7 Tips & Cara Menata Ruang Komputer

Cara menata ruang komputer di rumah minimalis memang perlu dipahami demi menghindarkan dari hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, tentunya diperlukan sebuah desain ruang komputer khusus yang nyaman di rumah. Terlebih bila Anda terbiasa membawa pulang pekerjaan kantor, dan menyelesaikannya di rumah.

Untuk memudahkan pekerjaan di rumah, Anda perlu mendesain ruang komputer sesuai standar kelayakan ruang komputer di rumah.

Selain itu, dengan menyiapkan ruang khusus, Anda bisa mengumpulkan semua kebutuhan dan dokumen penting yang diperlukan pada ruang komputer Anda.

Tips Menata Ruang Komputer

ruang komputer pribadi, desain ruang kerja pribadi, ruang kerja di rumah
cara menata ruang komputer pribadi yang nyaman untuk bekerja – narmadi.com/properti

Ruangan dengan komputer biasanya adalah ruang kerja yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Intensitas pekerjaan berhubungan dengan komputer memang tidak membutuhkan tenaga ekstra namun pemikiran yang lebih terkuras.

Oleh karenanya cara menata ruang komputer agar tetap bisa dipakai dengan nyaman adalah hal yang penting. Nah, hal hal berikut akan bisa membantu Anda dalam menentukan ruangan yang ergonomis.

Baca juga: Desain ruang kerja pribadi

Tentukan warna dinding yang motivated

cara menata ruang komputer
Cara menata ruang komputer untuk kerja via hackernoon.com

Untuk sebuah ruang komputer pribadi, warna-warna yang mampu meningkatkan mood seperti orange atau kuning bisa Anda pilih. Warna tersebut akan menawarkan rasa hangat dan nyaman meski kita membutuhkan waktu lama menyelesaikan pekerjaan dalam ruangan.

Pilihan lainnya, Anda bisa gunakan dinding berwarna hijau daun atau biru muda. Warna tersebut cocok diterapkan untuk ruang komputer, dimana siapa saja akan menghabiskan waktu yang cukup lama di depan komputer.

Hindari menambahkan wallpaper dinding dan sejenisnya karena hanya akan memperamai ruangan dan berpotensi merusak konsentrasi.

Pilih furnitur yang sesuai

Demi menunjang keberadaan unit komputer, gunakan meja dan kursi yang sesuai mulai dari model hingga ukurannya. Atur juga tata letaknnya di posisi yang tepat agar layarnya sama rata dengan mata. 

Kenyamanan kursi kerja juga perlu menjadi sorotan pasalnya Anda akan duduk lama di ruangan tersebut. Pilih kursi dengan desain yang ergonomis agar merasa nyaman.

Cara menata ruang komputer pribadi di rumah dengan tepat

Cara menata ruang komputer, ruang komputer pribadi, desain ruang kerja pribadi, ruang kerja di rumah
ruang komputer ideal dengan udara dan cahaya alami yang maksimal – narmadi.com/properti

Untuk merencanakan pembangunan ruang komputer pribadi, tentu ada beberapa elemen yang perlu dimasukkan ke dalamnya. Hal ini untuk memaksimalkan fungsi ruang komputer agar dapat digunakan dengan baik.

Kita juga perlu mengetahui lebar ruangan dan cara menyesuaikannya. Untuk membantu Anda mendesain dan mendekorasi ruang komputer pribadi di rumah, berikut ini beberapa cara menata ruang komputer yang bisa Anda ikuti :

1. Ukuran

Ukurlah lebar ruangan yang nantinya akan digunakan sebagai ruang komputer priadi Anda. Gambar sketsa kasarnya pada selembar kertas.

2. Sirkulasi Ruangan

Perhatikan sirkulasi ruangan. Pastikan bahwa penempatan furnitur dan benda-benda lainnya tak menggangu akses keluar-masuk Anda di ruangan tersebut atau menyulitkan Anda untuk beraktivitas di dalamnya.

3. Pencahayaan

Bila ruang kerja Anda minim dari paparan cahaya matahari, maka tentunya dibutuhkan pencahayaan tambahan untuk dipasangkan di ruangan tersebut. Pencahaayaan tambahan ini juga sangat bermanfaat untuk membantu Anda beraktifitas pada malam hari.

4. Penataan Lampu

Sebaiknya kurangi penggunaan lampu utama yang berada di langit-langit yang cahanya terlampau terang. Untuk ruang kerja, sebaiknya gunakan pencahayaan utama yang sedang, kemudian tambahkan lampu duduk yang lebih fokus.

5. Gunakan Pelindung Mata

Gunakan pelindung mata untuk mengurangi kelelahan mata Anda bila terlalu lama menatap layar komputer. Pelindung mata ini bisa berupa layar yang ditempelkan pada monitor, atau kacamata khusus untuk melidungi mata Anda saat bekerja di depan komputer.

6. Rapihkan Instalasi Kabel

Rapikan kabel-kabel yang berasal dari beragam benda elektronik Anda, supaya tidak membahayakan siapapun yang berada di dalam ruang komputer Anda.

7. Koneksi Internet

Bila Anda berlangganan internet dan dengan sistem nirkabel, lindungi wifi Anda menggunakan password, supaya jaringan Anda tidak mudah terkena malware atau diretas oleh orang lain.

Demikian ulasan kami tentang cara menata ruang komputer pribadi di dalam rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang desain ruang kerja terbaik, semoga bermanfaat. (ls) editted by RN31012020, 09/02/2023 by UN

Lutfi N

Menulis seputar property sejak tanggal 7 Agustus 2016. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar konsep hunian. Topik yang disukai adalah topik yang mengedepankan kenyamanan tempat tinggal.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *