5 Denah Apartemen untuk Mahasiswa, Studio, Minimalis

Denah apartemen bisa memberikan gambaran secara menyeluruh tentang tata letak setiap ruangan yang ada di dalamnya.

Adanya denah / tata letak akan memudahkan kita untuk mendapatkan gambaran ruangan yang ada di apartemen tersebut.

Dengan begitu, jika kita calon pembeli, maka gambaran tentang layout akan membantu dalam mengambil keputusan untuk membeli apartemen tersebut atau tidak.

Contoh Desain Denah Apartemen

Berikut ada lima rekomendasi denah apartemen yang dikelompokkan berdasarkan kebutuhan.

1. Denah apartemen untuk mahasiswa

Denah Apartemen
tata letak / denah dalam apartemen via lh5.googleusercontent.com

Rekomendasi yang pertama adalah apartemen untuk mahasiswa. Apartemen yang banyak diminati oleh seorang mahasiswa, adalah apartemen yang ber konsep minimalis.

Apartemen dengan model minimalis ini, bisa menjadi pilihan tepat yang bisa memberikan kenyamanan untuk mahasiswa. Model ini dapat dipilih karena sangat efisien dan tidak terlalu besar untuk dihuni oleh satu orang.

Denah yang dihasilkan juga akan memperlihatkan beberapa ruangan yang dianggap penting untuk seorang mahasiswa. Jadi ruangan-ruangan yang ada di dalamnya adalah ruangan yang penting saja.

Seperti adanya kamar tidur yang didesain menyatu dengan ruang belajar, dapur yang menyatu dengan ruang tamu mini. Ruangan tersebut merupakan ruangan yang wajib ada di dalam apartemen mahasiswa.

Apartemen yang simpel, praktis dan cukup nyaman untuk seorang mahasiswa dalam melakukan aktivitas sehari-harinya di dalam apartemen. Baik aktivitas belajar, memasak, mandi dan istirahat.

Adanya denah apartemen seperti ini, bisa menjadi alat bantu untuk memudahkan kita dalam melihat tata letak dan desain ruangan di dalamnya, tanpa harus masuk dan melihat secara langsung ke dalam fisik apartemennya.

2. Denah apartemen studio

Denah Apartemen
denah aprtemen di apartemen via iO.wp.com

Rekomendasi denah yang ke dua adalah denah apartemen studio. Denah ini memberikan gambaran yang sangat jelas terkait ruangan yang ada di dalam apartemen tersebut.

Denah ini juga memberikan gambaran terkait satu ruangan yang dapat memuat beberapa bagian yang digunakan sebagai ruangan yang berbeda. Dengan kata lain apartemen studio merupakan ruangan gabungan.

Maksudnya, ruangan yang ada didalamnya merupakan ruangan gabungan dari beberapa ruangan yang biasanya terpisah. Misalnya, kamar tidur yang langsung menyatu dengan ruang tamu, dapur dan ruang belajar.

Apartemen model ini sangat cocok untuk yang masih lajang. Sangat fleksibel dan sangat membantu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Apartemen model studio ini tidak terlalu luas dan bisa memudahkan Anda dalam melakukan berbagai hal di dalam apartemen yang minimalis namun mempunyai fungsi yang sangat banyak.

Walaupun menyatukan beberapa ruangan, model ini tetap menjadi model apartemen yang banyak diminati. Pasalnya, model ini memberikan gambaran ruangan yang sangat elegan.

Penataan ruangan yang sedemikian rupa sehingga akan menghasilkan ruangan yang rapi dan menggambarkan beberapa ruangan yang memiliki fungsi berbeda, hanya dengan penataan yang sempurna.

Oleh karena itu, bagi Anda yang masih lajang dan tidak menyukai ruangan yang terlalu luas, model apartemen studio bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

3. Denah apartemen untuk keluarga kecil

Denah Apartemen
gambar denah di apartemen via ruangarsitek.id

Rekomendasi yang ke tiga adalah denah apartemen untuk keluarga kecil. Apartemen dengan dua kamar tidur sangat cocok untuk keluarga kecil.

Kamar Anak dan kamar orangtua masing-masing memiliki kamar yang berbeda ruangan. Dengan tata letak seperti ini, diharapkan bisa memberikan kenyamanan untuk keluarga kecil Anda.

Gambar pada contoh merupakan salah satu contoh denah apartemen untuk keluarga kecil yang memiliki dua kamar tidur, dua kamar mandi, dapur dan ruang tamu.

Masing-masing ruang berada pada ruangan berbeda. Sangat jelas pembagian ruangnya dan juga mencerminkan ruangan yang memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Walapun cukup simpel, namun apartemen model ini bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk Anda yang memiliki keluarga dengan jumlah anggota yang sedikit.

4. Denah apartemen ala Korea

denah apartemen
gambar denah di apartemen via www.lamudi.co.id

Rekomendasi yang ke empat adalah denah apartemen ala Korea. Denah apartemen model ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang suka dengan Korea, baik K-pop ataupun drama Korea.

Anda bisa jadi mendapat inspirasi dan referensi desain apartemen pada saat Anda menonton drama Korea. Atau Anda bisa jadi ingin memiliki apartemen ala Korea karena terinspirasi dari drama-drama Korea.

Nah, bagi Anda penggemar Korea yang sedang mencari apartemen, model denah apartemen ala Korea bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda.

Model ini mungkin bisa memberikan kebahagiaan tersendiri dan bisa menjadi hunian yang nyaman untuk Anda.

Contoh denah apartemen ala Korena ini bisa menjadi gambaran untuk Anda dalam memilih apartemen. Apartemen yang memiliki dua lantai, namun lantai ke dua hanya untuk kamar tidur saja.

Sedangkan untuk ruang tamu, dapur dan ruang makan ada di lantai satu. Terlihat sangat bagus, tertata dan akan memberikan kenyamanan untuk Anda yang menginginkannya.

5. Denah apartemen modern minimalis dan mutifungsi

Denah Apartemen
gambar denah di apartemen via iO.wp.com

Rekomendasi yang terakhir adalah denah apartemen modern minimalis yang multifungsi. Apartemen dengan model ini sangat cocok dihuni oleh Anda yang masih lajang ataupun untuk mahasiswa.

Denah yang simpel dan tidak membutuhkan ruangan yang luas. Anda bisa meniru denah ini jika mau membeli apartemen.

Apartemen yang memiliki satu ruangan yang multifungsi dengan pembatas, mengisyaratkan adanya ruangan yang berbeda dan memiliki fungsi yang berbeda pula.

Denah apartemen model ini memisahkan kamar tidur dan ruang tamu dengan kamar mandi dan dapur sebagai pembatas diantaranya. Sehingga terlihat seperti ruangan yang beda dan terpisah.

Dengan demikian Anda bisa beristirahat di kamar tidur dengan nyaman dan bisa menjadikannya sebagai ruangan privasi yang tidak secara langsung diketahui orang lain yang bertamu ke apartemen Anda.

Dengan begitu, bisa membuat Anda lebih senang dan nyaman berada di dalam apartemen. Dan contoh ini bisa menjadi salah satu contoh rekomendasi denah apartemen yang tepat untuk Anda.

Jangan lupa untuk selalu rajin membersihkan apartemen dan juga merapikannya. Dengan demikian, Anda akan memiliki apartemen yang bisa memberikan kenyamanan untuk keluarga Anda atau siapa saja yang tinggal di dalamnya.

Baca: Cara membersihkan apartemen

Semoga informasi di atas bisa membantu Anda. Terima kasih. (fy), Editor: UN

Fisa Yaninta

Menulis interior dan eksterior dalam hunian pertama kali tanggal 5 Mei 2019. Menulis tentang bidang properti sejak tanggal 2 Juli 2016. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar konsep hunian di apartemen. Topik yang paling disukai adalah topik hunian futuristik.

Tinggalkan komentar