5 Kriteria Septic Tank ideal untuk Rumah Sehat

Kriteria septic tank ideal sudah harus dipahami dari sekarang. Mendengar kata septic tank mungkin terlintas bayangan tempat pembuangan yang jorok dan kotor.

Meski begitu septic tank tetap memiliki syarat yang harus dipenuhi karena terkait dengan sanitasi. Pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan memberikan penjelesan seputar kriteria septic tank yang sehat.

Kriteria Septic Tank ideal dan Sehat

Kriteria Septic Tank ideal, Kriteria desain Septic Tank, konstruksi septic tank yang baik
contoh kriteria septic tank ideal – narmadi.com/properti

Di bawah ini kami ulas untuk Anda tentang beberapa kriteria septic tank yang sehat dan ideal, beberapa kriteria tersebut diantranya :

1. Digunakan hanya untuk membuang limbah kakus

Ini merupakan kriteria sederhana namun sering diabaikan. Septic tank memiliki fungsi sebagai pembuangan akhir kotoran manusia.

Limbah rumah tangga seperti pembalut, tisu, maupun sampah lainnya perlu dihindari agar septic tank dapat bekerja maksimal sesuai peruntukannya.

2. Memiliki bentuk tanpa sudut

Kriteria septic tank sehat yang kedua adalah memiliki bentuk atau model tanpa sudut. Septic tank dengan sudut persegi dapat menghambat mikroba untuk mengurai kotoran.

Mikroba tersebut akhirnya menempel pada sudut septic tank. Septic tank yang baik dibuat dengan pola melengkung agar mikroba dapat mengurai dengan sempurna.

3. Memiliki saluran yang lancar

kriteria septick tank ideal, bio septic tank, harga septic tank bio, cara kerja septic tank biotech
Kriteria septic tank ideal dengan instalasi sanitasi modern – narmadi.com/properti

Saluran septic tank harus terbebas dari mampet. Agar septic tank terhindar dari mampet, septic tank dapat dibuat dengan kemiringan kurang lebih 2%. Saluran septic tank juga sebaiknya dibuat lebih besar agar pembuangan mengalir dengan lancar.

4. Disesuaikan dengan jumlah penghuni rumah

Berdasarkan data yang dihimpun dari SNI, untuk jumlah penghuni rumah 5 orang, maka ukuran septic tank yang dibutuhkan adalah 1,2 m3 untuk volume basah, 0,45 m3 untuk ruang lumpur dan 0,4 m3 batas ambang.

Semakin banyak jumlah penghuni rumah, maka ukuran septic tank semakin besar.

5. Menggunakan biogolical system

Dulu pembuangan septic tank dibuat dengan jarak yang relatif jauh. Seiring perkembangan teknologi, septic tank dapat dibuat dalam jarak dekat.

Teknologi biological membuat mikroba mampu mengurai feses lebih cepat dan maksimal. Selain itu, sistem filtrasi dan tabung disinfektan dapat mencegah lingkungan dari limbah kotoran.

Kriteria septic tank sehat menjamin rumah dalam keadaan bersih. Selain itu, memperhatikan kriteria septic tank dapat menghindarkan Anda dan keluarga dari ancaman penyakit.

Dengan menerapkan 5 poin penting di atas, mudah-mudahan septic tank di rumah Anda sehat dan berfungsi maksimal.

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang beberapa kriteria septic tank yang sehat dan ideal pada rumah minimalis Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang septic tank biotech untuk rumah Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls), Editted 13/01/2022 by diminimalis

Baca juga: Septic tank biotech sanitasi ramah lingkungan untuk rumah Anda

lutfi.diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Agustus 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.