13 Inspirasi Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah yang Hemat Biaya!

Mempunyai kamar mandi yang estetik adalah impian bagi hampir semua orang. Anda pasti ingin membuat kamar mandi Anda semenarik mungkin, namun tetap hemat bukan?

Jika demikian, Anda bisa mengikuti ide desain kamar mandi sederhana dan murah yang akan dibahas di artikel ini.

Walaupun dengan biaya yang relatif kecil, kamar mandi juga bisa dibuat menarik dengan menciptakan suasana yang menyenangkan lho! Agar hal ini dapat terwujud, maka harus didukung oleh beberapa komponen. Mulai dari kebersihan, pilihan warna, desain interior kamar mandi hingga letak kamar mandi itu sendiri. 

Bagi Anda yang sudah penasaran, berikut ini adalah beberapa ide desain kamar mandi sederhana dan murah yang bisa Anda coba terapkan di rumah.

13 Ide Desain Kamar Mandi Sederhana Dan Murah yang Patut Dicoba!

Setidaknya ada beberapa ide desain kamar mandi sederhana dan murah yang bisa Anda coba untuk diterapkan di rumah Anda. Diantaranya adalah

Desain Tipe Industrial

Ide desain kamar mandi sederhana dan murah yang pertama adalah tipe industrial. Bagi Anda yang memiliki budget terbatas namun menginginkan kamar mandi modern, ada ide menarik bertema industrial ini.

Batu bata tanpa finishing bisa menjadi ide desain yang menarik lho. Tampilannya sederhana namun tetap menarik.

Anda juga bisa menambahkan beberapa barang bekas yang masih bisa dipakai, antara lain pipa air yang bisa dijadikan rak atau gantungan baju untuk menciptakan desain kamar mandi minimalis bergaya industrial. 

Desain Tanpa Sekat

Memang, tampilan bersih di kamar mandi adalah elemen terpenting yang selalu dibicarakan banyak orang. Tak heran jika banyak produk tersedia di pasaran yang dapat membersihkan setiap bagian kamar mandi dan membuatnya segara dan harum.

 Jika Anda menginginkan tampilan segar dan bersih, usahakan jangan menggunakan sekat di dalamnya, seperti ruang shower. Biarkan terbuka agar ruangan Anda terasa lebih luas.

Pilihlah dekorasi seminimal mungkin dan perabot kamar mandi berdasarkan fungsinya. Hal ini tentu bisa menghemat budget dalam kamar mandi.

Desain Minimalis

Inspirasi desain kamar mandi sederhana dan murah selanjutnya adalah desain minimalis.

Desain kamar mandi modern yang mengusung tema kesederhanaan bisa diwujudkan dengan tampilan minimalis ini. Anda dapat memilih warna putih sebagai warna mayoritas ruangan untuk tampilan yang bersih dan sederhana.

Kamar mandi yang simpel namun bersih ini memiliki desain shower dengan sekat rendah di samping kloset. Cukup sekali untuk mendesain kamar mandi rumah untuk tempat tinggal dua orang. Wastafel dan kaca masih bisa diletakkan di sisi pintu masuk yang kosong. 

Desain Batu Alam

Ide desain kamar mandi sederhana dan murah selanjutnya adalah dari batu alam.

Selain menggunakan desain wc jongkok yang biasanya harganya lebih murah dari kloset duduk, Anda bisa menambah elemen kamar mandi modern di dalamnya. Caranya pun sederhana, yaitu dengan menambahkan bak air yang terbuat dari bahan batu alam yang indah.

Meski terlihat sederhana, menambahkan bak air batu alam pada kamar mandi ini sangat unik dan menarik lho! Kamar mandi sederhana namun bersih ini memiliki akses kuat yang menonjol dengan desain bak dari bahan batu alam. 

Desain Minimalis Cerah

Ide desain kamar mandi sederhana dan murah berikutnya yang bisa Anda coba adalah desain minimalis cerah. Apakah Anda menyukai motif tegel yang unik? Desain ini bisa jadi referensi yang tepat untuk menghias kamar mandi Anda lho.

Penggunaan warna terang pada kamar mandi akan membuat area ini lebih nyaman untuk digunakan lho! Selain itu, kegiatan membersihkan diri juga akan lebih menyenangkan.

Desain Serba Putih

Desain kamar mandi sederhana dan murah ini adalah contoh pemanfaatan ruang kamar mandi yang cerdas. Beberapa dari Anda mungkin memasang dinding kaca, tetapi kamar mandi ini menggunakan dinding kain tahan air untuk melindungi area toilet tetap kering.

Tak hanya itu, dekorasi kamar mandi berupa tegel akan membuat kamar mandi Anda semakin cantik. 

Desain Ala Hotel

Kamar mandi ini memiliki warna gelap yang elegan. Perpaduan dinding bata abstrak di area mandi, lantai hitam, dan dinding berwarna krem ​​di wastafel membuat kamar mandi ini terlihat mewah. Ya, penggunaan partisi pada kamar mandi memang sangat menarik.

Hal tersebut karena selain dinding kaca, ada tanaman lidah mertua diletakkan di kamar mandi sebagai penghias.

Sebagai tambahan informasi, tanaman lidah mertua bisa menyerap racun di dalam ruangan, jadi bisa berperan sebagai penyerap racun di kamar mandi. Wah, Anda harus coba nih!

Desain Serba Hitam

Bosan dengan warna cerah? Cobalah warna gelap yang elegan, seperti kombinasi hitam dan cokelat muda.

Kamar mandi Anda akan terlihat elegan dan mewah meski dalam ruang yang kecil. Jadi, siapa bilang Anda tidak bisa mengubah ruangan kecil menjadi ruangan mahal dan mewah ? 

Desain Warna Abu-abu

Menggunakan partisi kain tahan air adalah pilihan yang tepat saat anggaran tidak cukup untuk memasang partisi kaca.

Perpaduan warna abu-abu pada dinding, lantai serta aksen kayu pada shower dan toilet akan membuat kesan minimalis semakin terlihat memancar. Menarik sekali, bukan?

Desain Monokrom

Warna monokrom ini dikenal dengan warna-warnanya yang elegan dan netral. Warna ini juga bisa menjadi acuan Anda untuk mendesain dan mendekorasi kamar mandi, agar terlihat lebih elegan.

Gunakan warna monokrom seperti putih, hitam dan abu-abu untuk dinding, lantai ataupun interior kamar mandi yang lainnya. Anda bisa menggunakan salah satu warna monokrom atau memadukannya agar kamar mandi terlihat lebih semarak. 

Desain dengan Konsep Semi Terbuka

Pernahkah Anda melihat konsep kamar mandi semi terbuka di villa?

Ya, Anda juga bisa menerapkan konsep desain kamar mandi sederhana dan murah ini dalam ukuran kecil. Ruangan kecil ini bisa Anda manfaatkan dengan konsep semi terbuka.

Hal tersebut akan membuat kamar mandi mempunyai tampilan natural yang kental. Anda juga bisa menambahkan dekorasi seperti tanaman hijau pada sudut-sudut kamar mandi atau wastafel untuk menghadirkan suasana segar pada kamar mandi. 

Baca juga: 5 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Jongkok Shower

Desain dengan Cermin Besar

Kamar mandi kecil terkadang terasa sempit. Apalagi jika terlalu banyak benda di kamar mandi, hal ini akan membuat kamar mandi terlihat sempit.

Salah satu dekorasi yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan cermin berukuran besar di kamar mandi. Menggunakan cermin besar akan membuat kamar mandi terlihat lebih besar karena pantulan bayangan di cermin. 

Desain Ala Jepang

Meski kamar mandi Anda berukuran kecil, namun bisa dibuat dengan berbagai desain dan dekorasi, termasuk gaya Jepang. Kamar mandi ini banyak membutuhkan material kayu, terutama pada bagian lantai dan dindingnya.

Anda dapat menggunakan warna-warna netral yang kontras di dalam ruangan, seperti putih atau hitam, agar mudah dipadukan dengan penggunaan kayu di kamar mandi. 

Itulah 13 inspirasi desain kamar mandi sederhana dan murah yang bisa Anda coba terapkan di rumah. Dengan budget yang terbatas,  ternyata ada banyak desain yang bisa diterapkan untuk membuat kamar mandi Anda terlihat lebih cantik dan menarik. Selamat mencoba! 

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website