10 Ide Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka yang Estetik dan Elegan, Anda Wajib Coba!

Desain dapur dan ruang makan terbuka sering kali menjadi pilihan untuk Anda yang menginginkan suasana sejuk saat makan dan memasak. Tak heran, kini banyak orang yang menerapkan desain terbuka untuk dapur dan ruang makan di rumahnya.

Desain terbuka pada dapur dan ruang makan juga bisa memberikan kesan luas pada ruangan. Ya, Anda tidak membutuhkan sekat pembatas untuk memisahkan area dapur dan ruang makan tersebut. Oleh karena itu, desain terbuka ini cocok untuk rumah besar maupun kecil.

Konsep ini memungkinkan Anda untuk lebih menghemat listrik, membuat rumah terlihat lebih besar, dan memaksimalkan sirkulasi udara lho! Yuk simak beberapa inspirasi desainnya berikut ini!

10 Ide Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka yang Estetik dan Elegan

Ada banyak sekali konsep desain dapur dan ruang makan terbuka yang kekinian. Konsep-konsep ini tentu masih terbilang minimalis sehingga mudah untuk diadopsi. Seperti apa saja konsepnya?

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka Gaya Minimalis

Ide desain dapur dan ruang makan terbuka pertama yang bisa Anda coba yaitu dengan menerapkan gaya minimalis. Desain ini berfokus pada kesederhanaan, fungsionalitas furnitur dapur, dan dekorasi minimalis.

Untuk sisi berhadapan dengan area luar rumah, Anda bisa menggunakan pintu geser atau jendela kaca agar terlihat lebih luas dan besar. Desain ini akan memberikan kesan minimalis sekaligus modern dan terang pada area tersebut.

Selain itu, bahan alami seperti batu dan kayu dapat digunakan untuk lantai untuk menambah elemen hangat dan alami pada desain minimalis.

Desain Dapur dan Ruang Makan Dengan Konsep Vintage

Jika Anda menyukai estetika vintage, desain dapur terbuka minimalis dan ruang makan berkonsep Vintage ini sangat cocok untuk mengingatkan Anda akan masa lalu. Desain vintage dapat memberikan kesan khusus pada ruangan Anda dengan memadukan elemen klasik dan modern.

Gaya vintage sering menggunakan warna-warna berani seperti merah bata, kuning mustard, dan hijau mint sebagai aksen pada dinding dan interior. Untuk menunjang kesan vintage, pilihlah furnitur, aksesori, dan dekorasi yang mencerminkan era vintage, seperti meja kayu berukir, jam dinding retro, dan piring keramik antik.

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka Di Sebelah Taman

Inspirasi ini bisa Anda tiru jika dapur Anda bersebelahan dengan halaman atau taman. Seolah tak ada batasnya, ruang makan dan dapur tetap dibiarkan terbuka dan mengarah langsung ke taman yang asri.

Ide ini juga cocok diaplikasikan jika ruang makan atau dapur Anda berbentuk memanjang. Selain itu, Anda bisa menempatkan kitchen set dan meja panjang minimalis. Tak perlu sepenuhnya meniru inspirasi ini, Anda juga bisa bermain-main dengan berbagai konsep desain interior lho!

Dapur dan Ruang Makan Terbuka Dengan Jendela Kaca

Jika Anda menginginkan dapur dan ruang makan terbuka dengan nuansa semi outdoor,  menggunakan jendela atau pintu kaca berukuran besar mungkin bisa menjadi pilihan terbaik.

Desain dapur ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan ke luar rumah, namun aliran cahaya alami masuk ke dalam area dapur sehingga memberikan nuansa lebih terang dan terbuka.

Meskipun terdapat cukup cahaya alami, pencahayaan tambahan tetap diperlukan pada malam hari. Anda dapat memilih material jendela kaca yang sesuai dengan iklim dan kebutuhan energi rumah Anda. Mungkin Anda dapat mempertimbangkan jendela kaca berlapis untuk mengatur suhu internal.

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka Ala Jepang

Desain terbuka ala Jepang bisa menjadi inspirasi selanjutnya yang bisa Anda tiru.

Japandi adalah nama yang biasanya diberikan untuk kombinasi gaya furnitur Skandinavia dan Jepang, dan saat ini menjadi gaya dekorasi populer untuk dapur terbuka dan ruang makan. Desain bergaya Jepang ini bisa menciptakan suasana indah dan tenang lho!

Menariknya, penggunaan warna-warna netral seperti putih, abu-abu, dan krem ​​​​bisa membuat dinding dan lantai Anda terlihat lebih cerah dan bersih.

Peralatan kayu terutama digunakan dalam desain interior dapur bergaya Jepang ini. Anda juga bisa menggunakan tatami sebagai alas tikar tradisional untuk menciptakan nuansa Jepang yang autentik.

Penggunaan furnitur sederhana dengan aksen natural dan kombinasi warna netral menjadi ciri  umum  desain Japandi. Perpaduan elemen-elemen tersebut menciptakan dapur terbuka dan ruang makan  yang indah bernuansa Jepang.

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka Nuansa Biru Cerah

Jika Anda menginginkan desain dapur dan ruang makan terbuka bernuansa cerah, cobalah inspirasi ini. Ruangan ini tidak hanya memberikan suasana  cerah, namun juga menghadirkan suasana hati yang lebih segar, bahagia, dan ceria. Kombinasikan warna biru cerah dengan warna netral seperti putih untuk menciptakan kontras yang seimbang.

Pilihlah furnitur seperti lemari dan meja dengan aksen biru atau putih yang cocok dengan gaya dekorasi dapur Anda. Gunakan cahaya alami agar sinar matahari dapat menembus ruangan.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memasang lampu gantung untuk menciptakan suasana hangat di malam hari. Padu padankan elemen-elemen ini sesuka Anda untuk  menciptakan ruang yang sesuai dengan kebutuhan Anda ya!

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka Memojok

Apakah Anda ingin menempatkan dapur dan ruang makan di salah satu sudut ruangan? Kenapa tidak? Namun, sangat penting untuk memilih dan menata furnitur dengan cermat. Pastikan Anda memilih furnitur yang minimalis atau compact. Anda juga bisa menggunakan meja makan berukuran kecil, apalagi jika anggota keluarga di rumah Anda terbilang sedikit.

Dapur dan Ruang Makan Terbuka Menyatu Dengan Area Cuci

Inspirasi desain selanjutnya adalah memadukan dengan area cuci untuk memaksimalkan penggunaan area rumah. Selain menunggu cucian mengering, Anda juga bisa menyiapkan makanan sekaligus untuk keluarga kecil Anda.

Anda juga tidak membutuhkan banyak ruang, dengan menciptakan dapur terbuka berbentuk L pada dinding, Anda sudah bisa menciptakan ruang yang lebih fungsional dan nyaman. Jika ingin tampilan alami dan cantik, Anda bisa mempertimbangkan untuk menambahkan batu alam atau rumput buatan di sekelilingnya.

Dapur dan Ruang Makan Terbuka dengan Atap Transparan

Ingin menciptakan tempat yang indah dan fotogenik di rumah? Anda bisa mendesain dapur outdoor yang membangkitkan estetika kafe dan tentunya bikin Anda betah untuk nongkrong di area dapur.

Dapur outdoor ini tampil sederhana dengan tata ruang cantik dan kombinasi utama aksen putih dan kayu. Meski begitu, dapur ini tetap menarik perhatian dengan warna keramik biru cerahnya yang mencolok.

Jika Anda menyukai nuansa yang benar-benar terbuka, namun ingin memastikan dapur Anda terlindungi dari cuaca buruk, jangan lupa memasang kanopi transparan ya!

Tentu saja, dapur outdoor yang indah dan estetik adalah tempat yang tepat untuk bersantai, mengundang teman, atau sekadar menikmati  area terbuka.

Baca juga: 5 Tips Menata Desain Dapur dan Ruang Makan Jadi Satu

Dapur dan Ruang Makan Terbuka Berhadapan Dengan Kolam

Desain dapur dan ruang makan terbuka yang menghadap ke kolam renang akan menciptakan pengalaman yang berbeda. Seperti pada desain yang satu ini,  dapur terbuka dan ruang makan  dibangun menghadap ke area kolam renang. Ini adalah ruang yang sempurna untuk bersantai sambil makan sambil atau mendengarkan suara lembut air.

Selain itu, membuat taman mini di sekitar kolam renang Anda akan menambah nuansa alami pada ruang terbuka. Jika Anda memiliki anak kecil, sebaiknya pertimbangkan untuk memasang pagar kolam kaca untuk menambah keamanan, karena pagar ini terdapat batas yang memudahkan Anda mengawasi anak-anak.

Itulah 10 inspirasi desain dapur dan ruang makan terbuka yang bisa Anda jadikan referensi. Bagi Anda pemilik rumah minimalis, desain- desain tersebut bisa menjadi solusi hunian untuk menyempurnakan tampilan ruangan dapur Anda lho!

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *