5 Dapur Mini Bar Minimalis untuk Hunian Anda

Dapur mini bar minimalis memang masih kurang populer di Indonesia. Padahal, rumah yang memiliki mini bar di dalamnya bisa membuat hunian menjadi terlihat lebih modern dan juga menarik.

Selain untuk memasak, dapur mini bar minimalis ini juga bisa dijadikan sebagai tempat Anda beristirahat setelah menjalani aktivitas seharian yang melelahkan.

Selain itu, adanya bar mini dekat dapur juga bisa dijadikan tempat untuk berkumpul bersama anggota keluarga tercinta.

Sekilas Tentang Dapur Mini Bar Tema Minimalis

Sejatinya, mini bar ini adalah area dimana Anda bisa bersantai sambil menikmati makanan dan juga minuman.

Konsep mini bar ini awalnya cukup populer di negara-negara Amerika dan Eropa, namun semakin ke sini negara-negara Asia mulai mengadaptasinya, tidak terkecuali di Indonesia.

Ciri paling khas dari mini bar ini terletak pada bentuk kkursinya yang dibuat lebih tinggi daripada meja.

Sebenarnya, mini bar bisa diletakkan di mana saja, namun kebanyakan di Indonesia mengadaptasi mini bar untuk area dapur.

Selain itu, manfaat mini bar juga bisa jadi tempat ngumpul untuk semua anggota keluarga sambil menikmati makanan di sana.

Untuk rumah yang ukurannya terbilang kecil, maka dapur mini bar minimalis ini bisa menjadi solusi tepat untuk diterapkan di dalam rumah.

Memiliki interior dapur dengan mini bar ini tentu akan membuat kegiatan mengobrol bersama keluarga jadi semakin menyenangkan dan lebih hangat tentunya.

Inspirasi Desain Dapur Mini Bar Minimalis

Dapur Mini Bar Minimalis
Dapur Mini Bar Minimalis

Desain dapur mini bar bertema minimalis mengusung konsep unik, simpel dan rapi, sehingga sangat cocok diterapkan untuk rumah modern.

Bagi Anda yang sedang mencari-cari referensi terkait desain dapur mini bar minimalis, berikut ada beberapa referensi yang bisa dijadikan inspirasi untuk dapur minimalis di rumah Anda nanti:

Dapur Mini Bar Gaya Minimalis Elegan

Bagi Anda yang menyukai mini bar dengan tampilan yang elegan dan rapi, maka gunakan kitchen set yang bernuansa warna putih terang.

Untuk bagian langit-langit atau plafon, Anda bisa menambah beberapa lampu LED agar pencahayaan bisa maksimal.

Untuk rak dan kursinya, gunakan yang berbahan dari kayu. Kemudian, pada bagian kursi gunakan warna cat putih untuk bagian atas dan warna natural pada bagian bawah.

Penerapan warna putih ini bisa memberi kesan jika dapur di rumah Anda bersih sekaligus elegan. Sayangnya, karena warna putih ini sangat rentan terhadap penampakan noda, maka Anda harus rajin membersihkannya secara berkala.

Dapur Mini Bar Monokrom Dengan Lampu Hias

Dapur mini bar minimalis akan menjadi sangat estetik jika dipadu dengan warna monokrom dengan lampu hias.

Gunakan teknik kombinasi warna antara warna hitam dan putih agar dapur terlihat semakin menarik. Misalnya saja, untuk bagian bawah dan atas termasuk furniturnya lebih baik didominasi dengan warna hitam.

Untuk bagian furnitur tengah, seperti mejanya bisa diaplikasikan warna putih dan pada bagian bawah atau lantai bisa menggunakan keramik dengan warna atau motif yang kalem.

Jangan lupa menambahkan beberapa lampu gantung yang berjenjang di atas meja agar dapur tidak terkesan sepi.

Dapur Mini Bar Dengan Atap Transparan

Bagi Anda yang menginginkan suasana dapur yang cerah dan terang, maka bisa menggunakan kaca transparan pada bagian atap dapur. Gunakan rangka dari bahan besi atau kayu dan atap yang berbahan kaca transparan yang kuat.

Dengan begitu, cahaya matahari bisa lebih leluasa memasuki ruangan dapur minimalis Anda.

Gunakan meja mini bar dan kursi yang terbuat dari kayu agar tampilan dapur jadi semakin estetik. Agar lebih menarik, berikan sentuhan cat warna abu-abu muda atau plester kasar bertekstur di bagian dindingnya.

Dapur Mini Bar Bermotif

Jika Anda menginginkan konsep outdoor untuk dapur mini bar minimalis ini, Anda bisa membangun dapur di bagian samping atau belakang rumah.

Sirkulasi udara dari desain dapur ini sangat bagus, sehingga Anda tidak perlu cemas dengan udara sumpek yang mungkin ditimbulkan dari asap masakan yang dibuat.

Udara sejuk akan membuat semangat memasak Anda jadi bertambah dan menghasilkan hidangan yang enak. Konsep dapur ini cocok untuk Anda yang gemar mengadakan BBQ party bersama keluarga atau rekan kerja.

Tambahkan tempat grill yang biasa digunakan untuk memanggang daging. Jangan lupa dengan kabinet yang berlaci untuk menyimpan peralatan makan atau memasak. Di bagian dindingnya, berikan sentuhan batu alam agar kesana natural semakin kuat.

Dapur Mini Bar Minimalis Feminim

Bagi Anda yang memiliki sisi feminism yang sangat kuat, maka Anda bisa memakai desain mini bar cantik yang satu ini. Agar terlihat semakin cantik dan feminim, maka Anda bisa menambahkan warna pink kalem pada beberapa bagian di dapur mini bar ini.

Selain warna pink, Anda juga bisa memberi sentuhan warna putih pada bagian furnitur lainnya agar kesan feminim tidak terlalu mendominasi

Tips Menata Rumah dengan Dapur Mini Bar Bertema Minimalis

Meski kurang populer, namun tidak sedikit rumah-rumah yang bergaya modern kini mengaplikasikan dapur mini bar minimalis ini.

Jika selama ini Anda hanya bisa melihat mini bar ketika berada di kafe atau restoran saja, kini Anda juga bisa memilikinya di dapur rumah.

Agar tampilan dapur ini jadi semakin maksimal ketika diapliasikan di dalam rumah, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

Atur Mini Bar Sesuai dengan Ukuran Dapur

Poin pertama ini sangat penting, karena pemakaian meja dan kursi yang digunakan nantinya harus disesuaikan dengan ukuran dapur.

Jika area dapur Anda kecil, maka gunakan meja dan kursi yang tidak terlalu besar agar dapur tetap terkesan lapang, cantik dan rapi.

Gunakan Berbagai Model Kursi Bar

Memakai beberapa model kursi bar yang berbeda bisa Anda terapkan. Perlu diingat, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kesesuaian model kursi dengan desain interior dalam dapur agar tetap serasi.

Baca juga: Desain dapur minimalis letter L

Perhatikan Pencahayaan

Selain sirkulasi udara, pencahayaan di area dapur juga sangat penting untuk diperhatikan. Dapur yang memiliki pencahayaan yang banyak tentu akan menciptakan kontras yang bagus dengan meja dan kursi berwarna putih di dapur mungil Anda.

Meski tidak terlalu luas, namun pencahayaan yang pas ini bisa menimbulkan kesan mewah pada dapur mini bar minimalis di rumah Anda.

Baca juga: 12 Gambar Desain Interior Rumah Minimalis Tanpa Sekat

Usung Dapur yang Berkonsep Publik

Konsep publik di sini maksudnya adalah, dapur mini bar di rumah Anda juga bisa digunakan sebagai ruang publik yang berada di dalam rumah.

Ketika ada tamu atau saudara yang datang ke rumah, Anda bisa mengajaknya di dapur untuk bersantai atau mengobrol sambil menikmati minuman ataupun camilan di sana.

Meskipun berukuran kecil, pastikan jika desain dapur mini bar minimalis yang Anda pilih bisa menunjang kebutuhan Anda selama di dapur.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan area ini agar ketika ada tamu berkunjung bisa tetap merasa nyaman berada di sana.

Meskipun memang memiliki fungsi tambahan, namun jangan mengabaikan fungsi utama dari mini bar di rumah Anda ini adalah sebagai dapur.

Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website