Skip to content

Cara Membersihkan Kamar Mandi Apartemen Tanpa Bantuan

Membersihkan kamar mandi apartemen adalah suatu bentuk kewajiban yang harus dilakukan. Membersihkan kamar mandi apartemen menjadi suatu upaya untuk tetap membuat Anda merasa nyaman ketika di kamar mandi.

Membersihkan kamar mandi sebenarnya merupakan hal yang mudah dan dapat dilakukan sendiri. Anda tidak perlu menggunakan jasa cleaning untuk membersihkannya.

Anda hanya perlu untuk meluangkan waktu untuk membersihkan kmar mandi apartemen dan segala alat serta perlengkapan yang dibutuhkan. Setelah Anda memiliki itu semua, Anda dapat langsung membersihkan kamar mandi apartemen sendiri tanpa bantuan orang lain.

Nah, bagi Anda yang sudah terlanjur malas dan jarang membersihkan kamar mandi. Anda perlu membaca beberapa tips berikut, agar Anda faham dan bisa membersihkan kamar mandi dengan senang hati.

Persiapan sebelum membersihkan kamar mandi apartemen

Sebelum proses membersihkan kamar mandi apartemen dilakukan, Anda harus melakukan persiapan terlebih dahulu. Proses persiapan merupakan proses dimana Anda harus mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan untuk membersihkan kamar mandi apartemen.

Proses ini merupakan proses awal yang sangat wajib dilakukan guna mempermudah Anda ketika sudah dalam peroses membersihkan kamar mandi. Selain mempermudah, proses ini juga menjadi faktor yang menyebabkan proses pembersihan akan berjalan dengan baik atau tidak.

Sehingga Anda sangat wajib memperhatikan proses awal ini, agar nanti ketika proses membersihkan apartemen Anda tidak tertanggu karena belum persiapkan kebutuhannya.

Apa saja sih yang perlu dipersiapkan? Berikut beberapa peralatan dan perlengkapan yang harus dipersiapkan sebelum membersihkan kamar mandi apartemen.

Peralatan

Peralatan kebersihan kamar mandi apartemen
kamar mandi apartemen via cdn-cms.pinimgs.com

Peralatan menjadi salah satu sarana yang penting dalam proses membersihkan kamar mandi apartemen. Menyiapkan peralatan menjadi bentuk upaya yang menandakan bahwa Anda serius untuk membersihkan kamar mandi.

Peralatan untuk membersihkan kamar mandi bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasaran. Hal ini dikarenakan peralatan tersebut sudah menjadi salah satu peralatan yang wajib ada di apartemen.

Peralatan sangat penting dan sangat berguna untuk proses membersihkan. Adanya peralatan yang digunakan dengan benar untuk membersihkan merupakan salah satu hal yang dapat berimplikasi dalam memberikan kenyamanan.

Kenyamanan yang dimaksud adalah kenyamanan ketika Anda berada di kamar mandi. Saat menggunakan kamar mandi akan terasa nyaman dan akan membuat Anda lebih senang.

Oleh karena itu, proses ini menjadi proses yang penting dan akan sangat bermanfaat untuk Anda semua. Bagi Anda yang sudah penasaran mengenai peralatan apa saja yang dibutuhkan, berikut beberapa peralatan yang wajib Anda persiapkan untuk membersihkan kamar mandi apartemen.

Pertama, Anda harus menyiapkan sikat lantai. Sikat lantai akan sangat berguna untuk membersihkan lantai yang kotor dan akan mempermudah dalam proses penghilangan kotoran di kamar mandi apartemen.

Kedua, sikat bak kamar mandi. Sikat ini menjadi pilihan, artinya sikat ini harus ada ketika desain kamar mandi Anda menggunakan bak. Namun, jika kamar mandi Anda tidak memiliki bak airnya, Anda tidak perlu menyiapkannya.

Ketiga, Anda perlu menyiapkan ember. Alat ini juga termasuk peralatan yang tidak wajib ada. Ember bisa Anda gunakan untuk menampung air jika disara perlu. Namun, jika dirasa tidak perlu maka Anda tidak harus menyiapkannya.

Keempat, Anda bisa menyiapkan kain lap. Kain ini merupakan salah satu peralatan yang tidak wajib ada. Jika Anda merasa perlu menggunakannya, Anda bisa menggunakannya untuk mengelap bagian-bagian yang kotor kecuali lantai dan closet.

Kelima, Anda wajib menyiapkan sikat wc. Alat ini menjadi wajib mengingat setiap kamar mandi mayoritas langsung memiliki closet yang digunakan untuk membuat air kecil ataupun buang air besar.

Sehingga keberadaan sikat wc menjadi keharusan yang akan sangat membantu Anda menjaga kebersihan closet sehingga akan membuat Anda lebih nyaman menggunakannya.

Jadi ada lima peralatan yang harus Anda siapkan, namun yang perlu dan wajib disiapkan hanya Anda dua peralatan yaitu sikat lantai kamar mandi dan sikat wc. Anda juga harus menambahkan sikat bak kamar mandi jika kamar mandi yang dimiliki adalah kamar mandi yang dilengkapi dengan bak kamar mandi.

Jadi kebutuhan tersebut juga bisa dipengaruhi oleh desain kamar mandi yang ada. Jika Anda merasa membutuhkan perlatan tersebut maka siapkanlah sebelum memulai membersihkan kamar mandi. Begitu juga sebaliknya.

Peralatan tersebut merupakan peralatan yang mudah ditemukan. Jadi tidak ada alasan untuk tidak membersihkan kamar mandi. Sehingga diharapkan Anda bisa memiliki kamar mandi yang nyaman ketika digunakan.

Perlengkapan

Setelah Anda mempersiapkan segala perlengkapannya, Anda juga harus mempersiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan untuk membersihkan kamar mandi apartemen.

Perlengkapan merupakan segala sesuatu yang akan habis atau berkurang ketika dipakai untuk membersihkan kamar mandi apartemen. Walaupun cepat habis, Anda tidak perlu khawatir karena perlengkapan ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasaran.

Jadi Anda bisa menggunakan perlengkapan dengan nyaman tanpa takut jika tidak ada perlengkapan tersebut, karena Anda bisa membelinya kembali di toko terdekat.

Bagi Anda yang sudah penasaran terkait perlengkapan apa saja yang diutuhkan, berikut beberapa perlengkapan yang harus Anda persiapkan untuk membersihkan kamar mandi apartemen.

Pertama, Anda harus menyiapkan cairan pembersih lantai. Cairan pembersih lantai sudah banyak di pasaran dengan berbagai macam merek, wangi yang berbeda, warna yang berbeda, kemasa, ukuran dan lainnya.

Walapun berbeda-beda, namun semua itu memiliki fungsi dan tujuan yang sama, yaitu untuk membersihkan lantai kamar mandi. Sehingga lantai akan menjadi bersih dan wangi seperti yang Anda inginkan.

Cara Membersihkan Kamar Mandi Apartemen Tanpa Bantuan 1
kamar mandi apartemen via images.motherandbeyond.id

Kedua, cairan pembersih toilet. Cairan ini juga sudah banyak diperjual-belikan di pasar. Jadi Anda bisa dengan mudah mendapatkannya.

Ketiga, Anda harus menyiapkan cairan pembersih bak kamar mandi. Cairan ini sangat dibutuhkan jika kamar mandi Anda memiliki bak yang digunakan untuk menampung air.

Keempat, tentunya Anda harus menyiapkan air yang cukup banyak untuk membersihkan lantai yang sudah Anda bersihkan dengan cairan pembersih tersebut.

Sehingga kamar mandi akan terlihat bersih setelah Anda bersihkan dengan menggunakan cairan pembersih dan peralatan yang sudah Anda siapkan. Semoga dengan adanya informasi tahap persiapan ini, Anda akan lebih bisa dan siap untuk membersihkan kamar mandi apartemen.

Dengan demikian Anda akan memiliki kamar mandi apartemen yang sangat nyaman dan dapat Anda gunakan setiap hari guna memenuhi kebutuhan keseharia Anda. Selain itu, diharapkan juga informasi di atas bisa memberikan kebermanfaatan untuk Anda semuanya.

Proses membersihkan kamar mandi apartemen

Cara Membersihkan Kamar Mandi Apartemen Tanpa Bantuan 2
kamar mandi apartemen via cdn-cms.pgims.com

Setelah semua alat dan bahan disiapkan, selanjutnya Anda bisa langsung memasuki proses membersihkan kamar mandi apartemen. Proses ini menjadi proses yang penting yang akan memberikan hasil pembersihan kamar mandi.

Bagi Anda yang masih bingung dengan cara membersihkan kamar mandi apartemen sendiri, berikut beberapa langkah yang harus Anda ikuti untuk mendapatkan hasil maksimal.

Pertama, untuk kamar mandi yang mempunyai bak airnya, Anda lebih baik membersihkan terlebih dahulu bak airnya. Anda perlu membuang semua air yang ada di bak mandi.

Kemudian siram sisa-sisa kotoran yang ada di bagian dasar bak air tersebut. Setelah sisa kotoran tersebut hilang, Anda dapat menuangkan cairan pembersih bak kamar mandi.

Selanjutnya Anda sikat bagian dalam bak air tersebut hingga bersih dan berbusa. Selain bagian dalam bak air, Anda juga harus membersihkan dinding bak air tersebut.

Setelah semua bagian bak kamar mandi disikat dan dibersihkan dengan menggunakan cairan pembersih kemudian Anda bisa langsung bersihkan busa dan kotoran dengan menggunakan air yang sudah disediakan.

Anda bisa menyiramnya hingga bersih, tanpa ada kotoran serta busa yang tersisa. Setelah sudah dirasa bersih Anda bisa menutup bagian pembuangan air di bawah bak mandi.

Kemuadian Anda bisa mengisi bak mandi dengan air bersih sampai penuh. Sehingga air bisa digunakan kembali untuk mandi atau yang lainnya. Setelah itu Anda bisa membersihkan bagian lainnya di dalam kamar mandi.

Kedua, Anda bisa membersihkan bagian toilet atau wc kamar mandi. Anda bisa menuangkan cairan pembersih dan diamkan beberapa menit. Setelah itu Anda bisa menyikatnya hingga bersih.

Setelah disikat Anda bisa membersihkan dengan menggunakan air yang sudah disediakan. Siram air hingga toilet terlihat bersih dan nyaman kembali untuk digunakan.

lKetiga, Anda bisa langsung membersihkan lantai kamar mandi. Cara memebersihkan lantai kamar mandi yang kotor sekali yaitu bisa Anda bersihkan dulu dengan menggunakan air biasa, sehingga pasir atau debut yang menempel hanyut bersama air.

Setelah itu Anda bisa langsung menuangkan cairan pembersih lantai kamar mandi. Kemudian Anda bisa langsung menyikatnya dengan menggunakan sikat lantai kamar mandi yang sudah Anda siapkan.

Setelah menyikat seluruh bagian lantai kamar mandi, Anda bisa menyiram dengan menggunakan air yang tersedia, hingga kotoran yang ada hanyut bersama dengan air.

Cara Membersihkan Kamar Mandi Apartemen Tanpa Bantuan 3
kamar mandi apartemen via cdn-image.hipwee.com

Jangan lupa juga untuk membersihkan dinding kamar mandi dari kotoran yang menempel, Anda bisa membersihkannya dengan menyiramnya dengan air atau bisa juga menyikatnya jika dinding kamar mandi terbuat dari keramik.

Jadi tergantung dinding kamar mandi yang Anda miliki juga tergantung kotoran yang ada. Nah, selain itu jika di kamar mandi ada cermin Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan lap kain yang sudah Anda siapkan.

Setelah semua bagian bersih, berarti proses membersihkan kamar mandi apartemen sudah selesai dan Anda bisa melihat hasil membersihkan kamar mandi yang sudah Anda lakukan.

Semoga dengan semua usaha yang sudah Anda lakukan akan memberikan hasil yang terbaik dan bisa membuat Anda senang. Hasil terbaik yang dimaksud adalah hasil yang bersih, sehingga kamar mandi apartemen bisa digunakan dengan nyaman.

Sehingga Anda bisa lebih senang dan bisa memiliki kamar mandi idaman yang nyaman digunakan dan bisa menjadi upaya Anda dalam menjaga kesehatan.

Maksudnya adalah ketika kamar mandi sering dibersihkan, maka kotoran, bakteri pembawa penyakit juga akan hilang. Sehingga Anda akan tetap terjaga kesehatannya.

Begitu pentingnya membersihkan kamar mandi apartemen sehingga Anda diwajibkan untuk selalu rajin membersihkan kamar mandi apartemen yang Anda miliki.

Demikian beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika akan membersihkan kamar mandi dan juga prosedur membersihkan kamar mandi yang bisa Anda lakukan sendiri di apartemen.

Semoga informasi di atas bisa memberikan banyak kebermanfaatan untuk Anda semua dan bisa membantu Anda untuk tetap semangat menjaga kebersihan kamar mandi di apartemen yang Anda miliki. (fy), Editted 09/01/2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.