Skip to content

Cat Lantai Rumah Epoxy: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan

Cat lantai rumah epoxy merupakan salah satu solusi bagi yang memiliki masalah pada lantai rumah. Epoxy juga sudah banyak dipilih oleh masyarakat untuk mengatasi masalah lantai rumah mereka.

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui tentang epoxy, Anda dapat mendapatkan informasinya disini. Artikel ini akan membahas khusus, terkait kelebihan kerungan dan cara menggunakan cat lantai rumah epoxy. Berikut informasinya untuk Anda.

Apa itu cat lantai rumah epoxy?

Cat lantai epoxy merupakan cat khusus yang terbuat dari campuran beberapa bahan seperti resin dan hardener. Bahan ini biasanya berasal dari komponen polimer epoxy sebagai cat dan polimer amina sebagai hardener.

Kedua campuran bahan tersebut akan berguna sebagai cat pelapis tipis yang dapat melindungi lantai. Selain itu juga akan merubah penampilan lantai rumah Anda.

Jadi, jika Anda mempunyai masalah pada lantai rumah, Anda dapat menutupi masalah tersebut dengan lantai epoxy atau jika Anda ingin mengubah penampilan lantai rumah Anda.

Anda juga dapat mengubahnya dengan menggunakan cat lantai epoxy sebagai pilihan Anda atau menggunakan lantai kayu anti rayap.

Manfaat cat lantai rumah epoxy

Cat Lantai Rumah Epoxy
Cat lantai rumah epoxy via blue.kumparan.com

Informasi yang ke dua yang perlu Anda ketahui adalah terkait manfaat cat lantai epoxy. Bagi Anda yang masih ragu untuk menggunakan cat lantai epoxy, Anda pasti penasaran dengan manfaat dari cat lantai epoxy.

Nah, untuk itu berikut akan dibahas terkait manfaat cat lantai rumah epoxy untuk Anda:

Pertama, cat epoxy bermanfaat untuk mengubah penampilan dari lantai. Jadi jika Anda menggunakan cat lantai epoxy akan membuat lantai Anda memiliki penampilan yang berbeda. Biasanya lantai akan lebih mengkilat dan lebih bersih.

Kedua, menambah nilai estetika. Hal ini dikarenakan cat epoxy biasanya memiliki berbagai varian warna dan pola. Sehingga akan memberikan nilai seni yang tinggi pada lantai rumah Anda.

Ketiga, melindungi lantai Anda dari korosi dan bahan kimia. Sehingga cat lantai epoxy sangat cocok digunakan di gudang. Dengan begitu lantai gudang akan awet, tidak terkena korosi atau tetap tahan dari bahan kimia yang mungkin tumpah di lantai.

Semoga ketiga info manfaat dari cat lantai epoxy tersebut dapat Anda gunakan sebagai bahan pertimabangan dalam menggunakan cat lantai epoxy.

Kelebihan dan kekurangan cat lantai rumah epoxy

Cat Lantai Rumah Epoxy
Cat lantai rumah epoxy via 5.imimg.com

Selanjutnya adalah kelebihan dan kekurangan cat epoxy. Info ini perlu dijadikan referensi tambahan, sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk menggunakan atau tidak.

Berikut beberapa kelebihan dari cat lantai rumah epoxy yang perlu Anda ketahui:

Pertama, dilihat dari segi harga, epoxy memiliki harga yang sangat terjangkau. Jadi bagi Anda yang masih ragu terkait biaya, Anda sekarang tidak perlu khawatir. Cat epoxy memiliki harga yang terjangkau.

Kedua, Cat lantai epoxy memiliki produk epoxy lantai 3D. Hal ini akan membuat gambar pada lantai lebih kongkret. Jadi ini merupakan salah satu keunggulan cat lantai epoxy yang berbeda dengan cat lantai lainnya.

Selanjutnya adalah kekurangan dari cat lantai epoxy. Dimana cat epoxy merupakan cat yang jika diaplikasikan akan menghasilkan permukaan licin. Jadi bagi Anda yang menggunakan cat epoxy harus lebih berhati-hati.

Selain itu, cat lantai epoxy memiliki aroma yang menyengat. Bau ini berasal dari bahan kimia yang menjadi campuran dari cat lantai epoxy tersebut. Jadi Anda perlu mencari solusi untuk mengurangi bau menyengat dari cat lantai epoxy.

Baca juga: Merawat Lantai Kayu Apartemen dengan 6 Cara Ini!

Cara penggunaan cat lantai rumah epoxy

Cat Lantai Rumah Epoxy
Cat lantai rumah epoxy via masbadar.com

Hal yang terakhir yang perlu Anda ketahui adalah cara menggunakan cat lantai rumah epoxy yang benar. Ini sangat diperulakn untuk Anda yang sudah mantap memilih cat lantai epoxy untuk mengecat lantai rumah Anda.

Langkah-langkah berikut akan membantu Anda dalam mengecat lantai dengan menggunakan cat epoxy:

Pertama siapkan permukaan lantai, maksudnya permukaan lantai harus rata, sehingga lantai akan mudah jika dilapisi dengan cat lantai epoxy. Selain permukaan rata, Anda juga harus membersihkan lantai dari debu yang menempel tersebih dahulu, sebelum pelaksanaan aplikasi cat.

Kedua, campurkan komponen yang diperlukan, dengan bantuan mixer listrik. Setelah komponen tercampur dengan rata, dapat langsung diaplikasikan pada lantai.

Ketiga, priming permukaan lantai dengan campuran epoxy primer yang sudah Anda buat. Anda dapat langsung mengplikasikan pada lantai secara merata. Kemudian tunggu hingga kering.

Keempat, plamir epoxy. Setelah primer kering, Anda dapat langsung melakukan pengecatan plamir epoxy ke seluruh permukaan lantai secara merata. Setelah itu tunggu hingga cat kering.

Kelima, pengecekan. Setelah kering, Anda dapat melakukan sortir plamir. Proses ini bertujuan untuk memastikan bahwa plamir benar-benar merata. Plamir yang tidak rata akan mempengaruhi warna yang terlihat setelah pengecatan epoxy mencapai finish.

Keenam, pengecatan epoxy dasar. Setelah dicek dan hasilnya sesuai, Anda dapat langsung melakukan pengecatan epoxy dasar. Setelah itu, Anda perlu menunggu sampai kering dan dapat dilakukan pengamplasan pada seluruh permukaan lantai.

Ketujuh, finishing. Proses ini merupakan proses yang terakhir dalam pengerjaan epoxy lantai. Proses ini sama dengan proses pengecatan epoxy dasar, pada tahap ini hanya mengulang agar mendapatkan ketebalan epoxy yang sesuai.

Langkah-langkah di atas perlu Anda aplikasikasikan sesuai dengan urutannya. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan yang diinginkan.

Demikian informasi terkait cat lantai rumah epoxy berikut cara penggunaannya. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda. (fy), Editted 28/07/2022 by UN.

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.