Berbagai Macam Aksesoris Kamar Mandi untuk Kenyamanan

Kamar mandi menjadi salah satu ruangan yang fungsinya cukup penting. Wajar jika banyak kebutuhan perabot dan aksesoris kamar mandi yang perlu dipertimbangkan.

Kamar mandi yang baik dan bersih tentu akan membawa suasana yang betah dalam melakukan kegiatan, baik mandi maupun mencuci baju.

Maka dari itu, anda perlu memperhatikan beberapa hal penting ketika mendesain kamar mandi Anda.

Selain multifungsi, kamar mandi yang nyaman juga harus mempunyai sistem dan peralatan yang cukup mumpuni sampai pada tata letaknya.

Peralatan kamar mandi adalah salah satu aksesori rumah yang tidak hanya memiliki fungsi tertentu, akan tetapi juga bisa menambah estetika serta kenyamanan kamar mandi itu sendiri.

Anda harus cermat dan pintar dalam memilih peralatan kamar mandi yang nyaman supaya betah saat berada di dalamnya.

Selain kamar tidur, kamar mandi juga termasuk ruangan di rumah yang perlu dirawat dengan baik. Selain itu, untuk menciptakan suasana yang nyaman dan higienis bisa dengan menambahkan beberapa aksesori kamar mandi tambahan.

Berikut ini beberapa tips dalam memilih aksesoris pada kamar mandi agar kamar mandi anda dapat terlihat lebih minimalis dan aestetik.

Tips Memilih Aksesoris Kamar Mandi

Berikut ini beberapa tips yang harus anda ketahui jika ingin mempercantik kamar mandi dengan berbagai aksesoris tambahan.

Biaya

Dalam memilih aksesoris untuk kamar mandi, hal pertama yang harus anda perhatikan adalah dengan menentukan berapa budget yang tersedia di kantong Anda.

Sudah bukan hal aneh bahwa harga aksesoris dan peralatan untuk kamar mandi bermacam-macam dan tidak selalu murah.

Dalam menentukan budget, anda harus membuat catatan yang berisi apa saja aksesoris kamar mandi yang akan dibeli serta estimasi harganya. Jangan sampai anda salah dalam membeli aksesoris yang harganya mahal dan tidak terlalu dibutuhkan.

Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Langkah selanjutnya setelah anda selesai melakukan budgeting, wajib hukumnya untuk menghitung anggaran dan menyesuaikan aksesoris kamar mandi yang anda inginkan dengan kebutuhan sebenarnya.

Tingkat urgensi kamar mandi jauh lebih penting jika dibandingkan menuruti nafsu saja.

Anda dapat mempertimbangkan dari bentuk dan ukuran kamar mandi, sampai dengan aksesoris apa saja yang akan anda tambahkan pada kamar mandi. Jika kamar mandi anda berukuran kecil, maka gunakan shower dan kloset duduk yang punya desain komplek akan jauh lebih baik.

Namun jika ukuran kamar mandi anda luas, anda dapat menggunakan bak mandi atau bathtub sebagai aksesoris tambahannya.

Setelah semua fungsi utamanya terpenuhi, maka anda dapat memilih desain mana yang paling cocok untuk kamar mandi kesayangan.

Perhatikan Luas Kamar Mandi

Seperti yang sudah ada pada pembahasan sebelumnya, luas kamar mandi juga punya andil besar untuk menata kamar mandi dan isinya dengan rapi dan sesuai keinginan.

Bisa jadi peralatan dan aksesoris kamar mandi yang anda inginkan tidak dapat masuk kedalam kamar mandi karena ukurannya yang kecil.

Minimalkan banyaknya jumlah barang didalam kamar mandi, pilihlah warna terang seperti putih, serta tambahkan pula kaca atau cermin sebagai pelengkapnya.

Jika kamar mandi anda berukuran besar dan luas, maka bukan sebuah masalah dalam menatanya, tinggal anda menyeseuaikan dengan apa yang dibutuhkan.

Pertimbangkan warna dan desain

Desain dan warna mempunyai pengaruh yang kuat dalam menciptakan suasana kamar mandi yang menyenangkan dan minimalis. Tipsnya adalah gunakan warna aksesoris kamar mandi yang tidak bertolak belakang satu sama lain.

