7 Kiat Menghadapi Listrik Rumah Mati Agar Tidak Mudah Panik

Kejadian listrik rumah mati memang sering terjadi pada musim penghujan. Biasanya matinya listrik ini disebabkan oleh putusnya jaringan kabel yang tertimpa pohon ataupun dikarenakan hujan yang turun terus menerus sehingga mengakibatkan banjir.

Biasanya oleh karena alasan keamanan, jaringan listrik pun dimatikan. Memang, penyebab terbesar matinya listrik adalah faktor alam, sehingga perhatian pada alam sekitar mutlak diperlukan.

Namun begitu, ketika Anda mengalami kejadian listrik mati juga perlu mengantisipasinya sendiri. Tidak lain agar tidak ada kepanikan yang menyebabkan hal-hal membahayakan terjadi.

Untuk itulah artikel ini hadir untuk membantu Anda memberikan gambaran tentang apa saja yang sebaiknya Anda lakukan guna menghadapi listrik mati saat di rumah.

Akan sangat tidak menyenangkan jika aktifitas Anda terganggu dikarenakan matinya listrik ini. Bahkan, banyak juga para pelaku industri yang akan terhambat produksinya jika listrik mati.

Ada banyak orang yang menjadi frustasi jika listrik mati, terlebih jika matinya listrik terjadi dalam waktu yang lama.

Kiat menghadapi listrik rumah mati

Listrik rumah mati
Listrik rumah mati – narmadi.com/properti

Tidak usah panik! Matinya listrik tidak usah disikapi dengan berlebihan agar tidak menimbulkan dampak buruk yang bisa jadi menimpa Anda. anda hanya cukup melakukan beberapa kiat berikut agar rumah dan Anda tetap aman saat listrik padam. Selamat menyimak.

1. Lihat kondisi listrik tetangga sekitar

Ini adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan saat listrik rumah mati. Anda cukup melongok di jendela untuk memastikan apakah listrik rumah mati sebagian atau keseluruhan.

Jika keseluruhan rumah listriknya mati maka itu merupakan pemadaman dari PLN. Namun, jika hanya rumah Anda yang padam maka periksalah MCB, ada kemungkinan listrik kelebihan beban.

2. Bila perlu hubungi call center PLN

Segera saja Anda menghubungi PLN agar jelas penyebab matinya listrik rumah. Dengan begitu Anda akan mudah melakukan langkah antisipasinya.

3. Matikan peralatan elektronik

Saat listrik mati terkadang kita sedang menggunakan peralatan elektronik semisal TV, kulkas, AC dan kipas angin.

Ada baiknya Anda cabut kabel dari colokan agar saat listrik kembali menyala tidak ‘kaget’ yang dapat mengakibatkan peralatan elektronik tersebut rusak.

4. Hidupkan lampu darurat

Jika Anda memiliki lampu emergency bisa langsung Anda gunakan untuk menerangi sementara rumah Anda. Hindari penggunaan lilin ataupun lampu templok untuk menerangi ruangan dikarenakan bisa mengakibatkan kebakaran jika tidak bisa menggunakannya.

Selain itu lilin dan lampu templok juga mengeluarkan asap yang bisa menggangu kesehatan dan juga dapat mengotori langit-langit rumah.

5. Tidak mengendarai kendaraan dulu

Listrik rumah mati
mengendarai saat gelap – narmadi.com/properti

Kondisi gelap saat listrik rumah mati jangan Anda gunakan untuk berkendara dikarenakan bisa membahayakan Anda.

Jalanan yang tidak terlihat jelas serta jarak pandang yang pendek bisa mencelakakan Anda.

6. Bawa handphone untuk dipakai senter

Handphone keluaran terbaru biasanya dilengkapi dengan lampu flash yang bisa Anda gunakan sebagai lampu darurat. Penggunaan handphone juga lebih aman dibanding menggunakan lilin maupun lampu templok.

Jika keadaan darurat handphone yang tersedia juga bisa Anda gunakan segera untuk menghubungi pihak berwajib.

Baca juga: Jenis Lampu Untuk Interior Rumah Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

7. Bersabar menunggu listrik nyala

Poin terakhir ini menjadi kunci dari keseluruhan rangkaian tips menghadapi listrik rumah mati. Dengan bersabar hati Anda akan jauh lebih tenang dan juga bisa mengendalikan situasi yang bisa jadi mengancam Anda.

Demikian ulasan singkat ini, semoga bermanfaat. Salam diminimalis (am). Editted by RN08122021, 06/01/2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *