Jendela Dapur Minimalis, Estetik & Fungsional!

Jendela memang sudah jadi elemen yang lumrah untuk diterapkan dan memang seharusnya ada pada area memasak. Sebab dengan adanya jendela dapur minimalis ini, maka aktivitas memasak jadi lebih sehat dan higienis.

Kabar baiknya, model jendela dapur minimalis saat ini cukup estetik sehingga banyak disukai oleh para ibu rumah tangga.

Meskipun, model jendela tersebut terbilang simple namun, desainnya yang estetik mampu membuat suasana ruang dapur menjadi indah dan tidak mudah bosan.

Untuk menggunakan model jendela minimalis ini, tentunya kita harus menentukan ukuran jendela minimalis yang cocok bagi ruang dapur. Sehingga, saat dipasang jendela akan pas dan berfungsi dengan baik di ruang dapur Anda.

Artikel kali ini akan mengulas beberapa hal tentang jendela dapur minimalis mulai dari menentukan ukuran hingga rekomendasi desain jendela dapur minimalis yang cocok.

Tips Menentukan Ukuran Jendela Dapur Minimalis

Dalam menentukan bukaan untuk area dapur, Anda bisa memilih beberapa ide. Bisa dengan mengusung konsep ventilasi atap dapur, atau yang model jendela seperti yang akan kita bahas di artikel ini.

Tentunya jika memilih model jendela, selain memperhatikan modelnya tentu kita perlu untuk mengetahui ukuran jendela yang pas bagi ruang dapur Anda.

Berikut dibawah ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam menentukan ukuran jendela dapur dengan model minimalis, yaitu sebagai berikut:

Melakukan Pengukuran Ruang Dapur

Jadi, hal yang pertama dilakukan adalah dengan melakukan pengukuran jendela dapur minimalis yang akan diusung.

Untuk mengetahui ukuran jendela dapur yang pas yaitu dengan cara menentukan luas dinding dapur terlebih dahulu.

Pengukuran tersebut bisa dilakukan dengan cara menggambar denah dinding yang ingin dipasang jendela pada sebuah kertas, kemudian mencatat ukuran panjang serta lebarnya.

Tak lupa pula, Anda perlu memperkirakan jarak antara setiap furnitur yang terletak di sekitar dinding dan ukurannya. Bahkan, Anda juga perlu mengutamakan pengukuran kitchen set  yang cukup lebar atau pun tinggi.

Menyesuiakan Ukuran Jendela dengan Desain Dapur

Selepas menentukan ukuran jendela dapur yang pas, Anda juga perlu menyesuaikan ukuran jendela keseluruhan dengan desain yang Anda inginkan.

Untuk lebih mempermudah dalam menyesuaikan ukuran jendela dapur minimalis dengan desain yang Anda inginkan. Maka, Anda dapat memilih desain jendela yang sesuai dengan warna mebel di sekitarnya.

Contoh desain yang sesuai adalah dengan melengkapi tampilan kitchen set dari kayu yang berwarna gelap dengan bingkai jendela yang berbahan dasar kayu dengan warna serupa dan begitupun sebaliknya.

Akan tetapi, Anda perlu memastikan bahwa ruang yang berada di kitchen set memiliki luasan yang memadai.

Baca juga: Gaya-gaya desain dapur terpopuler di dunia

Mencocokkan Ukuran Jendela dengan Fungsi Dapur

Anda perlu mempertimbangkan juga ukuran jendela dengan fungsi dapur. Hal tersebut juga menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan desain dan ukuran jendela dapur.

Sehingga, nantinya ukuran dan desain jendela dapur akan sesuai dengan fungsi dapur. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui kebiasaan atau kegiatan yang serung dilakukan di dapur.

Misalnya saja, Apabila Anda ingin mempermudah akses ketika menyajikan makanan untuk di area outdoor maka, Anda bisa memasang jendela yang mengarah langsung ke teras luar di dekat meja dapur.

Desain Jendela Dapur Minimalis Kekinian

Jendela Dapur Minimalis
Jendela Dapur Minimalis

Setelah yakin dengan ukuran jendela dapur minimalis yang akan digunakan, saatnya Anda menentukan desain jendela yang sesuai dengan keinginan.

Berikut dibawah ini merupakan rekomendasi desain jendela dapur minimalis yang estetik dan kekinian, antara lain :

Baca juga: Gorden Kolong Dapur Minimalis Fungsinya Apa?

Model Jendela Double Hung

Model jendela ini memiliki tampilan yang ramping dan bersih dengan bingkai yang tipis dan sederhana yang sesuai dengan estetika desain minimalis. Dengan menggunakan jendela ganda, pengguna dapat mengontrol ventilasi dapur.

Hal tersebut dikarenakan panel aats dapat terbuka yang berguna untuk mengeluarkan udara panas dan panel bawah untuk mengalirkan udara segar.

Selain itu, model double hung juga memudahkan untuk mencuci kaca jendela. Karena kedua panel dapat dipindahkan, pengguna dapat dengan mudah membersihkan kedua sisi panel dari dalam dapur tanpa harus menaiki tangga atau keluar.

Dikarenakan desainnya yang fungsional dan estetika maka, jendela dapur minimalis double hung ini menjadi pilihan bagi setiap orang yang ingin menciptakan suasana dapur yang modern, cerah, dan nyaman. 

Model Jendela Dapur Memanjang

Jendela memiliki desain yang memanjang secara horizontal dan membentang di sepanjang area dinding dapur. Hasilnya, model ini mampu memberikan tampilan interior dapur yang luas dan terbuka.

Jendela dapur dengan model memanjang ini sering kali memiliki kaca besar, sehingga dengan begitu akan banyak cahaya alami yang masuk dan pemandangan indah dapat terlihat ketika beraktivitas di dapur.

Keuntungan dari desain ini ialah memungkinkan cahaya alami yang optimal, membuat ruang terasa lebih terang, dan lebih terbuka.

Disamping itu, jendela dapur yang memanjang juga dapat memberikan ventilasi yang baik, sehingga mampu membantu sirkulasi udara segar dan menghilangkan bau dapur.

Dengan adanya desain yang fungsional dan elegan maka dari itu, model jendela dapur ini dapat menjadi rekomendasi bagi dapur minimalis kesayangan Anda agar terlihat lebih luas dan memiliki pencahayaan alami yang maksimal.

Model Jendela Dapur Grid

Jendela Dapur Minimalis

Jendela dapur grid bisa ditandai dengan satu set jendela kecil yang dibagi menjadi kotak atau kisi kecil, sering kali dibatasi oleh bingkai kayu atau logam.

Pola grid ini mampu memberikan tampilan tekstur dan simetris yang menambah kesan estetika dan modern pada area dapur Anda.

Tak hanya nilai estetika, model jendela dapur grid ini juga memiliki keunggulan yang fungsional. Jadi, jendela dibuat pola grid ini memungkinkan cahaya alami masuk ke dapur lebih merata sehingga, bisa menciptakan suasana cerah dan nyaman di dalam ruangan.

Sementara itu, jendela dengan pola grid ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menyukai gaya estetik dengan kesan retro atau industrial.

Model Jendela Dapur Satu Bingkai

Jendela ini terdiri dari satu bingkai yang mengelilingi panel tunggal atau ganda yang membentuk jendela.

Bentuk kusen jendela dapur ini beraneka macam mulai dari kayu, alumunium dan material lain yang dapat menahan kelembapan dan panas yang sering kali dijumpai di area dapur.

Model jendela ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain memungkinkan banyak cahaya alami masuk ke dalam dapur, dapat membuat ruangan terasa cerah dan terang.

Cahaya alami ini dapat membantu mengurangi ketergantungan terhadap pencahayaan buatan, sehingga dapat menghemat energi listrik.

Selain itu, jendela ini juga bisa memberikan ventilasi yang baik sehingga, di area dapur sirkulasi udara menjadi lebih baik.

Udara segar bisa masuk dan udara yang tercemar bisa keluar dengan begitu, secara otomatis akan menjaga kualitas udara di dapur.

Desain jendela yang mengkombinasikan cahaya dan ventilasi yang baik, model jendela ini dapat menciptakan area dapur yang nyaman, sehat, dan juga hemat energi.

Itulah dia sekilas informasi tentang tips ukuran dan model jendela dapur minimalis. Dengan adanya informasi di atas diharapkan mampu menjadi acuan utama untuk Anda dalam memilih desain jendela bagi area dapur Anda.

Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *