16 Ide Kerajinan dari Limbah yang Unik dan Keren

Pernah membayangkan ide kerajinan dari limbah untuk dipermak menjadi produk cantik dan menarik yang menghiasi rumah Anda ?

Banyaknya limbah yang disumbang dari aktivitas manusia tiap harinya, membuat sampah tersebut membumbung tinggi.

Dengan ide cemerlang ini, sejatinya dapat mengurangi dampak buruk pencemaran lingkungan yang sangat merugikan tentunya.

Adapun bentuk limbah yang dihasilkan ada bermacam-macam, mulai dari batok kelapa, botol plastik atau kaca, kain perca, kaca, dan masih banyak lagi jenis limbah lainya.

Dan semua sampah yang disebutkan itu sebetulnya masih bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari, apabila barang bekas tersebut didaur ulang menjadi produk siap pakai.

Ide Kerajinan dari Limbah Lingkungan

ide kerajinan dari limbah
ide kerajinan dari limbah – via pinterest.co.uk

Seperti apa yang sudah dikutip di atas, bahwa sampah lingkungan kian hari kian menggunung. Dibutuhkan cara tersendiri untuk mengurangi volume sampah lingkungan.

Salah satunya dengan menciptakan ide kerajinan dari limbah tersebut. Kreativitas sangat diperlukan untuk menghasilkan sebuah karya.

Kerajinan tidak harus sempurna, tetapi yang utama adalah adanya kemuan untuk mengelola limbah menjadi lebih bernilai.

Berkreasi dengan Limbah Botol Bekas

Penumpukan limbah bahan bekas di titik area TPS atau bahkan di sudut jalan maupun pinggir jalan, sungguh penampakan yang sangat memprihatinkan.

Namun seandainya Anda memiliki imajinasi dan kreativitas tinggi serta tergerak melakukan inovasi, limbah ini bisa dimanfaatkan untuk diolah jadi barang yang lebih berguna.

Misalnya pengolahan ide kerajinan dari limbah dengan kreatif dan inovatif dapat menghasilkan produk baru yang tak hanya bermanfaat untuk kegiatan harian, namun kerajinan ini memiliki nilai komersial.

Sebelum menjelaskan kerajinan apa saja yang bisa Anda buat dari barang bekas ini, ada beberapa hal yang mesti dipahami. Seperti manfaat daur ulang botol bekas dan mengapa memilih limbah tersebut.

Untuk Kerajinan Mengapa Mesti Memanfaatkan Botol Bekas?

Sampah botol adalah salah satu jenis barang yang dianggap sebagai limbah pengganggu dalam kelestarian alam, faktanya makin lama semakin banyak penggunaan botol untuk kebutuhan barang dagang berupa cair.

Di mana produk itu kebanyakan memakai botol. Misalnya botol kaca, botol kaleng, botol plastik, dan berbagai tipe botol lainnya.

Umumnya botol-botol jenis ini sangat banyak dan memenuhi tumpukan sampah. Bukan di kota besar saja, namun limbah ini hampir ditemui semua tempat dan hal ini mengakibatkan pencemaran lingkungan.

Apalagi masyarakat masih menganggap enteng tentang bahaya pencemaran lingkungan. Dan ini yang menjadi faktor utama kurangnya pengolahan limbah botol.

Manfaat dari Mengolah Sampah Botol Jadi Kerajinan

Bicara manfaat yang diperoleh dari ide kerajinan dari limbah botol ini sangatlah banyak.

Adapun salah satu manfaatnya ialah Anda turut andil dalam meminimalisir polutan yang mencemari lingkungan, terlebih dengan mengolah botol bekas ini Anda bisa menyalurkan ide kreatif sendiri.

Lagipula botol memang sudah menjadi produk kerajinan tangan, baik itu botol plastik, kaleng, ataupun kaca yang nilai jualnya lumayan tinggi.

Hal ini dikarenakan kurangnya orang yang mau mendaur ulang limbah menjadi barang berupa seni.

Padahal Anda bisa membuat hasil kerajinan ini sebagai mata pencaharian tambahan untuk keluarga, dan menjadikan hal ini sebagai media bagi Anda menambah produktivitas terutama untuk anak-anak muda zaman now.

Berbagai Kerajinan Unik dan Keren dari Botol Bekas

Untuk mengubah limbah botol bekas yang ada dimana-mana ini cukup bermodalkan kreatifitas tanpa batas, keuletan, dan ide kreatif.

Kemungkinan besar barang ciptaan sesimpel itu bisa berfungsi sebagai fasilitas yang berguna untuk kehidupan tiap hari.

Mendaur ulang bahan limbah ini secara tak langsung ikut aktif berperan dalam mengkampanye penyelamatan lingkungan dari limbah. Berikut ini beberapa ide kerajinan dari limbah yang bisa jadi input untuk Anda.

1. Wadah Pensil Unik

wadah pensil unik dari botol
wadah pensil unik dari botol – pinterest.co.uk

Ide kerajinan dari limbah yang pertama adalah bikin wadah pensil dari limbah botol plastik. Bentuk wadah pensil kekinian yang lucu dan imut di letakkan di meja belajar untuk memberi efek refreshing saat anak Anda merasa jenuh ketika belajar.

Cara membuat wadah lucu ini sangat simpel, namun bagi sebagian orang menganggap kalau kerajinan ini sulit dibuat dan memakai bahan yang sukar ditemukan.

Padahal wadah tersebut terbuat dari botol bekas dengan sedikit bumbu kreativitas yang menjadikan botol olahan ini tak ingin dibuang.

2. Hiasan Berbentuk Pinguin dari Botol Plastik

pinguin dari limbah botol plastik
Bikin pinguin dari limbah botol plastik -via nielsonschool.blogspot.com

Ide kerajinan dari limbah yang kedua adalah bikin pinguin dari botol. Bila hiasan berbentuk imut ini di rumah Anda, pasti banyak orang yang tak menyangka kalau hiasan lucu itu dibuat dari limbah botol plastik. Jadi jika Anda memiliki botol bekas jangan cepat membuangnya.

Coba saja untuk membuat kreatifitas dari sampah botol ini, dengan cepat, mudah, dan tak kalah unik hingga bisa menjadi produk bernilai jual tinggi hanya mengandalkan alat sederhana.

Hasil barang keterampilan yang Anda buat selain dapat dipakai sendiri, bisa juga untuk hadiah teman maupun adik yang ingin Anda beri hiasan lucu ini. Kado imut ini pasti sangat berkesan, jadi hadiah yang berkesan tidak selalu yang mahal. Kerajinan ini dapat mewakilkan hal itu.

3. Pot dari Botol Kaca

bikin pot dari botol kaca bekas
bikin pot dari botol kaca bekas -pinterest.co.uk

Kerajinan pot dari botol selai atau botol kaca bekas yang biasanya akan dibuang sesudah habis pakai ini, bisa disulap sebagai media menanam bumbu masakan untuk dapur Anda.

Tak hanya mudah, membuat kerajinan ini pun tidak banyak biaya yang dikeluarkan. Sehingga Anda bisa menghemat biaya untuk dialokasikan untuk membeli bahan makanan ataupun barang lainnya. 

Dengan media tanam ini Anda tidak usah membeli beberapa jenis bumbu dapur, sebab di dalam dapur telah tersedia tanamannya.

Memanfaatkan botol bekas ini Anda dapat mengurangi risiko penyakit DBD dari nyamuk demam berdarah yang bertelur dalam genangan air, di mana genangan air ini acap kali ada di botol bekas. Anda bisa mengdopsi ide kerajinan dari limbah ini.

4. Pot Tanaman dari Botol Plastik

pot tanaman dari botol plastik
pot tanaman dari botol plastik

Ide kerajinan dari limbah yang keemapt adalah bikin pot dari botol plastik.

Pernahkah terlintas dalam benak Anda kalau botol yang biasa dibuang ini ternyata dapat dibuat pot bunga yang keren.

Bermodal pisau atau gunting, selang kecil untuk media penyiraman tanaman dan bisa juga dimanfaatkan menggantung botol.

Ini adalah kerajinan tangan yang sangat mengesankan untuk menambah keindahan pekarangan rumah yang indah. Meski simpel tapi terlihat elegan dan keren.

5. Dompet Unik dari botol

bikin dompet dari botol bekas
bikin dompet dari botol bekas – pinterest

ide kerajinan dari limbah yang kelima adalah membuat dompet dari botol. Tahukah Anda, hanya dengan resleting, sejumlah botol bekas, dan sedikit sentuhan benang dan jarum buat menjahit dapat menjadi dompet mungil yang bisa Anda bawa kemana-mana.

Apalagi kalau dompet itu dihias menggunakan cat. Sungguh tak terbayang betapa kerenya dompet dari limbah botol ini.

6. Kerajinan Tangan Office Organizer dari Botol Plastik

bikin office organizer dari botol
bikin office organizer dari botol – pinterest

Ide kerajinan dari limbah yang keenam adalah bikin office organizer dari botol. Bukan hanya menjadi wadah pensil, botol bekas ini juga bisa dipakai untuk tempat menaruh peralatan kecil atau media office organizer.

Sebagian besar orang terkadang ribet dan bingung menyimpan barangnya dan hasilnya banyak barang yang sulit ditemukan atau bahkan hilang. Ide kreasi dari botol bekas ini merupakan solusi untuk membuat produk daur ulang yang kreatif dan sangat berguna.

Dengan bahan gunting, bungkus kado, kertas kardus kecil, dan lem. Kamu dapat mengoptimalkan botol bekas menjadi barang yang bermanfaat dan nilai komersialnya tinggi. Cukup mengejutkan bukan, hanya dengan bahan simpel bisa menghasilkan sejuta manfaat.

7. Kalung dari tutup botol

Ide kerajinan dari limbah yang ketujuh adalah membuat kalung dari tutup botol. Siapa yang menyangka benda yang lebih sering dibuang yakni tutup botol ini bisa dikreasikan jadi kalung yang cantik dan elegan.

Anda hanya perlu memberi hiasan tambahan seperti rantai kalung dan pernak pernik pemanis lainnya. Tanpa sengaja Anda telah menciptakan barang dengan nilai estetika tinggi, begitupun nilai jualnya.

8. Kerajinan Jam dari Tutup Botol

bikin jam dinding dari tutup botol
bikin jam dinding dari tutup botol – via julita999.blogspot.com

Jika Anda memiliki tutup botol dan mesin jam bekas namun layak pakai. Anda dapat menggabungkan benda-benda tersebut menjadi hiasan dinding rumah yang unik dan menarik.

Jadi bila di gudang rumah ada kedua barang ini, Anda dapat langsung aplikasikannya menjadi jam dinding terunik dalam rumah.

9. Lampu Unik dari Botol

bikin lampu hias dari botol dan sendok plastik
bikin lampu hias dari botol dan sendok plastik – via anekakreasi.com

Ide kerajinan dari limbah yang kesembilan adalah membuat lampu. Bagi orang yang memiliki kreativitas tinggi melihat banyak barang bekas itu bagaikan harta karun, mengapa? Dari limbah barang bekas tersebut dapat dibuat produk layak guna.

Contohnya lampu dari paduan dua barang bekas yakni sendok makan bekas dan botol. Tampak sederhana memang tapi sangat bermanfaat dan bisa Anda jual dengan harga tinggi.

Ditambah sentuhan kuas cat yang membentuk gambar menarik, tentunya orang-orang akan terpikat dan ingin memiliki lampu tersebut.

10.Tempat Charger Ponsel dari Botol

tempat charger dari botol
tempat charger dari botol – pinterest

Ide kerajinan dari limbah yang kesepuluh adalah membuat tempat charger ponsel. Sebaiknya kalau Anda menemukan botol plastik shampo yang ada di kamar mandi. Jangan langsung Anda buang.

Sebab barang tersebut masih bisa dikreasikan menjadi sebuah kerajinan yang sangat bermanfaat seperti tempat charger handphone ini. Dengan karya unik yang bernilai guna dan jual tinggi cukup menggunakan gunting, cat, spidol, dan amplas ini sangat mudah di dapat.

11. Teko dari Botol Bekas

Ide kerajinan dari limbah yang kesebelas adalah membuat teko dari botol bekas. Kerajinan botol bekas bisa membuat barang yang dianggap tak berguna dapat diubah jadi peralatan rumah tangga.

Seperti alat teko di mana botol bekas yang sering di anggurin ternyata bisa sulap menjadi teko beserta gelasnya. Anda pasti tidak terbayang botol bekas jadi teko, apalagi cara membuatnya sangat simpel dan mudah.

12. Keranjang Keren dari Tutup Botol Plastik

Tutup botol bekas dan lem bisa Anda olah menjadi sebuah karya yang sangat berguna dengan kreativitas yang terasah. Bila biasanya Anda bingung meletakkan baju kotor maupun barang mainan yang berserakan bisa dimasukkan keranjang unik ini dan menjadi alternatif untuk wadah jika masih bingung mencari tempat menaruh barang tersebut.

13. Pot Lucu dan Cantik dari Botol Bekas

Membuat pot yang simpel tanpa menggunakan bahan tambahan yang aneh dan ribet. Untuk menunjukkan kreativitas Anda, selain membuat desain gambar lucu di pot Anda juga dituntut untuk melukis sebagai sentuhan akhir pembuatan pot. Anda pun bisa membuat pot indah dengan kreasi kerajinan dari stik es krim yang sudah tidak dipakai di rumah.

14. Kerajinan Tangan Bunga dari Botol Plastik

Pastinya Anda sering melihat bunga palsu yang dari kertas maupun kain. Sepertinya  produk itu terbilang terlalu umum. Anda mesti mencoba membuat benda ketrampilan tangan dari botol bekas yakni bunga buatan.

Produk anti mainstream ini terbuat dari bahan yang tak perlu Anda beli, cukup siapkan saja peralatan sederhana seperti, lem, gunting, tangkai dari sedotan, cat, dan botol bekas tentunya. Kalau Anda mempunyai pernak pernik bisa ditambahkan sehingga bunga buatannya makin cantik.

15. Kerajinan Gelang Kece dari Botol

Sekarang ini, mencocokan aksesoris dengan gaya sederhana dan unik menjadi style populer. Anda pun dapat membuat aksesoris tersebut dengan kerajinan dengan menggunakan botol bekas untuk membuat gelang keren.

Di sini pun Anda bisa mengeksplorasi kreativitas pada bidang fashion. Jadi kerajinan limbah botol ini tidak hanya untuk peralatan rumah, hasil kerajinan ini bisa juga untuk menunjang penampilan diri jadi lebih fresh dan unik.

Melihat hasil keterampilan dari pengolahan limbah ini, benda apa yang ingin Anda buat? Membuat kerajinan dari limbah barang bekas, selain membantu mengurangi pencemaran lingkungan ide kerajinan dari limbah ini sangat berpotensi membuka ide bisnis.

16. Kalender dari Tutup Botol

Bingung mau manfaatkan tutup botol yang masih banyak berserakan? Buat saja kalender dengan tutup botol dan magnet yang anti mainstream yang keren dibanding yang lain.

Proses pembuatan yang simpel hanya mewarnai tutup botol dan menempelkan magnet di belakangnya dan taraaaa! kalender magnet tutup botol sudah selesai, untuk warna dan gambar selera masing-masing guys!

Sudah menemukan inspirasi ? Tuliskan dikomentar. Mana ide kerajinan dari limbah yang ingin Anda tiru. 🙂

Tinggalkan komentar

Tarif dan Biaya Sertifikasi SDPPI
Tarif dan Biaya Sertifikasi SDPPI – Kominfo (Update 2024)
produk wajib disertifikasi sdppi
67 HS CODE Produk Wajib Disertifikasi SDPPI/Kominfo
biaya pengujian
Biaya Pengujian Alat Telekomunikasi di 4 Lab
sertifikasi sdppi
2 Prosedur Sertifikasi SDPPI/Postel yang Perlu Diketahui
Daftar Produk Wajib SNI Terbaru
12 Kategori Produk SNI Wajib
Persyaratan Mendapatkan sertifikat SNI
9 Langkah Mendapatkan sertifikat SNI
daftar produk wajib sni
261+ Daftar Produk Wajib SNI
Desain Pembangunan Perawatan Renovasi
konstruksi kolam renang
Konstruksi Kolam Renang yang Baik dan Benar
obat penjernih kolam renang
9 Obat Penjernih Kolam Renang dan Harganya
ide desain kolam renang minimalis
45 Desain Kolam Renang Minimalis yang Menginspirasi
Kota Peluang Usaha Video
SIUJK - surat izin usaha jasa kontstruksi
SIUJK – Pengertian, Keuntungan/Manfaat, Persyaratan
Memulai Bisnis Kontraktor
7 Tips Memulai Bisnis Kontraktor & Prosedurnya
Cara Mengatur Keuangan
15 Cara Mengatur Keuangan Perusahaan Konstruksi