Beragam Manfaat dan Model Kolam Ikan Mini di Teras Rumah

Mau teras rumah terasa sejuk? Ide membuat kolam ikan mini di teras rumah adalah solusinya.

Suara gemericik yang diciptakan dari aliran air kolam ikan mini di teras rumah memberikan nuansa sejuk dan ketenangan bagi pemilik rumah maupun tamu yang berkunjung.

Manfaat Adanya Kolam Ikan di Teras Rumah

Ada banyak manfaat yang diberikan dengan adanya kolam ikan mini di teras rumah.

Dengan ukurannya yang tidak membutuhkan ruang lebar, tetap membuat tampilan rumah Anda menjadi lebih indah dan asri. Berikut ini manfaat adanya kolam ikan yang akan dirasakan oleh Anda :

Membuat Diri Lebih Sehat dan Segar

Adanya kolam ikan bisa menjadi ‘obat’ dari kepenatan yang dialami seseorang. Kolam ikan mini di teras rumah biasanya diletakkan di sudut dan sering menjadi spot favorit untuk melakukan relaksasi pikiran.

Dengan duduk santai sembari memberi makan ikan-ikan di kolam, Anda dapat merasakan ketenangan dalam pikiran. Terlebih dengan mendengar suara gemericik air dari kolam akan memberikan kesan relaksasi tersendiri bagi jiwa.

Dengan demikian diri akan menjadi lebih sehat dan segar. Tak hanya itu, memelihara ikan juga bisa menjadi hobi yang sangat mengasyikkan.

Melihat tanaman tumbuh di kolam ikan hias dari mulai kecil hingga dewasa dan berkembang biak secara tidak langsung ikut memberikan kebahagiaan pada diri sendiri.

Ikut Menjaga Keseimbangan Lingkungan

Dengan membuat kolam ikan mini di teras rumah, Anda sudah ikut andil dalam menjaga keseimbangan lingkungan. Keseimbangan lingkungan atau ekologi sendiri merupakan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan yang menjadi habitatnya.

Peran ikan dalam sebuah ekosistem sangatlah penting. Batang dan tanaman yang yang membusuk di kolam dapat dimakan oleh beberapa jenis ikan. Bahkan beberapa jenis ikan pula dapat memakan hama jentik nyamuk dan zat karbondioksida hasil respirasi ikan itu sendiri.

Selain itu, dengan adanya kolam ikan maka hewan lain pun ikut diberikan habitat.  Tidak hanya ikan yang dapat hidup, namun kolam ikan ini juga dapat menarik hewan lain di sekitar seperti capung, katak, maupun burung untuk menjadikannya tempat berkembang biak.

Berudu yang ada di kolam ikan dapat mengonsumsi alga, dan kodok atau katak dewasa juga dapat membantu mengendalikan populasi hama serangga yang ada. Sehingga, kolam ikan juga bisa menjadi tempat perlindungan bagi hewan di sekitar.

Memanfaatkan Ruang yang Masih Kosong

Lahan kosong yang terlalu luas di teras dapat Anda manfaatkan untuk membuat kolam ikan. Membuat kolam ikan dengan ukuran mini tentunya tidak akan menghabiskan lahan banyak. Lahan kosong ini dapat Anda sulap menjadi spot yang menarik.

Selain itu, lahan kosong yang dimanfaatkan menjadi kolam ikan mini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para tamu ataupun keluarga yang sedang berkunjung ke rumah. Terutama bagi anak-anak yang sangat menyukain keindahan alam.

Membuat Rumah Tampak Lebih Estetik

Desain rumah Anda akan terlihat lebih estetik dengan adanya kolam ikan. Bagi pemilik rumah dengan konsep minimalis, Anda juga dapat menjadikan kolam ikan mini di teras rumah menjadi inspirasi tersendiri.

Kolam ikan membutuhkan biaya perawatan yang rendah terlebih lagi jika ukurannya mini.

Suasana di teras rumah menjadi lebih enak dipandang. Ketika Anda merasa jenuh, kolam ikan ini akan memberi energi positif  sehingga mampu membuat suasana hati lebih tenang.

Agar lebih terlihat sejuk, Anda bisa menempatkan tanaman-tanaman hias di sekitar pinggir kolam ikan. Berikan spot yang agak luas untuk duduk-duduk santai maupun berkumpul bersama keluarga besar di rumah.

Desain yang semakin bagus akan semakin menigkatkan nilai estetik pada rumah Anda.

Memberikan Manfaat Pada Tumbuhan yang Ada di Sekitar Kolam

Ternyata, tidak hanya bagi hewan di sekitar, kolam ikan juga memberikan manfaat bagi tumbuhan yang ada di sekitarnya. Kolam ikan akan memberikan rangsangan pada tumbuhan agar tumbuh dengan lebih cepat namun tetap berkualitas.

Air kolam ikan terlebih lagi yang berwarna hijau memiliki kandungan fosfor dan nitrogen yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman. Nitrogen yang terkandung pada air kolam ikan dapat merangsang pertumbuhan daun, batang, dan cabang pada tumbuhan.

Model Kolam Ikan Mini di Teras Rumah yang Cantik

Setelah mengenal manfaat kolam ikan mini di teras rumah , tidak ada salahnya Anda langsung merancang model kolam yang seperti apa yang cocok dengan rumah maupun keinginan Anda.

Berikut ini beberapa model kolam ikan mini di teras rumah yang dapat dijadikan inspirasi untuk dibuat di rumah Anda:

Kolam Ikan Mini dengan Kaca

Kolam Ikan Mini di Teras Rumah

Jika Anda memiliki teras yang berukuran mungil, desain kolam ikan mini dengan kaca bisa menjadi pertimbangan untuk model kolam di rumah Anda. Desain ini dibuat dengan memberikan sekat ruang seadanya lalu dipasangkan keramik dengan pembatas kaca.

Meskipun ukurannya sangat mungil, namun sangat cocok untuk tipe minimalis dan tentunya lebih terlihat ikonik. Pemasangannya cukup sederhana dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Kolam Ikan Mini dengan Perpaduan Elemen Natural

Ingin rumah Anda terlihat asri dan segar? Desain kolam ikan minimalis batu alam yang dipadu dengan tumbuhan-tumbuhan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Anda dapat menambahkan elemen batu alam di sekeliling kolam dan tumbuhan-tumbuhan kecil. Ditambah dengan pengaplikasian air mancur kecil di tengah-tengah kolam membuat suasana rumah semakin nyaman.

Kolam Ikan Mini dengan Nuansa Kayu

Lapisan kayu yang dibuat sebagai dinding kolam ikan membuat tampilan rumah Anda menjadi natural. Desain ini dapat Anda gunakan untuk mempercantik dan memberikan kesan estetik bagi rumah Anda.

Agar lebih menarik, tambahkan tanaman hias di pot kecil dan letakkan di atas bibir kolam. Dengan tampilan ini, rumah akan terlihat lebih sejuk.

Bagian bibir kolam juga dapat digunakan untuk spot duduk santai sambil memberi makan ikan.

Baca juga: Mewujudkan Kolam Ikan di Pekarangan Rumah

Kolam Ikan Mini di Pojok Teras

Desain kolam ikan di pojok teras dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin memiliki kolam ikan mini di teras rumah tanpa membuat kesan sumpek. Anda dapat menempatkan kolam ikannya di pojok depan teras.

Dengan aksen tumpukan batu-bata akan membuat tampilan kolam ikan mini Anda menjadi unik. Dengan penempatan kolam di pojok teras, suasana teras serasa lebih natural.

Kolam Ikan Mini dari Batu

Kolam Ikan Mini di Teras Rumah

Desain kolam ini sangat unik, karena kolam yang terbuat dari batu alam yang besar ini akan memberikan kesan segar dan indah pada teras rumah Anda. Agar lebih segar dan hidup, Anda dapat menambahkan taman tropi sebagai penunjang tampilannya.

Karena ukurannya yang sangat minimalis, Anda dapat merancang desain sekitar kolam dengan tumbuhan-tumbuhan hijau yang segar dipandang mata.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat dan model kolam ikan mini di teras rumah yang dapat Anda pertimbangkan untuk mempercantik hunian. Jangan lupa lakukan perawatan yang rutin pada kolam ikan agar ikan tumbuh dengan sehat dan lingkungan rumah Anda tetap segar.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website