7 Kombinasi Cat Rumah Warna Biru Muda yang Bagus

Biru adalah warna yang indah, nuansa tenang dan ceria bisa diperoleh melalui warna ini. Memilih warna kombinasi cat rumah warna biru muda nantinya mampu memberikan kesan estetik dan berbeda.

Namun kebanyakan orang masih ragu dalam memilih kombinasi warna yang baik. Mengkombinasikan warna ternyata gampang-gampang susah.

Selain memperhatikan warna utamanya yakni biru muda, Anda juga harus mempertimbangkan warna-warna lain yang digunakan dalam rumah.

Untuk mempermudah dalam mengombinasikan warna, cobalah kuasai wawasan berikut ini;

5 Tips Menentukan Warna Kombinasi Cat Rumah Warna Biru Muda atau Lainnya

Memilih warna memang perkara mudah, bisa memadukan dengan warna gelap dan menghasilkan kesan seimbang. Memadukan warna soft jauh lebih berkesan minimalis dan estetik.

Anda perlu mengetahui ketika memilih warna cat tembok juga harus mempertimbangkan dasar dari konsep rumah yang ditempati. Bila beranggapan memilih cat perkara mudah, maka belum tentu jawabannya iya.

Permasalahannya setiap warna memiliki angka yang berbeda ketika Anda salah memilih nomor warnanya maka akan fatal hasilnya. Sebelum kesalahan itu terjadi pahami tips dalam mengkombinasikan warna berikut:

1. Perhatikan Konsep Desain Rumah

Desain rumah berfungsi sebagai pertimbangan dasar menentukan warna kombinasi. Dekorasi rumah bergaya klasik lebih cocok menggunakan warna dasar coklat, putih dan hitam, namun Anda bisa memilih warna biru tua sebagai kombinasi warnanya.

Hal ini akan menciptakan ruangan seperti yang Anda harapkan. Di Sisi lainnya, desain rumah akan menolong dalam membuat anggaran pengecatan rumah.

Pemetaan bagian-bagian yang akan dicat jauh lebih akurat, hasilnya cat yang terpakai jauh lebih sedikit. Anda bisa menghemat dengan menggunakan cara ini.

2. Gunakan Colour Wheel Saat Menentukan Warna

Memilih warna bisa dengan berbagai macam cara, bisa dengan mencari kontrasnya, mencari warna terdekat dan masih banyak lagi.

Anda bisa mempertimbangkan penggunaan warna tersebut dengan melihat pada colour wheel atau lingkaran warna.

Sekedar informasi bahwa dalam lingkaran warna ini hanya terdapat 4 warna primer sebagai dasar pengukuran. Sedangkan sisanya merupakan anakan dari warna primer yang dikenal sebagai warna sekunder dan tersier.

Tipsnya Anda bisa mencari colour wheel di internet sebelum menentukan  kombinasi cat rumah warna biru muda.

3. Pilihlah Warna Menggunakan Aturan 60-30-10

Ruangan yang monoton bisa tercipta karena pemilihan warna yang gagal. Warna yang tidak sesuai proporsinya cenderung bersifat norak dan tidak enak dipandang.

Sebenarnya ini bukanlah sebuah masalah besar, tetapi sangat disayangkan jika rumah impian Anda terlihat kumuh karena salah pilih cat.

Misalkan rumah itu akan dicat menggunakan tiga warna maka proporsinya adalah 60% warna utama, 30% lainnya adalah warna kedua, sedangkan sisanya adalah warna ketiga.

Maksud dari pemilihan warna ini adalah mengontrol proporsi penggunaan cat di dalam ruangan. Sehingga ruangan yang dihasilkan tampak indah dan bersih.

4. Pertimbangkan Pencahayaan Ruangan

Tidak kalah penting, selanjutnya Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana pengaruh warna cat pada ruangan tersebut.

Bagi sebagian orang ini tidaklah penting, perlu Anda ketahui saja bahwa warna cerah memerlukan sedikit cahaya dan itu berlaku sebaliknya.

Tidak masalah bila membuat komposisi warna kombinasi gelap terang, terpenting Anda menambahkan lampu tambahan.

Penempatan lampu akan mempengaruhi suasana dari ruangan yang ditempati, sehingga harapannya Anda bisa mempersiapkan lokasi dan dananya.

5. Menentukan Rule Of Three

Garis bingkai akan membantu menciptakan warna yang serasi, Anda juga bisa menyesuaikan warna yang dasar ruangan.

Trik menggunakan rule of three ini sudah ada sejak lama, umumnya para jasa desain interior rumah menggunakan cara ini untuk membuat kesan minimalis pada ruangan.

Rule of three tidak selalu menggunakan warna putih atau hitam saja, melainkan bisa menggunakan warna tertua dari warna utama.

Namun bila warna utamanya adalah warna gelap bisa menggunakan warna termudanya. Dengan begitu dapat menyesuaikan dengan warna yang Anda ambil.

7 Kombinasi Cat Rumah Warna Biru Muda yang Estetic

Kombinasi Cat Rumah Warna Biru Muda
Kombinasi Cat Rumah Warna Biru Muda

Biru muda sangat adalah warna yang bagus, selain bisa digunakan di outdoor warna ini tidak kalah cantik bila diaplikasikan ke indoor. Kesan dari ruangan yang memiliki warna biru muda adalah ceria, bersih dan minimalis.

Perpaduan warna nya juga beragam, sebagai pertimbangan berikut ini kombinasi cat rumah warna biru muda yang bisa dijadikan alternatif pilihan:

1. Biru Muda dan Putih

Kombinasi Cat Rumah Warna Biru Muda

Ide kombinasi cat rumah warna biru muda yang pertama adalah dengan warna putih.

Perpaduan warna putih dan biru muda rasanya sudah tidak asing lagi untuk para pecinta rumah minimalis.

Pemilihan kedua warna ini sangatlah unik karena melibatkan dua warna soft, meskipun demikian tetap berkesan hidup.

2. Biru Muda dan Pink

Pink menjadi pilihan  kombinasi cat rumah warna biru muda berikutnya yang tidak boleh dilewatkan. Saat menggunakan kombinasi ini, pastikan Anda juga menggunakan warna biru tua agar menciptakan keseimbangan yang nyata.

3. Biru Muda dan Abu-Abu

Siapa yang tidak suka dengan warna abu-abu? Rata-rata warna abu-abu ini dijadikan pilihan saat membicarakan cat.

Anda bisa menggabungkan biru muda dengan abu-abu agar bisa memadukan konsep rumah bergaya minimalis dan estetik.

4. Biru Muda dan Kuning

Ide kombinasi cat rumah warna biru muda selanjutnya yaitu dengan warna kuning. Berbeda urutannya dengan abu-abu, bila warna kuning digabungkan dengan biru muda maka yang akan dihasilkan adalah desain rumah bohemian.

Warna kuning gelap adalah pilihan terbaik karena bisa memantulkan cahaya. Ruangan yang tepat dengan pemilihan warna ini adalah ruang tamu dan ruang tidur.

5. Biru Muda dan Cream

Bingung memilih warna yang cocok untuk ruang baca, maka Anda bisa memadukan warna cream dan biru muda. Kesan yang ditimbulkan dari kedua warna tersebut adalah elegan dan santai.

Berada dalam rumah dengan cat seperti ini maka akan membuat Anda nyaman. Secara tidak langsung kombinasi cat rumah warna biru muda akan membantu menjaga pencahayaan di ruang baca.

Perlu Anda ketahui, bahwa sifat dasar warna biru adalah terang dan memantulkan cahaya. Artinya penghuni akan memiliki ruangan dengan pencahayaan yang sempurna.

6. Biru Muda dan Merah

Ingin menunjukan sisi liar dengan kombinasi warna yang berani sekarang bukanlah masalah. Warna merah hati atau maroon sangat mendukung sebagai kombinasi warna. Kesan berani dari warna merah ini akan menunjukan bahwa Anda pribadi yang tegas.

Baca juga: 11 Ide Kombinasi Cat Rumah Warna Cream Susu, Rumah Auto Elegan dan Estetik!

7. Biru Muda dan Orange

Terakhir, ide kombinasi cat rumah warna biru muda adalah dengan warna orange.

Warna yang dikombinasikan dengan kuning dan orange menimbulkan kesan ceria. Meskipun bagi sebagian orang perpaduan warna ini cenderung norak, tidak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai pilihan warna cat tembok di rumah.

Menciptakan perpaduan warna yang seimbang bisa ditunjang dengan pemilihan warna pada furniturnya. Ada baiknya warna yang ada dikombinasikan dengan sempurna dan mendetail agar bisa berkesan mewah, tanpa mengesampingkan kesan minimalis.

Pilihan-pilihan warna tersebut sangatlah memungkinkan untuk Anda tiru. Sesuaikan saja dengan antara kombinasi cat rumah warna biru muda dengan konsep ruangan yang hendak diciptakan. Dengan begitu rumah akan terkesan indah dengan nuansa biru muda.

Editor: UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

Tinggalkan komentar