Skip to content

10 Contoh Desain Taman Rumah Minimalis Type 36

Sebagian besar pemilik rumah minimalis type 36 pengin punya taman di dalam rumah. Sayangnya, untuk mengusung taman rumah minimalis type 36 ini tidak mudah dan segampang yang dibayangkan.

Sebab, dengan ukuran yang serba ngepres, keinginan menambahkan taman bisa jadi hanya akan mempersempit interior rumah.

Meski susah, tentu saja bukan hal tidak mungkin untuk mengusung taman ke dalam rumah. Asalkan dalam merencanakannya sesuai dengan konsep minimalis sebuah rumah type 36, bukan tidak mungkin hasilnya akan memuaskan.

Nah, lalu kira-kira bagaimana model atau konsep terbaik dari sebuah taman rumah minimalis type 36 itu?

Kita akan bahas pada artikel kali ini.

Apa itu Rumah Minimalis Type 36?

Sebelum masuk ke bahasan taman rumah minimalis type 36, kita bahas dulu apa itu rumah bertipe 36.

Rumah tipe 36 adalah salah satu tipe rumah yang paling disukai. Ukurannya yang tidak terlalu kecil dan harganya masih terjangkau membuatnya laris manis di pasaran.

Rumah dengan tipe ini merupakan tipe wajib yang harus dibangun oleh developer yang menyasar segmen middle-middle low. Rumah tipe 36 sangat cocok untuk keluarga kecil yang telah memiliki satu anak.

Rumah dengan tipe 36 dibangun dengan dimensi 6 x 6 meter atau 9 x 4 meter. Rumah dengan tipe ini dibangun diatas tanah seluas 60 hingga 72 meter persegi. Namun terdapat beberapa rumah tipe 36 yang dibangun diatas tanah seluas 90 meter persegi.

Sebagai rumah dengan luas yang lebih besar, rumah tipe 36 memiliki 1 sampai 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu dan ruang makan serta dapur.

Nah, bisakah kira-kira rumah bertipe 36 diberi tambahan taman di dalamnya? Mari kita bahas di sub bahasan desain taman rumah minimalis type 36 berikut ini.

Tips Mengatur Kesesuaian Desain Taman dengan Rumah

Ada beberapa hal yang bisa Anda jadikan pertimbangan ketika hendak membuat desain taman dalam rumah Anda. Diantaranya adalah:

Pilih Lokasi Terbaik yang Ingin Dijadikan Taman

Hal pertama dan yang paling krusial adalah menentukan lokasi untuk taman di dalam rumah Anda. Sebenarnya, pemilihan lokasi ini bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan dari si pemilik rumah.

Hanya saja, banyak yang berpendapat jika taman diletakkan antara area dapur dan ruang makan dapat memberikan efek menenangkan yang lebih.

Apalagi, jika Anda turut menghadirkan kolam ikan dengan air mancur di dalamnya. Landscape taman rumah minimalis seperti ini jelas akan sangat mengagumkan dilihat.

Tentukan Tanaman apa saja yang akan Ditanam

Tanaman merupakan salah satu unsur paling di taman Anda. Maka dari itu, pemilihannya pun tidak boleh sembarangan. Pemilihan tanaman dapat Anda sesuaikan dengan luas ruangan dan juga konsep dari inner courtyard itu sendiri.

Misalnya, bagi yang memiliki ruangan terbatas, Anda lebih baik mengaplikasikan vertical garden yang menempel ke area dinding. Dengan begitu, keberadaan taman tidak akan memakan banyak tempat di rumah Anda.

Tambahkan SKylight

Terdapat satu hal yang cukup tricky ketika Anda akan menghadirkan taman di dalam rumah. Salah satunya adalah soal ketinggian plafon. Usahakan plafon di rumah Anda memiliki ketinggian yang cukup sehingga tidak terlihat memenuhi ruangan.

Selain itu, Anda juga tidak boleh lupa untuk membuat skylight atau jendela atap.

Keberadaan skylight berfungsi untuk memudahkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Sehingga, tanaman pun akan mendapatkan pencahayaan yang cukup untuk tetap hidup.

Aplikasikan Dekorasi yang Menarik

Agar taman di dalam rumah memiliki tampilan yang lebih cantik, Anda bisa menghadirkan beberapa dekorasi yang menarik.

Misalnya, bagi jenis taman yang cenderung kering, Anda dapat menata batu-batuan koral dan jalan setapak dari parket kayu atau batuan alam.

Nah, bagi yang menginginkan jenis taman basah, Anda bisa menaruh kolam ikan dengan air terjun agar suasana di rumah menjadi lebih menenangkan. Namun ingat, Anda juga harus cermat dalam menata dekorasi agar tampilannya tidak penuh.

Sesuaikan Taman dengan Interior

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah menyesuaikan konsep taman dengan desain interior di rumah itu sendiri. Jika rumah cenderung minimalis, Anda bisa menghadirkan taman yang lebih simple.

Misalnya, hanya menyusun pot-pot berbagai jenis tanaman hias pada rak di sudut ruangan. Namun jika rumah cenderung ke arah klasik, Anda bisa membuat taman yang lebih dramatis.

Dengan menyesuaikan konsep taman dan desain interior, tampilan keseluruhan rumah akan lebih cantik dan juga harmonis.

Model Taman Rumah Minimalis Type 36

Ingin memiliki taman rumah minimalis type 36 yang cantik? Ide-ide konsep berikut ini mungkin bisa Anda coba!

1. Taman di Tepi Kolam Renang

Rumah minimalis Anda punya kolam renang?

Anda bisa mengusung konsep taman rumah minimalis type 36 dengan kombinasi kolam renang. Nah, kolam renang di rumah Anda bisa diubah jadi ala hutan tropis. Tambahkan tanaman di sekeliling kolam renang.

Susun tanaman menjadi dua atau tiga tingkat. Rasakan sensasi berenang seperti di tengah hutan. Udara di kolam renang pun menjadi lebih sejuk.

2. Taman dan Ruang Makan

Hias ruang makan di rumahmu dengan tanaman hijau. Bunga gantung dan tanaman palem menjadi pilihan yang menarik.

Gunakan pot untuk mempermudah perawatan. Area kosong di bingkai jendela pun bisa Anda manfaatkan untuk menaruh pot bunga.

Desain taman rumah minimalis type 36 dengan konsep ini sudah cukup banyak diadopsi, sehingga Anda tidak perlu bingung mencari tambahan referensinya.

3. Taman Rooftop Minimalis

Rooftop di rumah Anda hanya dijadikan sebagai tempat menjemur pakaian? Supaya lebih berguna dan rumahmu lebih berwarna, cobalah untuk mengubah bagian atap.

Tanamlah pohon-pohon yang tidak terlalu besar namun daunnya rimbun. Taruh bangku, meja, dan lampu.

Kini rooftop di rumah Anda sudah jadi hutan mini yang bisa Anda pakai untuk bersantai bersama keluarga. Taman rumah minimalis type 36 berkonsep rooftop tentu saja akan menghadirkan nuansa kekeluargaan yang tinggi.

4. Taman Gaya Klasik dengan Meja Makan

Coba lihat taman di atas, tampak sederhana namun menarik. Patung di yang menempel di dinding memperkuat kesan klasiknya.

Kalau Anda sering mengadakan pesta kebun, coba untuk membuat taman rumahmu jadi seperti ini. Taman ini dilengkapi dengan meja serta kursi untuk makan atau sekedar bersantai.

5. Taman dengan penataan lampu yang estetik

Tidak afdhol kiranya, taman rumah minimalis type 36 dibiarkan tanpa pencahayaan yang bagus.

Buatlah taman terlihat cantik di siang dan malam hari. Pasanglah lampu LED strip di bagian bawah kotak bunga untuk membuatnya tampak bercahaya.

Warna lampu bisa Anda sesuaikan dengan seleramu. Lampu sorot yang diaplikasikan pada dinding berumput juga menambah kesan cantik pada taman di malam hari.

6. Taman simpel dari barang Bekas

Kaleng bekas biskuit atau wafer di rumahmu bisa diubah menjadi pot tanaman nan apik

Gantungkan kaleng-kaleng itu di dinding kayu. Rumah dengan konsep industrial sangat cocok menggunakan taman dengan model seperti ini.

7. Taman dengan Tanaman Hidroponik di Sudut Rumah

Menanam tak harus dengan media tanah. Anda bisa menggunakan air sebagai media tanam. Teknik inilah yang disebut sebagai hidroponik.

Tanamlah sayuran seperti selada atau kangkung. Selain memperindah rumah, Anda juga dapat memanen sayuran sehat ini dari kebun sendiri.

Nah, ide penambahan tanaman hidroponik sederhana untuk di taman rumah minimalis type 36 ini jelas sebuah ide yang bagus.

8. Taman Berkonsep Area santai

Memadukan ruang keluarga dengan taman bukanlah hal yang buruk. Konsep ruang santai outdoor ini sangat unik.

Sofa yang diletakkan di setiap sisi ruangan dapat memuat banyak anggota keluarga. Tanaman paku di dinding membuat suasana menjadi lebih nyaman dan segar.

9. Perpaduan Taman dan Kolam Ikan

Melihat ikan berenang ke sana kemari dan memberinya makan dapat menjadi pelepas penat. Memandang hijaunya taman pun mampu menenangkan pikiran.

Mengapa tak memadukan keduanya? Kolam bisa dibuat di atas tanah dan melapisinya dengan kaca. Kolam seperti ini tampak seperti akuarium besar.

10. Taman dengan tanaman Hidroponik di Bawah Tangga

Terakhir, ide membuat taman rumah minimalis type 36 bisa diterapkan jika hunian Anda berlantai dua atau lebih.

Rumah dua lantai umumnya punya ruang kosong di bawah tangga. Anda bingung mau mengubahnya jadi apa?

Buatlah taman dengan sistem hidroponik seperti di atas. Dinding kaca juga membuat sinar matahari bebas masuk ke dalam rumah. Sinar matahari sangat diperlukan tanaman untuk fotosintesis.

Oke itu dia ulasan singkat tentang bagaimana mengatur dan menciptakan taman rumah minimalis type 36 yang benar-benar cantik dan fungsional. Semoga bermanfaat!

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.