Mengetahui chemical / obat kolam renang sangat membantu Anda dalam melakukan treatment / perawatan air kolam renang. Pemberian dosis chemical yang tepat akan menghasilkan kejernihan air kolam yang maksimal dan sehat untuk berenang.

Menyenangkan sekali memiliki kolam renang pribadi di rumah. Bentuk desainnya pun bisa disesuaikan dengan selera dan kebiasaan berenang masing-masing tiap anggota keluarga.

Apalagi pada saat pandemi wabah Covid 19 seperti saat ini. Guna mencegah terjangkiti virus Corona maka akan lebih aman jika berenang di kolam renang private yang bisa lebih terkontrol daripada di kolam renang umum.

Namun kebersihan airnya juga perlu selalu dijaga, antara lain dengan rutin membersihkan berbagai kotoran yang masuk ke dalamnya dan juga mengganti airnya dengan secara berkala, serta air kolam renang nya pun bisa dijernihkan dengan obat penjernih kolam renang.

Apa itu Obat Penjernih Kolam Renang

Obat penjernih kolam renang atau sering disebut juga sebagai pembersih kolam renang, atau disebut pula sebagai obat kimia kolam renang atau yang juga dinamai sebagai chemical kolam renang ialah salah satu komponen penting yang wajib ada pada tahapan dan proses perawatan kolam renang.

Fungsi utama dari obat penjernih kolam renang atau pembersih kolam renang ini ialah digunakan untuk membersihkan kolam renang agar air kolam renang yang berada di dalamnya bisa tetap bersih dan juga jernih.

Seringkali air kolam renang berubah warna menjadi kehijauan. Salah satu penyebabnya, itu biasanya terjadi sebagai akibat kolam renang terbuka di luar ruangan.

Kemudian mudah terkena air hujan yang bersifat asam. Air kolam renang yang bercampur dengan air hujan, mudah terpengaruh dan berubah warnanya menjadi agak kehijauan. Untuk itu guna mengatasinya maka bisa digunakan obat penjernih kolam renang.

Obat ataupun pembersih kolam renang tersebut terbuat dari suatu bahan kimia tertentu yang digunakan pada proses perawatan kolam renang.

Pemberian obat pembersih tersebut sangat berguna untuk menjaga kolam renang supaya bisa selalu terbebas dari bakteri maupun kuman yang dapat mengakibatkan munculnya penyakit.

Variasi jenis dan komposisi obat penjernih kolam renang juga cukup banyak. Setiap produk obat penjernih kolam renang memiliki kegunaannya yang dapat berbeda-beda satu sama lain.

Aneka Jenis Obat Penjernih Kolam Renang

Penasaran ingin tahu apa sajakah obat penjernih kolam renang tersebut nah simak pembahasannya berikut ini.

1. Kaporit 60%

Pertama ada kaporit. Kaporit sudah sejak lama dan telah terkenal. Hingga hari ini cukup banyak digunakan sebagai obat penjenih kolam renang. Lebih tepatnya lagi ialah kaporit bubuk 60% yang disebut juga sebagai chlorine 60%.

Bentuknya ialah berupa bubuk dan mengandung 60% klorin. Fungsinya ialah sebagai pembunuh kuman, dan bakteri yang ada di dalam air serta dapat juga menjernihkan air kolam renang.

Kaporit 60% tersebut dapat digunakan sebagai obat pokok pada saat water treatment yang pertama maupun pada saat perawatan secara berkala.

2. Granular 90%

Granular 90% atau yang sering juga disebut sebagai Chlorine 90% ini fungsinya ialah sebagai pembunuh kuman serta untuk menjernihkan air kolam renang juga.

Adapun bentuknya ialah mirip seperti beras pecah, dengan bau yang menyengat, dan bisa mengakibatkan rasa gatal jika terkena tangan secara langsung.

Obat penjernih air ini biasanya digunakan untuk perawatan air kolam renang yang dilakukan dengan secara berkala dan rutin dalam kurun waktu tertentu.

3. PAC (Poly Aluminium Chloride)

PAC - Poly Aluminium Chloride
chemical kolam renang PAC – Poly Aluminium Chloride

Ada juga yang namanya PAC atau Poly Aluminium Chloride dengan bentuk berupa serbuk berwarna kuning. Hanya digunakan pada saat water treatment saja. Karena sifatnya ialah lebih pada untuk mengumpulkan berbagai partikel kotoran hasil olahan chemical yang lainnya.

Sehingga hasil treatmentnya akan bisa dengan cepat mengendap dan lalu membuat air kolam renang menjadi jernih.

Ampuh untuk mengikat kotoran yang berada di dalam air dan lalu dibawa mengendap hingga ke dasar kolam, sehingga bisa dibersihkan dengan vakum.

Pada saat perawatan berkala maka obat ini tidak perlu digunakan. PAC juga dapat digunakan sebagai pengganti Tawas.

4. Tawas

Tawas itu memiliki bentuk yang seperti bongkahan crystal dengan warna yang  bening dan transparan.

Ada juga tawas yang sudah ditumbuk dengan warna yang bening dan agak ke abu abuan yang fungsinya ialah digunakan sebagai penetralisir serta untuk mengendapkan hasil water treatment.

Tawas ini hanya digunakan pada saat water treatment saja, secara berkala.

5. Trussi atau Copper Sulphate

Obat pembening kolam renang - Trussi
Obat pembening kolam renang – Trussi

Lalu ada lagi yang namanya Trussi atau Copper Sulphate. Dengan bentuk yang mirip seperti crystal dan berwarna biru bening atau transparan semi kebiruan.

Fungsinya ialah sebagai anti lumut dan akan memberi efek timbulnya warna air kolam renang menjadi agak membiru.

Dosis penggunaan tidak boleh melebihi dari dosis standarnya dan harus dilarutkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kolam renang.

Trussi biasa digunakan untuk water treatment dan perawatan secara berkala. Sangat ampuh untuk mencegah tumbuhnya lumut ataupun alga di dalam kolam renang.

6. Tablet Chlorine TCCA

obat pembening kolam renang - klorin
obat pembening kolam renang – klorin

Tablet ini memiliki bentuk yang seperti lempengan bulat padat yang mirip tablet obat dengan ukuran sekitar 200 gram per buah, dan fungsinya ialah sebagai mengontrol chlorine, serta untuk membunuh kuman.

Obat penjernih air yang disebut tablet ini proses larutnya agak lebih lama jika dibandingkan dengan jenis chlorine yang lainnya. Tablet ini cocok digunakan untuk perawatan air kolam renang secara berkala.

Fungsinya ialah menjaga agar kandungan klorin dan kadar Ph yang ada di air kolam renang supaya pada kondisi yang ideal secara stabil.

7. HCL (Hidrochlorida)

Obat penjernih kolam renang berikutnya adalah HCL. HCL atau disebut Hidrochlorida ini ialah zat asam untuk penjernih air kolam renang dan digunakan dalam water treatment sebagai penetralisir zat kimia.

Berfungsi / Berguna untuk mengurangi kelebihan chlorine atau untuk menormalkan PH, serta untuk melarutkan buih Minyak yang berlebih yang timbul pada saat treatment

8. Salt Chlorinator 100% Free Chlorine

Jika kolam renang Anda menggunakan Salt Chlorinator atau yang disebut juga sebagai Intellichlor Pentair maka tidak akan memerlukan obat kolam renang lagi.

Perawatannya hanya perlu menggunakan Garam non iodium saja  karena alatnya akan rusak jika air kolam renang tercampur bahan chemical.

9. Soda Ash 

obat penjernih kolam renang - soda ash
obat penjernih kolam renang – soda ash

Obat penjernih kolam renang ini bernama soda ash. Soda ash merupakan obat Pembersih dari bahan kimia yang sering digunakan untuk menaikkan Ph air yang terdapat di dalam kolam renang.

Jika Ph air kolam renang itu kurang dari batasan normalnya, maka kualitas air kolam renang tersebut akan menurun jika terkena tambahan air, baik itu berupa tambahan air dari air kran ataupun tambahan air dari air hujan.

Cara penggunaannya, ialah obat ini dilarutkan terlebih dahulu pada wadah sebelum lalu dimasukkan ke kolam renang.

Lalu supaya hasilnya bisa lebih maksimal, maka pemakaian soda ash lebih baik dilakukan di dalam kondisi sirkulasi air yang mengalir sehingga sirkulasi air tersebut dapat mempercepat proses meratanya soda ash nya.

Indikator Standard pH air dan Kadar Chlorine Dalam Kolam Renang

Air kolam renang memerlukan proses penjernihan atau pembersihan secara terus menerus. Jika kualitasnya telah menurun atau memburuk, bisa diketahui dengan beberapa indikator sebagai berikut.

Bisa diketahui dengan melakukan tes dengan menggunakan standard test kit terkait pH serta kandungan klorin pada air kolam renangnya.

1. Standard pH dalam Air Kolam Renang

Kualitas air kolam renang yang baik, ialah yang terjaga nilai pHnya pada kondisi yang seimbang ataupun standar normal.

Kondisi ini ialah ketika air di dalam kolam renang tersebut tidak terlalu asam ataupun terlalu basa.

Rentang kadar yang harus selalu dijaga kestabilannya ialah berkisar pada antara skor nilai Ph  7,2 ppm sampai 7,6 ppm pada skala hasil test kit nya.

Masalah yang kebanyakan terjadi pada air suatu kolam renang itu ialah karena terlalu basa. Lalu jika hal tersebut yang terjadi, maka dapat ditambahkan soda ash sebagai solusinya guna menormalkan kembali kadar PH air kolam renang tersebut.

Apabila kondisi tingkat basa nya sudah sangat parah, maka bisa menggunakan obat keras HCL (Hydrochloric Acid) sebagai upaya untuk menyeimbangkan kembali kadar pH nya.

2. Kadar Chlorine dalam Air Kolam Renang

Indikator tingkat kualitas air kolam renang yang lainnya lagi ialah dengan mengecek kadar kaporitnya dalam air.

Kadar kaporit dalam air kolam renang tersebut tidak boleh terlalu tinggi sehingga bisa membuat iritasi kulit dan mata penggunanya.

Tapi juga tidak boleh terlalu rendah sehingga kurang efektif untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada di dalamnya.

Ukuran standar kadar klorin yang ideal dalam suatu air kolam renang itu ialah sekitar 1,0 ppm hingga 1,5 ppm dari hasil skala test kit.

Jika kadarnya terlalu tinggi, maka akan langsung bisa dirasakan pada saat digunakan untuk berenang.

Berenang di air kolam renang yang memiliki kandungan klorin tinggi maka bisa menyebabkan timbulnya rasa pedih pada mata dan juga menjadi merah.

Namun, jika rendah kadarnya maka secara kasat mata dapat terlihat keruh air kolam renangnya akibat air kolam renang tersebut, yang kurang bersih dan jernih.

Oleh karena itu, lakukan pengecekan dengan secara rutin mengenai kadar kandungan air kolam renang yang ada. Dengan begitu, kolam renang aman dan dalam kondisi yang selalu ideal pada saat digunakan.

Pengecekan rutin tersebut bisa dengan menggunakan pool test kit agar hasilnya bisa lebih akurat.

Penyebab Air Kolam Renang Berubah Warna

Air kolam renang yang semula jernih kebiruan bisa menjadi kehijauan ataupun keruh kekuningan hingga kecoklatan, hal ini antara lain akibat hal berikut.

1. Tingkat PH Air yang Tidak Stabil

Tingkat pH air kolam renang yang tidak stabil tersebut sangat menentukan kualitas dan warna air. Pada saat pH air kolam tidak seimbang, maka aneka organisme kecil yakni seperti bakteri, dan kuman, serta lumut atau ganggang akan bisa dengan mudah berkembang biak.

Tingginya jumlah organisme yang tumbuh dan berkembang biak di dalam air kolam renang akan menyebabkan warna airnya jadi hijau.

2. Sistem Filtrasi yang Gagal

Hal itu juga bisa akibat sistem filtrasi kolam yang gagal, sehingga filter yang ada tidak mampu lagi untuk menyaring debit air yang ada.

Oleh karen itu, jumlah serta kapasitas filter harus disesuaikan dengan volume air kolam renangnya.

Selain itu, sistem pipa nya juga berpengaruh pada menghijaunya warna air kolam.

Instalasi pipa yang buruk akan menyebabkan kerja filter jadi kurang maksimal sehingga air kolam renang tidak bisa terfilter dengan secara baik.

3. Pemberian Chemical yang Tidak Tepat Sasaran

Pemberian obat penjernih air yang salah atau kurang tepat juga bisa menjadi penyebabnya. Perlu dilakukan pengecekan kadar PH sebelum dan sesudahnya. 

4. Kebersihan Area Kolam Renang

Kebersihan daerah sekitar kolam renang juga bisa menjadi salah satu penyebab air kolam renang jadi berubah warna dan menimbulkan kontaminasi.

Berbagai kotoran dari luar seperti dedaunan rontok juga bisa masuk dan mengotori air kolam renang lalu membuatnya jadi berwarna hijau.

Penting untuk selalu menjaga kadar Ph dan klorin air kolam renang sehingga bisa tetap aman digunakan dan tidak menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Salah satu solusi untuk menjaganya ialah dengan menggunakan obat penjernih air secara tepat.

Daftar Harga Obat Penjernih Kolam Renang

NamaKemasanHarga/Kg (Rp)Total Harga (Rp)
HCL30KG/CAN10,000300,000
KAPORIT POWDER 60%15KG/PAIL42,000630,000
PAC GERMANY25KG/ZAK15,000375,000
SODA ASH DENSE USA50KG/ZAK10,000500,000
TAWAS50KG/ZAK8,000400,000
TCCA GRANULAR 90%50KG/PAIL40,0002,000,000
TCCA TABLET 90%50KG/PAIL42,0002,100,000
TERUSI25KG/DRM39,000975,000

Itulah daftar obat penjernih kolam renang yang paling banyak digunakan untuk melakukan pembeningan ataupun perawatan rutin.

Tempat Beli Obat Pembening Kolam Renang

Jual obat penjernih kolam renang
Jual obat penjernih kolam renang – narmadi.com/bisnis

Anda bisa melakukan pembelian obat penjernih kolam renang di toto-toko chemical. Selain itu, bisa juga dibeli di toko online yang terpercaya. Anda juga bisa konsultasi sebelum membeli dengan tim kami di nomor WA 0812 9929 9939 dengan Bapak Supomo.

nv-author-image

Umbul Narmadi

Ayah dari 3 anak. Di sini tempat saya belajar menulis tentang dunia usaha / bisnis. Suka membaca, asalkan bukan bacaan yang serial. Bekerja di PT. DIMULTI - I Love blogging !View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *