5 Manfaat Bunga Sedap Malam Selain Pengharum Ruangan

Bunga sedap malam merupakan bunga yang kepopulerannya sudah mendunia. Di Jepang, bunga sedap malam digunakan sebagai lambang cinta.

Sedangkan di Eropa, bunga ini digunakan dalam berbagai acara kebudayaan. Di Indonesia sendiri, bunga sedap malam kerap dijadikan pengharum ruangan karena aromanya tak kalah dengan bunga melati.

Bunga sedap malam selain sebagai pengharum ruangan

bunga sedap malam, manfaat bunga sedap malam, khasiat bunga sedap malam
Bunga sedap malam yang memilki berbagai manfaat kesehatan – narmadi.com/properti

Bunga ini disebut-sebut memiliki kemampuan untuk memperkuat inspirasi artisitik seseorang. Hal ini disebabkan kemampuannya dalam menstimulasi otak kanan yang berhubungan dengan kreatifitas.

Tak hanya membangkitkan imajinasi setiap orang yang menghirup bau harum bunga sedap malam ini, ternyata bunga ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mulai dari influenza, rematik, keluhan susah tidur, dan lainnya.

bunga sedap malam, manfaat bunga sedap malam, khasiat bunga sedap malam
kuncup bunga sedap malam yang siapmekar – narmadi.com/properti

Adapun bagian tanaman yang biasanya dipakai untuk obat ialah bunga dan juga akarnya. Kedua bagian tersebut bisa digunakan untuk pengobatan luar tubuh dan dalam.

Manfaat Bunga Sedap Malam untuk Kesehatan

Dan berikut merupakan aneka resep bunga sedap malam untuk kesehatan :

1. Penambah darah

Bahan:

Siapkan 30 kuntum Sedap Malam, 15 gram kie cie yang bisa dibeli di toko obat China, 2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, 10 gram jahe, 1-2 buah hati ayam, merica, garam.

Cara membuat: 

Irislah bawang putih dan merah. Kemudian tumis semua bahan menggunakan minyak goreng non-kolesterol dan tambahkan tepung tapioca yang telah diencerkan secukupnya. Masaklah sampai matang, dan minumlah dua kali sehari masing-masing 150 cc.

2. Influenza

Bahan:

20 gram akar Sedap Malam, 15 gram jahe, 2 gram batang daun bawang putih, dan 600 cc air.

Cara membuat:

Rebuslah semua bahan-bahan tersebut dalam air sampai sisanya tinggal separuh (300 cc). Kemudian air rebusan itu diminum dua kali sehari masing-masing 150 cc.

3. Radang tenggorokan

Bahan:

20 gram akar Sedap Malam, 25 gram sambiloto segar dan 600 cc air putih.

Cara membuat:

Rebuslah bahan-bahan tersebut dengan air putih sampai tersisa setengahnya. Setelah itu, kemudian saring dan minumlah dua kali sehari masing-masing 150 cc.

4. Rematik

Bahan:

30 gram akar Sedap Malam, 20 gram jahe merah, gula merah secukupnya, dan 400 cc air.

Cara membuat:

Rebuslah bahan-bahan bersama 400 cc air sampai mendidih. Kemudian saring dan bagi menjadi dua bagian untuk diminum dua kali dalam sehari.

5. Mengobati bengkak

Bahan:

akar bunganya.

Cara membuat:

Ambillah akar bunga secukupnya kemudian cuci sampai bersih. Setelah itu, tumbuklah sampai halus dan tempelkan pada bagian tubuh yang sakit.

Demikian ulasan kami tentang manfaat bunga sedap malam selain sebagai pengharum ruangan, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang manfaat tanaman bonsai di rumah minimalis di bawah ini. (ls), Editted 11/01/2022 by diminimalis

lutfi.diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Agustus 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.