Skip to content

Dekorasi Ruang Keluarga

Seharusnya ruang keluarga menjadi ruang paling personal serta nyaman untuk bersantai setelah kamar pribadi. Akan tetapi apakah Anda tahu bahwa 80% keluarga di Amerika tak bahagia dengan dekorasi ruang keluarga mereka?

Tentunya Anda tak ingin merasakan hal yang sama di ruang keluarga Anda bukan? Hal lainnya yang perlu Anda ketahui adalah dekorasi ruang keluarga dengan visual yang bersih, baik dan rapi serta nyaman dapat membantu kesehatan psikologis dan mental penghuninya.

Sebaliknya, bila desain ruang keluarga berantakan maka tak hanya mood yang terganggu, namun akan memberi energi negatif bagi penghuninya.

Hal ini disebabkan ruang keluarga menjadi lokasi dari berbagai aktivitas. Oleh sebab itu, cermati beberapa hal berikut dalam menghadirkan dekorasi ruang keluarga favorit Anda!

Koleksi Pribadi Menjadi Dekorasi untuk Ruang Keluarga

rak buku pada dekorasi ruang keluarga
rak buku pada dekorasi ruang keluarga

Seperti telah disampaikan sebelumnya, ruang keluarga adalah ruang yang cukup personal dimana Anda dapat melakukan beragam aktivitas dengan keluarga ataupun hobi yang Anda senangi. Oleh sebab itu berikan ruang untuk koleksi pribadi pada ruang keluarga.

Bila Anda penggemar buku fiksi, rak buku mungkin dapat dipilih. Akan tetapi bila rak buku terasa memakan ruang, Anda bisa menggunakan perabot multifungsi yang dapat menyediakan ruang bagi Anda untuk meletakkan bacaan-bacaan favorit.

Bagi Anda yang menyukai piringan hitam, gramafon dapat mengisi sudut di ruang keluarga. Piringan hitam yang Anda miliki juga bisa menjadi elemen dekoratif untuk dekorasi ruang keluarga.

Dengan kehadiran beragam koleksi personal pada dekorasi untuk ruang keluarga, tentunya suasana ruang keluarga menjadi semakin nyaman.

Sentuhan Personal Pada Dekorasi untuk Ruang Keluarga

hiasan dinding untuk dekorasi ruang keluarga
hiasan dinding untuk dekorasi ruang keluarga

Tak hanya koleksi pribadi, penambahan sentuhan personal juga menjadi cara yang jitu dalam membuat dekorasi untuk ruang keluarga terasa lebih homey. Salah satu sentuhan personal sederhana yang dapat Anda berikan adalah koleksi bingkai foto Anda dan keluarga.

Bila Anda mempunyai bakat seni, mengubah ruang keluarga menjadi galeri seni pribadi juga bukanlah ide buruk. Selama tak mengganggu ruang aktivitas, hal ini termasuk baik. Beragam hiasan dinding merupakan pilihan yang aman, Anda juga dapat berkreasi dengan kerajinan.

Sofa Sebagai Dekorasi untuk Ruang Keluarga

sofa pada dekorasi ruang keluarga
sofa pada dekorasi ruang keluarga

Sofa telah menjadi hal yang wajib ada pada ruang keluarga. Berbagai kegiatan dilakukan di atas sofa. Maka pastikan sofa yang Anda pilih untuk menjadi dekorasi ruang keluarga, merupakan sofa yang paling nyaman.

Sofa bed dapat menjadi opsi pilihan sofa yang nyaman sebab fleksibilitasnya untuk digunakan duduk maupun berbaring. Anda juga bisa menambahkan bean bag sebagai pelengkap. Nah, ruang keluarga tak hanya menjadi lokasi berkumpul, namun bisa juga menjadi ruang bermain.

Dekorasi untuk ruang keluarga yang mungil bisa dilakukan dengan menempatkan posisi sofa menempel pada dinding. Hal ini menjadi cara terjitu guna memperluas ruang gerak. Akan tetapi hindari pengaplikasian yang sama pada ruang keluarga dengan ukuran besar.

Mengingat hal tersebut tak hanya menjadikan ruang keluarga seperti hall, namun juga mengurangi kesan intense dan akrab.

Salah satu dekorasi ruang keluarga yang umumnya menjadi pelengkap sofa adalah bantal. Menambahkan bantal pada sofa dapat meningkatkan kenyamanan. Dikarenakan ruang keluarga digunakan oleh seluruh anggota keluarga, pastikan jumlah bantal memadai.

Tak hanya itu, pilih bantal dekorasi berbahan nyaman dan memiliki ukuran yang tak hanya sesuai kebutuhan, namun juga memiliki ukuran proporsional dengan ukuran sofa yang Anda punya. Lengkapi dengan surung bantal quote untuk mengekspresikan suasana.

Untuk dekorasi ruang keluarga, Anda juga bisa melengkapi beberapa perabot lain sebagai pelengkap set sofa. Perabot lain ini bisa beragam, tergantung kebutuhan serta luas ruangan. Penambahan side table atau coffee table umumnya telah menjadi suatu keharusan.

Karpet Untuk Kenyamanan

karpet yang nyaman untuk dekorasi ruang keluarga
karpet yang nyaman untuk dekorasi ruang keluarga

Untuk meningkatkan kenyamanan, dekorasi pada ruang keluarga di bagian lantai, umumnya dilengkapi kembali dengan karpet. Akan tetapi banyak pula yang keliru saat mengaplikasikan ukuran karpet sebagai dekorasi untuk ruang tamu dan keluarga.

Karpet yang memiliki ukuran lebih kecil dari set sofa dapat memberikan visual tak proporsional dalam dekorasi untuk ruang keluarga. Pastikan karpet setidaknya memiliki ukuran sama atau sedikit lebih besar dari set sofa.

Karpet dengan ukuran lebih besar nantinya memberikan efek visual yang lebih luas pada ruangan. Pastikan pemilihan material karpet tak hanya nyaman, namun juga mudah dibersihkan.

Anda dapat mengombinasikan karpet dan furnitur lain untuk dekorasi ruang keluarga, misalnya kursi lesehan. Tentu aktivitas di atas karpet ruang keluarga sangat beragam sehingga karpet pun harus selalu terjaga kebersihannya.

Menambahkan Pencahayaan

pencahayaan pada dekorasi ruang keluarga
pencahayaan pada dekorasi ruang keluarga

Supaya aktivitas di ruang keluarga terasa maksimal, pencahayaan di ruangan ini juga harus ditata dengan sebaik-baiknya.

Pilih lampu utama dengan cahaya yang bisa merata kesemua ruangan. Pilihan lampu gantung atau lampu plafon tak menjadi masalah. Akan tetapi untuk lampu gantung pastikan agar ketinggiannya tak terlalu rendah.

Untuk sudut ruangan yang masih terasa gelap, Anda dapat menambahkan lampu tambahan dengan lampu dinding atau standing lamp. Supaya tak menyilaukan, posisikan lampu dinding sedikit lebih tinggi dari garis pandang.

Lampu baca juga dapat menjadi dekorasi ruang keluarga yang tepat bagi Anda yang mempunyai hobi membaca.

Tambahkan spotlight di ceiling yang menyorot koleksi pribadi, sehingga sentuhan personal Anda juga memiliki kesan dramatis yang membuat dekorasi untuk ruang keluarga menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Penghijauan Pada Dekorasi Untuk Ruang Keluarga

Penghijauan Pada Dekorasi Untuk Ruang Keluarga
Penghijauan Pada Dekorasi Untuk Ruang Keluarga

Ruang keluarga sudah seharusnya membantu Anda merasa rileks dan menjadi tempat untuk melepas penat. Salah satu elemen dekoratif yang dapat membantu Anda untuk memaksimalkan fungsi ini adalah tanaman.

Menggunakan tanaman sebagai dekorasi untuk ruang keluarga memang diyakini dapat memberikan rasa rileks, khususnya tanaman hias berdaun hidup yang bisa membuat sirkulasi dan kelembaban udara dalam ruangan menjadi lebih baik.

Berdasarkan penelitian pada Journal Environmental Psychology, tanaman yang memiliki bunga seperti Anturium diyakini bisa menurunkan tingkat stress. Tak hanya itu ada pula beberapa tanaman lainnya untuk dekorasi ruang keluarga yang memiliki fungsi tertentu.

Sebagai contoh Sansevieria atau yang dikenal dengan nama lidah mertua memiliki kemampuan menyerap radiasi perangkat elektronik seperti smartphone dan TV.

Tanaman kecil seperti bambu hias dan kaktus juga dapat menjadi pilihan sebagai dekorasi untuk ruang keluarga berukuran mungil dengan meletakkannya pada meja kerja, side table, ataupun coffee table. Menarik untuk Anda coba bukan?

Ingin Menambahkan TV? Pastikan Ukurannya Sesuai

TV untuk dekorasi ruang keluarga
TV untuk dekorasi ruang keluarga

Salah satu alat elektronik yang umumnya harus ada pada dekorasi untuk ruang keluarga adalah TV. Akan tetapi, Anda tak bisa sembarangan dalam memilih TV untuk melengkapi ruang keluarga.

Pastikan ukuran TV sesuai ukuran dan jarak sofa yang Anda punya. Untuk sofa dengan jarak lebih dari 2 meter, pilih TV berukuran 40’-50’ agar lebih nyaman dalam menonton.

Untuk dekorasi ruang keluarga sofa dengan jarak lebih dari 3 meter, TV berukuran 60’ nantinya terasa lebih tepat. Bila TV diletakkan di atas meja, pastikan pula ukuran meja TV proporsional. (tukon) Editted 03/08/2022 by UN.