Tips Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas

Berbicara mengenai desain rumah type 36, banyak sekali model hunian yang bisa diadopsi. Untuk mendapatkan desain rumah type 36 agar terlihat luas, ada beberapa yang bisa diatur.

Rumah type 36 ini biasanya dapat dibangun di atas tanah seluas 60-72 meter persegi.

Dengan ukuran lahan rumah seperti ini maka kita harus pintar untuk menata ruangan serta mengisi perabot rumah tangga sebaik mungkin agar tetap terlihat luas.

Dibawah ini terdapat beberapa tips-tips yang bisa Anda praktekkan agar rumah type 36 Anda terlihat lebih luas.

Tips Mendesain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas

Ada beberapa tips yang harus Anda ketahui jika ingin membangun rumah dengan type 36 agar terlihat menjadi lebih luas.

Salah satu hal terpenting saat membangun rumah adalah denah rumah. Mengapa? Karena desain rumah bisa menentukan bagaimana rumah itu dibangun dan bagaimana konsep desain interiornya.

Sebelum itu, Anda perlu memahami apa itu denah lantai. Denah merupakan komponen yang sangat penting yang harus Anda ketahui saat akan membangun rumah atau bangunan tertentu.

Hal ini disebabkan karena dengan denah yang sesuai serta pengukuran yang matang maka Anda akan terhindar dari kesalahan ukuran bangunan yang akan berdampak fatal.

Salah satunya adalah rumah atau bangunan yang menjadi terlihat lebih sempit.

Rumah mungil seringkali menjadi pilihan keluarga modern karena sejumlah alasan.

Faktor ketersediaan lahan dalam biaya membangun rumah seringkali menjadi alasan untuk membangun cottage.

Untungnya untuk rumah kecil yang tampak luas ada beberapa tips praktis mendesain rumah type 36 agar terlihat luas di bawah ini.

Pilihlah cat dinding yang memiliki tone warna cerah

Tips yang pertama desain rumah type 36 agar terlihat luas adalah dengan menggunakan warna terang pada dinding. Warna terang atau cerah akan memberi kesan luas dan lapang untuk mendandani rumah yang benar-benar kecil atau sempit.

Arsitek dan desainer interior biasanya akan merekomendasikan penggunaan warna putih, krem ​​muda atau kuning yang lembut.

Hal ini agar interior rumah minimalis type 36 Anda menjadi terlihat lebih luas. Warna terang juga akan membuat rumah Anda terlihat lebih cerah karena memantulkan cahaya

Pilihlah cermin sebagai elemen dekorasi di salah satu ruangan Anda

Tips lain desain rumah type 36 agar terlihat luas adalah dengan memasang cermin. Pemasangan cermin bertujuan untuk memberikan kesan visual ruangan yang lebih lega untuk setiap sisi ruangan.

Efek visual yang dihasilkan oleh cermin yang diletakan pada suatu ruangan adalah lebih luas secara pandangan. Yang mana cermin memiliki kesamaan ruang sehingga akan membuat sebuah ruangan menjadi tampak lebih luas.

Untuk efek yang lebih dramatis, Anda bisa menggunakan dua cermin dalam satu ruangan sekaligus. 

Pilihlah karpet atau permadani lantai yang memiliki motif berulang

Trik visual lain dalam mendesain rumah type 36 agar terlihat luas yang dapat menciptakan ilusi ruang yang luas adalah dengan menggunakan permadani atau karpet lantai dengan pola yang berulang.

Anda dapat memilih pola berulang yang berukuran kecil agar lantai ruangan tampak lebih luas. Hindari pola besar yang benar-benar membuat ruang terasa sempit.

Menggunakan beberapa karpet dengan motif yang berbeda juga bisa menjadi pilihan untuk menambah kesan rumah yang kecil dan lebih luas.

Baca juga: 10 Contoh Desain Taman Rumah Minimalis Type 36

Anda dapat menambahkan jendela besar serta tirai yang tinggi dan tebal

Trik lain untuk menciptakan efek ruang yang berat pada dinding adalah dengan membuat jendela berukuran besar dan dengan gorden yang besar.

Jendela yang berukuran besar akan membiarkan banyak cahaya alami masuk sebagai sumber cahaya alami yang kuat.

Pada saat yang sama, gorden besar dan tinggi juga dapat membuat ruangan Anda menjadi terlihat lebih luas dengan menciptakan ilusi optik langit-langit yang tinggi. Trik ini bisa membuat ruangan tampak lebih luas secara vertikal.

Pilihlah perabotan yang multifungsi

Jika Anda memiliki rumah dengan ruang tamu terbatas, cobalah mengusung desain rumah type 36 agar terlihat luas dengan menggunakan sedikit sekat. Hal ini disebabkan karena jika terlalu banyak ruangan dan sekat membuat tampilan rumah menjadi lebih sempit.

Namun, jika Anda ingin memisahkan satu ruangan dengan ruangan lainnya, gunakan saja furnitur sebagai sekat pembatasnya.

Misalnya, Anda ingin memisahkan dapur dan ruang tamu. Nah, Anda bisa menggunakan sofa atau rak sebagai pembatas antar ruangannya.

Gunakanlah rak dinding yang minimalis dan elegan

Daripada menambah lemari untuk menyimpan buku atau barang lainnya, Anda bisa memaksimalkan ruang dinding dengan memasang rak dinding.

Jadi Anda bisa hidup dalam tampilan yang lebih baik tanpa kekacauan. Penamahan furniture lemari dinding juga dapat membuat tampilan dinding lebih terisi sehingga tidak terlalu polos dan monoton.

Namun, saat menentukan rak dinding untuk ruang yang sempit, Anda harus memilih sebanyak mungkin rak dengan gaya yang minimalis namun tetap terlihat cantik saat dilihat oleh mata.

Anda harus menghindari pemberian hiasan pada rumah yang terlalu berlebihan

Apakah Anda suka meletakkan hiasan dinding pada kamar? Jika demikian, maka sebaiknya Anda harus menghindari hal ini karena akan membuat ruangan menjadi terlihat penuh dan sesak.

Sebagai pengganti hiasan dinding dan tips desain rumah type 36 agar terlihat luas adalah dengan memasang jendela. Anda dapat memasang jendela agar sirkulasi udara menjadi lebih segar dan ruang menjadi terlihat lebih luas.

Jika tetap ingin menggunakan dekorasi dinding, pilihlah dekorasi yang seminimalis mungkin selain untuk menghasilkan ruangan yang luas furniture atau hiasan yang minimalis akan terlihat lebih elegan saat dipandang mata.

Pilihlah furniture sofa yang minimalis

Jika Anda ingin memasang sofa di area ruang keluarga, sebaiknya Anda jangan asal memilih dan membeli. Ada Anda baiknya mengetahui terlebih dahulu jenis sofa apa yang pas di dalam ruangan yang akan Anda tambahkan sofa atau Anda juga bisa mendekorasi ruang tamu tanpa sofa.

Cara yang ini tidak hanya terlihat berbeda, tetapi juga bisa menjadi alternatif untuk kekurangan ruangan Anda yang hilang.

Berbagai jenis sofa yang direkomendasikan untuk ruang tamu sederhana adalah sofa modular serta sofa desainer minimalis. Dengan menerapkan ide desain rumah type 36 agar terlihat luas maka Anda bisa hemat space.

Anda dapat memasang Tv yang menempel pada dinding

Dibandingkan Anda harus membeli kabinet khusus untuk TV yang berukuran besar, alangkah baiknya jika posisi TV Anda ubah menjadi menempel pada dinding.

Anda dapat memasang dudukan yang berfungsi sebagai penyangga TV. Tentu saja, ini menciptakan banyak ruang di ruang keluarga untuk peralatan penting lainnya. 

Ide desain rumah type 36 agar terlihat luas akan membuat space yang tadinya diperuntukkan untuk buffet jadi tidak perlu ada dan bisa dipakai untuk lainnya.

Agar lebih terlihat lega dan minimalis Anda dapat menggunakan tipe penyimpanan pakaian dengan model terbuka

Menambahkan lemari pada ruang yang sempit membutuhkan pemikiran yang matang.

Hal ini disebakan karena lemari besar yang bisa dikunci bisa menampung banyak pakaian, tapi kekurangannya adalah ukuran ruangan selalu terkesan sempit dan pengap.

Alternatifnya, Anda bisa menggunakan lemari pakaian terbuka. Agar pakaian tetap teratur, Anda dapat mengelompokkannya

Nah, dengan ide-ide dan tips desain rumah type 36 agar terlihat luas tersebut maka rumah minimalis Anda akan terlihat lebih hidup dan menyenangkan.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website