Ide Membuat Dekorasi Teras Rumah Kecil Minimalis dan Modern

Bagi sebagian orang, mempunyai teras rumah yang nyaman merupakan sebuah impian. Meski minimalis, dekorasi teras rumah kecil tetap bisa diwujudkan dengan cara yang mudah.

Selain menjadi area untuk menerima tamu, teras rumah juga kerap kali dijadikan sebagai tempat untuk santai. Meski sekedar untuk menikmati secangkir kopi, hingga kegiatan lain yang bisa dilakukan di teras rumah.

Oleh karena itu, ketika rumah anda tidak mempunyai luas teras yang cukup, maka anda perlu mendekorasinya sedemikian rupa. Anda bisa membuat ide dekorasi yang pas sehingga teras rumah anda tetap kelihatan minimalis dan modern.

Memperhatikan tampilan dan dekorasi teras merupakan hal yang penting, karena hal itu dapat mencerminkan isi rumah anda.

Beberapa Desain Dekorasi Teras Rumah Kecil yang Bisa Menjadi Referensi

Saat ini sudah banyak yang menggunakan model dekorasi teras rumah berukuran kecil untuk mempercantik rumah. Maka dari itu, berikut ini ada beberapa rekomendasi dekorasi teras rumah kecil yang bisa anda jadikan referensi.

Dekorasi Teras Rumah Kecil Minimalis

Di urutan pertama ada model dekorasi teras rumah kecil minimalis yang bisa anda gunakan. Kunci utama dalam mendekorasi sebuah teras minimalis adalah dengan adanya tambahan furniture, karena dengan tambahan beberapa furniture dapat mengubah tampilan teras menjadi lebih baik lagi.

Maka dari itu peletakan furniture tidak boleh asal, agar nantinya dapat memunculkan kesan yang minimalis dan klasik. Ketahui terlebih dahulu ukuran teras rumah anda, lalu pilihlah furniture dan material yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Perlu anda ketahui, bahwasanya material furniture indoor san outdoor jelas berbeda, mulai dari bahan, ketahanan, dan cara pembersihannya.

Sebagai contoh, material furniture outdoor biasanya terbuat dari plastic, alumunium, rotan, atau besi, karena mampu bertahan terhadap segala cuaca. Tentu saja anda dapat menentukan bahan material furniture seperti apa yang cocok digunakan untuk dekorasi teras rumah kecil anda.

Dekorasi Teras Rumah Kecil Dengan Menambahkan Tanaman

dekorasi teras rumah kecil

Jika anda menginginkan dekorasi teras rumah yang sejuk dan asri, anda juga bisa menambahkan beberapa jenis tanaman hias di halaman teras rumah anda. Akan tetapi, tidak semua tanaman hias dapat diletakan secara sembarangan.

Ada beberapa cara menata tanaman untuk dekorasi teras rumah kecil agar terlihat rapi dan semakin terlihat minimalis.

  • Pilih tanaman yang mudah perawatannya
  • Seleksi beberapa jenis tanaman berdasarkan warna dan ukurannya
  • Hindari jenis tanaman yang dapat membahayakan anak-anak, seperti katkus dan bunga mawar pada area teras rumah anda
  • Buatlah model tanam vertikal jika ukuran teras terlalu sempit.

Tidak hanya dapat meletakan tanaman hias pada dekorasi teras rumah kecil, anda juga bisa menyulap area depan atau belakang teras menjadi sebuah kebun mini pribadi.

Menambahkan Ornamen Unik Sebagai Dekorasi Dinding Teras

Menambahkan beberapa ornament unik juga bisa menjadikan teras rumah anda semakin cantik. Pasalnya akan membuat tampilan teras rumah anda semakin menarik dan minimalis ketika dilihat.

Tidak hanya mampu menampilkan kesan yang otentik, akan tetapi pola seperti ini dapat membuat dekorasi teras rumah kecil anda mampu membawa kenyamanan serta keakraban. Terutama saat sedang berkumpul bersama kerabat bahkan keluarga.

Selain itu, anda juga dapat mengkombinasikan dengan berbagai gaya yang sedang hits, seperti gaya minimalis, rustic, atau scadinavia.

Dekorasi Teras Rumah Kecil Dengan Keramik Lantai Kayu

Kebanyakan model teras rumah identik dengan kesan natural. Tidak ada cara yang lebih tepat untuk memunculkan kesan yang natural daripada harus mengganti lantai keramik dengan parket.

Selain itu anda juga bisa menggunakan lantai kayu model kotak yang sudah dilengkapi dengan klep pada bagian pinggirnya, sehingga akan memudahkan anda saat dekorasi teras rumah kecil, sehingga nantinya mudah untuk dipasang.

Jika ingin terlihat lebih natural lagi, anda juga bisa mengkombinasikan dengan lantai batu. Namun, perlu anda ketahui jika hendak menggunakan ornament ini, karena membutuhkan perawatan ekstra dan khusus, karena sifatnya yang mudah rusak jika terkena air secara terus menerus.

Alangkah baiknya jika anda hendak menggunakan ornament jenis ini, pasanglah sebuah kanopi pada area teras untuk menghindari cipratan air hujan.

Dekorasi Teras Rumah Dengan Kolam Ikan

dekorasi teras rumah kecil

Menambahkan sebuah kolam ikan mini sebagai pilihan konsep model teras depan atau teras belakang rumah bisa menjadi sebuah pilihan.

Selain dapat mempercantik dekorasi teras rumah kecil anda, kolam ikan mini ini juga bisa menjadi tempat relaksasi diri dari penatnya rutinitas sehari-hari. Dengan ukuran yang mini, anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar.

Ada beberapa macam ide untuk mendesain kolam ikan untuk teras rumah, salah satunya dengan menggunakan kaca transparan, hal ini bertujuan untuk memperlihatkan isi kolam secara keseluruhan.

Jika ingin menambahkan nuansa yang lebih alami, anda bisa menggunakan batu alam untuk kolam ikan anda. Jangan lupa juga untuk menambahkan lampu dekat kolam ikan agar bisa dilihat pada malam hari.

Dekorasi Teras dengan Keramik Motif

Memaksimalkan dekorasi teras rumah kecil dengan sentuhan keramik motif dapat membuat tampilan teras anda semakin terlihat unik dan menarik.

Detail desain dan pola keramik yang beraturan dapat menjadi pilihan yang tepat, karena sangat mudah untuk dipadukan dengan dekorasi lainnya. Perlu diperhatikan juga untuk menghindari kesan teras rumah yang terlalu ramai, anda bisa mengatasinya dengan memilih furniture yang simpel.

Untuk mendukung dekorasi teras rumah kecil semakin terlihat elegan, anda bisa mengecat dinding rumah dengan warna netral dan terang. Hal ini bertujuan untuk membuat area teras lebih terlihat luas dibandingkan dengan ukuran aslinya.

Selain menggunakan lantai motif, anda juga bisa mendekorasi teras rumah dengan lantai motif kayu agar terlihat lebih aestetik.

Dekorasi Teras Rumah Kecil Dengan Tambahan Kursi Rotan

Mungkin jika melihat material dari kursi ini memang terlihat tua dan tertinggal oleh zaman, akan tetapi jika penggunaannya hanya untuk dekorasi maka kursi rotan sangatlah tepat.

Kursi rotan merupakan furbiture yang harus ada jika menginginkan tampilan dekorasi teras rumah kecil yang aestetik. Kursi rotan memiliki desain yang sangat sederhana, akan tetapi tetap nyaman untuk dipakai bersantai di teras rumah anda.

Jangan lupa tambahkan juga meja rotan sebagai pasangannya, agar semakin terlihat senada dengan kursinya. Hal ini akan semakin menambah kesan yang aestetik untuk teras rumah anda.

Baca juga: Referensi Model Teras Rumah Atap Limas Terbaru Dari Minimalis Hingga Mewah

Dekorasi Teras Rumah Kecil Dengan Pajangan Natural

Agar teras rumah anda semakin terlihat cantik, anda juga bisa menambahkan beberapa pajangan dinding dengan konsep natural.

Salah satu contohnya adalah anda bisa menambahkan pot gerabah berukuran kecil berbentuk binatang, yang berfungsi sebagai pot tanaman hias untuk diletakkan di teras sebagai hiasan tambahan.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan dan menggantung tikar bamboo pada dinding untuk menempelkan berbagai macam hiasan dinding lainnya. Bisa juga menambahkan pajangan macramé sebagai tambahan hiasan.

Baca juga: 10 Ide Dekorasi Rumah Tipe 36 Subsidi, Dijamin Estetik dan Cantik!

Dekorasi Teras Rumah Kecil Menggunakan Batu Alam

Batu alam merupakan salah satu elemen yang bisa memberikan efek natural pada dekorasi teras rumah kecil anda. Benda ini akan membuat teras rumah anda semakin tampak unik dan minimalis lagi.

Selain batu alam, anda juga dapat menempelkan batu gravel atau pebble pada pinggiran lantai teras, dan batu andesit serta granit untuk lantai dasarnya.

Nah, itulah tadi beragam ide dekorasi teras rumah kecil yang bisa anda terapkan pada rumah impian. Perhatikan juga tata letaknya, agar teras rumah anda terlihat semakin aestetik.

 

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website