Skip to content

5 Jenis Rak Buku Minimalis yang Banyak Diminati

Rak buku minimalis merupakan komponen interior rumah yang sarat akan manfaat. Selain fungsi utamanya sebagai tempat meletakkan buku-buku bacaan, rak buku minimalis juga bisa berfungsi sebagai furniture untuk menghias tampilan interior rumah minimalis Anda.

Maka, dua pertimbangan yang perlu diperhatikan terkait dengan penempatan dan pengadaan rak buku di rumah Anda. Yang pertama yaitu terkait dengan pemanfaatan sebagai tempat buku dan yang kedua yaitu penyesuaian dengan desain interior rumah Anda.

Jenis-jenis Rak Buku Minimalis

rak buku minimalis mewah terbaik
rak buku minimalis mewah terbaik

Sesungguhnya, berbagai model desain rak buku yang sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia. Baik itu rak buku minimalis sederhana, rak buku yang mewah atau yang super mewah pun sudah ada yang memajangnya di rumah.

Pemilihan model dan material yang digunakan untuk pengadaan rak buku itu, tergantung dari selera dan anggaran masing-masing pemilik rumah.

Jika penulis berpendapat, rak buku yang terbaik itu bukan yang parameternya tetang harganya saja, Namun selain bahan material yang bagus, desainnya juga harus ngeblended dengan keseluruhan tata letak rumah. Dan yang tidak kalah penting adalah bisa berfungsi dengan semestinya. 🙂

Anyway…

Berikut beberapa jenis rak buku minimalis berdasarkan letaknya.

1. Rak Buku Sudut

rak buku minimalis di sudut ruangan
rak buku minimalis di sudut ruangan

Rak buku sudut ini adalah salah satu desain rak buku yang terbilang paling sederhana. Lokasi penempatannya biasanya di sudut ruangan. Desain rak buku jenis ini memiliki tujuan agar tidak mudah dijangkau anak kecil yang bisa membuatnya berantakan.

2. Rak Buku Barrister

Rak Buku Barrister
Rak Buku Barrister

Rak buku ini dirancang untuk menyimpan buku-buku tebal seperti jurnal atau kamus. Desainnya dibuat kuat dan kokoh dengan pintu kaca tembus pandang dengan bingkai kayu.

3. Rak Buku Tangga Miring

Rak Buku Tangga Miring
Rak Buku Tangga Miring

Rak buku minimalis seperti ini sangat memberikan value pada ruangan yang sempit. Sangat tepat guna. Tatakan buku pada rak ini didesain miring, mengikuti konstruksi tangga. Rak ini cukup kokoh berdiri dan kuat menopang puluhan buku.

4. Rak Buku Kaca

5 Jenis Rak Buku Minimalis yang Banyak Diminati 1
rak buku kaca

Rak buku ini serba kaca namun bingkainya biasanya dari stainless, alumunium dan ada juga dengan bingkai bermaterial dasar kayu. Anda akan bisa melihat ke dalam isi rak dengan mudah.

5. Rak Buku Industrial

rak buku minimalis yang banyak diminati
rak buku minimalis bergaya semi industrial yang banyak diminati

Rak ini mirip dengan rak di industri atau pabrik. Berdiri kokoh cukup tinggi menjulang. Bahan yang dipakai cukup kuat dengan lapis aluminum.

Fungsi Rak Buku

Bagi Anda pemilik rumah minimalis, tentunya Anda harus memilih strategi sendiri dalam mengatasi keterbatasan ruang tersebut.

Terlebih bila Anda yang gemar membaca dan memiliki banyak koleksi buku maupun majalah. Maka, kehadiran rak buku sangatlah diperlukan.

Pada ruang yang kecil kecil di rumah minimalis, pastinya memerlukan tempat penyimpanan yang ramping dan tidak banyak memakan tempat.

Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan menghadirkan rak buku minimalis yang dipasang di dinding, karena akan terlihat lebih ringkas dan tidak memakan tempat.

Rak buku dinding bisa menjadi solusi, karena tidak butuh pijakan di lantai. Selain itu, kita bisa mendesain rak buku dinding dengan berbagai macam desain yang kita inginkan.

Kalaupun kita tidak sempat membuatnya sendiri, kita bisa mebeli rak buku yang kebanyakan sudah memiliki desain yang bagus.

Dari situ kita pahami bahwan rak buku dinding memiliki dua manfaat, yaitu fungsional dan dekoratif.

Manfaat fungsional

Peletakan rak penyimpanan sebaiknya disesuaikan dengan desain interior rumah minimalis Anda. pada dasarnya tidak ada hal yang menentukan dimana rak buku  seharusnya diletakan, namun yang terpenting adalah rak buku harus mudah dicapai dan dekat dengan ruang favorit Anda untuk membaca buku.

Jika rak dinding buku Anda nantinya memang akan digunakan untuk menyimpan buku-buku tebal yang berat, maka tentunya diperlukan material dan konstruksi penopang yang cukup kuat. Ini bertujuan agar rak tetap aman digunakan walaupun beban yang ditopangnya cukup berat.

Manfaat dekoratif

Jika rak dinding Anda dimanfaatkan sebagai elemen dekoratif seperti mempercantik tampilan ruang, maka material dan konstruksi penopang rak, cukup dibuat dari bahan yang ringan saja.

Dalam memilih rak dinding dekoratif tentunya Anda harus menyesuaikannnya dengan interior ruangan Anda.

Jika rumah Anda bergaya artdeco (deco painting) atau popart, maka rak dinding warna-warni terlihat lebih cocok untuk digunakan. Namun jika rumah Anda bergaya etnik, rak dinding dari kayu lebih cocok digunakan.

Selain itu, rak dinding sebagai elemen dekoratif biasanya digunakan untuk ruangan tamu agar dapat meletakan beberapa hiasan yang bisa menambah cantik ruang tamu Anda.

Jika ingin lebih simpel, bentuk sederhana adalah dengan menggunakan dua papan yang diletakan horizontal namun tidak menghilangkan sisi estetikanya. Dengan catatan buku-buku lain yang diletakan di atasnya jangan terlalu banyak dan berantakan.

Demikian ulasan kami tentang manfaat rak buku minimalis pada dinding rumah Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara mempercantik dinding rumah minimalis pada tautan tersebut. (ls) Editted 12/08/2022 by UN.

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.
Tags:
nv-author-image

lutfi diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Agustus 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *