Skip to content

Dekorasi Ruang Belajar

Saat ini dekorasi ruang belajar menjadi salah satu hal yang wajib ada pada suatu hunian. Aktivitas belajar online di rumah, ditambah mulainya tahun ajaran baru semakin menegaskan kebutuhan tersebut.

Bagaimanapun juga kondisi ruang belajar yang terasa nyaman bisa membuat anak lebih fokus dan cepat dalam memahami materi pelajaran. Namun, memang menata kamar anak dan ruang belajar di dalamnya tak semudah itu untuk dilakukan.

Terutama untuk mereka yang harus membuat dekorasi kamar anak dengan budget terbatas. Kemudian hal apa saja yang harus disiapkan dalam menata ruang belajar untuk anak Anda?

Walaupun faktanya, setiap kegiatan dekorasi rumah pasti membutuhkan biaya, Kali ini kami akan membahas tentang beberapa cara untuk menata ruang belajar anak dengan desain kreatif dan tentunya agar lebih hemat budget. Ikuti terus!

Beberapa Tips untuk Menata Ruang Belajar Anak

1. Memilih gaya yang tepat

Seperti halnya bagian interior yang lainnya, ruang belajar yang ada di dalam kamar anak perlu untuk disesuaikan dengan gaya dari ruangan itu sendiri. Anda dapat melakukannya dengan memilih dekorasi ruang belajar dan penataan ruang yang tepat.

Contohnya kamar anak memiliki tema minimalis modern, maka akan lebih baik menggunakan meja belajar anak yang memiliki tema serupa.

Sekalipun tak menggunakan meja ala rumah minimalis, Anda dapat memilih meja dengan warna putih berdesain kompak agar menyatu dengan gaya pada ruangan.

Perabot serupa pun cocok pada gaya shabby chic, yang banyak menggunakan warna putih atau merah muda.

Sementara itu untuk dekorasi ruang belajar anak dengan hiasan atau sentuhan yang elegan nantinya sangat cocok untuk diterapkan pada kamar tidur putri Anda.

2. Menyesuaikan warna cat dan aksen ruangan

Tips dekorasi ruang belajar anak berikutnya yaitu dengan menyesuaikan warna cat dan aksen ruangan.
Anda bisa mencoba warna cat rumah minimalis seperti biru laut atau orange, guna memberi identitas tersendiri di ruang belajar anak.

Dengan demikian, ruang belajar anak tersebut nantinya tampak lebih colourful dan lebih nyaman.

3. Membuat zona belajar bersama

Tips satu ini dapat diterapkan untuk menata ruang belajar anak Anda bersama teman sebayanya.
Seperti yang bisa dilihat, zona belajar bersama menjadi suatu ruangan yang sempurna dalam meningkatkan kreativitas anak.

Untuk bisa terus mengawasi mereka, Anda dapat memposisikan ruang belajar anak di kamar, sebelah ruang kerja, atau pada sudut ruang tamu.

4. Memaksimalkan keterbatasan ruang

Keterbatasan ruang dalam kamar, dapat menjadi permasalahan tersendiri dalam mewujudkan dekorasi ruang belajar untuk anak yang nyaman dan menyenangkan.

Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan tempat tidur loteng atau loft bed, kemudian membuat bagian bawahnya menjadi ruang belajar untuk anak.

Pemakaian sekat ruangan atau bilik pemisah pada kamar tidur ataupun ruang keluarga juga bisa menjadi opsi lain yang dapat Anda terapkan.

Berikutnya posisikan peralatan belajar anak dengan posisi yang tepat, lalu pilih partisi atau sekat portabel yang dapat dibongkar pasang.

5. Pilih meja dan kursi belajar dengan tepat

Tips dekorasi untuk ruang belajar anak ini memiliki peran sangat penting dalam menciptakan suasana khas seperti di sekolah. Pilih meja dan kursi belajar dengan tepat, yaitu tak hanya nyaman namun juga khas seperti sekolahan.

Khususnya mengenai faktor pemilihan warna, umumnya sekolah-sekolah untuk anak usia playgroup dilengkapi dengan meja dan kursi belajar berwarna-warni.

Anda dapat mengaplikasikan ciri khas tersebut guna memperkenalkan suasana dekorasi ruang belajar seperti di sekolah sekalipun masih berada di rumah Anda sendiri.

6. Menambahkan rak penyimpanan

Sesudah memilih furniture utama, tips dekorasi untuk ruang belajar anak di rumah berikutnya adalah menambahkan rak penyimpanan. Tentunya hal ini untuk mengajarkan nilai-nilai kerapian serta rasa tanggung jawab dan kemandirian pada buah hati Anda.

Dengan begitu, setiap kali masuk ruang belajar anak akan terbiasa untuk menyimpan tas ataupun barang-barang yang tak dibutuhkan dalam belajar di dalam lemari atau rak penyimpanan.

Tak hanya itu saja, rak penyimpanan juga dapat difungsikan sebagai tempat penyimpanan koleksi buku, aksesoris dan perlengkapan si kecil, hingga alat-alat belajar lainnya. Rak penyimpanan bukan saja berfungsi seperti rak buku, namun bisa juga menjaga agar barang tak terkena debu.

Ide Kreatif untuk Menata Ruang Belajar Anak

1. Ruang belajar anak minimalis

Dekorasi ruang belajar anak bergaya minimalis
Dekorasi ruang belajar anak bergaya minimalis

Ide kreatif dekorasi ruang belajar pertama adalah ruang belajar anak minimalis. Minimalis berarti bersih dan rapi, dilengkapi warna cat yang teduh agar memiliki kesan yang nyaman dan menyenangkan. Terlebih bila hal itu diterapkan pada ruang belajar si kecil.

Selain menggunakan perabotan rumah minimalis, ruang belajar anak juga bisa diisi dengan buku atau bahkan beberapa koleksi lego dari karakter favorit anak Anda. Bisa juga dengan memasang kalimat penyemangat pada dinding kamar.

Hal itu mungkin bisa menyegarkan, untuk mengembalikan fokus anak. Tak lupa, untuk memaksimalkan pencahayaan alami dalam ruang belajar anak minimalis itu ya.

2. Ruang belajar anak bergaya Skandinavia

dekorasi ruang belajar anak bergaya Skandinavia
dekorasi ruang belajar anak bergaya Skandinavia

Tak hanya untuk interior ruang tamu, gaya Skandinavia juga bisa digunakan untuk menata ruang belajar anak. Elemen penting yang tampak di dalam ruangan ini adalah penggunaan perabotan dengan bahan kayu dan pemakaian warna putih.

Selain itu penggunaan keset bulu dan karpet juga bisa meningkatkan kesan Skandinavia dalam dekorasi ruang belajar anak.

3. Ruang belajar anak bergaya Kontemporer

dekorasi Ruang belajar anak bergaya Kontemporer
dekorasi Ruang belajar anak bergaya Kontemporer

Desain berikutnya fokus dengan gaya kontemporer. Gaya ini dianggap sesuai untuk digunakan pada kamar anak dengan usia 10-15 tahun.

Anda dapat menggunakan ruang penyimpanan yang bisa digunakan untuk meletakkan buku atau barang-barang lainnya. Ide ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mendesain spot khusus sebagai ruang belajar untuk anak.

4. Ruang belajar anak bergaya Industrial

dekorasi Ruang belajar anak bergaya Industrial
dekorasi Ruang belajar anak bergaya Industrial

Akhir-akhir ini gaya ruangan ataupun rumah industrial memang cukup ngetren. Banyak orang yang tertarik untuk mencoba gaya desain rumah atau ruangan satu ini.

Akan tetapi tak hanya untuk rumah ataupun café, desain bergaya industrial juga dapat Anda terapkan untuk kamar anak, khususnya untuk ruang belajar.

Untuk mendesain dekorasi ruang belajar anak bergaya industrial, Anda dapat menggunakan unsur batu bata pada dinding jendela. Anda pun bisa menggunakan ubin yang berwarna gelap.

Lalu Anda juga bisa mendekor salah satu dinding kamar dengan gambar rasi bintang atau gambar apapun yang digemari oleh si kecil.

Dengan begitu Anda dapat menyulap kamar si kecil seolah menjadi “stasiun belajar” hanya dengan menggunakan wallpaper dinding dengan gambar lanskap kota beserta perabotan gantung yang tampak minimalis.

5. Ruang belajar bersama

dekorasi Ruang belajar bersama
dekorasi Ruang belajar bersama

Memaksimalkan tersedianya ruang merupakan salah satu tips penting dalam membuat desain ruang belajar anak agar terasa luas, sekalipun di dalam rumah minimalis.

Bila Anda mempunyai dua anak yang ingin fokus untuk belajar masing-masing, menggunakan furniture minimalis seperti loft bed adalah pilihan tepat. Selain menjadi sekat, loft bed juga memberikan area lebih dalam kamar anak.

Nah itu tadi beberapa desain kreatif untuk dekorasi ruang belajar anak yang simpel serta hemat budget. Semoga bermanfaat. (tukon) Editted 03/08/2022 by UN.

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.