Skip to content

Dekorasi Ruang Kerja

Penataan ruang kerja yang baik dapat mempengaruhi produktivitas kita saat bekerja. Dekorasi ruang kerja yang nyaman akan membawa mood kita lebih baik dan membuat kita lebih bersemangat saat menyelesaikan pekerjaan.

Tren bekerja dari rumah sampai saat ini masih dilakukan dan banyak dari mereka, para pekerja sengaja menciptakan ruang kerja khusus di rumah sendiri.

Meskipun bekerja di rumah, dekorasi rumah terkait keperluan sarana untuk bekerja sangat diperlukan. Ruang kerja, juga butuh penataan yang baik agar suasana kerja tetap nyaman dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Maka dari itu, dekorasi ruang kerja di rumah yang nyaman dan mendukung produktivitas perlu dipertimbangkan dengan baik agar suasana kerja Anda tetap menyenangkan.

Bekerja dan menyelesaikan segala pekerjaan dari rumah tentu saja berbeda dengan bekerja dan menyelesaikan segala tugas dan pekerjaan di kantor. Kantor di tata sedemikian rupa untuk para pekerja, agar dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Sebagian besar kantor memiliki desain ruang kerja yang seragam dan menyesuaikan budaya serta tema yang diusung dalam perusahaan, meskipun banyak juga yang memiliki dekorasi unik.

Hal tersebut membuat para pekerja atau karyawan merasa lebih produktif dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu.

Berbeda dengan kantor, bekerja di rumah akan lebih fleksibel terutama dari segi ruangan. Bekerja dari rumah memberikan Anda kesempatan untuk menyelesaikan segala urusan pekerjaan di ruang mana saja yang bisa Anda manfaatkan di dalam rumah.

Namun, karena fleksibel, tidak jarang saat bekerja di rumah Anda akan merasa lebih santai yang ujungnya dapat mempengaruhi performa dan produktivitas Anda saat bekerja.

Untuk itu, disarankan untuk Anda memiliki dekorasi ruang kerja yang nyaman di dalam rumah dan mendukung performa sehingga Anda bisa tetap produktif dalam bekerja.

Tips Dekorasi Ruang Kerja di Rumah

Agar bekerja dan menyelesaikan pekerjaan dari rumah bisa tetap produktif, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan mengenai dekorasi ruang kerja di rumah yang membuat Anda tetap produktif dalam bekerja.

1. Tentukan spot untuk ruang kerja

Dekorasi ruang kerja yang ideal
Dekorasi ruang kerja yang ideal

Tips pertama untuk menata ruang kerja Anda di rumah yaitu menentukan spot di dalam rumah untuk Anda jadikan sebagai ruang kerja. Spot atau area yang tepat untuk ruang kerja di rumah sangat menentukan produktivitas Anda saat bekerja.

Menentukan spot ruang kerja di rumah tidak harus dalam ruangan yang besar, bahkan di sudut rumah dengan hanya satu pasang meja dan kursi pun sebenarnya sudah cukup.

Dalam menentukan spot untuk ruang kerja, ada beberapa saran seperti berikut ini.

  • Pastikan spot yang Anda pilih merupakan tempat, ruang, atau sudut ruangan yang terpisah dari ruang keluarga dan ruang tidur agar ruang kerja Anda bebas dari gangguan yang berasal dari anggota keluarga lain atau suara – suara dari ruangan lain di dalam rumah sehingga Anda lebih fokus dan nyaman saat bekerja.
  • Pilihlah spot yang memiliki jendela atau dekat dengan jendela, agar sirkulasi udara dalam ruang kerja Anda baik dan jendela bisa menjadi sumber pencahayaan rumah yang alami.
  • Tentukan ruang kerja dalam rumah yang tidak terlalu sempit agar mobilitas Anda lebih nyaman dan juga tidak terlalu besar agar tidak memakan area yang terlalu besar di dalam rumah.

2. Mendesain ruang kerja

dekorasi ruangan untuk ruangan kerja
dekorasi ruangan untuk ruangan kerja

Tips dekorasi ruang kerja di rumah berikutnya yaitu mendesain ruang kerja yang cocok dan sesuai dengan selera Anda. Salah satu keuntungan menata ruang kerja di rumah sendiri yaitu Anda bisa bebas mengatur dan mendesain ruang kerja Anda sesuai selera dan keinginan.

Anda bisa mencoba desain ruang kerja yang minimalis namun tetap fungsional, atau Anda bisa mendekor ulang tata letak ruang kantor menurut keinginan Anda bahkan bila perlu, Anda bisa memberi tema warna pada ruangan Anda dengan warna favorit Anda.

Anda juga bisa menambahkan perabotan atau benda – benda dekorasi untuk menciptakan ruangan kerja yang sesuai dengan selera Anda.

Dengan menerapkan desain dan dekorasi ruangan yang sesuai dengan selera dan keinginan, maka produktivitas kerja Anda akan lebih tinggi. Karena Anda dapat bekerja di ruangan yang nyaman dan menyenangkan.

3. Memilih meja dan kursi kerja yang nyaman

dekorasi meja kursi untuk ruang kerja
dekorasi meja kursi untuk ruang kerja

Bekerja seharian akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda dalam ruang kerja dan duduk di atas kursi kerja dalam waktu yang lama.

Oleh karena itu, hal yang penting untuk dekorasi ruang kerja yang meningkatkan produktivitas kerja di rumah yaitu memilih meja kerja dan kursi kerja yang nyaman.

Jika di kantor mungkin Anda memiliki kursi yang kurang lebih sama dengan karyawan lain, Anda bisa menentukan sendiri kursi yang sesuai selera dan keinginan Anda.

Pilihlah kursi yang nyaman. Bahkan jika digunakan untuk duduk dalam waktu yang lama. Sehingga Anda tidak mengalami sakit di badan yang diakibatkan duduk terlalu lama di atas kursi yang kurang nyaman.

Selain kursi, meja kerja pun penting untuk diperhatikan. Pilihlah meja kerja yang memiliki ukuran yang proporsional dan fungsional. Gunakan meja yang tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar serta posisi meja yang tidak terlalu tinggi.

Meja yang terlalu kecil akan terasa sempit, sehingga membuat Anda kurang nyaman. Dan meja yang terlalu besar juga dapat mengganggu pergerakan Anda saat bekerja. Meja yang terlalu besar juga akan menyisakan banyak spasi yang malah akan menjadi terlihat berantakan.

Posisi meja yang tidak terlalu tinggi juga penting, agar posisi duduk Anda nyaman sehingga bekerja dalam waktu lama di ruang kerja, menjadi lebih nyaman dan tetap produktif.

4. Menyediakan tempat penyimpanan yang cukup

rak penyimpanan untuk dekorasi ruang kerja
rak penyimpanan untuk dekorasi ruang kerja

Dekorasi ruang kerja di rumah agar tetap nyaman dan produktif selain penataan meja dan kursi yaitu Anda perlu mempertimbangkan untuk memiliki tempat penyimpanan.

Penyimpanan yang dimaksud adalah penyimpanan berkas – berkas atau file kerja dan peralatan kerja. Sediakan sebuah rak kecil yang posisinya bisa ditempatkan di area yang mudah dijangkau dan tidak mengganggu ruang gerak Anda saat bekerja.

Selain rak kecil, Anda juga bisa memilih meja kerja yang dilengkapi dengan laci di bawahnya. Laci – laci meja tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan file atau berkas kerja dan peralatan kerja Anda.

Hal yang perlu diperhatikan saat menyediakan tempat penyimpanan dalam dekorasi ruang kerja ini adalah Anda harus menjaga tempat tersebut tetap rapi dan bersih.

Susunlah dengan baik peralatan kerja dan berkas – berkas Anda, sehingga tempat penyimpanan tidak berantakan dan mengganggu kenyamanan.

Dengan begitu, ruang kerjadi di rumah tetap nyaman. Anda tetap bisa produktif dalam menyelesaikan pekerjaan Anda dari rumah.

Itulah beberapa tips mengenai dekorasi ruang kerja di rumah, agar lebih nyaman dan meningkatkan produktivitas Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Meskipun dilakukan dari dalam rumah. (tukon) Editted 04/08/2022 by UN.

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.