Inspirasi Kamar Mandi dan Dapur Minimalis

Kamar mandi jadi salah satu ruangan yang bisa dikombinasikan dengan ruangan lain seperti dapur. Kamar mandi dan dapur minimalis ketika disatukan dengan konsep terbaik pasti tetap akan bisa menghadirkan kenyamanan yang optimal.

Oleh sebab itu, ketika membangun ruangan di dalam rumah minimalis biasanya menggunakan konsep two in one, dimana satu area untuk dua ruangan.

Termasuk halnya ruang kamar mandi dan dapur minimalis yang dibuat berdekatan seperti pembahasan kita kali ini.

Kamar mandi dan dapur minimalis yang berdekatan secara kesehatan mungkin memang tidak disarankan.

Hal ini karena adanya kemungkinan udara yang terkontaminasi dengan virus yang berasal dari kamar mandi. Selain itu, bau yang tidak sedap bisa sangat mengganggu sirkulasi udara untuk ruangan dapur.

Inspirasi Kamar Mandi dan Dapur Minimalis

Pemakaian satu area untuk dua ruangan memang tidak nyaman pastinya, namun jangan terlalu khawatir.

Bagi Anda yang memiliki hunian dengan luas yang terbatas tetap bisa mengakalinya dengan memilih salah satu dari beberapa inspirasi desain kamar mandi dan dapur minimalis berikut ini:

Kamar Mandi dan Dapur Minimalis
Kamar Mandi dan Dapur Minimalis

Dapur Berada di Sebelah Kamar Mandi

Umumnya, kamar mandi sederhana memang tidak membutuhkan ruang yang luas, maka dari itu bisa dibagi untuk dijadikan bagian dapur yang bersebelahan. Gunakan kamar mandi dengan satu pintu berukuran kecil agar semakin menghemat tempat.

Untuk bagian dapur, bisa menggunakan meja dapur yang dibuat dari cor granit dengan memilih warna hitam mengkilap di bagian atas.

Sementara di bagian bawahnya bisa menggunakan warna cokelat. Jangan lupa membuat beberapa laci di bawah meja berwarna hitam sebagai tempat untuk meletakkan berbagai peralatan memasak.

Kamar Mandi di Depan Dapur Berdekatan

Desain kamar mandi dan dapur minimalis selanjutnya bisa saling berhadapan. Jika memutuskan untuk memberi ruang lebih untuk dapur, Anda bisa meletakkan berbagai peralatan apa saja di dapur.

Sementara untuk kamar mandi yang berada di depan dapur tersebut bisa disekat dengan tembok berwarna putih agar memberi kesan lapang.

Kamar Mandi di Samping Dapur

Menggunakan desain kamar mandi yang berada di pojok dapur juga tidak jadi masalah. Anda bisa mengatur perlengkapan memasak, kulkas hingga mesin cuci di depan kamar mandi.

Desain ini bisa diaplikasikan dengan baik dan estetik asal ditata secara teratur dan rapi agar penghuni tetap merasa nyaman meski ruangan terkesan menampung terlalu banyak barang.

Kamar Mandi dan Dapur Dibuat Serba Minimalis

Desain selanjutnya adalah dengan membuat kamar mandi dan dapurnya serba minimalis. Untuk bagian dapur, Anda bisa meletakkan secara berjajar kulkas dua pintu, peralatan memasak kemudian mesin cuci.

Di dekat mesin cuci inilah, Anda bisa membangun sebuah kamar mandi minimalis. Untuk menambah nilai estetik yang menyegarkan mata, Anda bisa memakai karpet berwarna hijau muda untuk alas di dapur dan juga alas kaki untuk diletakkan di depan kamar mandi.

Kamar Mandi dan Dapur yang Mengusung Konsep Abu-abu

Inspirasi kamar mandi dan dapur minimalis yang layak Anda coba adalah dengan menerapkan warna yang serupa, yaitu warna abu-abu.

Anda bisa membuat atau membeli dapur dari bahan granit yang berwarna abu-abu dengan wastafel berada di tengahnya.

Agar bisa menghemat tempat untuk peralatan memasak maupun makan, Anda bisa menambahkan rak.

Untuk membatasi antara dapur dan kamar mandi bisa menggunakan cat tembok yang berwarna abu-abu juga.

Konsep seperti ini sangat elegan dan estetik, terlebih bagi Anda yang rajin menjaga kebersihan rumah.

Desain Dapur Minimalis Menyatu dengan Kamar Mandi

Desain kamar mandi yang berhadapan langsung dengan kamar mandi juga tidaklah buruk. Sebelum kamar mandi, terdapat meja dapur minimalis yang digunakan untuk memasak.

Di atas meja ini sudah lengkap berbagai perlengkapan memasak seperti sendok, pisau, telenan, kompor hingga wastafel.

Di bagian atasnya, Anda bisa memberikan rak kecil yang bisa digunakan untuk meletakkan berbagai bumbu dapur.

Untuk bagian bawah atau lantai dapurnya, Anda bisa memilih warna cokelat dengan pemilihan pintu kamar mandi berwarna putih. Ini menjadi selaras jika warna cat tembok yang Anda gunakan untuk area ini juga berwarna putih.

Kamar Mandi dan Dapur Memakai Satu Warna

Bagi Anda yang tidak ingin terlalu pusing, maka memakai desain kamar mandi dan dapur minimalis dengan konsep satu warna mungkin bisa dijadikan pilihan.

Apabila Anda mengambil warna cokelat, agar tidak monoton bisa dibuat variasi dengan memadukan warna cokelat muda, cokelat tua atau warna cokelat yang bermotif.

Agar lebih ringkas untuk dua ruang ini, Anda bisa menempelkan rak kecil di dinding untuk meletakkan berbagai alat memasak dan berbagai bumbu dapur. Jangan lupa untuk meletakkan alas kaki di depan pintu kamar mandi supaya lantai tidak licin.

Baca juga: Dapur dan Taman Belakang Rumah Minimalis Terbaik dan Estetik

Kamar Mandi Berhadapan dengan Dapur

Bagi Anda yang mengusung konsep rumah minimalis dan sederhana, maka desain kamar mandi yang berhadapan dengan dapur ini bisa diambil.

Anda bisa membeli meja dapur dari granit yang berwarna putih atau abu-abu muda berbentuk L sebagai tempat memasak dan meletakkan makanan. Kemudian di depannya terdapat kamar mandi minimalis dengan pintu yang terbuat dari kayu.

Tips Membuat Kamar Mandi dan Dapur Minimalis Berdekatan

Kamar mandi dan dapur memang memiliki bau khas masing-masing. Selain selalu menjaga kebersihan kedua ruang ini.

Berikut ada beberapa hal lain yang penting untuk Anda perhatikan ketika memilih desain kamar mandi serta dapur minimalis yang berdekatan:

# Buatlah Ventilasi Berjalan dengan Baik

Tidak bisa dipungkiri, letak kamar mandi yang berdekatan dengan dapur tentu memerlukan sirkulasi yang maksimal agar udara selalu segar.

Bau kamar mandi yang pengap ditambah asap yang ditimbulkan dari masakan bisa sangat mencemari udara dan membuat Anda menjadi tidak nyaman.

Oleh sebab itu, jika Anda memilih desain kamar mandi dan dapur minimalis saling berdekatan, maka pastikan ventilasi di area tersebut berfungsi dengan baik agar udara tidak berputar-putar di area tersebut.

# Atur Pencahayaan yang Alami

Untuk memberi kesan alami, Anda bisa memanfaatkan jendela kaca besar yang kemudian dipasang di area kamar mandi dan dapur ini agar terasa semakin cerah dan menyegarkan.

Selain untuk pencahayaan alami, jendela ini juga bisa dimanfaatkan sebagai ventilasi udara apabila didesain bisa terbuka dan menutup.

# Jaga Area Selalu Tetap Kering

Keberadaan dapur dan kamar mandi yang berdekatan tentu saja akan membuat lantai jadi selalu basah dan licin.

Untuk mengatasi hal ini, maka Anda harus rajin membersihkan lantai dengan pel. Ini memang sangat merepotkan.

Tapi karena keterbatasan ruangan yang dimiliki dan memang mengusung konsep two in one seperti yang disebutkan di atas, mau tidak mau hal ini memang harus dilakukan untuk menghindari seseorang terpeleset.

Untuk meminimalisir bau, upayakan untuk selalu menutup pintu kamar mandi ketika tidak dipakai ataupun selesai dipakai.

Beragam inspirasi desain kamar mandi dan dapur minimalis ini bisa diterapkan untuk rumah Anda nanti.

Karena satu area dan kedua tempat tersebut saling berdekatan, Anda harus selalu menjaga kebersihan dapur dan juga area kamar mandi agar tidak mengganggu kenyamanan anggota keluarga lain.

Pilihlah salah satu referensi desain di atas sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda agar puas ketika diterapkan di rumah.

Editor: UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *