Cara Memasang Gorden Kolong Dapur untuk Menciptakan Tampilan Elegan

Gorden kolong adalah elemen dekoratif dan fungsional yang dapat memberikan sentuhan khusus pada dapur Anda. Cara Memasang Gorden Kolong Dapur sendiri juga terbilang mudah.

Selain menambahkan sentuhan keindahan pada tampilan interior, gorden kolong dapur juga berfungsi untuk melindungi area dapur dari sinar matahari berlebih, debu, atau pandangan luar yang tidak diinginkan.

Cara memasang gorden kolong dapur sebenarnya merupakan tugas yang cukup mudah jika Anda mengikuti langkah-langkah yang tepat.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memasang gorden kolong dapur dengan benar dan memberikan beberapa tips untuk menciptakan tampilan elegan dan fungsional di dapur Anda.

Memilih Gorden Kolong Dapur yang Sesuai

Langkah pertama sebelum membahas tentan cara memasang gorden kolong dapur adalah memilih jenis gorden yang sesuai dengan gaya dan ukuran dapur Anda. Beberapa tips untuk memilih gorden yang tepat antara lain:

Pertimbangkan Ukuran dan Bentuk Jendela Dapur Anda

Sebelum membeli gorden, pastikan Anda telah mengukur dengan teliti ukuran jendela dapur Anda. Hal ini akan membantu Anda menentukan panjang dan lebar gorden yang dibutuhkan agar pas dengan jendela.

Selain itu, pertimbangkan juga bentuk jendela dapur Anda, apakah berbentuk persegi panjang, bulat, atau mungkin memiliki desain khusus.

Pilih Material Gorden yang Tepat

Gorden kolong dapur minimalis tersedia dalam berbagai material, seperti kain, polyester, linen, atau kanvas. Pilihlah material yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya interior dapur Anda.

Misalnya, kain memberikan tampilan yang lebih lembut dan elegan, sementara polyester lebih tahan lama dan mudah dalam perawatan.

Perhatikan Warna dan Motif

Pilihan warna dan motif gorden dapat mempengaruhi suasana dan gaya dapur Anda secara keseluruhan.

Jika Anda menginginkan tampilan yang cerah dan menyegarkan, pilihlah gorden dengan warna terang atau motif yang ceria. Namun, jika Anda lebih menyukai tampilan yang tenang dan elegan, warna netral dan motif sederhana akan lebih cocok.

Jenis Gorden Kolong Dapur

Sebelum membahas tentang cara memasang gorden kolong, kita kenali dulu jenis-jenisnya. Gorden kolong adalah jenis gorden yang dirancang khusus untuk dipasang pada jendela dapur.

Gorden ini memiliki ciri khas yaitu panjangnya yang mencapai lantai, sehingga menutupi kolong atau bagian bawah jendela dapur.

Meskipun tidak ada jenis gorden kolong dapur yang baku, namun berikut beberapa variasi dan bahan gorden yang umum digunakan dalam dekorasi dapur:

  • Gorden Kain

Gorden kain adalah pilihan yang populer untuk dapur karena memberikan tampilan yang lebih lembut dan elegan. Bahan kain seperti katun, linen, atau sutra sering digunakan untuk menciptakan nuansa dapur yang hangat dan nyaman.

  • Gorden Poliester

Gorden poliester adalah pilihan yang praktis dan tahan lama. Bahan ini cenderung lebih mudah dalam perawatan dan bisa menjadi pilihan yang baik untuk dapur dengan kegiatan memasak yang aktif.

  • Gorden Kanvas

Gorden kanvas memiliki tekstur yang kokoh dan tahan lama. Gorden jenis ini cocok untuk dapur dengan gaya dekorasi yang lebih kasual atau rustic.

  • Gorden Transparan

Gorden transparan atau voile adalah jenis gorden yang tipis dan ringan. Gorden ini membiarkan cahaya masuk dengan lembut, tetapi tetap memberikan sedikit privasi di dalam dapur.

  • Gorden dengan Motif dan Warna

Untuk memberikan sentuhan dekoratif pada dapur, banyak pilihan gorden kolong dengan berbagai motif dan warna yang menarik. Pilihlah motif dan warna yang sesuai dengan tema dan gaya interior dapur Anda.

  • Gorden dengan Lapisan Penyaring Cahaya

Gorden jenis ini memiliki lapisan tambahan yang berfungsi untuk menyaring cahaya dan mengurangi panas dari sinar matahari yang masuk ke dalam dapur.

  • Gorden dengan Aksesori Tambahan

Beberapa gorden kolong dapur dilengkapi dengan aksesori tambahan seperti tassel, gorden tieback, atau gantungan yang memberikan sentuhan estetika ekstra pada tampilan gorden.

Baca juga: Top 4 Model Jendela Dapur Minimalis yang Estetik dan Fungsional

Cara Memasang Gorden Kolong dari Persiapan Sampai Pasang

Sebelum Anda mulai mempraktekkan cara memasang gorden kolong dapur, ada beberapa persiapan awal yang perlu dilakukan untuk memastikan proses pemasangan berjalan dengan lancar.

Berikut adalah langkah-langkah dan cara memasang gorden kolong dapur yang harus Anda lakukan:

Bersihkan Jendela dan Area Sekitar

Pastikan jendela dapur Anda bersih dari debu, kotoran, atau sisa-sisa perekat lama jika Anda sebelumnya telah menggunakan gorden. Bersihkan juga area sekitar jendela untuk memastikan tidak ada penghalang atau hambatan selama proses pemasangan.

Siapkan Alat dan Bahan

Pastikan Anda memiliki semua alat dan bahan yang diperlukan untuk memasang gorden kolong dapur.

Beberapa alat yang umumnya dibutuhkan antara lain penggaris, pengukur, obeng, bor, dan gunting. Selain itu, pastikan Anda memiliki perangkat gorden lengkap, termasuk rel gorden, tali gorden, dan cincin gorden.

Periksa Kembali Instruksi Pemasangan

Jika Anda membeli gorden kolong dapur dalam bentuk set, pastikan Anda membaca dan memahami instruksi pemasangan yang disertakan.

Instruksi ini biasanya akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara memasang gorden dengan benar.

Cara Memasang Gorden Kolong Dapur

Setelah persiapan selesai dilakukan, saatnya bicara soal cara memasang gorden kolong dapur dengan langkah-langkah berikut:

  • Pasang Rel Gorden

Langkah pertama cara memasang gorden kolong adalah memasang rel di atas jendela dapur. Gunakan obeng dan bor untuk memasang bracket rel pada dinding di kedua sisi jendela. Pastikan rel berada pada tinggi yang sesuai dan sejajar dengan jendela.

  • Gantungkan Gorden pada Rel

Setelah rel terpasang dengan baik, gantungkan gorden pada rel menggunakan cincin gorden. Pastikan gorden tergantung dengan rapi dan tidak miring.

  • Pasang Tali Gorden (Opsional)

Jika gorden kolong dapur Anda dilengkapi dengan tali gorden, Anda bisa menggunakan tali ini untuk menahan gorden saat dibuka. Pasang tali gorden di kedua sisi gorden dan ikat dengan kuat namun tidak terlalu kencang.

Tips untuk Menciptakan Tampilan Elegan dan Fungsional

Agar tampilan dapur Anda semakin menarik dengan gorden kolong, berikut adalah beberapa tips tambahan:

Padukan dengan Perangkat Dapur Lainnya

Pilihlah gorden kolong yang sesuai dengan tema dan warna dapur Anda. Padukan gorden dengan perangkat dapur lainnya, seperti alas meja, gantungan, atau penutup kursi, untuk menciptakan kesan yang serasi.

Pertimbangkan Aksesori Gorden

Tambahkan aksesori tambahan seperti tassel atau gorden tieback untuk memberikan sentuhan ekstra pada gorden kolong dapur Anda. Aksesori ini dapat memberikan tampilan yang lebih elegan dan menarik.

Pilih Gorden dengan Lapisan Penyaring Cahaya

Jika dapur Anda terkena sinar matahari langsung, pertimbangkan untuk memilih gorden dengan lapisan penyaring cahaya. Lapisan ini akan membantu melindungi dapur dari sinar UV berbahaya dan mengurangi panas yang masuk ke dalam ruangan.

Gorden kolong dapur merupakan cara yang efektif untuk memberikan sentuhan estetika pada dapur Anda sambil melindungi ruangan dari sinar matahari berlebih dan pandangan luar yang tidak diinginkan.

Memasang gorden kolong dapur sebenarnya tidak sulit jika Anda mengikuti cara memasang golden kolong dapur diatas. Selamat berkreasi memasang golden kolong dapur impian Anda!

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *