Skip to content

3 Bagian Fungsi Penangkal Petir Sebagai Pelindung Rumah

Fungsi penangkal petir pada rumah minimalis sangatlah penting. Karena petir sangat sering kita temui pada musim hujan dan frekuensi tiap daerah berbeda – beda. Namun kita akui bahwa cuaca di Indonesia tidak se-ekstrem di luar negeri.

Indonesia masih termasuk daerah yang aman, namun jika rumah anda berada di lingkungan yang tidak aman sebaiknya memasang penangkal petir untuk menghalau petir tidak masuk ke ruang lingkup rumah.

Metode yang digunakan secara sederhana menggunakan metode sangkar farraday. Pada alat tersebut terdapat 3 bagian yang memiliki fungsi berbeda – beda ditiap bagiannya.

Fungsi Penangkal Petir pada Rumah Minimalis

Fungsi Penangkal Petir, Fungsi Penangkal Petir pada bangunan, Fungsi Penangkal Petir pada gedung
Bentuk-bentuk penangkal petir – Fungsi penangkal petir – narmadi.com/properti

Di bawah ini kami ulas untuk Anda fungsi dari pengangkal petir, diantranya adalah :

1. Batang

Bagian pertama yaitu batang dari penangkal petir itu sendiri. Adapun ciri – ciri fisiknya berupa tembaga yang runcing pada bagian ujungnya.

Disinilah muatan listrik yang sifatnya mudah berkumpul dan akan di lepas di ujung logam yang runcing ini. Dan inilah yang sering ada dan dipasang di suatu puncak bangunan.

Alat ini memang seharusnya berada di puncak tertinggi agar petir tidak mengenai gedung yang dipasangi alat tersebut.

2. Kabel Konduktor

Kemudian bagian kedua disebut dengan kabel konduktor yang berasal dari berbagai rangkaian kawat tembaga, yang memiliki diameter 1 hingga 2 centimeter.

Kabel konduktor ini berfungsi meneruskan aliran pada muatan listrik dari ujung batang sampai ketanah. Kabel ini biasanya dipasang di luar gedung dan berada pada dinding gedung tersebut.

3. Grounding

Fungsi Penangkal Petir, Fungsi Penangkal Petir pada bangunan, Fungsi Penangkal Petir pada gedung
tanpa penangkal petir, rumah akan mengalami resiko tersambar petir – Fungsi penangkal petir – narmadi.com/properti

Bagian ketiga biasanya disebut sebagai tempat pembumian, dan alatnya disebut batang pembumian (grounding) yang dibuat dari tembaga yang telah dilapisi baja.

Alat ini berdiameter 1,5 centimeter dan memiliki panjang 1,8 hingga 3 meter. Alat ini ditanam di tanah, karena alat ini berfungsi sebagai untuk jalan mengalirkan muatan listrik yang berasal dari ujung batang ke kabel konduktor menuju ke temapng grounding yang ada dalam tanah gedung tersebut.

Alat penangkal petir ini biasanya dijual di pasaran dengan harga kisaran 4 juta rupiah hingga puluhan juta rupiah tergantung darimana produk ini dibuat. Cukup pantas rasanya untuk sebuah harga bagi gedung – gedung mall ataupun perhotelan.  

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang fungsi dari pengangkal petir. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang tips mencegah alat elektronik dari sambaran petir di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls), Editted 13/01/2022 by diminimalis

Baca juga: Tips mencegah alat elektronik dari sambaran petir

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.
Tags:
nv-author-image

lutfi diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Agustus 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *