Skip to content

Dekorasi Kolam Renang

Apakah Anda berencana membuat sebuah kolam renang di rumah? Jika Anda sudah memikirkan konsep yang akan diterapkan, maka berikutnya adalah untuk membuat dan menata dekorasi kolam renang agar tampak lebih estetik sekaligus nyaman meski dibuat di sebuah rumah.

Dekorasi rumah di area kolam renang semakin banyak diminati. Terbukti banyak orang yang ingin membuat kolam renang di rumah untuk memfasilitasi keluarga saat berkumpul bersama.

Ide Menarik Dekorasi Kolam Renang di Rumah Hunian

Siapa bilang memiliki sebuah kolam renang di rumah terbilang rumit dan membutuhkan banyak dana? Anda tetap bisa memiliki sebuah kolam renang di rumah meski membuatnya dengan budget yang terbatas.

Nah selain memperhitungkan konsep desain kolam renang yang akan dibuat, selanjutnya juga harus mempertimbangkan jenis dekorasi kolam renang yang bisa membuatnya terlihat lebih menarik sekaligus menyegarkan untuk digunakan. Apa saja idenya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Air mancur

dekorasi kolam renang dengan air mancur
dekorasi kolam renang dengan air mancur

Ide dekorasi yang pertama adalah dengan memberinya hiasan air mancur dengan bentuk yang menarik atau alami. Diketahui air mancur bisa menjadi daya tarik tersendiri baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Anda bahkan bisa membuat air mancur sekaligus menjadi tempat bilas setelah berenang dengan pengalaman yang menyenangkan.

Penggunaan air mancur yang menyerupai air terjun juga bisa menambah semarak suasana sekitar kolam menjadi semakin terasa alami.

Selain itu, banyak pemilik kolam renang yang memilih untuk membuat air mancur karena memiliki kegunaan untuk mendorong kotoran dalam kolam ke arah filter serta mengatur arah aliran air menjadi lebih lancar.

2. Lampu aneka warna

dekorasi kolam renang dengan lampu aneka warna
dekorasi kolam renang dengan lampu aneka warna

Biasanya di sebuah kolam renang banyak diletakkan lampu penerangan dengan tujuan untuk membantu pengguna kolam renang saat malam hari.

Namun kini, lampu kolam renang juga bisa berfungsi sebagai hiasan atau dekorasi kolam renang. Khususnya jika menggunakan jenis lampu LED beraneka warna.

Anda bisa memasang lampu LED warna warni tersebut di sepanjang dinding atas kolam atau meletakkannya di area dekat tempat bersantai pada area kolam tersebut.

Memilih menggunakan lampu sebagai dekorasi memang secara otomatis bisa merubah suasana kolam renang dengan cepat. Banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan lampu LED karena lebih mudah untuk diatur warnanya saat pengaturan.

3. Pemanas air

dekorasi pemanas air untuk kolam renang
dekorasi pemanas air untuk kolam renang

Jika tempat tinggal Anda berada di dataran tinggi, maka hawa udara yang terasa akan selalu dingin, maka keberadaan kolam renang mungkin bisa menjadi masalah tersendiri.

Maka alat pendukung seperti penghangat atau heater air panas bisa dipasang menjadi elemen dekorasi kolam renang sekaligus membantu Anda untuk bisa menggunakan kolam renang tanpa harus merasa kedinginan.

Perlu diketahui terdapat berbagai macam jenis untuk heater kolam renang. Sesuaikan ukuran dan kapasitasnya sebelum menggunakan.

4. Tangga

dekorasi tangga di kolam renang
dekorasi tangga di kolam renang

Dekorasi kolam renang yang lainnya adalah penggunaan tangga yang terbuat dari stainless steel, vinyl, kayu, termoplastik atau bahan fiberglass atau beton yang memiliki fungsi tersendiri.

Dekorasi berupa tangga kolam renang, bisa dipermanis dengan melakukan permainan warna atau gaya anak tangga yang kekinian.

5. Vertical garden

dekorasi vertical garden di kolam renang
dekorasi vertical garden di kolam renang

Anda juga bisa menggunakan dekorasi kolam renang dengan vertical garden. Adalah sebuah area taman indoor yang dibentuk dengan konsep tanaman, ditanam secara vertikal di dinding sisi kolam.

Penggunaan taman vertikal ini selain bisa membuat pemandangan kolam renang menjadi lebih asri dan segar, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai lahan taman dengan aneka tanaman favorit.

6. Kolam plunge untuk bersantai

dekorasi pluge pool
dekorasi pluge pool

Memiliki kolam tak harus yang berukuran besar. Jika Anda hanya ingin memiliki kolam sebagai tempat bersantai atau berkumpul bersama teman, maka bisa membuat sebuah kolam dengan desain plunge.

Umumnya kolam ini berbentuk bulat kecil yang bisa memuat sekitar 4 hingga 5 orang saja, hanya untuk melakukan kegiatan duduk berkumpul bersama.

7. Dekorasi batuan alam

Dekorasi batuan alam di kolam renang
Dekorasi batuan alam di kolam renang

Jika Anda menyukai suasana alam, maka bisa menggunakan dekorasi kolam renang berupa batuan alam yang dipasang di pinggiran kolam.

Ini seperti aplikasi decking kolam renang yang menggunakan material batu alam. Biasanya batuan alam hanya dipasang di pinggiran kolam yang menyatu dengan air mancur.

Namun banyak juga yang mengaplikasikan batuan alam di area kolam yang berdampingan langsung dengan dinding rumah.

8. Tanaman rambat

dekorasi Tanaman rambat di kolam renang
dekorasi Tanaman rambat di kolam renang

Memiliki lahan yang sempit kemudian mengubahnya menjadi kolam yang menawan juga banyak dilakukan oleh masyarakat perkotaan. Mereka ingin memiliki sebuah kolam renang yang sejuk untuk menjadi penyegar di kala panas siang hari menyengat.

Membuat sebuah kolam renang berdempetan dengan dinding rumah menjadi satu pilihan terbaik, namun Anda bisa menyematkan dekorasi berupa tanaman rambat di sepanjang dinding dekat kolam yang membuatnya semakin terlihat asri dan alami.

9. Pagar kayu

dekorasi kolam renang dengan Pagar kayu
dekorasi kolam renang dengan Pagar kayu

Dekorasi kolam renang berupa pagar kayu juga bisa menjadi alternatif pilihan yang menarik. Anda bisa membuatnya dengan tujuan untuk menjadi pembatas sekaligus pagar yang akan melindungi anak-anak yang masih kecil sehingga tidak terjatuh ke dalam kolam saat tanpa pengawasan.

Pagar kayu juga bisa menjadi dekorasi yang menarik ketika Anda membuatnya dengan bahan kayu yang kuat kemudian dicat dengan warna putih atau warna cerah yang estetik.

10. Gubuk kecil atau gazebo

dekorasi gazebo di kolam renang
dekorasi gazebo di kolam renang

Dan dekorasi kolam renang yang terakhir adalah gubuk kecil atau yang biasa disebut gazebo. Biasanya dekorasi ini akan dibuat jika memang area kolam masih cukup luas sehingga memungkinkan untuk didirikan gazebo di sana.

Gazebo bisa berfungsi sebagai tempat untuk berteduh, berkumpul atau bersantai setelah berenang. Desain gazebo yang terbuat dari kayu atau bambu bisa menjadi pemanis kolam renang di rumah Anda.

Trik Cerdas Membuat Kolam Renang di Lahan Sempit

Setelah mengetahui ide dekorasi kolam renang yang menarik untuk kolam renang di rumah, berikutnya adalah mengetahui trik cerdas membuat kolam renang di lahan sempit.

Trik ini sangat tepat untuk dilakukan oleh Anda yang ingin memiliki kolam renang, namun lahan di rumah sangat terbatas, karena tinggal di area perkotaan. Beberapa trik berikut mungkin bisa menjadi jalan keluar terbaik untuk Anda.

– Bentuk memanjang

Untuk membuat kolam renang di lahan yang sempit bisa diakali dengan membuatnya menjadi bentuk memanjang.

Kebanyakan pemilik rumah minimalis mencoba membuat kolam renang yang berbentuk panjang dan menempel di dinding sebelah rumah mereka. Umumnya mereka memanfaatkan lahan tak terpakai untuk menjadi kolam renang yang menyenangkan.

– Bentuk oval

Anda juga bisa membuat kolam renang yang nyaman, meski dibangun di atas lahan terbatas dengan bentuk oval. Bentuk ini diketahui menjadi bentuk kolam renang yang fleksibel karena bisa dibuat di lahan terbatas baik di belakang rumah, pinggir maupun pojok bagian rumah.

– Kolam renang dengan konstruksi

Perlu diketahui, kami adalah bagian dari tim expert sebuah perusahaan jasa konstruksi dan kontraktor kolam renang. Kami melayani jasa perencanaan, desain, pembuatan, instalasi, renovasi dan pengadaan perlengkapan kolam renang di Jakarta. Jika Anda membutuhkan layanan kami, silahkan menghubungi kami.

Ini adalah solusi bagi Anda yang tidak ingin repot dengan berbagai persiapan dari perencanaan, desain, penggalian, dan sebagainya. Anda bisa melihat portofolio Dimulti Pool di sini.

Sekian pembahasan singkat tentang ide dekorasi kolam renang yang bisa Kami bagikan. Semoga bermanfaat untuk memberikan dekorasi terbaik pada kolam renang Anda. (tukon) Editted 05/08/2022 by UN.