Desain kolam renang minimalis merupakan bentuk yang paling cocok untuk dibangun pada lahan kecil / lahan yang terbatas.

Kolam renang saat ini sudah semakin menjamur di berbagai kalangan. Kebutuhan atas kepemilikan kolam renang juga semakin meningkat mengikuti perkembangan zaman.

Dahulu kolam renang hanya bisa dibangun di perkotaan. Dibangun oleh segelintir orang yang memiliki uang. Saat ini, kolam renang sudah banyak menjamur di daerah kabupaten. Bahkan di kota kecamatan.

Dengan kebutuhan tersebut, menyebabkan creativitas para pendesain kolam renang dituntut untuk lebih. Desain kolam renang dipaksa untuk adaptif dan bisa diterapkan diberbagai ketersediaan lahan. Mau lahan yang luas ataupun lahan sempit, sang designer wajib handal melahirkan ide desain.

Desain kolam renang harus bisa disesuaikan baik untuk konsep yang minimalis maupun untuk konsepan lahan yang luas. Tentu saja setiap konsep harus memenuhi beberapa standart agar bisa mendapatkan hasil yang memaksimal.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Kolam Renang Minimalis

Tidak hanya proses pembangunan rumah yang perlu diperhatikan. membuat kolam renang juga memerlukan perhatian khusus. Terlebih jika pembangunan kolam renang tersebut diproses setelah rumah berdiri.

Konsep rumah minimalis, akan menjadi lebih indah jika dibangun kolam renang dengan konsep desain kolam renang minimlis juga. Berikut hal-hal yang bisa menjadi referensi Anda.

1. Penentuan Lokasi Kolam Renang

Desain kolam renang minimalis bisa disesuikan dengan lokasi yang akan digunakan. Kolam renang dengan desain yang minimalis ini haruslah disinkronisasikan dengan berapa luas lahan yang tersedia.

Selain itu juga harus dipertimbangkan, lahan mana yang bisa digunakan untuk pembangunan kolam renangnya.

Apabila ukuran lahan di bagian dalam rumah lebih besar, maka desain minimalis indoor adalah pilihan yang tepat. Namun jika area luar rumah yang lebih besar, maka yang bisa dipilih adalah desain minimalis outdoor.

Desain kolam renang minimalis ini dipengaruhi oleh luas tidaknya lahan yang dimiliki. Bahkan penentuan untuk jenis indoor maupun outdoornya juga dipengaruhi oleh ukuran yang dimilikinya.

Lokasi kolam renang merupakan hal pertama yang harus benar-benar diperhatikan dan dipikirkan dengan matang. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi kejelasan dan kelancaran proses pembangunan dari kolam renang minimalis yang satu tersebut.

Desain kolam renang minimalis ini bisa diwujudkan jika lahan yang dimiliki memang memenuhi syarat yang ada. Anda juga bisa menyesuaikan lebih awal desain rumah yang akan dibangun kolam renang. Baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Desain rumah yang mendukung, akan menunjang keindahan. Selain itu, akan mempermudah Anda dalam memiliki kolam renang yang sesuai dengan impian Anda.

2. Permukaan Kolam Renang

Pembuatan desain kolam renang minimalis juga dipengaruhi oleh permukaan kolam renang yang dipilih atau dihasilkan. Ada beberapa permukaan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Umumnya bisa muncul ke atas atau cenderung masuk ke dalam. Kedua model ini sangat umum digunakan dan cocok untuk desain kolam renang minimalis dengan kondisi apapun.

Permukaan kolam renang nyatanya bisa menjadi penentu minimalis tidaknya sebuah kolam renang yang akan dihasilkan nantinya. Permukaan kolam renang yang tepat akan mewujudkan kolam renang minimalis yang diinginkan.

Model yang muncul ke atas biasanya digunakan untuk minimalis yang tidak begitu tinggi, namun untuk minimalis yang tinggi menggunakan model yang masuk ke dalam.

Permukaan desain kolam renang minimalis ini mampu memberikan sentuhan yang berbeda pada setiap bentukan kolam renang yang dihasilkan.

Tentu saja modelnya berhasil membuat siapa saja jatuh cinta dengan view yang dihasilkan. Permukaan yang tepat sesuai dengan kondisi lahan yang ada, akan membuat sebuah kolam renang terlihat lebih enak untuk dinikmati.

3. Fungsi

Fungsi bagi kolam renang minimalis tentu saja hanya sebatas keperluan pribadi dan latihan yang terbatas. Untuk kebutuhan kompetisi dan komersial nyatanya desain kolam renang minimalis ini tidak cocok.

Desain minimalis yang cocok bisa digunakan untuk kepentingan yang tidak melibatkan banyak orang di dalam kolam renang tersebut. Fungsi yang cocok untuk kolam mini ini akan sesuai dengan kapasitas kolam renang itu sendiri.

Fungsi lainnya dari konsep desain kolam renang minimalis ini yaitu, bisa digunakan untuk keperluan bermain bersama keluarga. Bisa juga untuk bersantai sendiri maupun membuat kesan yang romantis bersama pasangan dan juga bermain bersama anak-anak.

Sementara untuk fungsi lainnya seperti untuk keperluan pertandingan / perlombaan, model dengan konsep minimalis ini tidak cocok. Selain ukurannya yang tidak sesuai, tujuan pembangunannya memang di sengaja tidak dipergunakan untuk keperluan kompetisi.

4. Bentuk Kolam Renang

Bentuk dari kolam renang ini bisa disesuaikan untuk kepentingan minimalis juga. Bentuk kolam renang yang minimalis bisa disesuaikan dengan lahan yang dimilikinya.

Model minimalis nyatanya bisa digunakan untuk lahan yang kecil memanjang maupun yang melebar namun tidak panjang. Bentuk kolam renang minimalis bisa didesain dengan baik dan sesuai dengan kebutuhannya.

Bentuk kolam renang minimalis bisa juga dikonsep awal sesuai dengan bentukan rumah minimalisnya. Sehingga bisa langsung saja dibentuk dimana tempat kolam renang minimalis akan dibangun.

Entah bentuk memanjang maupun melebar baik di luar maupun di dalam ruangan. Bentuk kolam renang yang ideal untuk rumah yang minimalis, bisa menjadi pemicu / pemanis rumah tersebut.

Selain itu dengan adanya kolam renang di dalam rumahm, jelas akan menambah keindahan rumah tersebut dan meningkatkan nilai jual sebuah hunian.

5. Material Kolam Renang

Material yang digunakan untuk kolam renang yang minimalis tentunya tidak perlu material yang berat dan berlebihan. Material umum yang digunakan untuk kolam renang yang minimalis adalah beton, keramik atau batuan alam.

Tergantung tingkat keindahan yang diinginkan dalam sebuah kolam renang tersebut. Material kolam renang juga mempengaruhi view dari kolam renang yang akan dihasilkan nantinya.

Semakin cantik material yang dipilih, maka tidak perlu lagi hiasan tambahan yang harus ada dalam suatu ruangan. Material kolam renang yang cantik dan alami semakin direkomendasikan untuk dipilih karena mampu membuat kolam renang semakin berkelas dan elit.

Batuan alam dan beton adalah material yang cocok untuk kolam renang minimalis karena akan membuatnya nyaman untuk digunakan. Modelnya juga tidak mudah membuat kolam terlihat kotor dan mudah untuk dibersihkan. Bisa dibilang material alam ini adalah material untuk jangka panjang.

Material kolam renang yang cocok jangan lupa disesuaikan dengan bentukan rumah atau material utama yang ada di sekitar rumah untuk memberikan keselarasan di dalamnya. Material yang pas akan membuat kesan minimalisnya semakin terlihat dan nyaman untuk dinikmati.

6. Jumlah Kolam

Untuk rumah dengan konsepan minimalis tidak bisa dibangun banyak kolam renang di dalamnya. Kecuali jika memang sengaja membuat kolam renang dengan lebar dan luas yang kecil-kecil namun memiliki banyak jumlahnya.

Tentu saja hal ini membutuhkan penempatan yang bagus dan juga perawatan yang lebih lagi mengingat tempatnya yang sangat terbatas untuk dibuat yang bagus-bagus.

7. Proses Penggantian Air

Hal yang perlu diperhatikan juga untuk kolam renang yang minimalis adalah proses penggantian air yang terjadi di dalamnya. Entah menggunakan saluran air dari bawah maupun didapatkan dari tempat mana saja yang telah disetting sebelumnya.

Proses penggantian air ini mempengaruhi tingkat kesehatan dari air yang digunakan sehingga penting untuk diperhatikan. Setelah ada penambahan air tentu saja kadar chlorin dan ph akan terpengaruh. Jika tidak dilakukan perawatan dengan cepat, maka air kolam renang tersebut bisa berubah warna kehijauan.

Sebenarnya penggantian air sebuah kolam renang sangat jarang dilakukan, jika kolam renang tersebut dirawat dengan rutin.

Penambahan air memang sering dilakukan karena proses alami penguapan dan terbuangnya sebagian air kolam pada saat dilakukan vacuum perawatan.

8. Style yang Digunakan

Ada beberapa style kolam renang yang bisa dipilih untuk keperluan desain kolam renang yang minimalis. Dimana style yang pertama adalah natural pool. Model ini menggunakan konsep yang lebih alami dan menggunakan bahan-bahan yang lebih modern dan terkesan sejuk untuk dilihat. Style yang cocok untuk bentuk ini dipadukan juga dengan konsep rumah yang alami.

Style kedua adalah model minimalis look dimana model inilah yang cocok untuk bentukan rumah yang super minimalis dan tidak memiliki ornamen banyak di dalamnya.

Style ketiga adalah roman dimana model yang satu ini lebih kekinian dan memakai bahan yang modern serta cocok untuk style rumah apapun.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk desain kolam renang minimalis.

44 Contoh Desain Kolam Renang Minimalis

Dibawah ini adalah 44 contoh gambar desain kolam renang minimalis. Bisa Anda amati, tiru dan modifikasi. Sesuaikan dengan existing desain rumah Anda.

Pilih yang paling cocok desainnya. Tinggal ukuran kolam renangnya menyesuaikan.

Gambar desain kolam renang minimalis di bawah ini bisa diterapkan baik untuk kolam renang indoor maupun outdoor. Bisa dimodifikasi sistem sirkulasinya baik skimmer ataupun overflow.

Jika dengan contoh gambar desain di atas Anda belum menemukan yang cocok dengan selera Anda, Silahkan menghubungi tim Dimulti Pool.

Mereka memiliki tim ahli dan pengalaman yang menawarkan jasa pembangunan, renovasi, perawatan dan juga jasa desain kolam renang. Semoga membantu.

nv-author-image

Umbul Narmadi

Ayah dari 3 anak. Di sini tempat saya belajar menulis tentang dunia usaha / bisnis. Suka membaca, asalkan bukan bacaan yang serial. Bekerja di PT. DIMULTI - I Love blogging !View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *