Kriteria Rumah Minimalis Ideal, Begini Konsepnya!

Tahukah Anda apa saja kriteria rumah minimalis ideal itu? Dengan mengetahui apa saja kriteria rumah minimalis ideal maka tidak perlu khawatir soal hunian yang tidak sehat.

Kenapa banyak orang menyukai rumah minimalis padahal sudah banyak pilihan konspe lain yang juga tak kalah bagus?

Sebagian besar orang beralasan bahwa rumah minimalis merupakan salah satu tren hunian terbaik yang paling pas untuk ditempati di era seperti sekarang ini.

Terlebih lagi, hunian minimalis selalu bisa dibangun meski hanya dengan memanfaatkan lahan sempit dan terbatas. Selain itu, rumah minimalis memiliki desain yang unik dan menarik yang jarang dimiliki konsep hunian lain.

Rumah minimalis juga dianggap sebagai salah satu rumah masa depan modern yang tak akan lekang oleh zaman. Kebutuhan lahan yang meningkat sementara ketersediaannya menurun, membuatnya banyak dipilih untuk diusung sebagai hunian.

PR nya adalah tinggal bagaimana menyulap rumah minimalis yang biasa menjadi memiliki kriteria yang menjadi standar rumah sehat pada umumnya.

Nah, pada kesempatan kali ini, diminimalis akan mengajak Anda untuk berbincang mengenai apa saja kriteria rumah minimalis ideal itu.

Kriteria Rumah Minimalis Ideal, ukuran rumah ideal keluarga, ukuran stadar rumah , Lokasi Rumah Impian, Lokasi Rumah Idaman, Rumah Impian minimalis
contoh kriteria rumah minimalis ideal – narmadi.com/properti

Daftar Kriteria Rumah Minimalis Ideal yang Perlu Anda Ketahui

Rumah yang mana dihuni dalam jangka waktu yang lama sudah sewajarnya jika diatur sedemikian rupa agar nyaman, aman, dan sehat dipakai. Disinilah perlu kiranya ada kriteria yang harusnya melekat pada hunian minimalis Anda.

Secara umum, berikut ini beberapa kriteria rumah minimalis ideal yang mestinya Anda pahami:

1. Desain tepat guna

Poin yang secara umum masuk dalam kriteria rumah minimalis ideal pertama adalah tepat guna. Apa yang dimaksud tepat guna disini?

Jadi, meskipun desainnya terlihat sederhana, seluruh bagian rumah harus difungsikan dengan baik, efektif, dan efisien. Jika Anda butuh referensi, Anda bisa mengusung desain rumah klasik yang sudah banyak diadopsi saat ini.

Dengan penataan yang tepat maka akan membuat rumah minimalis Anda senantiasa nyaman untuk ditinggali.

2. Sirkulasi udara yang baik

Layaknya rumah dengan konsep apapun yang mengedepankan aspek kesehatan udara, rumah minimalis juga harus memperhatikan sistem pergantian (sirkulasi) udara.

Sisetm sirkulasi udara dibutuhkan agar ruangan terhindar dari lembab dan jamur. Selain itu, sirkulasi udara yang baik juga menjamin ruangan lebih sejuk dan sehat.

3. Air dan Sanitasi Lingkungan Bersih dan terjaga

Kriteria Rumah Minimalis Ideal, ukuran rumah ideal keluarga, ukuran stadar rumah , Tips Menata Rumah Tipe 36, Tips Menata Rumah Type 36, desain renovasi rumah type 36
Desain rumah tipe 36 dengan tata letak yang efisien – ilustrasi kriteria rumah minimalis ideal -narmadi.com/properti

Selain sirkulasi udara, air serta sanitasi lingkungan merupakan hal penting untuk diperhatikan.

Kebutuhan air yang sehat dan tercukupi serta sanitasi yang baik akan berdampak baik juga pada kesehatan penghuninya.

4. Tata letak ruang sebaiknya diatur serapi mungkin

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, tata letak ruangan dalam rumah menentukan masuk tidaknya dikategorikan sebagai rumah minimalis ideal.

Untuk itu, bagi Anda yang sedang mempersiapkan membangun rumah minimalis, Anda mesti cermat dalam menata ruangan-ruangan yang ada agar keberadaannya bisa efektif dan efisien.

Penataan yang rapi ini termasuk pada penataan perabot simpel seperti rak sepatu yang sebaiknya disusun secara vertikal. Kemudian lemari yang juga harus diatur dengan kebutuhan space seminimalis mungkin.

5. Eksterior yang hijau ditumbuhi pepohonan

Jika halamannya luas, maka membuatnya jadi green area adalah ide terbaik. Anda bisa mengisi halaman rumah minimalis Anda dengan pepohonan agar selalu memberikan suplai oksigen yang baik untuk kesehatan tubuh.

Suasana eksterior yang rindang bahkan akan membuat pikiran jauh lebih tenang dibandingkan area halaman yang gersang. Anda bisa mewujudkan poin yang jadi salah satu kriteria rumah minimalis ideal ini dengan cara simpel yaitgu menanam pohon.

6. Pencahayaan alami perlu diatur dengan baik

Sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor: 829/Menkes/SK/VII/1999. Rumah harus memiliki pencahayaan yang dapat menerangi seluruh ruangan dengan minimal intensitasnya 60 lux dan tidak menyilaukan.

Sayangnya, tak sedikit pemilik rumah yang abai akan sistem pencahayaan ini. Padahal, pencahayaan rumah yang baik menunjang kenyamanan beraktivitas sang pemilik rumah, baik itu di luar maupun di dalam rumah.

7. Kamar Tidur ditata dengan mengedepankan konsep kesehatan

Hal yang tidak kalah penting adalah tempat atau ruang tidur yang juga harus dibuat tata desainnya sesehat mungkin. Hal ini tidak lain karena Anda nantinya akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk beristirahat sehingga kenyamanan adalah yang utama.

8. Penataan Terbaik untuk Ruang Makan dan Dapur

Ruang makan tidak hanya digunakan untuk memenuhi nutrisi tubuh yang membutuhkan suply energi. Namun juga sebagai tempat berkumpulnya keluarga yang mungkin tidak setiap hari bisa makan bersama.

Oleh karena itulah, penataan ruang makan harus sehat dengan penerangan alami yang cukup sehingga tidak perlu terlalu banyak berinvestasi pada pembelian lampu. Hal yang sama berlaku juga untuk dapur dan tempat penyiapan makanan yang harus steril dan sehat.

Baca juga: Tips Menentukan Lokasi Rumah yang Ideal untuk Dihuni Jangka Panjang

9. Menjaga kebersihan rumah setiap waktu

Apapun gaya rumahnya, kebersihan tidak bisa disepelekan. Rumah minimalis meski kebanyakan ukurannya kecil juga membutuhkan perawatan yang maksimal.

Kebersihan ruangan patut diperhatikan terutama area yang sering menjadi sarang kuman dan bakteri seperti kamar mandi serta dapur.

Jangan biarkan sampah menumpuk dan barang-barang berserakan. Hal tersebut akan membuat rumah minimalis tampak tak nyaman ditempati tentunya.

Pada dasarnya, kriteria rumah minimalis ideal sejatinya hampir sama seperti kriteria rumah pada umumnya. Rumah minimalis menjadi pilihan alternatif untuk memiliki hunian dengan dana yang juga minimalis.

Meski demikian, beberapa hal seperti kebersihan dan kerapian harus benar-benar dijaga agar terhindar dari kesan sumpek. Anda tidak bisa meletakkan beberapa barang begitu saja.

Anda harus memikirkan bagaimana mengatur ruangan agar terlihat lebih luas tanpa terkesan hampa. Miliki rumah minimalis yang nyaman, ideal dan unik sebagai investasi jangka panjang dengan profit yang menguntungkan setiap tahunnya.

Dengan memahami apa saja kriteria rumah minimalis ideal, Anda akan lebih mudah nantinya dalam menyusun rencana pembangunan rumah minimalis impian Anda. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN23112021, 17/02/2022 by diminimalis

lutfi.diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Agustus 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.