4 Cara Membuat Cat untuk Belajar Anak yang Aman

Cat untuk belajar anak haruslah dibuat dengan bahan-bahan yang aman bagi kulit mereka. Karena setiap anak pasti menikmati aktifitas bermain dan belajar menggunakan media cat.

Para orang tua haruslah menyediakan sarana yang aman agar mereka bisa mengekspresikan imajinasinya dengan aneka warna yang diinginkan.

Mengapa kita perlu membuat sendiri cat untuk belajar anak? Karena pada umumnya cat biasa memiliki bahan yang berbahaya bagi anak-anak.

Berdasarkan bahan pengencernya, cat dibagi dalam dua jenis, yaitu solvent based (pengencernya menggunakan tiner) dan water based (pengencernya menggunakan air).

Dulu, sebagian besar cat yang ada di pasaran adalah cat solvent based. Ini berlaku untuk cat dinding maupun cat kayu dan besi. Lama kelamaan, cat dinding mulai mengarah ke water based yang dianggap lebih aman.

Cat kayu dan besi menyusul kemudian, walaupun belum sebanyak cat dinding. Tapi pada kenyataannya, masih banyak cat solvent based yang beredar di pasaran dengan kadar timbal yang tinggi.

Sejak pembuatan di pabrik, cat sudah menggunakan solvent atau pelarut. Solvent digunakan sebagai pencampur cat, karena dengan takaran yang pas bisa membuat cat memiliki kekentalan yang juga pas. Hal ini membuat cat menjadi mudah diaduk, mudah diaplikasikan, dan cepat kering.

Tapi gas atau uap yang dihasilkan tersebut membutuhkan waktu untuk benar-benar hilang dari udara di sekitar ruangan yang baru dicat. Uap solvent yang menyebar di udara ini bisa mencemari lingkungan dan menyebabkan gangguan kesehatan bila terhirup secara berlebihan.

Efek solvent bisa dirasakan secara instan berupa gangguan kesehatan ringan seperti mata pedas, kulit perih, gangguan saluran perna-fasan, atau alergi. Sedangkan bila dihirup dalam jangka waktu lama, bahan ini bisa menyebabkan kanker, kerusakan hati, dan gangguan sistem saraf.

cat untuk belajar anak, cat aman untuk anak, membuat cat maianan sendiri
Cat untuk belajar anak perlu kita buat sendiri demi melindungi buah hati dari bahaya – narmadi.com/properti

Cat untuk belajar anak yang aman

Setiap anak kecil tentu suka corat-coret, entah di dinding atau media lainnya. Hal tersebut adalah wajar, karena itu adalah fase dan dunianya.

Tinggal kita pintar-pintar mendampinginya dan menydiakan sarana terbaik untuk mereka. keinginan si kecil untuk bereksplorasi dengan cat warna tidak perlu dibatasi, karena sebenarnya Anda bisa membuat sendiri cat warna dengan bahan yang aman, bahkan bila termakan oleh buah hati Anda.

Dengan menyediakan media belajar dengan cat, hal ini bisa dijadikan pelampiasan anak-anak untuk mengekspresikan imajinasi mereka, dan supaya tidak lagi mencorat-coret dinding rumah minimalis Anda.

Maka disini kita perlu membuat cat mainan yang aman, bahkan bil cat tersebut dimasukkan ke mulut mereka karena tergiur oleh warna-warninya yang mirip gulali. Untuk membuat cat untuk belajar anak, Anda bisa menyiapkan bahan-bahan di bawah ini :

• Panci/wajan untuk memasak

• 1/2 cup tepung maizena

• 3 sdm gula

• 1/2 sdt garam

• 2 cup air dingin

• Pewarna makanan

• Spatula

• Wadah-wadah kecil untuk tempat cat

Cara Pembuatan:

1. Campur semua bahan bersama ke dalam panci anti lengket berukuran sedang, lalu masak di atas api kecil selama 10-15 menit.

2. Aduk adonan tersebut hingga lembut dan mengental. Bila sudah sepenuhnya mengental, angkat wajan dari kompor dan biarkan adonan mendingin.

3. Setelah dingin, tempatkan adonan tersebut ke wadah-wadah kecil, atau cetakan es batu yang sudah Anda siapkan. Jumlah wadah bergantung pada berapa banyak warna yang Anda inginkan.

4. Beri beberapa tetes pewarna makanan pada masing-masing wadah. Anda bisa membeli pewarna makanan untuk rainbow cake. Bila menggunakan cetakan es batu, cukup satu tetes di tiap kotak.

cat untuk belajar anak, cat aman untuk anak, membuat cat maianan sendiri
siapkan beberapa wadah kecil untuk campuran aneka warna cat buatan Anda – narmadi.com/properti

Anda juga bisa memadukan dua warna untuk menghasilkan warna cat untuk belajar anak yang berbeda. Misal, biru dan pink bisa menghasilkan warna ungu. Aduk warna ke adonan cat untuk memastikan tingkat kekuatan warna.

Demikian ulasan kami tentang cara membuat cat untuk belajar anak yang aman.

Anda juga bisa membaca artikel kami tentang bahaya cat dinding pada bayi yang oenting untuk diketahui. Semoga bermanfaat. (ls.) editted by RN22122021, 17/02/2022 by diminimalis

lutfi.diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Agustus 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.