4 Jenis dan Desain Balkon Apartemen Yang Modern

Balkon apartemen merupakan suatu teras atau serambi pada apartemen lantai atas yang biasa digunakan pada gedung bertingkat. Balkon biasanya diberi pembatas pagar disetiap sisinya untuk berjaga-jaga, mengingat bahwa balkon berada di atas gedung.

Balkon biasanya berada di luar ruangan dan diletakkan pada sisi depan, samping, maupun belakang. Tapi, pada apartemen balkon biasanya terletak di belakang.

Sebelum pada penjelasan jenis balkon secara spesifik, Anda hendaknya perlu tau apa fungsi balkon pada apartemen yang menjadi hunian Anda.

Fungsi dari balkon pada apartemen sebenarnya adalah untuk memperluas ruangan, batas level pada apartemen, memperindah apartemen, digunakan untuk tempat bersantai, bahkan dapat digunakan untuk menjemur pakaian karena berada di outdoor.

Jika Anda ingin memiliki hunian apartemen yang memiliki balkon pada setiap unitnya, sekarag sudah banyak apartemen yang memiliki konsep tersebut.

Selain untuk kebutuhan disetiap ruangan itu sendiri, balkon juga menjadi sebuah daya tarik hunian apartemen sangat diminati.

Karena, suatu apartemen yang memiliki balkon akan terlihat lebih modern dan menarik. Balkon yang tersedia pada apartemen memiliki ukuran yang berbeda-beda, tergantung dari apartemen yang dipilih.

Biasanya jika memilih apartemen dengan harga yang mahal disediakan juga dengan balkon yang luas. Dan jika memilih apartemen dengan harga lebih murah, balkon yang disediakan akan lebih kecil (mengikuti harga).

Contoh Gambar Desain Balkon Apartemen

Bagi Anda yang sedang mencari hunian apartemen dengan balkon disetiap unitnya, berikut dijelaskan mengenai 4 jenis dan desain balkon apartemen yang modern.

Ini bisa menjadi pertimbangan Anda untuk dapat memilih hunian apartemen apa yang akan Anda beli dengan balkon sebagai pelengkapnya.

1. Balkon Mewah

balkon apartemen
balkon apartemen via amazonaws.com

Jenis balkon apartemen yang pertama adalah balkon apartemen mewah. Seperti yang dijelaskan tadi, bentuk dan ukuran balkon akan mengikuti dari harga apartemen dan jenisnya.

Karena ini untuk apartemen mewah, biasanya balkon yang disediakan akan lebih luas dan lebih bagus dibandingkan balkon pada apartemen dengan harga di bawahnya. Sebenarnya, balkon pada apartemen memiliki bentuk yang sama yaitu berbentuk kotak.

Tetapi, Anda bisa mendesain balkon tersebut menjadi lebih modern dan nampak berbeda dari balkon hunian apartemen lain. Untuk inspirasi desain lebih lanjut, berikut penjelasannya.

Modal dasar yang telah Anda miliki jika memilih balkon pada apartemen mewah adalah ukuran atau luas dari balkon tersebut. Jika balkon Anda luas, Anda bebas mendesain balkon tersebut sesuai keinginan.

Pada balkon ini, Anda bisa menggunakan pagar dengan material kaca disetiap sisinya supaya terlihat lebih mewah. Sebagai catatan, kaca yang digunakan adalah kaca yang tebal yang dapat digunakan untuk pagar.

Selanjutnya, sebagai penyangga pada pagar kaca ini agar lebih kuat, Anda bisa menggunakan besi yang disusun horizontal pada bagian atas untuk pegangan diseluruh sisi kaca.

Lalu, gunakan tiang besi atau kayu yang disusun secara vertikal pada setiap sisinya dengan panjang mengikuti tinggi kaca.

Tiang ini dipasang mengelilingi pagar kaca dengan jarak tiap tiangnya kurang lebih setengah meter.
Kemudian, untuk konsep balkon ini Anda dapat membuat dua konsep yaitu duduk santai dan tiduran.

Pada sisi kanan misalkan untuk duduk santai. Anda bisa menambahkan sofa empuk yang digunakan untuk duduk nantinya, dan meja kaca yang digunakan untuk meletakkan minuman dan keperluan lainnya.

Lantai pada bagian ini bisa dilapisi menggunakan karpet berbahan dasar sintesis seperti poliester atau nilon yang cocok digunakan pada luar ruangan untuk memberikan kesan nyaman. Untuk bagian tengah dapat ditambahkan dengan tempat duduk santai yang dapat digunakan untuk tidur dan dilengkapi dengan bantal.

Pada bagian tengah dapat Anda tambahkan dengan selimut yang lembut dan nyaman digunakan untuk tiduran dan bisa digunakan untuk bersantai dengan keluarga atau bersama dengan teman-teman.

Selain itu, Anda juga perlu menambahkan hiasan lampu agar balkon terlihat lebih mewah.
Untuk melengkapi desain balkon mewah Anda, Anda bisa menyisakan ruang untuk menanam tumbuhan seperti bunga atau tumbuhan hijau lainnya di salah satu sisi balkon.

Anda juga dapat menambahkan bunga hias hidup atau sintesis pada meja tadi. Karena kebanyakan barang yang dipakai untuk balkon ini tidak tahan air, maka jangan lupa untuk menambahkan atap pada balkon tersebut.

Atap ini bisa menggunakan material kaca, yang telah didesain menjadi atap dengan ukuran yang telah disesuaikan dengan luas balkon. Agar saat hujan, air tidak dapat membasahi balkon mewah milik Anda.

2. Balkon Sederhana

balkon apartemen
balkon apartemen via amazonaws.com

Jenis balkon apartemen yang kedua adalah balkon apartemen sederhana. Jika Anda memilih untuk membeli apartemen dengan harga yang lebih murah, maka balkon yang disediakan juga lebih kecil.

Meskipun lebih kecil dan nampak biasa saja, Anda bisa mendesain balkon tersebut agar terlihat modern seperti inspirasi desain yang satu ini. Pada desain balkon sederhana kali ini, digunakan sebagai tempat duduk santai.

Hal pertama yang harus ada adalah satu set kursi duduk sekaligus dengan mejanya. Untuk menambah unsur modern, gunakan kursi yang berbahan dasar rotan yang di cat dengan warna abu-abu.

Untuk meja yang digunakan, permukaan meja berbahan dasar alumunium dan penyangga terbuat dari besi. Untuk menambah unsur aestetik atau keindahan supaya Anda tidak terlalu bosan, Anda bisa menambahkan tanaman yang ditanam menggantung pada dinding balkon Anda.

Ini dibuat dengan kain yang didesain sedemikian rupa, untuk nanti setiap bagiannya dapat menyimpan tanah untuk hidup tanaman tersebut. Lalu, kain yang sudah jadi ini ditempatkan pada dinding balkon.

Agar Anda bisa menyirami tanaman tersebut, tempatkan tanaman tidak terlalu tinggi. Anda bisa menggunakan kain yang juga berwarna abu-abu agar senada dengan warna kursi.

Anda juga bisa menanam tanaman yang tidak dapat tumbuh besar seperti tanaman strawberry ataupun rumput hias. Jika menggunakan tanaman yang tumbuh besar, dikhawatirkan kain ini tidak dapat menopangnya.

Jangan lupa untuk menambahkan pagar, pada desain ini menggunakan pagar dari tembok batu bata yang di cat abu-abu. Serta ditambahkan atap untuk melindungi dari panas dan hujan, yang juga bagian plafonnya di cat abu-abu.

Untuk warna keramik, Anda bisa menggunakan warna yang lebih terang seperti putih tulang. Maka, jadilah sebuah balkon di apartemen sederhana yang akan nampak modern.

3. Balkon Pribadi

balkon apartemen
balkon apartemen via therumahproperty.com

Jenis balkon yang ketiga adalah balkon apartemen pribadi. Sebenarnya, balkon apartemen dengan konsep pribadi adalah desain yang bisa Anda buat sendiri. Misalkan pada apartemen sederhana Anda bisa membuatnya menjadi konsep pribadi.

Bahkan pada balkon mewah sekalipun, Anda bisa mendesain balkon tersebut menjadi balkon pribadi. Namun, untuk desain balkon pada apartemen yang mengusung konsep balkon pribadi satu ini menggunakan balkon yang biasa (tidak mewah).

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah karena konsepnya pribadi, Anda harus mendesain balkon ini seperti di dalam ruangan. Dengan cara, menutup seluruh bagian luar menggunakan jendela kaca dan sekaligus menggunakan atap.

Jika biasanya balkon dan bagian dalam ruang apartemen hanya diberi sekat kaca yang tembus pandang, pada desain kali ini gunakan tembok untuk menyekat balkon dengan bagian dalam ruang apartemen.

Jadi, misalkan tamu datang ke apartemen Anda, balkon pribadi ini tidak akan terlihat dari dalam oleh tamu Anda. maka, balkon pribadi Anda telah siap. Anda tinggal menambahkan furnitur sesuai kebutuhan dan keinginan.

Misalkan ingin menambahkan kursi dengan busa, atau bahkan dapat menambahkan sofa di balkon ini, mengingat bahwa meskipun diluar ruangan tetapi di konsep tertutup. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan hujan maupun panas.

Jangan lupa untuk menambahkan meja yang diletakkan dekat dengan tempat duduk tersebut.
Anda juga dapat menambahkan tanaman hidup disini, yang diletakkan dekat dengan jendela.

Ini dilakukan karena tanaman hidup membutuhkan panas matahari untuk fotosintesis dan tanaman hidup mengeluarkan karbon dioksida. Jadi, sewaktu-waktu Anda bisa membuka jendela tersebut untuk proses hidup tanaman tersebut.

Anda juga dapat menambahkan rak yang terbuat dari kayu di salah satu bagian dinding balkon pribadi Anda. Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan buku bacaan yang Anda perlukan atau untuk menyimpan barang pribadi Anda lainnya.

4. Balkon Apartemen Minimalis

balkon apartemen
balkon apartemen via amazonaws.com

Jenis balkon yang keempat adalah balkon apartemen minimalis. Adanya balkon pada apartemen yang mengusung tema minimalis akan sangat membantu. Dengan adanya balkon disini akan membuat apartemen minimalis terlihat sedikit lebih luas.

Meskipun balkon yang disediakan juga tidak terlalu besar, tetapi akan cukup jika digunakan. Jadi, misalkan apartemen Anda terlalu sempit untuk ditambahkan bagian ruang tamu, Anda bia menggunakan balkon ini untuk mengakalinya dengan membuat desain balkon minimalis.

Caranya adalah dengan memberikan sekat kaca antara balkon dan bagian dalam apartemen. Ini dilakukan agar balkon ini masuk dalam salah satu bagian ruangan pada apartemen Anda.

Selanjutnya, Anda bisa menambahkan sofa duduk kecil yang menempel pada tembok dengan bantal duduk sebagai pelengkapnya.

Tak lupa ditambahkan meja untuk menaruh makanan, minuman, atau kebutuhan lainnya. Karena sofa yang dipakai tadi ukurannya kecil dan hanya muat untuk beberapa orang saja, maka Anda bisa menambahkan dua kursi ottoman untuk tambahannya.

Jangan lupa untuk menyesuaikan warna kursi ottoman dan warna sofa untuk unsur aestetik. Nah, balkon ini telah didesain mirip dengan ruang tamu, dan Anda bisa menggunakan balkon ini untuk duduk para tamu yang datang ke apartemen Anda.

Kemudian, untuk bagian lantai lapisi lantai menggunakan karpet sintesis yang bermotif untuk menambah kesan modern. Jangan lupa juga untuk menambahkan pagar di setiap sisi luar balkon untuk melindungi Anda terjatuh dari ketinggian.

Usahakan menggunakan pagar dengan material yang kuat seperti besi atau material lainnya. Yang tidak boleh ketinggalan adalah Anda juga harus menambahkan atap untuk menahan air membasahi balkon yang sudah Anda desain sedemikian rupa.

Biasanya, atap yang digunakan memiliki ukuran lebih lebar dibandingkan dengan balkonnya. Anda bisa menggunakan material kaca atau atap berbahan dasar genteng dari tanah liat.

Nah, jenis dan desain balkon apartemen yang modern di atas semoga dapat membantu Anda mendesain balkon yang sesuai dengan keinginan Anda.

Juga, dengan adanya balkon ini dapat membuat keputusan Anda dalam membeli apartemen. Jenis dari apartemen tidak terlalu penting, yang terpenting adalah bagaimana mendesain apartemen yang bagus untuk memberikan kenyamanan pada diri Anda. (fy), Editted 10/01/2022 by diminimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *