Mau Pulang Kampung? Ini Tips Agar Rumah Aman Saat Mudik

Ada beberapa hal yang mesti Anda perhitungkan dengan matang agar rumah aman saat mudikke kampung halaman. Bukan hanya soal armada apa yang akan Anda pakai, namun berkaitan pula dengan keselamatan dan kenyamanan saat di jalan.

Fenomena mudik sendiri Ini biasa dialami oleh para perantau yang hendak pulau ke kampung halaman. Jadi, seperti apa tips agar rumah aman saat mudik yang bisa diterapkan.

Memproteksi rumah/kontrakan Anda di perantauan sangat penting agar harta benda Anda tidak kemana-mana selama ditinggal mudik.

Kami yakin rumah dan seisinya merupakan aset Anda yang sangat berharga setelah keluarga. Sehingga, ketika harus pergi ke kampung halaman untuk mudik lebaran, tentu berat hati untuk meninggalkanya. Dan namun  tetap saja pilihan tersebut mesti diambil.

Bersilaturahmi dengan sanak famili di kampung merupakan momen yang dinanti-nanti. Tidak hanya bagi Anda yang berada di luar kota, tetapi juga bagi keluarga yang berada di kampung.

Momen setahun sekali pada saat lebaran, menjadi momen dimana banyak saudara kita berbondong-bondong bersilturahmi menemui orangtua dan sanak famili di rumah.

Artikel kali ini akan bicara soal tips aman ketika hendak meninggalkan rumah kosong untuk mudik.

Tips Agar Rumah Aman saat Mudik

tips agar rumah aman saat mudik, tips rumah aman ditinggal mudik, tips meninggalkan rumah mudik, tips rumah ditinggal mudik, tips rumah aman ditinggal mudik, tips rumah mudik, tips rumah aman mudik, tips rumah ditinggal mudik, rumah kosong mudik lebaran, tips meninggalkan rumah saat mudik, tips meninggalkan rumah ketika mudik, tips aman meninggalkan rumah ketika mudik, Tips rumah ditinggal mudik, tips rumah aman ditinggal mudik, mudik lebaran, info mudik
Tips rumah aman saat mudik – narmadi.com/properti

Kebahagiaan untuk bertemu keluarga besar di kampung halaman selalu terngiang di hari-hari menjelang mudik. Namun di sisi lain, muncul ke khawatiran ketika harus meninggalkan rumah dalam keadaan kosong untuk waktu yang tidak sebentar.

Agar perjalanan mudik dan silaturahmi Anda  tenang, Anda perlu tips agar rumah aman saat mudik. Nah, pada kesempatan ini diminimalis akan menyampaikan persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum on de way.

1. Deadline Mudik Jangan Mendadak 

Tips agar rumah aman saat mudik yang pertama adalah jangan merencanakan kepulangan mendadak.

Rencanakan mudik jauh-jauh hari sebelum keberangkatan sehingga Anda sekeluarga memiliki cukup waktu untuk menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan, termasuk pengamanan rumah.

2. Cek seluruh sisi rumah

Lakukan pengecekkan rumah, terkait akses masuk dan keluar, seperti pintu dan jendela. Perbaiki bagian yang rusak dan rentan dicongkel, seperti engsel dan kunci atau slot grendel. Jangan sungkan untuk mengganti, nilai keamanan yang diperoleh lebih utama dari pada biaya yang dikeluarkan.

Cek juga bukaan seperti ventilasi udara, celah pada atap atau akses masuk dari lantai 2 (jika-rumah-anda-berlantai-2), minimalkan kemungkinan pencuri untuk menerobos masuk.

3. Simpan barang-barang berharga di tempat khusus

Kemas dan simpan barang-barang berharga Anda di tempat yang aman. Aman dari pencuri, aman dari bencana, aman dari air dan juga api.

Simpan dalam brankas yang tersembunyi yang juga anti air dan api, atau titipkan di tempat penitipan seperti safe deposit box (SDB).

Membawa serta barang-barang berharga Anda ketika mudik adalah pilihan terakhir. Jangan lupa untuk juga menyimpan dokumen-dokumen berharga seperti ijazah, surat tanah, surat nikah, akta kelahiran, dlsb.

4. Praktekkin trik mengelabuhi pencuri

tips meninggalkan rumah saat mudik, tips meninggalkan rumah mudik, tips rumah ditinggal mudik, tips rumah aman ditinggal mudik, tips rumah mudik, tips rumah aman mudik, tips rumah aman saat mudik, tips rumah aman ditinggal mudik, tips rumah ditinggal mudik, rumah kosong mudik lebaran, tips meninggalkan rumah ketika mudik, tips aman meninggalkan rumah ketika mudik, Tips rumah ditinggal mudik, tips rumah aman ditinggal mudik, mudik lebaran, info mudik
tips agar rumah aman saat mudik_jemuran – narmadi.com/properti

Lakukan trik berikut untuk mengecoh pencuri, seolah rumah Anda tidak ditinggal kosong penghuninya :

–    Letakkan beberapa pasang sandal di teras
–    Gantung beberapa baju di jemuran
–    Berhenti berlangganan koran selama Anda tidak di rumah
–    Pasang pengatur waktu timer untuk mematikan dan menyalakan lampu atau televisi secara otomatis pada jam-jam tertentu

5. Titip rumah ke tetangga

Tips agar rumah aman saat mudik selanjutnya ialah dengan menitipkan rumah Anda pada tetangga, pak RT, satpam atau petugas keamanan komplek yang tidak mudik

6. Tidak perlu umbar aktivitas di medsos

Jangan mengumunkan diri di media sosial bahwa Anda mudik dan rumah ditinggal kosong baik secara eksplisit maupun implisit

7. Pasang CCTV

Jika Anda memiliki dana berlebih, pasang CCTV, sehingga Anda bisa memantau keadaan rumah Anda dari kampung halaman secara online.

Terakhir, pastikan Anda mengunci semua pintu dan jendela, serta ,melakukan ceking untuk kedua kalinya, dan tidak membawa serta kunci cadangan yang biasa Anda letakkan di luar rumah.

Demikian tips agar rumah aman saat ditinggal mudik. Baca juga artikel tentang hal-hal yang tidak boleh Anda lupa untuk dikerjakan sebelum Anda mudik pada tautan artikel berikut.

Semoga perjalanan mudik Anda sampai ke tujuan dengan selamat dan kembali ke rumah tanpa suatu hal yang tidak diinginkan. (rd) editted by RN07122021, 02/01/2022 by diminimalis

diminimalis.adm

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 2 Juli 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.