10 Kamar Mandi Sederhana tapi Unik dan Nyentrik

Desain kamar mandi sederhana memang menarik untuk dibahas. Pasalnya kamar mandi merupakan elemen penting dalam sebuah rumah yang mana berapapun ukurannya harus bisa dibuat senyaman mungkin.

Tampilan yang sederhana namun tetap mempriotitaskan kenyamanan dan tentunya kebersihan pula.

Ada banyak desain dan konsep yang bisa dijadikan untuk membuat kamar mandi yang sederhana, salah satunya dengan mengusung konsep natural dengan menggunakan material dari batu alam.

Konsep ini bisa di aplikasikan pada dinding tembok, lantai keramik, atau ornamen lainnya di dalam kamar mandi sederhana yang akan dibuat.

Bagi anda yang akan membuat kamar mandi sederhana dengan material batu alam namun masih bingung dengan desain yang akan dipakai.

Mengenal Batuan Alam untuk Interior

Batu alam merupakan salah satu bahan material bangunan yang banyak dipakai oleh masyarakat dan biasanya untuk penyelesaian akhir (finishing).

Batu alam juga menjadi bahan material yang sangat populer karena akan menciptkan kesan alami untuk tampilan dekorasi rumah.

Aneka macam jenis dan jua pemasangan batu alam yang dapat menghasilkan berbagai macam tampilan dan pola yang waib diaplikasikan pada pembangunan rumah seperti di taman, pagar, hingga kamar mandi.

Hanya saja mungkin sebagian elemen rumah seperti dapur dan garasi tidak disarankan menggunakan dekorasi batu alam karena batu alam kemungkinan sulit dibersihkan apabila terkena cipratan minyak atau oli.

Beragam Jenis Batuan Alam

Adapun macam-macam jenis batu alam yang bisa digunakan sebagai bagian dari desain kamar mandi di rumah Anda yaitu sebagai berikut:

Batu Candi

Batu candi yang biasa banyak ditemui dipasaran dan digemari banyak orang dengan bentuknya yang lempengan. Biasanya jenis bau candi yang paling populer adalah Borobudur Lava.

Sifat alami batu candi ini yang mudah menyerap air dan terkesan sejuk maka dengan begitu sangat cocok jika diaplikasikan untuk eksterior rumah dengan coating sehingga tidak mudah berlumut.

Batu Palimanan

Batu Palimanan ini merupakan salah satu batu untuk dekorasi rumah yang disukai banyak orang. Sesuai namanya, batu ini berasal dari daerah Palimanan, Cirebon.

Memiliki tekstur yang berporiĀ  dan berwarna terang, batu palimanan cocok untuk dekorasi rumah baik untuk inerior maupun eksterior.

Batu Granit

Batu granit cocok dijadikan sebagai pelapis dinding, lantai, dan juga dinding kamar mandi sehingga menimbulkan kesan sejuk dan alami.

Selain itu batu granit ini juga cocok untuk dipalikasikan pada permukaan dapur karena sifatnya yang tahan pada suhu tinggi.

Batu Sabak

Slate Stone atau batu sabak dikenal ole kalangan masyarakat dengan sebutan batu kali biasa digunakan untuk pondasi rumah.

Batu sabak juga dapat menjadi beberapa lempengan yang tipis dengan cara dibelah untuk dijadikan pelapis dinding atau lantai.

Batu sabak atau batu kali pada umumnya dipakai untuk dekorasi eksterior seperti pagar, dinding, dan kolam.

Batu Andesit

Batu Andesit merupakan batu alam yang memiliki tektur yang keras dibandingkan dengan batu alam lainnya. Walaupun keras, batu andesit ini memiliki porositas cukup tinggi pori-porinya yang rapat.

Selain itu, batu yang berasal dari gunung berapi memiliki beberapa ciri yang mudah untuk dikenali.

Yakni warnanya yang berwarna abu-abu atau hitam dan sifatnya yang padat dan tahan pada cuaca dan pertumbuhan lumut.

Batu Marmer

Terakhir ada batu mamer yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Batu marmer biasa dan banyak dipakai untuk keperluan finishing dinding atau lantai.

Harga setiap per m2  tergolong mahal dan batu marmer yang unik dan indah ini cocok dipakai pada bangunan yang mewah.

Kumpulan Desain Kamar Mandi Sederhana dari Berbagai Material Pendukung

Kamar Mandi Sederhana
Kamar Mandi Sederhana

Oke langsung saja ini dia beberapa contoh penerapan ide memilih material untuk interior desain kamar mandi di rumah Anda.

Kamar Mandi Sederhana dengan Batu Alam

Selain fungsinya sebagai tempat untuk membersihkan tubuh, kamar mandi juga bisa menjadi area relaksasi.

Maka dari itu dengan menggunakan material yang terbaik bias menjadi kunci untuk menjadikan kamar mandi seperti area relaksasi.

Seperti halnya dengan menggunakan batu alam sebab material ini memiliki daya tahan cukup lama kemudian akan menciptakan kesan alami dan membuat areanya yang mampu merelaksasi ketika sedang stress.

Kamar Mandi Sederhana Batu Bata

Apabila anda memiliki budget yang minim namun ingin mendekorasi kamar mandi sederhana dengan menggunakan batu alam, tenang saja ada alternative yang bias anda pakai tanpa mengeluarkan banyak biaya hanya untuk membeli batu alam yang unik.

Anda bias menggantinya dengan batu batu merah dan anda idak memerlukan tambahan material lainnya.

Cukup dengan membiarkan dinding kamar mandi terbuka dan tidak dilapisi apapun hanya merapihkannya saja agar terkesan lebih alami.

Kamar Mandi Sederhana dengan Batu Alam dan Tumbuhan

Apakah anda tahu mngnai konsep biophilic? Ya, biophilic merupakan konsep desain yang mempertegas atau memperjelas ikatan alam dengan kebutuhan manusia, dimana manusia sejatinya bergantung pada alam bertujuan untuk kelangsungan hidup.

Jadi, konsep biphilic bias anda terapkan untuk mendekorasi area kamar mandi sederhana dengan menambahkan beberapa tumbuhan untuk bias menggambarkan keterikatan manusia dengan alam.

Kamar Mandi Sederhana dan Simpel dengan Batu Alam

Kamar mandi yang sederhana dan simple dan tidak terlalu luas bisa terlihat menarik dengan aksen batu alam di sekitar dinding kamar mandi. Selain itu Anda bisa menambahkan aksen kayu dan juga tumbuhan agar tampak lebih cantik nyaman.

Kamar Mandi Sederhana dengan Konsep Air Terjun

Kamar Mandi dengan konsep air terjun ini memanglah unik namun tetap terlihat sederhana. Bebatuan-bebatuan yang telah disusun rapi di dinding kamar mandi di sulap menjadi air terjun mini yang air tersebut akan jatuh ke dalam bak.

Gemericik air yang jatuh ke dalam bak akan menambah kesan alami ketika berada di dalam kamar mandi.

Kamar Mandi Sederhana Konsep Batu Alam dengan Wc Jongkok

Siapa sangka, kamar mandi dengan WC jongkok tidak terlihat menarik, namun dengan anda memanfaatkan material batu alam kamar mandi anda akan tampak lebih estetik. Walaupun begitu kesan sederhana tetap ada dan terlihat lebih menarik.

Kamar Mandi Sederhana dengan Batu Alam Kecil

Apabila anda memiliki kamar mandi yang tidak terlalu luas, anda bisa menggunakan sentuhan batu alam yang berukuran keil untuk diaplikasikan di setiap dinding kamar mandi.

Selain untuk kamar mandi, batu alam seperti ini bisa anda terapkan di area rumah lainnya.

Kamar Mandi Sederhana dengan Dinding Batu Alam

Untuk menciptakan kamar mandi sederhana dengan material yang murah bisa anda dekorasi dengan batu alam untuk di terapkan di dinding kamar mandi.

Dengan begitu and atak banyak membutuhkan banyak material dan menghemat biaya, namun tergantung dengan jenis batu alam ingin anda pakai.

Kamar Mandi Sederhana dan Minimalis dengan Lantai Batu Alam

Banyak orang mulai menyukai konsep back to nature selain membuat pemilik rumah merasakan seperti berada di alam, konsep ini juga membuat nuansa asri dan mampu memperbaiki mood, merefresh otak, dan mengembalikan tenaga setelah seharian beraktivitas.

Memilih batu alam untuk lantai kamar mandi menjadi alternatif agar kamar mandi terasa sejuk dan tentunya menciptakan kesan alami.

Kamar Mandi Sederhana dengan Batu Koral Putih

Kamar mandi sederhana yang berkonsep dengan batu koral putih memang terlihat indah karena warna putih yang berasal dari batu koral ditambah dengan dinding kamar mandi yang berwarna putih.

Batu koral putih ini bisa anda gunakan untuk lantai kamar mandi dengan hiasan tanaman hias yang berwarna hijau di sudut area membuat kamar mandi sederhana menjadi menarik.

Kelebihan dan Kekurangan Batu Alam untuk Dekorasi Kamar Mandi Sederhana

Menilih material batu alam untuk dekorasi kamar mandi yang sederhna memanglah pilihan yang tepat selain keunikannya juga mampu memberikan kesan alam dan sejuk saat berada di dalamnya.

Namun sebelum memilih material ini sebaiknya anda kenali terlebih dahulu apa kelebihan dan kekurangannya. Smaklah ulasan berikut.

Kelebihan

  • Mudah dibersihkan karena batu alam mampu meminimalisir adanya kedap dan penyerapan air.
  • Tahan lama sehingga anda tak perlu sering merenovasi.
  • Tampak natural dan indah sebab tekstur, motif, dan memiliki warna yang unik.

Kekurangan

  • Harganya Mahal dibandingkan dengan keramik.
  • Pengaplikasian yang memakan waktu lebih lama dan detail.
  • Perlu orang yang professional untuk memasangnya.
  • Perawatan khusus agar tidak cepat rusak.

Itulah beberapa desain kamar mandi sederhana yang memanfaatkan material batu alam agar menciptakan kesan alami di dalam kamar mandi dan beberapa jenis serta kelebihan dan kekurangan dari batu alam tersebut untuk kamar mandi.

Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *