Berbagai Kelebihan Lampu LED untuk Penerangan Rumah

Lampu jenis LED yang sering dipakai untuk penerangan ternyata punya banyak kelebihan yang terbilang jauh lebih unggul dibandingkan jenis lainnya.

Salah satu kelebihan lampu LED yang sudah banyak diakui ialah kualitas cahaya yang dihasilkannya bisa dibilang cukup terang di atas rata-rata. Bahkan jika dibandingkan dengan lampu ber-watt sama.

Selain kualitas terangnya yang di atas rata-rata kebanyakan, kelebihan lampu LED juga bisa dirasakan dari sisi keawetannya. Banyak orang yang mengakui penggunaan lampu LED bisa berbulan-bulan. Berbeda dengan lampu jenis lainnya yang lebih sering perlu diganti karena mati.

Pengertian LED sebagai Salah Jenis Lampu Terbaik

LED adalah singkatan dari Light Emithing Diode, yaitu semi konduktor yang dapat merubah energi listrik menjadi cahaya pada saat alat tersebut teraliri arus listrik. LED ini adalah salah satu jenis lampu untuk interior yang terbilang paling bagus.

Secara simpel, LED akan menjadi bercahaya jika ada arus listrik yang melewatinya. Dengan kata lain, lampu LED ini punya semacam kelebihan dari sisi rancangan teknologi yang sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

kelebihan lampu led, kelebihan lampu led dibanding neon, kegunaan lampu led
Kamar nampak menawan dengan dihiasi sorotan lampu LED – narmadi.com/properti

Kelebihan Lampu LED Dibandingkan Jenis Lampu Lainnya

Sebagai konsumen, tentu Anda sebenarnya bisa menilai seberapa berkualitas lampu LED ketika dipakai untuk menerangi satu dari ruangan di rumah Anda. Kelebihan-kelebihan lampu LED sebagai salah satu jenis unggulan patut jadi pertimbangan.

Setidaknya, berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki oleh lampu LED yang akan menguntungkan Anda dari sisi manapun.

1. Hemat energi

Kelebihan lampu LED yang pertama adalah lampu ini terbilang lebih hemat energi. Lampu ini memiliki daya pemakaian listrik yang sangat kecil sehingga dapat mengurangi pemakaian listrik di rumah Anda setiap bulannya.

Berbeda dengan lampu bohlam, yang sebagian energinya berubah menjadi panas. Alhasil, bohlam membutuhkan lebih banyak energi untuk menyala dan tentunya akan berpengaruh pada banyaknya anggaran listrik yang harus Anda keluarkan per bulannya.

Belum lagi, secara hasili penerangan juga masih kalah sehingga lampu LED masih bisa dikatakan unggul dari pada yang lain khususnya dari sisi penghematan energi.

kelebihan lampu led, kelebihan lampu led dibanding neon, kegunaan lampu led
lampu LED hemat energi dan tahan lama – narmadi.com/properti

2. Daya tahan yang lama

Bagi Anda yang memiliki desain penempatan lampu di sudut yang sulit dijangkau, maka lampu LED adalah solusinya.

Lampu ini cukup tahan lama alias awet sehingga Anda pun tidak harus sering mengganti lampu Anda yang kerap mati. Dibanding lampu pijar biasa, lampu LED jauh lebih awet sehingga meminimalisir penggantian dengan yang baru.

Jika lampu pijar rata-rata hanya bisa bertahan 1000 jam pemakaian, maka lampu LED bisa bertahan hingga 50.000 jam atau jika digunakan 10 jam per hari berarti dapat bertahan hingga 15 sampai 20 tahun lamanya.

3. Ramah Lingkungan

Cahaya lampu LED tidak menghasilkan sinar Ultra Violet sehingga bisa dikatakan aman untuk manusia. Bagi Anda yang peduli dengan kesehatan, pasti merasa penting untuk tidak menggunakan lampu yang mengandung sinar UV (Ultra violet) lantaran dapat merusak mata dan kulit dalam jangka panjang.

Meskipun lampu LED memiliki banyak kelebihan, tapi tentu juga ada kekurangannya. Salah satu kekurangan lampu LED ialah ada pada harganya yang bisa jadi dua kali lebih mahal dibanding lampu hemat energi biasa.

Meski begitu, Anda akan tetap mendapat banyak manfaat dari lampu LED, sebab sebenarnya sebanding dengan harga yang Anda keluarkan untuk mendapatkannya. Anda hanya perlu menganggapnya sebagai investasi.

4. Beroperasi di Voltase Rendah

Satu lagi kelebihan lampu LED yang tidak dimiliki lampu jenis lainnya. Yaitu lampu LED dapat beroperasi di voltase atau tegangan yang rendah alias tanpa menuntut penggunaan voltase tinggi.

Kebutuhan voltase yang rendah ini tentunya berpengaruh pada efisiensi penggunaan listrik seperti pada poin sebelumnya. Hal inilah yang membuat lampu LED terbilang paling cocok untuk kebutuhan area outdoor.

5. Keamanan Lebih Terjamin

Berbeda dengan lampu lainnya, LED hanya memproduksi cahaya spektrum kacamata dan spektrum Tidak banyak orang tahu jika lampu LED mempunyai tingkat keamanan yang jauh lebih baik dibandingkan jenis lainnya.

Lampu LED hampir tidak mengeluarkan hawa panas belebihan, berbeda dengan lampu jenis lain yang sebagian besarnya menggunakan 90% dayanya untuk mengeluarkan hawa panas.

Voltasenya yang kecil ini artinya dapat meminimalisir resiko-resiko terkait penggunaan listrik yang salah seperti korsleting, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Mencegah Korsleting Listrik di Rumah Anda

Dengan demikian maka lampu LED jelas keunggulannya sudah diakui banyak orang. Sebenarnya masih banyak lagi kelebihan lampu LED yang bisa Anda dapatkan. Namun, tentu saja semuanya masih bisa dipertimbangkan ketika Anda hendak memilih lampu ruangan yang berkualitas dan awet.

Oke mungkin itu saja ulasan dari kami tentang berbagai kelebihan lampu LED dibandingkan jenis lampu lainnya yang memang unggul di berbagai sisi. Semoga setelah membaca ulasan ini, ANda semakin yakin untuk memilih lampu LED. Sampai jumpa. (ls) editted by RN06112021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *