Desain Rumah 3 Lantai Dengan Rooftop yang Bagus

Apabila Anda merupakan orang yang suka menikmati waktu libur atau waktu luang Anda di rumah bersama keluarga, maka desain rumah 3 lantai dengan rooftop adalah pilihan terbaik.

Hunian dengan tiga lantai yang memiliki rooftop di atasnya merupakan pilihan yang cukup menarik untuk Anda wujudkan sebagai hunian impian. Anda dapat membangun rumah di area tanah yang berukuran sedang atau luas.

Apalagi jika Anda memiliki sebidang tanah yang cukup luas maka Anda akan lebih mudah dalam mengatur desain rumah 3 lantai dengan rooftop.

Tata Desain Rumah 3 Lantai dengan Rooftop dari lantai 1 sampai 3

Berikut beberapa ide desain penataan ruang Desain Rumah 3 Lantai Dengan Rooftop dari lantai satu sampai 3:

Desain Rumah 3 Lantai Dengan Rooftop
Desain Rumah 3 Lantai Dengan Rooftop

Desain Rumah 3 Lantai Dengan Rooftop: Lantai 1

Untuk lantai pertama dapat Anda fokuskan sebagai ruang yang selalu digunakan oleh seluruh anggota keluarga atau seluruh penghuni rumah.

Apabila Anda memiliki tanah yang cukup luas maka Anda dapat membuat ruang tamu dengan ukuran 2,5 x 3m atau bahkan dengan luas 3 x 3m.

Anda dapat mengisi ruang tamu yang Anda miliki dengan furniture yang minimalis dan elegan tetapi tetap terkesan mewah.

Lalu hiasan dekorasi rumah yang lain juga bisa ditambahkan seperti tanaman hias yang besar untuk sudut ruangan, guci antik, atau bahkan akuarium berisi ikan dengan panjang 1m.

Anda juga dapat menambahkan ruang keluarga di lantai satu dengan furniture satu set tv, rak buku atau rak untuk menaruh koleksi yang Anda miliki. Furniture wajibnya bisa dalam bentuk sofa yang empuk agar nyaman untuk bersantai.

Anda juga dapat menambahkan taman di dalam rumah yang terkoneksi langsung dengan ruang keluarga sehingga akan terasa lebih indah dan semakin menyenangkan untuk digunakan bersantai.

Agar bisa terkoneksi antara taman di dalam rumah dengan ruang keluarga maka ada baiknya diberi sekat kaca.

Jika Anda memilih kaca yang lebar agar saat Anda berada di ruang keluarga Anda dapat dengan jelas melihat taman Anda.

Anda dapat memilih banyak sekali tema untuk taman di dalam rumah Anda. Misalnya Anda membuat kolam ikan yang di atasnya terdapat gazebo kayu jati yang dapat Anda gunakan untuk bersantai sambil minum teh.

Dtambah lagi tambahan pancuran kolam ikan agar menghasilkan suara gemercik air yang menenangkan.

Tambahkan juga batuan alam untuk dijadikan sebagai jalan kecil, rumput jepang hijau untuk tanah, serta lampu taman dan tanaman-tanaman kecil yang lainnya sebagai pelengkap.

Di sebelah ruang keluarga terdapat ruang makan, yang mana dapat Anda sekat dengan menggunakan sekat kayu jati yang elegan dan minimalis. Anda dapat membuat ruang makan Anda senyaman mungkin.

Pilihlah furniture meja makan yang dibutuhkan untuk keluarga Anda apakah meja dengan empat kursi atau enam kursi bahkan lebih.

Setelah ruang makan selesai didesain, maka Anda bisa pindah fokus ke dapur. Di jaman sekarang ini sepertinya kebanyakan dapur sudah sangat modern.

Untuk menciptakan kesan modern dan mewah pada dapur yang Anda miliki, Anda dapat menggunakan marmer untuk matrial meja yang akan Anda gunakan. Anda juga bisa menambahkan kompor listrik tanam yang mana desain kelistrikannya bisa Anda pilih agar semakin mewah dan elegan.

Di setiap lantai ada baiknya jika di beri satu kamar mandi. Untuk tangga lebih baik diletakkan di ruang keluarga saja. Jangan lupakan juga garasi yang mana sebaiknya ditempatkan di lantai satu.

Di lantai dua dapat Anda fokuskan untuk kamar-kamar. Kamar utama, kamar anak, kamar tamu. Setiap kamar usahakan untuk memiliki kamar mandi dalam, ukuran setiap kamarnya juga dapat Anda jadikan menjadi 3 x 3m agar meskipun minimalis tapi tetap bisa menunjang kebutuhan ruang.

Ada baiknya jika tidak perlu menambahkan tv di setiap kamar, tujuannya agar Anda dan keluarga dapat menonton tv secara bersama di ruang keluarga.

Desain Rumah 3 Lantai Dengan Rooftop: Lantai 3

Untuk lantai tiga ini dapat Anda jadikan sebagai ruangan apa saja, tentu saja di dalan satu lantai dapat dibagi menjadi beberapa ruangan. Misalnya dapat Anda jadikan satu ruangan sebagai kantor, gudang, studio musik, dll.

Lantai tiga ini tentu saja terkoneksi dengan rooftop yang ada di bagian paling atas sebuah rumah. Yang mana rooftop ini memiliki banyak sekali fungsi dan kegunaannya. Anda dapat jadikan rooftoop sebagai tempat untuk bersantai.

Banyak cara untuk menyulap rooftop sebagai tempat untuk bersantai. Anda hanya perlu mendekornya saja, tentu saja mendekor rooftop sama dengan mendekor sebuah taman karena keduanya memiliki fungsi dan kegunaan yang sama.

Yaitu, digunakan dan di fungsikan untuk tempat hiburan atau tempat untuk kumpul bersama baik dengan keluarga, teman teman, atau rekan bisnis. Di rooftop ini juga memiliki privasi yang sangat terjamin karena berada di lantai atas.

Karena berada di bagian paling atas dalam suatu rumah, maka Anda harus memperhatikan keamanan dan kenyamanan yang sangat ekstra.

Untuk keamanan tentu saja Anda harus memberi pagar di setiap ujung rooftopnya, lalu Anda dapat membuat beberapa atap untuk berteduh.

Anda dapat menambahkan beberapa kursi dan satu meja. Selain itu Anda juga dapat membuat kebun sayur atau buah sendiri.

Untuk Anda yang suka berkebun maka rooftop pasti akan menjadi tempat favorit Anda.

Anda dapat membuat kebun buah, sayur, atau tanaman hias koleksi Anda, selain dapat di jadikan sebagai hiasan tambahan, tentu saja Anda juga akan mendapatkan keuntungan tersendiri apabila Anda memiliki kebun sayur dan buah sendiri.

Jangan lupakan kelistrikan untuk penerangannya. Anda dapat mendesain rooftop yang Anda miliki mirip seperti cafe yang aesthetic dan nyaman untuk bersantai.

Selain interior rumah, Anda juga harus fokus dengan eksterior rumah, apalag eksterior rumah adalah hal yang paling sering di lihat oleh orang baik oleh tamu yang datang untuk berkunjung atau bahkan Anda sendiri saat akan masuk ke dalam rumah.

Untuk eksterior rumah ada banyak sekali pilihan konsepnya, Anda hanya cukup menyewa orang yang ahli terhadap eksterior rumah seperti arsitek.

Apabila Anda menggunakan jasa arsitek maka Anda akan dengan mudah untuk mewujudkan desain rumah yang Anda inginkan.

Akan tetapi apabila Anda tidak ingin menggunakan jasa arsitek Anda juga dapat mencari inspirasinya sendiri, ada banyak sekali gaya rumah yang akan Anda temukan di internet. Anda dapat memilih apakah bergaya modern, industrial, eropa, atau yang lainnya.

Jangan lupakan taman yang ada di depan rumah, apabila Anda masih memiliki sedikit halaman yang ada di depan rumah Anda maka Anda juga harus memanfaatkannya sebaik mungkin.

Salah satunya adalah membuat taman sederhana untuk dijadikan sebagai hiasan bagian depan rumah. Anda dapat menanam beberapa pohon cemara, atau pohon mangga.

Di bawah pohon mangga dapat Anda buat bangku dan meja taman sebagai tempat Anda atau keluarga Anda duduk.

Anda juga dapat membuat kolam ikan lagi dengan ukuran yang minimalis atau menyesuaikan dengan lahan yang ada, tambahkan juga beberapa lampu taman agar semakin indah.

Konsep desain rumah 3 lantai dengan rooftop yang Anda impikan jika minimal mengadopsi tata desain di atas kemungkinan menghasilkan tampilan yang keren.

Tinggal, Anda menentukan vendor kontraktor terbaikmu untuk mengeksekusi rumah Anda menjadi nyata. Selamat mencoba! Editor: UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

Tinggalkan komentar