Tips Memilih Interior Rumah Segitiga dan 6 Idenya

Rumah dengan atap segitiga lumayan mudah ditemukan di Indonesia. Pasalnya, interior rumah segitiga ini cukup bagus dan relatif mudah untuk didekor.

Konstruksi atap segitiga ini juga banyak digunakan pada rumah modern maupun rumah tradisional. Dari luar, rumah segitiga tidak kalah cantik dari desain rumah lainnya.

Konstruksi rumah ini terlihat lebih sejuk, asri, dan nyaman. Agar terlihat semakin cantik, pemilik biasanya menambahkan desain interior rumah segitiga yang sesuai.

Pemilihan interior rumah segitiga juga tidak bisa sembarangan. Ada beberapa tips yang bisa dipilih untuk membuat interior rumah terlihat lebih cantik dan menarik.

Lalu, tips apa saja dalam memilih interior untuk rumah segitiga? Simak jawabannya di bawah ini ya! 

Kelebihan dan Kekurangan Interior Rumah Segitiga yang Perlu Anda Tahu!

Apa saja sih plus minus dari interior rumah model segitiga yang bisa dipilih? Berikut ulasannya.

Kelebihan dan Kekurangan Dari Interior Rumah Segitiga

Tips memilih interior rumah segitiga yang pertama yaitu memperhatikan kelebihan dan kekurangan interior rumah itu sendiri. Rumah segitiga memiliki desain yang unik dan cocok untuk rumah minimalis dan modern.

Namun, pemilihan dan penataan desain interior rumah ini harus diperhatikan dengan seksama, karena jika salah pilih maka rumah bisa terlihat sempit dan kurang indah. 

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari interior rumah segitiga yang perlu Anda ketahui :

Kelebihan Interior Rumah Segitiga

Saat ini, banyak orang yang tertarik membangun rumah segitiga karena memiliki tampilan yang inovatif dan unik.

Tak hanya itu, rumah segitiga juga lebih hemat ruang lho! Pembangunannya tidak membutuhkan lahan yang luas, dan setiap ruang yang tersedia dapat digunakan dengan lebih efisien.

Desain rumah segitiga ini juga sangat cocok untuk menciptakan rumah yang berbeda dan istimewa dari desain rumah lainnya. 

Bagian dalam rumah menjadi lebih terang karena mendapatkan cahaya alami melalui bentuk segitiga yang terbuka di semua sisi.

Tata cahaya interior rumah seperti ini tentunya akan membuat pemilik rumah lebih hemat listrik dan nyaman.

Selain itu, desain interior rumah segitiga juga harus diperhatikan. Interior rumah ini harus dipilih dengan tepat agar terlihat lebih menarik. 

Oleh karena itu, disarankan untuk memilih kelengkapan rumah atau furnitur yang sederhana, modern, dan berwarna netral seperti putih, cokelat, dan abu-abu.

Apalagi saat ruang terbatas di rumah segitiga, hindari furnitur yang terlalu besar dan berat. Sebagai gantinya, Anda bisa menghemat tempat dengan menggunakan lemari dinding atau rak gantung. 

Kekurangan Interior Rumah Segitiga

Ternyata rumah segitiga juga memiliki beberapa kekurangan lho. Salah satunya adalah mempunyai sudut atap landai untuk menambah beban berat struktur.

Nah, hal ini cukup beresiko untuk membuat bangunan tersebut menjadi mudah roboh.

Tips Memilih Interior Rumah Segitiga Agar Tidak Salah Pilih

Interior Rumah Segitiga
Interior Rumah Segitiga

Ada beberapa tips sebelum Anda menentukan rancangan konsep interior rumah segitiga Anda, diantaranya adalah.

Ukur Ruangan dengan Tepat Terlebih Dahulu

Sebelum Anda membeli furnitur, Anda harus terlebih dahulu mengukur ruang di rumah Anda. Tujuannya agar furnitur yang Anda beli sesuai dengan ukuran ruangan.

Jangan sampai furnitur yang Anda beli terlalu besar sehingga membuat ruangan terlihat sesak dan sempit. 

Pilihlah Furniture yang Bisa Dipasang di Dinding

Tips menentukan inspirasi desain interior rumah segitiga terbaik selanjutnya adalah memilih furniture yang bisa dipasang di dinding.

Ruangan yang tidak terlalu luas pada rumah segitiga bisa terlihat lebih luas jika memilih furnitur yang bisa dipasang di dinding lho.

Contohnya adalah rak gantung, lemari dinding, meja dinding, meja konsol, dan yang lainnya.

Pilihlah Furniture yang Ringan dan Ramping

Jika ruangan di rumah segitiga Anda berukuran kecil, maka sebaiknya memilih furnitur yang ringan atau ramping.

Dianjurkan untuk memilih furnitur yang terbuat dari kaca. Pastikan furnitur yang dipilih tidak mengganggu dan ukurannya pas dengan luas ruangan ya!

Gunakanlah Furniture dengan Kaki yang Tinggi

Furnitur dengan garis rapi dan kaki tinggi akan terlihat lebih menarik dan ringan. Disamping itu, juga akan membuat interior rumah terlihat lebih luas. Kelebihan furnitur berkaki tinggi adalah memudahkan pembersihan ruang di rumah. 

 Pilihlah Furniture Berdasarkan Fungsinya

Tips berikutnya dalam memilih interior rumah segitiga yang perlu Anda tahu yaitu memilih furniture berdasarkan fungsinya. Pengeluaran bisa meledak dan furnitur yang dibeli tidak terlalu diperlukan.

Sebaiknya, belilah furniture sesuai fungsinya agar lebih bermanfaat dan membuat rumah terlihat lebih estetik.

Perhatikan Warna-Warna Furniture yang Dipilih

Tips lain yang perlu diperhatikan saat memilih interior rumah segitiga adalah warna furniturnya. Sebaiknya, Anda memilih furnitur yang serasi dengan dinding atau elemen interior rumah lainnya.

Anda bisa memulainya dengan memfokuskan pada warna dominan dalam ruangan dan menghindari warna-warna kontras. 

6 Model Atap Rumah Minimalis Berbentuk Segitiga  yang Populer

Nah, untuk melengkapi referensi, Anda bisa melihat beberapa model atap yang biada dipakai pada rumah segitiga.

Model Atap Segitiga Scandinavia

Rumah minimalis bergaya Skandinavia kini semakin populer. Rumah dengan sentuhan Eropa Barat ini menawarkan tampilan keren dan kenyamanan yang maksimal. Salah satu penerapannya yaitu pada model atap rumah.

Dinding luar yang tinggi akan membentuk segitiga selaras dengan atap. Model atap seperti itu membuat ruang interior lebih tinggi dan mengoptimalkan sirkulasi di bawahnya. 

Model Atap Limasan Modern

Rumah minimalis simetris terlihat semakin mengesankan dengan desain atap limasan. Empat sisi atap yang miring akan memberi kesan berdimensi.

Kemiringannya juga dengan baik akan membelokkan arah angin, membuat rangka atap lebih aman dari kerusakan atau kebocoran. 

Atap Segitiga Scandi Modern

Ini adalah penerapan lain dari desain atap segitiga Skandinavia. Dinding dan langit-langit berbentuk segitiga yang tinggi akan memberikan kesan rumah modern yang kokoh.

Eksterior ini kemudian ditonjolkan dengan sentuhan warna hangat minimalis seperti perpaduan warna putih, cokelat hangat dan krem ​​untuk mempermanis tampilan rumah. 

Atap Segitiga Modern

Rumah dengan plafon tinggi memang terlihat lebih segar dan luas. Daripada bingung dan membuat rumah menjadi asimetris, pertimbangkanlah untuk menggunakan model atap segitiga seperti yang satu ini.

Atap ini bisa terbuat dari bahan dak cor atau umumnya menggunakan bahan atap seperti genteng. Berkat model atap segitiga, rumah ini terlihat modern dan elegan. 

Baca juga: 12 Gambar Desain Interior Rumah Minimalis Tanpa Sekat

Atap Segitiga Minimalis

Rumah minimalis modern akan tampak lebih cantik dengan dinding segitiga yang tinggi. Model dengan atap pelana segitiga akan memberikan keteduhan yang apik untuk rumah ini.

Atap pelana segitiga juga cenderung mudah dari segi kontruksinya. Kedua sisi atap yang miring akan mengalirkan air hujan dengan baik. 

Model Atap Segitiga Modern dan Aman

Atap segitiga akan membuat rumah minimalis terlihat lebih tinggi dan kokoh lho! Penggunaan bahan juga lebih ekonomis, yang membantu meningkatkan biaya pembangunan.

Kemiringan atap yang sesuai akan membantu menyerap panas dengan cara terbaik. Dengan begitu, rumah selalu terasa sejuk. 

Itulah pembahasan detail tentang interior rumah segitiga yang bisa Anda jadikan referensi. Anda juga bisa melengkapi rumah dengan furniture kayu minimalis yang akan membuat rumah semakin indah dan estetik ya. Semoga bermanfaat!

Editor: UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

Tinggalkan komentar