Skip to content

Dekorasi Kamar Tidur

Memiliki kamar tidur yang nyaman sekaligus sedap dipandang sepertinya menjadi keinginan semua orang. Ruang kamar tidur menjadi sebuah tempat untuk beristirahat dan melepas lelah setelah seharian beraktivitas di luar rumah.

Hal itulah yang membuat banyak orang berusaha membuat dekorasi kamar tidur terbaik, paling indah namun tetap nyaman ditempati oleh mereka.

Selain untuk keindahan, dekorasi kamar tidur yang baik akan membantu istirahat lebih efektif dan pada akhirnya akan membuat kesehatan lebih terjaga.

Ide Menarik untuk Dekorasi Kamar Tidur yang Hemat Budget

Dekorasi rumah tidak terlepas dari kebutuhan penataan kamar tidur. Jika Anda saat ini sedang mencari ide menarik untuk mewujudkan dekorasi kamar tidur yang indah, nyaman sekaligus hemat budget, maka simak artikel berikut hingga tuntas.

Ada banyak sekali ide bagus yang bisa Anda terapkan di kamar tidur kesayangan sesuai dengan keinginan.

1. Gunakan furniture multifungsi

Furniture multifungsi untuk dekorasi kamar tidur
Furniture multifungsi untuk dekorasi kamar tidur

Ide yang pertama adalah dengan menggunakan furniture multifungsi untuk diletakkan di kamar tidur Anda. Seperti misalnya jenis furniture meja yang tergabung dengan tempat tidur atau lemari pakaian.

Selain menghemat tempat, saat ini ada banyak sekali jenis furniture minimalis dengan banyak fungsi yang bisa digunakan untuk melengkapi dekorasi kamar tidur Anda.

2. Gunakan hiasan dinding sesuai ukuran kamar

dekorasi hiasan dinding untuk kamar tidur
dekorasi hiasan dinding untuk kamar tidur

Hiasan dinding yang banyak dipajang di kamar tidur umumnya berupa lukisan abstrak, foto gambar diri, lukisan hingga hiasan dinding lainnya seperti jam dinding dengan aksesoris khusus.

Anda bisa menggunakan hiasan dinding sesuai ukuran kamar, misalnya jika ukuran kamar besar maka bisa memajang hiasan yang berukuran besar.

Namun sebaliknya jika ukuran kamar kecil maka sebaiknya memajang hiasan yang berukuran sedang atau kecil sehingga tak membuat kamar terlihat penuh sesak. Jangan lupa, perhatikan juga masalah keselarasan background kamar tidur tersebut.

3. Gunakan rak dinding gantung

dekorasi rak dinding untuk kamar tidur
dekorasi rak dinding untuk kamar tidur

Banyak orang yang memilih untuk memiliki rak dinding di kamar untuk menyimpan aneka macam barang yang digunakannya.

Agar supaya tak terlihat memenuhi tempat, maka Anda bisa menggunakan rak dinding gantung dengan warna putih atau terang sehingga membuat desain kamar tidur pun terlihat lebih luas.

Rak dinding bisa dibuat dengan berbagai bentuk sehingga selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan juga sebagai hiasan di kamar tidur Anda.

4. Gunakan wallpaper

Dekorasi wallpaper pada kamar tidur
Dekorasi wallpaper pada kamar tidur

Tak sempat mengecat dinding dengan menggunakan warna kesayangan? Jangan khawatir karena saat ini sudah ada banyak sekali wallpaper dinding dengan beragam motif yang bisa Anda gunakan di dekorasi kamar tidur.

Tinggal ukur luas dinding yang akan diterapkan wallpaper, kemudian langsung pasang sendiri, umumnya banyak yang berhasil memasang wallpaper sendiri di rumah.

5. Letakkan tanaman hias dan diffuser

dekorasi tanaman hias dan diffuse pada kamar tidur
dekorasi tanaman hias dan diffuse pada kamar tidur

Jika Anda menginginkan suasana kamar tidur selalu segar dan menyenangkan, maka bisa dilakukan dengan cara meletakkan tanaman hias di salah satu sudut kamar atau di bagian jendela yang berfungsi sebagai ventilasi di kamar tidur.

Anda bisa menggunakan dekorasi kamar tidur berupa tanaman hias yang memiliki kegunaan untuk menyerap udara kotor atau racun yang ada di kamar, sehingga udara di sekitarnya selalu bersih serta menyegarkan.

Alat diffuser juga bisa Anda gunakan untuk memberikan kelembaban di ruang kamar tidur, selain menggunakan air murni juga bisa menggunakan air yang diberi minyak esensial sehingga kamar berbau wangi dan menyenangkan.

6. Gunakan lantai vinyl

dekorasi lantai vinyl di kamar tidur
dekorasi lantai vinyl di kamar tidur

Ide berikutnya adalah untuk menggunakan bahan pelapis lantai yang terbuat dari vinyl. Sama seperti wallpaper, lantai vinyl yang saat ini banyak dijual dalam bentuk lembaran ini juga mudah untuk diaplikasikan.

Memiliki kelebihan nyaman dipijak kaki, anti rayap, anti gores, anti air dan anti panas sekaligus memiliki beragam motif yang menarik.

7. Pakai ranjang pendek dengan tambahan lemari penyimpanan

dekorasi ranjang pendek di kamar tidur
dekorasi ranjang pendek di kamar tidur

Percayalah semakin banyak furniture multifungsi yang Anda gunakan, pastinya akan membuat dekorasi kamar tidur Anda menjadi semakin simpel dan nyaman untuk ditempati.

Menggunakan ranjang yang memiliki kaki pendek, selain berfungsi untuk membuat kamar terlihat lebih luas, Anda juga bisa menempatkan laci penyimpanan di bawahnya.

Sehingga semua ruang terpakai secara maksimal. Gunakan warna cat kayu putih sehingga ranjang pun terlihat elegan dan eksklusif.

8. Pakai cat dinding berwarna putih

cat dinding putih pada dekorasi kamar tidur
cat dinding putih pada dekorasi kamar tidur

Penggunaan cat dinding berwarna putih biasanya akan membuat ruangan terlihat lebih luas dan lapang. Selain itu, keuntungan menggunakan cat warna putih adalah bisa memaksimalkan penerangan yang ada di dalam kamar. Pencahayaan yang baik akan membuat kamar tidur terasa lebih nyaman untuk ditempati.

Ketahui Keuntungan Dekorasi Kamar Tidur yang Simpel

Menggunakan dekorasi untuk kamar tidur yang simpel biasanya menunjukkan pemiliknya juga termasuk orang yang simpel dan praktis. Namun sebenarnya ada banyak keuntungan dibalik memiliki dekorasi yang sederhana dan tetap membuat kamar nyaman untuk ditinggali.

– Tak butuh banyak hiasan

Biasanya kamar tidur minimalis tak membutuhkan banyak hiasan atau dekorasi untuk membuatnya terlihat menarik. Penggunaan furniture minimalis saja sudah membuatnya bisa terlihat cantik meski tanpa menggunakan banyak dekorasi di dalamnya.

– Praktis

Memiliki dekorasi kamar tidur yang sederhana juga lebih praktis. Karena Anda tak perlu meluangkan waktu dan tenaga untuk membersihkan kamar tidur secara berkala.

Kamar tidur pun akan selalu terlihat bersih dan nyaman untuk ditempati karena Anda bisa membersihkannya setiap hari dengan mudah serta cepat.

– Memaksimalkan ruang

Menggunakan dekorasi kamar yang sederhana, juga akan membuat Anda pintar untuk memaksimalkan ruang yang ada di kamar tidur. Semua celah ruang akan termanfaatkan dengan baik, sehingga membuat penataan kamar tidur pun lebih indah dipandang mata.

– Hemat biaya

Dekorasi dan furniture untuk kamar tidur minimalis biasanya dibuat dengan memperhatikan segi fungsi sekaligus harga. Anda bisa memilih jenis dekorasi dan furniture sesuai dengan anggaran biaya yang dimiliki.

– Mudah untuk melakukan perubahan suasana

Jika Anda termasuk seseorang yang mudah bosan, menggunakan dekorasi kamar tidur yang sederhana bisa menjadi pilihan. Karena akan lebih cepat dan mudah untuk melakukan perubahan suasana, ketika merasa bosan dengan tampilan kamar yang monoton.

Seperti misalnya wallpaper atau lantai bisa diganti motifnya, minyak esensial bisa dirubah sesuai keinginan dan lain sebagainya.

– Kamar terlihat rapi

Tak menggunakan banyak hiasan atau dekorasi akan menjadikan kamar tidur terlihat lebih rapi dan teratur. Apalagi jika furniture yang dipakai adalah jenis furniture multifungsi yang lebih praktis dan tak memakan banyak tempat di ruang kamar tidur Anda.

Semua barang akan terlihat berada di tempat yang semestinya, dan tak terlalu banyak ruangan kosong di kamar tidur tersebut. Karena semua ruangan dimanfaatkan dengan sangat baik.

Itulah beberapa ide menarik yang sederhana namun tetap nyaman untuk diterapkan pada ruang kamar tidur Anda.

Menjadi salah satu ruangan yang paling sering untuk ditinggali, kamar tidur memang harus mendapatkan perhatian secara khusus oleh penghuninya. Dan tanpa banyak dekorasi kamar tidur, diharapkan waktu istirahat Anda bisa dilakukan dengan lebih maksimal serta berkualitas. Semoga bermanfaat. (tukon) Editted 04/08/2022 by UN.