Drainase Air Yang Ideal pada Lingkungan Pemukiman Perkotaan

Drainase air yang ideal adalah saluran air yang dapat mengalirkan air yang akan digunakan dalam kebutuhan masyarakat kota pada umumnya. Rancangan bangunan ini haruslah ideal agar air dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

Selain masalah pengairan, bangunan ini berfungsi sebagai lahan rembesan, atau melimpahnya air dari hujan atau juga air limbah pada sumber – sumber lainnya.

Drainase Air Yang Ideal, jenis-jenis drainase, manfaat drainase
contoh drainase air yang ideal – narmadi.com/properti

Drainase Air Yang Ideal

Fasilitas air ini akan sangat ideal jika kegunaannya dapat terlaksanakan. Karena banyak kasus yang gagal pada proyek ini. Berikut kegunaan drainase yang wajib terwujud guna tujuan ideal tercapai.

Pertama,genangan air setelah hujan banyak sekali dan jarang adanya lahan rembesan karena terhalang beton – beton atau semen dari majunya pembangunan di Indonesia, inilah salah satu tugas drainase sebagai tempat untuk menampung air rembesan.

Kedua, mengurangi tingkat kenaikan air tanah, dan menurunkannya ketingkat ideal. Ketiga,sebagai pengendali gejala alam seperti erosi tanah, ataupun kerusakan pada jalan, serta bangunan yang ada di perkotaan.

Sering terjadinya retakan pada jalan adalah satu akibat tak adanya lahan rembesan. Keempat,mengurangi dampak banjir karena air telah dirembeskan ke dalam drainase. Drainase sendiri memiliki 2 jenis yaitu alamiah dan buatan.

Drainase Air Yang Ideal, jenis-jenis drainase, manfaat drainase, Talang air galvanis
talang air termasuk drainase pada eksterior rumah- narmadi.com/properti

Dalam pembuatan drainase akan sangat baik jika mempertimbangkan masalah biaya yang lebih ekonomis, tidak menimbulkan dampak negatif pada sosial masyarakat, menggunakan teknologi sederhana, saluran yang ada dimanfaatkan sebaik mungkin, dan mengusahakan aliran air hujan ke badan sungai yang ada dan terdekat.

Selain itu dalam mengorganisir kemampuannya haruslah rutin melakukan pengawasan/ rehabilitasi bangunan dan saluran seperti pemasangan turap, memelihara saluran, pengawasan pada lengkapnya bangunan seperti waduk, jembatan, talang, selokan, gorong – gorong, pintu air dan sebagainya.

Drainase akan semakin ideal jika dalam pengawasan, koordinasi serta sinkronisasi mulai dari komponen infrastruktur hingga sumber daya lainnya memiliki tingkat disiplin yang tinggi dengan rasa tanggung yang besar.

Masalah ini juga menyangkut semakin banyaknya penduduk yang tidak sadar akan betapa pentingnya daerah resapan air ini. Maka dimensi bangunan drainase haruslah diperbesar dan kebijakan publik wajib melibatkan masyarakat (fisik dan non fisik).

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang drainase air yang ideal. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara membuat sumur resapan di halaman rumah di tautan tersebut, semoga bermanfaat. (ls), Editted 16/02/2022 by diminimalis

lutfi.diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Agustus 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.