Mewujudkan Kolam Ikan di Pekarangan Rumah

Untuk Anda yang hobi memelihara ikan, Anda bisa membuat kolam khusus di pekarangan dekat rumah Anda. Tenang saja, membuat kolam ikan di pekarangan tidak sesulit yang dibayangkan kok.

Karena Anda bisa memulainya dari perencanaan sederhana seperti memilih jenis ikan apa yang akan dipelihara, lokasi penempatan kolam, hingga desain kolam tersebut nantinya.

Jika kolam ikan di pekarangan rumah Anda dibuat dengan baik maka dampaknya juga akan baik. Ikan-ikan yang yang Anda pelihara akan sehat-sehat dan ditambah lagi rumah Anda akan terasa sejuk karena ada pemandangan berbeda setiap harinya.

Hal-hal Penting Seputar Membuat Kolam Ikan dan Perencanaannya

Kolam ikan di pekarangan rumah bisa jadi bagian dari elemen eksterior yang kreatif sekaligus bermanfaat.

Kita tahu bahwa eksterior rumah merupakan bagian yang perlu dihias, karena seringkali langsung terlihat oleh siapapun yang melewati rumah.

Untuk lebih mantapnya, berikut ini beberapa kelebihan dan manfaat memiliki kolam ikan di pekarangan rumah Anda.

Anda terkesan pribadi yang telaten

Dengan adanya kolam ikan ini maka eksterior rumah akan terlihat ada isinya. Biasanya, orang yang suka dengan hewan peliharaan akan dicap sebagi pribadi yang telaten sebab tidak mudah menjaga hewan tersebut tetap bertahan hidup.

Estetika eksterior rumah bertambah

Salah satu hal lain yang berhubungan dengan keindahan rumah adalah adanya elemen penghias. Disini, kolam ikan bisa berperan sebagai penambah hiasan eksterior rumah. Sehingga, memilikinya adalah sebuah pilihan yang tepat disamping mungkin Anda menjadikannya sumber usaha.

Anda jadi punya rutinitas positif harian Dengan memilihara ikan di kolam renang Anda, maka Anda juga jadi punya rutinitas positif setiap harinya. Terutama saat hari libur kerja/belajar, mengecek dan melakukan perawatan sendiri adalah sebuah kseempatan berkarya yang tidak ternilai

kolam ikan di pekarangan rumah, cara membuat kolam ikan di pekarangan rumah, contoh kolam ikan minimalis, kolam ikan minimalis di dalam rumah,kolam ikan minimalis depan rumah, kolam ikan minimalis depan rumah kolam ikan minimalis di lahan sempit, cara membuat kolam ikan minimalis
kolam ikan minimalis di halaman rumah – narmadi.com/properti

Langkah Membuat Kolam Ikan di Pekarangan Rumah

Untuk membuat kolam ikan, dimanapun tempatnya, perlu sekali perencanaan yang matang. Anda harus menentukan luas kolam, desainnya seperti apa, hingga bagaimana cara merawatnya.

Dibawah ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membuat kolam ikan di pekarangan rumah minimalis Anda, yaitu:

kolam ikan minimalis di dalam rumah,kolam ikan minimalis depan rumah, kolam ikan minimalis depan rumah kolam ikan minimalis di lahan sempit, cara membuat kolam ikan minimalis
kolam ikan minimalis di belakang rumah dengan desain yang apik – narmadi.com/properti

1. Memperhitungkan Desain

Untuk memilih desain kolam yang akan dibuat, maka Anda harus memilih bentuk kolam yang serasi dengan desain rumah Anda. Salah satu bentuk kolam yang biasa dipakai adalah berbentuk persegi karena wujudnya yang akan memberikan kesan minimalis untuk kolam tersebut.

Apabila Anda merasa desain persegi terlalu monoton, maka Anda juga bisa menambahkan elemen lain seperti batu alam, air mancur, dan sebagainya agar kolam Anda terlihat cantik.

2. Ukuran juga Tak Kalah Penting

Perhatikan juga ukuran kolam yang akan dibuat. Sesuaikan dengan lahan yang tersedia ataupun area yang masih kosong.

Tata letak kolam kolam juga harus serasi dengan lingkungan di sekitar pekarangan rumah Anda dan sebaiknya dibuat aktivitas sehari-hari Anda.

3. Material konstruksi kolam

Bahan yang digunakan untuk membuat kolam ikan ini seperti halnya kolam pada umumnya. Bahan yang digunakan yaitu semen dan pasir sebagai bahan dasar.

Apabila kolam sudah setengah jadi dan ingin menambahkan sesuatu ornamen maka Anda juga bisa menambahkannya. Ornamen yang cocok ialah seperti batu alam, andesit, atau dekorasi lain yang membuat tampilan kolam Anda semakin menawan.

Disarankan agar Anda tidak memilih dekorasi yang terlalu rumit karena natinya Anda akan susah dalam membersihkannya.

Baca juga: Contoh kolam ikan yang cocok dibangun di rumah minimalis Anda

4. Perawatannya

Demi menjaga kualitas kesehatan ikan peliharaan Anda, lakukan pembersihan kolam secara berkala agar ikan tersebut terhindar dari penyakit. Anda bisa menggunakan filter khusus kolam agar kebersihannya semakin terjamin untuk terjaga.

Filter yang digunakan juga harus disesuaikan dengan ukuran kolam. Karena kolam yang besar juga akan membutuhkan filter yang besar pula.

Jadi kesimpulannya, memiliki kolam ikan di pekarangan rumah itu merupakan ide yang bagus. Namun untuk mewujudkannya diperlukan berbagai ide persiapan yang matang.

Jika semuanya bisa Anda handle maka kami yakin hasilnya akan maksimal. Semoga ulasan singkat tentang tips membuat kolam ikan di pekarangan rumah minimalis ini bisa bermanfaat. Salam. (ls)  editted by RN19102021, 17/02/2022 by diminimalis

lutfi.diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Agustus 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.