melakukan perubahan atau penambahan decking pada kolam renang. Misalnya pemilik kolam renang ingin menambahkan elemen kayu pada decking kolam renangnya.

Kemudian alasan kedua kenapa membutuhkan renovasi kolam renang yaitu …

2. Merubah kedalaman kolam renang

Kebutuhan upgrade kedalaman kolam renang kadang diperlukan. Pada saat pertama kali kolam renang dibangun, pemilik kolam renang masih mempunyai anak kecil dan belum bisa berenang.

Sehingga kedalaman kolam renang pada saat pertama kali dibangun, belum mengakomodir kebutuhan berenang orang dewasa.

Setelah anak bisa berenang dan tumbuh semakin besar, maka kebutuhan renovasi untuk memperdalam kolam renang itu hadir.

Tim saya juga sudah sering menangani masalah seperti ini. Anda juga bisa melihat kasus kasus renovasi seperti ini dan kasus renovasi lainnya di youtube, Dimulti Pool channel.

3. Merubah Sistem Sirkulasi

Kebutuhan merenovasi kolam renang untuk merubah sitem sirkulasi dari sebelumnya berjenis sirkulasi kolam renang skimmer kemudian dirubah menjadi sirkulasi kolam renang overflow adalah hal yang biasa.

Pemilik kolam renang sudah bosah dengan tampilan kolam renang skimmer kemudian ingin merubah menjadi kolam renang jenis overflow.

Overflow banyak menjadi pilihan, apabila kondisi lahan memungkinkan. Selain itu dengan sirkulasi overflow, kotoran tidak pernah telihat di permukaan air kolam renang.

Limpahan air dari bibir kolam renang yang masuk ke dalam gutter juga menjadi alasan kenapa banyak yang tertarik memiliki kolam renang bersirkulasi jenis overflow.

Kemudian alasan yang ke emapat kenapa orang butuh renov …

4. Merubah Kolam renang Chemical menjadi kolam renang garam

Kebutuhan renovasi kolam renang juga bisa hadir apabila pemilik kolam renang ingin upgrade kolam renang lamanya. Dari kolam renang yang perawatannya menggunakan obat-obatan menjadi kolam renang garam.

Saya juga sudah merubah cara treatment dari kolam renang chemical ke kolam renang garam. Anda tertarik untuk memiliki kolam renang garam ? Silahkan hubungi saya :-). “iklan mode on”

Itulah kira-kira yang mendasari kenapa pemilik kolam renang perlu menyiapkan anggaran biaya untuk renovasi kolam renang.

Saatnya masuk ke pembahasan yang utama yaitu tentang estimasi / perkiraan biaya renovasi kolam renang.

Estimasi Biaya Renovasi Kolam Renang

Berbeda dengan rincian perkiraan biaya pembuatan kolam renang. Di sana dilaskan lebih terperinci estimasi biayanya.

Perkiraan biaya renovasi kolam renang dalam artikel ini, tidak akan saya rinci. Saya akan mengambil satu contoh salah satu proyek renovasi kolam renang pada salah satu apartemen mewah di Jakarta Selatan.

Mari kita lanjutkan …

Hal hal yang mempengaruhi biaya renovasi kolam renang cukup beragam. Secara garis besar, ukuran luas kolam renang merupakan kondisi yang paling mempengaruhi besarnya biaya renovasi kolam renang.

Selain itu, material yang digunakan juga akan berpengaruh signifikan terhadap besaran biaya renovasi. Itulah kenapa saya kurang semangat merinci biaya renovasi. Ngeles aja sih 🙂

Apabila Anda ingin mendapatkan estimasi / perkiraan biaya renovasi kolam renang lebih rinci, silahkan hubungi saya. Saya dan tim akan segera merespon secepatnya termasuk rincian RAB pekerjaan renovasinya.

Yuk kita lihat study case renovasi kolam renang di apartemen. Informasi ini saya unggah dengan tujuan untuk memberikan referensi kepada Anda.

Contoh Kasus Kebocoran – Renovasi kolam renang

Proyek : Renovasi Kolam Renang dan Jacuzzi

Pemilik : Nama apartemen di Sensor Apartemen Jakarta Selatan

Ukuran Kolam Renang : 11m x 2,5m x 0,8m

Lokasi : Alamat lengkap disensor Jakarta Selatan
Input : kolam renang + Jacuzzi mengalami kebocoran, kebocoran tersebut sampai pada unit dibawahnya.

1. Dokumentasi sebelum proses renovasi

Gambar kolam jacuzzi pada saat belum direnovasi. Renovasi kolam renang ini tepatnya berada di lantai 28.

kolam renang sebelum renovasi kebocoran
kolam renang sebelum renovasi kebocoran

Kolam renang sudah tidak bisa diisi air karena terjadi kebocoran pada konstruksi. Selain itu juga terdapat kebocoran pada instalasi pipa lama.

Kebocoran ini sudah sangat parah, bahkan sampai menetes hingga ke ruang yang berada di bawah kolam renang tersebut.

2. Proteksi area renovasi

proteksi area renovasi kolam renang
Melakukan proteksi di area renovasi kolam renang

Terdapat barang barang mewah disekitar area pekerjaan, menjadikan tim saya wajib mengantisipasi terjadinya kerusakan di sekitar pekerjaan. Proteksi area diperlukan dengan tujuan untuk meminimalisir potensi kerusakan pada properti di area perbaikan / renovasi.

Proteksi tim saya lakukan menggunakan alat yang sederhana. Seperti: triplek, plastik dan kardus. Intinya melindungi properti di sekitar area kerja agar tidak kotor, tidak lecet dan tidak rusak

3. Pembongkaran Mosaic lama

pembongkaran mosaic lama dan beton
Pembongkaran mosaic lama dan beton

Pembongkaran beton dan juga mosaic lama dilakukan untuk menjalankan pekerjaan sesuai dengan SPK renovasi.

4. Waterproofing Tahap Pertama Setelah Pembongkaran Mosaic Beton

Sesuai dengan kesepakatan bahwa setelah pembongkaran dilakukan pekerjaan waterproofing telebih dahulu.

waterproofing tahap pertama
Waterproofing tahap pertama

5. Penggantian Pipa Sirkulasi

penggantian pipa sirkulasi
penggantian pipa sirkulasi

6. Pembesian

pembesian lantai kolam renang
Pembesian lantai kolam renang

Menggunakan besi beton berdiameter 8 mm jarak anyaman 10 cm

7. Pembuatan Bekisting

pembuatan bekisting
Pembuatan bekisting

8. Pengecoran

pengecoran kolam renang
pengecoran kolam renang

9. Waterproofing Tahap kedua

water proofing tahap kedua
water proofing tahap kedua

10. Instalasi / Penarikan jalur pipa varijet yang sudah disparing

penarikan jalur pipa varijet
penarikan jalur pipa varijet

11. Plester

Proses pekerjaan plester ulang
Proses pekerjaan plester ulang

12. Pengetesan Kebocoran

pengetesan kebocoran
pengetesan kebocoran

13. Pemasangan Mosaic

Pemasangan mosaic
Pemasangan mosaic
Proses pemasangan ulang mosaic
proses pemasangan mosaic sudah selesai

14. Pengisian air sekaligus pengetesan sirkulasi air

pengisian air kolam renang dan pengetesan sirkulasi
proses pengetesan sirkulasi saat air kolam renang sudah penuh

Demikian 14 tahapan dari satu contoh proses renovasi kolam renang di lantai atas. Tepatnya di lantai 28 sebuah apartemen di bilangan Jakarta selatan.

Estimasi biaya kolam renang yang saya tulis di bawah adalah perkiraan dari proyek renovasi kolam renang dan jacuzzi ini.

Perkiraan biaya renovasi kolam renang dalam RAB sederhana meliputi deskripsi pekerjaan seperti di bawah ini:

No.DescriptionVolumeSatuan
1Bongkar Mosaic dan pengupasan beton39.75m2
2Pembesian, Bekisting dan pengecoran39.75m2
3Plester Levelling 39.75m2
4Waterproofing polyurea 39.75m2
5Pemasangan Mozaik39.75m2
6Perbaikan Instalasi plumbing system 1.00ls
7Inlet Fitting 4.00Unit
8Varijet Pack A / Pack B8.00Unit
9Airator Blower 32.00Unit
10Air Control 4.00Unit
11Vacuum Fitting 2.00Unit
12Cover Maindrain 3.00Unit
13LED lamp5.00Unit
14Debris Removal1.00ls
15Penyambungan Beton, Pembuatan Gutter , Pemasangan Mozaik13.50m2
16Perubahan Jalur Inlet Fitting1.00ls

Estimasi biaya renovasi kolam renang seperti kasus di atas, menghabiskan biaya sekitar Rp 200.000,000,- an

Untuk mendapatkan estimasi / perkiraan biaya yang akurat, silahan menghubungi saya. Dalam waktu maksimal 1×24 saya akan berusaha merespon Anda.

Jika saya terlambat menjawab akibat keterbatasan waktu, akan saya delegasikan ke tim saya secepatnya. Tentunya akan saya forward ke orang yang memiliki kapasitas di bidangnya.

Sekali lagi, perkiraan biaya renovasi kolam renang dengan jenis pekerjaan kurang lebih seperti yang ada pada tabel di atas, membutuhkan biaya renovasi sekitar Rp 200 an juta.

Penyebab Biaya Renovasi Kolam Renang jadi Mahal

Beberapa penyebab biaya renovasi kolam renang membengkak padahal ukuran kolam renang terbilang kecil. Diantaranya yaitu:

  • Luas kolam renang
  • Material kolam renang (Menggunakan material impor, merek mosaic import misalnya)
  • Akses ke lokasi renovasi terbatas
  • Waktu kerja dibatasi (jam kerja lebih pendek)
  • Terdapat aturan kusus dalam menggunakan lift kerja
  • Tidak boleh ada puing. Dengan ketentuan tidak boleh ada puing, berarti pemborong kolam renang harus selalu standby kendaraan buang puing.

Itulah kenapa kolam renang pribadi atau kolam renang dengan ukuran kecilpun bisa memakan anggaran biaya renovasi kolam renang menjadi mahal.

Jika Anda membutuhkan jasa renovasi kolam renang, giliran Anda untuk menghubungi saya sekarang.

Terima kasih

About Author: Umbul Narmadi

Gravatar Image
Ayah dari 3 anak. Di sini tempat saya belajar menulis tentang dunia usaha / bisnis. Suka membaca, asalkan bukan bacaan yang serial. Bekerja di PT. DIMULTI - I Love blogging ! - My blog

Comment

Leave a Reply