Skip to content

Dekorasi Ruang TV

Hampir setiap rumah memiliki ruang TV yang kerap berguna juga sebagai ruang keluarga. Maka dari itu, banyak keluarga yang membuat dekorasi ruang TV yang indah, nyaman dan sesuai kebutuhan sehingga bisa digunakan sebagaimana mestinya. Desain ruang tv minimalis akan tetap diminati.

Lalu ide menarik apa saja yang bisa digunakan sebagai dekorasi agar bisa membuat ruang televisi menjadi tempat menonton sekaligus tempat berkumpul keluarga yang nyaman dan menyenangkan? Simak ulasannya berikut ini.

Ide Menarik Untuk Dekorasi Ruang TV yang Nyaman dan Menyenangkan

Sebuah dekorasi bukan hanya memiliki fungsi secara estetika saja, namun juga akan berpengaruh pada kenyamanan dan pengalaman nonton terbaik yang dimiliki masing-masing individu.

Penataan yang baik tentunya yang menyesuaikan dengan keinginan, kebutuhan serta anggaran biaya yang tersedia. Berikut ini adalah ide menarik untuk dekorasi ruang TV yang bisa Anda gunakan.

1. Ruang TV plus ruang membaca

dekorasi Ruang TV plus ruang membaca
dekorasi Ruang TV plus ruang membaca

Untuk Anda yang memiliki hobi membaca, tentunya memiliki koleksi buku yang banyak jumlahnya. Agar supaya kebutuhan menonton televisi dan membaca buku bisa dilakukan dalam satu ruangan sekaligus, mengapa tak memilih untuk menggabungkannya menjadi satu?

Menata ruang tv, memang membutuhkan referensi. Ada banyak desain interior yang menggabungkan antara desain dekorasi ruang TV berpadu dengan ruang membaca yang nyaman.

Anda bisa meletakkan lemari atau rak televisi yang sesuai dengan ukuran ruangan. Manfaatkan bagian tengah rak untuk menjadi tempat televisi, kemudian pada rak yang ada di sekeliling televisi bisa dijadikan tempat koleksi buku yang Anda miliki.

Selain sofa yang nyaman untuk tempat menonton tv bersama keluarga, Anda juga bisa menempatkan kursi baca yang nyaman di sudut ruangan untuk tempat membaca buku favorit.

2. Ruang TV plus ruang kerja

Desain Ruang TV plus ruang kerja
Desain Ruang TV plus ruang kerja

Untuk Anda yang memiliki aktivitas bekerja di rumah, tentunya memiliki ruang kerja pribadi di rumah bukan? Lalu bagaimana cara menyiasati bekerja sambil mengawasi anak-anak yang bermain di dalam rumah?

Hal itu bisa dilakukan jika Anda membuat sebuah desain ruang televisi plus ruang kerja dalam satu tempat.

Syarat utama dari desain interior ruangan ini adalah dimana posisi televisi tak boleh berada persis di depan ruang kerja Anda, sehingga dipastikan tak akan mengganggu aktivitas kerja setiap harinya.

Sebaiknya tempatkan ruang kerja di lokasi yang berlawanan, namun tetap bisa memberikan pengawasan pada anak-anak yang sedang bermain atau nonton televisi di ruang tv tersebut.

Memiliki ruang kerja dengan sistem penataan yang baik tentunya bisa berpengaruh kuat pada mood atau suasana kerja setiap harinya.

3. Ruang TV dengan Bean bag

dekorasi Ruang TV dengan Bean bag
dekorasi Ruang TV dengan Bean bag

Jika ruang televisi di rumah Anda memiliki luas yang terbatas, maka Anda bisa memilih desain rumah tv kecil dengan menggunakan karpet cantik, bantal sofa dan bean bag sebagai pengganti sofa untuk dekorasi ruang TV.

Dengan tidak menggunakan sofa atau kursi besar, akan membuat ruang televisi terlihat jauh lebih luas dan lapang.

Selain itu, penggunaan bean bag dengan alas karpet yang nyaman, akan membuat ruangan tersebut semakin terasa hangat dan nyaman untuk digunakan sebagai tempat menonton televisi atau berkumpul bersama keluarga tercinta.

Anda bisa meletakkan bean bag satu atau dua buah sesuai kebutuhan, kemudian lengkapi dengan bantal sofa berukuran besar.

Jangan lupa untuk memberikan alas karpet tebal yang nyaman sehingga aktivitas nonton tetap hangat meski dilakukan di atas lantai tanpa menggunakan sofa.

4. Ruang TV dengan sofa

dekorasi sofa di Ruang TV
dekorasi sofa di Ruang TV

Anda juga bisa memiliki ruang televisi yang terlihat elegan dengan menggunakan bahan material furniture kayu dipadukan dengan marmer yang eksklusif.

Pemakaian warna cat hitam pada beberapa bagian juga akan lebih membuat ruangan televisi Anda lebih terlihat maskulin dan bergaya. Biasanya ruang televisi yang sekaligus berfungsi sebagai ruang keluarga seperti ini memiliki desain interior minimalis.

5. Ruang TV bergaya Skandinavia

dekorasi Ruang TV bergaya Skandinavia
dekorasi Ruang TV bergaya Skandinavia

Salah satu ciri khas ruangan yang memiliki gaya desain ala Skandinavia adalah memiliki jendela yang lebar, pencahayaan rumah yang cukup dan terdapat berbagai unsur alam yang dipadukan ke dalamnya.

Otomatis desain ini banyak disukai mereka yang memiliki gaya naturalis sekaligus minimalis karena tercakup menjadi satu dalam desain tersebut.

Dalam gaya Skandinavia, warna yang dipakai cenderung netral dan kalem. Sehingga bisa memberikan kesan hangat pada sebuah ruangan.

Sebuah dekorasi ruang TV yang menggunakan gaya Skandinavia, akan membuat siapa pun yang berada disana betah untuk berlama-lama. Baik untuk menonton tv ataupun sekedar berkumpul bersama keluarga tercinta.

Rekomendasi Ide Dekorasi untuk Ruang Televisi Minimalis

Untuk membuat penataan ruang televisi Anda terlihat berbeda dan memiliki dekorasi ruang TV yang juga nyaman untuk ditempati, maka ada beberapa ide untuk menghias ruang televisi sesuai dengan selera.

Berikut beberapa ide terbaik yang mungkin cocok dengan selera dan favorit Anda.

  • Gunakan bantal sofa atau sarung sofa yang bergaya klasik. Dijamin selain nyaman untuk menemani aktivitas nonton, juga bisa membuat ruang TV lesehan yang tampil berbeda.
  • Pakai furniture multifungsi yang kini banyak dijual di berbagai toko mebel. Biasanya furniture semacam itu akan membuat dekorasi ruang TV menjadi lebih luas dan menarik untuk dilihat.
  • Menata dekorasi ruang tv bisa dengan mengaplikasikan wallpaper dengan atau tanpa motif. Saat ini ada banyak sekali motif wallpaper yang menarik untuk digunakan sekaligus praktis untuk dipasang sendiri di ruang televisi.
  • Anda juga bisa menggunakan hiasan dinding unik yang khas berasal dari tempat wisata atau khas adat sebuah daerah. Hiasan semacam itu juga pas jika Anda letakkan di ruang televisi yang sekaligus berfungsi sebagai ruang membaca atau ruang kerja.
  • Gunakan alas lantai yang terbuat dari kayu untuk menciptakan efek hangat dan nyaman dalam ruang tv tersebut. Jika budget nya terlalu tinggi, Anda bisa menggantinya dengan lantai vinyl bermotif menyerupai kayu yang saat ini banyak dijual di marketplace dan mudah dipasang seperti wallpaper dinding.
  • Pakai perabot unik untuk diletakkan di ruang tv Anda. Seperti misalnya tempat tisu yang berbentuk kotak televisi, rak buku dari kayu yang estetik, bantal sofa dengan bentuk yang unik dan lain sebagainya.

Itulah beberapa ide menarik untuk dekorasi ruang TV, yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik ruangan sekaligus membuatnya lebih nyaman untuk digunakan.

Ruang tv merupakan ruangan yang memiliki posisi penting dalam sebuah rumah. Karena ruangan tersebut menjadi tempat berkumpul seluruh anggota keluarga dan menghabiskan waktu bersama.

Ruang tv harus benar-benar diperhatikan kenyamanan dan kualitasnya, agar supaya membuat penghuninya betah berada di sana.

Seperti untuk memperhatikan kualitas pencahayaan dan sirkulasi udara sehingga kondisi udara tetap sehat untuk menjadi tempat berkumpul keluarga. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk tidak menggunakan rak televisi di ruang TV demi menghemat ruang sehingga terlihat lebih lapang.

Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan jenis TV LED yang penggunaannya dengan cara ditempel di dinding ruang TV sehingga lebih hemat tempat.

Sekian pembahasan tentang ide menarik untuk dekorasi ruang TV yang bisa membuat sebuah ruangan televisi terlihat lebih bagus dan nyaman ditempati. (tukon) Editted 05/08/2022 by UN.