Jika kloset berwarna putih, maka warna shower juga bisa mengikuti warna kloset. Begitu juga dengan warna dinding, tempat sikat gigi, gantungan handuk, serta masih banyak lagi.

Untuk modelnya anda bisa menyesuaikan dengan desain peralatan da nisi kamar mandi. Dipasaran sendiri tersedia macam-macam aksesoris yang dapat anda beli untuk mempercantik kamar mandi.

Macam-Macam aksesoris Kamar Mandi yang Dapat Digunakan

Saat ini, berbagai macam aksesoris kamar mandi bisa anda dapatkan dengan mudah. Terapkan aksesoris secara teratur, sehingga akan menciptakan kesan aesthetik. Berikut macam-macam aksesoris yang dapat anda gunakan untuk mempercantik kamar mandi.

Dispenser Pasta Gigi

Salah satu hiasan yang cocok untuk diletakkan pada kamar mandi yaitu dispenser odol lengkap dengan tempat sikat gigi.

Dispenser odol ini mempunyai fungsi yang dapat memudahkan anda ketika akan menyikat gigi. Anda hanya perlu menekan dispenser ke arah dalam, odol pun akan keluar dengan sendirinya.

Wallpaper Sticker

Jika anda ingin mengubah suasana kamar mandi tanpa harus membongkar semuanya, anda cukup melapisi bagian kamar mandi dengan wallpaper sticker kamar mandi.

Wallpaper dinding ini dapat anda lapisi sebagian dinding atauseluruhnya. Namun, anda juga dapat melapisi bagian area wastafel atau toilet saja. 

Wallpaper dinding ini juga mempunyai beragam motif serta warna yang ditawarkan. Selain itu, wallpaper sticker ini juga tahan air, api, dan minyak. Oleh karena itu anda juga dapat menggunakan wallpaper ini di area dapur. 

Keset Kaki Anti Selip

Jika anda menginginkan sebuah kamar mandi agar tetap enak untuk dipandang, tentu kebersihan menjadi hal utama yang harus anda perhatikan. Untuk itu, kami merekomendasikan anda sebuah aksesoris kamar mandi keset kaki antiselip yang terbuat dari memory foam ini.

Anda dapat menaruhnya di area wastafel, samping bathtub, atau depan pintu kamar mandi. Hal ini bertujuan agar air pada lantai kamar mandi dapat terserap oleh keset dengan sempurna dan kak tidak licin. 

Baca juga: Posisi Dapur dan Kamar Mandi Yang Baik dan Rapi Seperti Apa Sih?

Rak Gantung Segitiga

Jika kamar mandi anda memiliki interior bergaya shabby chic, produk ini wajib untuk anda miliki. Model rak dinding segitiga hadir dalam empat pilihan warna, salah satunya warna pastel yang kalem.

Rak gantung ini bisa anda pasang pada sudut kamar mandi. Pada bagian bawahnya juga terdapat lubang untuk mengeringkan air, sehingga air tidak akan mengendap di dalamnya. Perlengkapan mandi anda pun dapat tertata rapi dengan adanya rak bergaya shabby chic ini.

Rak Dinding Kamar Mandi

Rak ini terdiri dari ruang penyimpanan dan cermin. Jadi sangat ideal untuk dijadikan sebuah aksesoris kamar mandi, terutama bagi anda yang menginginkan adanya sebuah cermin serbaguna.

Sedangkan pada bagian dalamnya terdapat juga tiga rak yang dapat anda isi dengan berbagai perlengkapan untuk mandi. Rak dinding kamar mandi ini sangat cocok jika  diletakkan pada kamar mandi yang mempunyai ukuran kecil dan minimalis karena ukurannya yang tidak memakan tempat.

Hiasan Gantung Do’a

Jika anda sering lupa atau tertukar saat membaca doa masuk atau keluar dari kamar mandi, maka tambahkan hiasan dinding berupa pajangan yang bertuliskan do’a.

Tempatkan gantungan do’a diluar pintu agar anda lebih mudah melihatnya ketika akan masuk kedalam kamar mandi.

Itulah beberapa jenis aksesoris kamar mandi yang bisa anda terapkan untuk mempercantik kamar mandi agar terlihat lebih minimalis dan aesthetik. Semoga artikel singkat ini bisa memberi manfaat besar untuk Anda.

 

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *