Inspirasi Desain Sekat Dapur dan Ruang Keluarga

Membuat partisi antara dapur dan ruang keluarga bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan mengusung desain sekat dapur dan ruang keluarga yang efisien maka hasilnya akan terlihat bagus.

Namun begitu, jika ingin memberikan sentuhan yang unik dan estetik, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal terlebih dulu.

Salah satunya mengenai desain sekat dapur dan ruang keluarga yang akan diterapkan.

Inspirasi Desain Sekat Dapur dan Ruang Keluarga

Jika saat ini Anda sedang mencari inspirasi desain untuk partisi atau sekat antara dapur dan ruang keluarga, simak ulasan berikut, ya.

Di bawah ini akan disajikan beberapa referensi desain sekat dapur dan ruang keluarga yang bisa menjadikan ruangan rumah Anda terkesan lebih estetik.

Sekat Multifungsi

Sekat multifungsi umumnya menunjukkan bentuk pembatas ruangan dengan bentuk lemari. Dengan bentuk tersebut, Anda bisa menaruh berbagai barang ataupun hiasan di dalamnya. Sebagaimana lemari pada umumnya.

Namun, perlu diketahui bahwa bentuk lemari pada sekat antara ruang keluarga dan dapur ini perlu dihadirkan dengan cat selaras. Terutama dengan warna dinding ruangan yang disekat partisi lemari ini.

Jika Anda bingung memilih warnanya, warna krem atau beige sangat cocok dijadikan pilihan. Pasalnya, kedua warna ini tergolong umum diterapkan pada dinding interior rumah.

Sekat Rak Besi Kombinasi Kayu

Jika ingin menampilkan kesan lebih unik pada ruangan, sekat bisa dibuat dengan bentuk serupa rak besi. Namun, bagian alas tiap ruang raknya bisa dibuat dengan kayu agar kesannya lebih estetik.

Konsep partisi ini sangat pas diterapkan pada hunian bergaya industrial. Pasalnya, rumah dengan desain tersebut umumnya memiliki tone lebih hangat.

Meski demikian, jika Anda memiliki rumah dengan konsep minimalis atau modern dan ingin menerapkan sekat ini, itu tak masalah. Selama warna dinding dapur dan ruang keluarganya sama maka dipastikan tampilan konsep ini tetap menarik.

Sekat Mini Bar

Rumah-rumah dengan gaya modern atau industrial akan sangat pas jika dilengkapi sekat model ini di bagian dapur dan ruang keluarganya.

Sebagai informasi, sekat mini bar adalah pembatas ruangan yang dihadirkan dengan bentuk seperti meja bar di cafe-cafe.

Yang mana, mejanya berukuran tinggi dengan dua kursi bulat di depannya. Selain sebagai pembatas, desain sekat dapur dan ruang keluarga ini juga dapat berfungsi sebagai meja makan. Sangat pas untuk hunian pasangan yang baru menikah dan belum memiliki anak.

Sekat Kayu Estetik

Desain Sekat Dapur dan Ruang Keluarga

Jika pada umumnya pembatas ruangan dibuat dengan material bata, saat ini ada trend sekat kayu. Untuk diketahui, ada banyak model sekat yang dibuat dari bahan kayu.

Mulai dari sekat ala Jepang, sekat kayu berbentuk pilar-pilar, dan masih banyak lagi. Penggunaan sekat ini sangat bagus untuk Anda yang ingin memberikan kesan lebih luas pada rumah.

Ini bisa dijadikan material desain sekat dapur dan ruang keluarga yang bagus. Apalagi jika Anda ingin sesekali membuka pembatas antara dapur dan ruang keluarga juga bisa membuat sekat ini.

Sekat Meja Bar

Jika ingin menjadikan sekat lebih multifungsi, Anda bisa menghadirkan partisi dengan bentuk meja bar yang besar sekaligus tinggi. Selain itu, Anda juga dapat menghadirkan lampu di atas menguatkan esensi dari desain sekat dapur dan ruang keluarga ini.

Sekat Rak Buku

Jika Anda merupakan salah seorang kolektor buku, baik itu novel, buku motivasi, komik, dan lain-lain, sebaiknya memilih sekat model ini. Sekat rak buku biasanya dihadirkan dalam bentuk setengah dinding bata.

Kemudian, di atasnya dilengkapi rak kayu. Meski begitu, ada juga beberapa sekat berupa rak kayu yang dibuat tanpa menggunakan tembok terlebih dulu.

Walaupun bentuk keduanya berbeda, fungsi dari sekat ruangan ini tetap sama. Selain itu, sekat ini juga terbilang fungsional sebab jika Anda tidak menggunakannya untuk buku, rak bisa dipakai untuk menaruh barang lain. Misalnya, foto-foto keluarga, piala, dan lain sebagainya.

Sekat Ayunan

Tak melulu berfungsi untuk menaruh barang, desain sekat unik untuk ruang keluarga dan dapur juga bisa dihadirkan dengan fungsi lain. Sebagai ayunan adalah salah satunya.

Jika Anda ingin menghadirkan sekat dengan konsep ini, ruangan hanya perlu diberikan ayunan gantung dari besi. Pastikan untuk menyesuaikan ukuran ayunan dengan ruangan yang akan diberikan sekat.

Misalnya, gunakan ukuran setengah ruang atau sepertiga ruang agar tampilannya tetap terkesan rapi dan luas.

Partisi Rak Tanaman

Jika ruang keluarga dan dapur memiliki pencahayaan dari luar yang terbilang cukup, rak tanaman sangat pas dihadirkan. Untuk kesan lebih menarik, sebaiknya memilih rak berwarna putih dan menanam tanaman hijau yang merambat.

Sementara itu, dindingnya dapat dicat dengan warna-warna yang kalem. Misalnya, warna putih, krem, abu-abu, dan lain sebagainya.

Sekat Pintu Kaca

Desain sekat dapur dan ruang keluarga selanjutnya adalah pintu kaca. Maksudnya, Anda bisa membuat semua bagian yang harus diberikan pembatas dengan kaca yang dilengkapi bukaan.

Desain ini memungkinkan ruangan dapat dipisah maupun disatukan sesekali. Selain itu, sekat ini juga memberikan kesan lebih spacious pada ruangan di rumah Anda.

 Partisi Kabinet

Jika Anda ingin memberikan sekat multifungsi pada ruang keluarga dan dapur tetapi dengan budget lebih hemat, sebaiknya pilih model ini. Sekat partisi kabinet dapat dihadirkan dengan hanya menaruh buffet di antara ruang keluarga dan dapur.

Dengan begitu, Anda tidak butuh tukang bangunan ataupun pekerja lainnya untuk menghadirkan sekat ini.

Menariknya lagi, sekat berupa buffet atau lemari kabinet ini dapat digunakan sebagai tempat menyimpan rupa-rupa barang. Mulai dari televisi, hiasan interior, foto-foto, dan lain-lain.

 Sekat Triplek dan Foto-Foto

Satu lagi inspirasi desain sekat dapur dan ruang keluarga yang bisa Anda jadikan referensi adalah triplek dan foto-foto. Jenis ini bisa dikatakan sebagai model sekat yang dapat dihadirkan dengan biaya paling hemat.

Pasalnya, Anda hanya butuh beberapa lembar triplek, kemudian memasangnya di antara dapur dan ruang keluarga. Kemudian, cukup pasang foto-foto di ruang keluarga hingga memenuhi area sekat.

Jika diperlukan, Anda juga bisa memasang lukisan atau bahkan membuat lukisan itu secara mandiri di dinding. Dengan begitu, ruangan akan terkesan lebih hidup dan menarik. Pastinya, jadi makin betah berdiam diri di ruang keluarga, kan?

Baca juga: Cara Menata Ruang Tamu dan Dapur Minimalis Tanpa Sekat

Tips Menghadirkan Sekat Estetik

Setelah tahu informasi di atas, kira-kira desain sekat dapur dan ruang keluarga seperti apa yang ingin Anda buat? Mana pun yang Anda pilih, pastikan penerapannya dengan mempertimbangkan keselarasannya, ya.

Baik itu selaras dari segi warna sekat dengan ruangan, ukurannya, hingga konsepnya. Sebab, jika sekat yang dihadirkan tidak selaras dengan konsep yang sudah dihadirkan pada ruangan, hasilnya bisa terkesan aneh.

Bagi orang awam, konsep bertumbuk di ruangan mungkin memang tidak begitu aneh. Namun, tidak untuk orang-orang yang paham seperti apa ruangan yang menarik.

Jadi, jika Anda desain sekat dapur dan ruang keluarga tampak menarik menurut semua orang, pastikan untuk tidak asal-asalan dalam menghadirkannya.

Jika tertarik menghadirkan sekat dengan referensi di atas, save informasi di artikel ini supaya bisa dilihat kembali, ya. Semoga bermanfaat.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website