Tips Desain Kamar Tidur Tema Musik yang Unik

Untuk Anda yang suka musik, menghias kamar jadi bertema sesuai hobi Anda bisa menjadi kesenangan yang tidak biasa. Dengan mendesain kamar tidur tema musik sendiri maka hobi Anda akan tersalurkan dengan lebih menyenangkan.

Soal konsep desain kamar tidur, Anda bisa memilih berbagai desain dan tema yang Anda sukai yang masih seputar musik.

Tema musik sendiri seringkali cukup banyak pilihannya karena genrenya yang bervariasi. Tinggal Anda suka yang mana.

Dengan mendesain kamar tema musik secara tidak langsung akan memberikan berbagai imajinasi dan inspirasi untuk Anda yang pecinta musik.

Tidak hanya lewat alunan nadanya, dengan menerapkan desain kamar tidur bertema musik juga akan menjadikan Anda lebih terinspirasi dan bersemangat dalam beraktifitas.

Dengan cara mendesain kamar tidur tema musik, tentunya akan memberikan perasaan dan pemandangan yang lebih menyenangkan. Terkadang desain kamar tidur tema musik sangatlah mudah, banyak yang mentok idenya.

Kebanyakan hanya dengan memasang beberapa poster band favoritnya di dinding. Padahal banyak cara jika Anda ingin merubah desain kamar tidur tema musik menjadi lebih hidup.

Berikut ini beberapa tips desain kamar tidur sederhana bertema musik yang bisa Anda coba di rumah.

Tips Desain Kamar Tidur Tema Musik

Ada beberapa hal yang bisa Anda upayakan untuk mewujudkan ruang tidur Anda menjadi bernuansa musik yang tipe Anda banget, diantaranya:

Gunakan Alat Musik

desain kamar tidur tema musik

Tips pertama yang bisa Anda coba untuk desain kamar tidur tema musik adalah dengan menggunakan alat musik. Gunakan alat music untuk mendesai kamar tidur, mulai dari gitar, piano, drum, dan sebagainya.

Alat-alat musik disini bertujuan agar desain kamar tidur Anda lebih menarik. Tempatkan alat musik tersebut pada sudut ruangan yang strategis, yang menurut Anda paling nyaman untuk dipandang.

Contohnya tempatkan pada sudut ruangan yang tidak menimbulkan kontras pada ruang tempat tidur, sehingga timbul kesan yang estetik untuk dipandang.

Menghias Dinding Kamar

Desain kamar tidur tema musik selanjutnya adalah dengan menghias dinding kamar tidur. Anda bisa menggunakan cat tembok warna cerah, seperti kuning, hijau, merah, dan lainnya.

Anda juga bisa mengkombinasikan dengan warna lain yang kuat. Anda juga bisa menghias dinding dengan membuat gambar bertema musik, baik musik rock, pop, metal, dan sebagainya.

Anda  juga bisa membuat not balok dari karton berwarna hitam yang digunting, kemudian tempelkan pada dinding kamar tidur Anda, usahakan desain dinding kamar sebaik mungkin dan tentunya tidak keluar dari tema musik.

Desain Kamar Tidur Rock n Roll

Rock n Roll identik dengan warna hitam dengan gaya musik keras yang membangkitkan jiwa semangat. Jika gaya musik ini dijadikan sebagai desain kamar tidur, pasti akan menambah sensasi yang lebih hidup.

Karakteristik musik Rock n Roll yang khas, sangat cocok bagi Anda yang menyukai aliran musik keras. Anda bisa melengkapi tema kamar tidur Rock n Roll dengan menambah berbagai elemen, seperti gitar, poster, album-album, dan lainnya.

Baca juga: Tips Mendesain Kamar Tidur Ukuran 3×3

Kamar Tidur Tema K-Pop

desain kamar tidur tema musik

Bagi Anda pecinta musik Kpop, pasti bukan hal yang asing lagi untuk mengoleksi segala hal yang berkaitan dengan idola. Mulai dari album, photocard, poster, dan pernak-pernik lainnya.

Anda bisa menghiasi dinding kamar dengan tempelan polaroid, meletakkan koleksi album serta pernak-pernik Kpop lainnya di rak yang rapi. Sebagai pelengkap, Anda juga bisa menambahkan satu set bed cover dan karpet dikamar tidur dengan gambar idola Anda.

Desain kamar tidur tema Kpop bisa menjadi inspirasi untuk menciptakan suasana yang lebih dekat lagi dengan sang idola melalui tema Kpop.

Desain Poster Musik

Desain kamar tidur tema musik selanjutnya adalah poster. Setiap orang mempunyai selera musik yang berbeda.

Namun pada dasarnya setiap musik punya arus yang sama untuk semua penikmatnya, yaitu mewakili segala rasa dan cerita hingga menyampaikan rasa rindu penikmatnya.

Anda bisa menempelkan berbagai poster band atau penyanyi kesukaan Anda pada dinding kamar tidur. Desain kamar tidur Anda sesuai dengan tema musik yang Anda inginkan.

Dari sini kita tahu bahwa musik bukan hanya tentang melodi dan suara saja, tetapi juga senuah makna yang berusaha tersampaikan.

Membuat Studio Musik di Kamar Tidur

Buat Anda yang gemar bermain musik, desain kamar tidur bertemakan musik bisa menjadi pilihan yang cocok untuk melengkapi hobi Anda. Anda bisa menambahkan desain dengan membuat studio musik kecil dikamar tidur. Selain bisa menjadi hiasan bertema musik.

Studio minimalis yang diletakkan di ruang kamar tidur akan membawa kesan ruangan kamar yang lebih hidup dan tidak monoton. Dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk melakukan aktivitas bermain musik tanpa harus pergi ke studio musik.

Desain Tempat Tidur

Setelah semua lingkup kamar sudah bertemakan musik, kini giliran desain tempat tidur Anda. Gunakan sprei, sarung bantal dan bedcover bertemakan musik sehingga tema musik dikamar Anda akan semakin detail bertemakan musik.

Apalagi kalau Anda memiliki budget yang cukup besar, tak perlu ragu untuk memilih satu set bedcover bergambar musisi legendaris, seperti John Lennon atau musisi lain yang sesuai dengan selera Anda.

Baca juga: 4 Ide Desain Kamar Tidur Apartemen dan Inspirasi Furnitur

Memilih Tema Lantai

Buat Anda yang sedang desain kamar tidur tema musik, memilih tema untuk lantai juga harus diperhatikan. Jika seisi kamar sudah di desain tema musik, lantai juga harus disesuaikan dengan nuansa musik.

Sesuaikan tema lantai dengan wallpaper yang sudah dipilih. Jika wallpaper menggunakan gambar gitar atau tanga nada, maka balok piano berwarna hitam putih bisa jadi pilihan tema lantai kamar tidur anda.

Anda juga bisa menambahkan karpet yang memiliki aksen musik atau berkarakter abstrak sesuai dengan warna turunannya.

Menambah Aksen Detail

Tips desain kamar tidur tema musik selanjutnya adalah dengan menambah aksen detail pada kamar. Meletakkan gitar yang ditempelkan di dinding bisa menjadi pilihan untuk memberikan aksen yang cukup detail pada kamar.

Selain itu, jendela dan pintu kamar juga bisa ditambahkan dengan memberikan gantungan CD atau piringan hitam sebagai aksesoris tambahan untuk dekorasi ruang kamar anda. Tambahkan juga dekorasi pendukung lainnya supaya kamar lebih terlihat detail dengan tema musik.

Kamar Tidur Loft

Kamar tidur loft mempunyai plafon yang tinggi, sehingga bisa membuat lantai tambahan seperti panggung. Lantai tambahan ini juga bisa Anda gunakan untuk meletakan alat musik seperti drum, gitar, keyboard, dan lainnya.

Anda bisa menambahkan lampu sorot yang mengarah ke alat musik agar kesannya seperti sedang tampil diatas panggung. Jangan lupa berikat sekat penghalang agar aman saat bermain musik.

Itulah beberapa tips dan contoh desain kamar tidur tema musik yang bisa digunakan untuk mendapatkan ide dalam hal dekorasi kamar. Tentu tema musik ini bisa Anda terapkan juga di kamar tidur anak, namun temanya dibuat menyesuaikan usia anak-anak.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website