Furniture Limbah Kayu yang Dikreasikan Menjadi Cantik dan Eksotis

Furniture limbah kayu merupakan inovasi perabotan yang dibuat dari bahan kayu yang sudah tidak terpakai, namun bisa dibuat dengan sangat unik dan menarik.

Dalam pemanfaatannya, kayu banyak digunakan sebagai material bangunan. Sisa dari potongan kayu tersebut biasanya berupa potongan kayu berukuran sedang hanya dianggap sebagai limbah tidak bermanfaat.

Memusnahkannya dengan cara membakarnya tentu bukan pilihan yang tepat, untuk itu, alangkah baiknya kita bisa memanfaatkan libah kayu tersebut sebagai furniture rumah tangga yang memiliki nilai manfaat tinggi.

Furniture limbah kayu yang kaya nilai manfaat

furniture limbah kayu, furniture dari limbah kayu, furniture dari kayu bekas
Limbah kayu yang dikreasikan menjadi meja yang cantik – Furniture limbah kayu – narmadi.com/properti

Beberapa jenis kayu yang sering digunakan sebagai bahan material bangunan antara lain, kayu jati, ulin, merbau, bintangur, mahoni, pinus, sonokeling dan sengon.

Dari sekian banyak jenis kayu tersebut hanya beberapa kayu yang limbahnya banyak dikenal dan dimanfaatkan sebagai material pembuatan furniture, antara lain kayu jati, kayu sonokeling, dan kayu mahoni.

Keawetan kayu berhubungan erat dengan pemakaiannya. Kayu dikatakan awet jika memiliki umur pakai lama.

Kayu dikatakan berumur pakai lama bila mampu menahan bermacam-macam faktor perusak kayu, seperti suhu udara, air, pukulan, gesekan, jamur dan serangga perusak kayu.

furniture limbah kayu, furniture dari limbah kayu, furniture dari kayu bekas
furniture limbah kayu yang dikreasikan menjadi meja yang cantik – narmadi.com/properti

Untuk memanfaatkan limbah kayu, kita bisa berkreasi mengolah kayu dengan tehnik “Bentuk Mengikuti Bahan” atau “Bahan Mengikuti Bentuk”.

Bentuk mengikuti bahan yaitu kita tinggal mengikuti alur dan bentuk kayu, lalu kita menggunakan imajinasi untuk menambah atau mengurangi bahan kayu tersebut sehingga menghasilkan bentuk yang seimbang.

Dibutuhkan kejelian dalam memilih limbah kayu agar memperoleh bentuk desain yang tepat dan sesuai, meskipun semua kayu dapat diolah menjadi barang kerajinan.

Hasil furniture berbahan dasar limbah kayu, biasanya dijadikan sebagai kursi, meja, lemari, bufet, dipan, bingkai, meja rias, bahkan pada dinding rumah.

Selain kayu sisa material bangunan, sebenarnya masih banyak bentuk limbah lain yang bisa digunakan untuk mempercantik barang mebel, seperti sisa kayu bekas pahatan, serbuk kayu sisa gergaji, limbah kayu bekas bubutan dan sisa kayu bekas mesin bobok.

Dengan kreatifitas yang, limbah-limbah tersebut juga akan menghasilkan nilai jual yang sangat menguntungkan.

Demikian ulasan kami tentang furniture limbah kayu yang kaya nilai manfaat untuk rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang macam-macam bahan furniture pada rumah minimalis Anda di tautan ini. (ls), Editted 11/01/2022 by diminimalis

lutfi.diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Agustus 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.