9 Ide Lantai Dapur Minimalis untuk Tampilan Mewah

Dapur merupakan area yang harus safety saat dipakai untuk beraivitas harian. Untuk itu, salah satu yang penting adalah memilih lantai dapur minimalis yang pas agar tidak licin dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Sebaiknya jika anda sedang mencari model lantai dapur usahakan cari yang tidak mudah kotor. Sebab, lantai dapur cenderung lebih sering kotor karena aktivitas memasak yang dilakukan.

Sebaiknya anda pilih jenis lantai dapur yang mudah perawatannya dan memiliki kekuatan yang baik, sehingga tidak mudah rusak nantinya.

Beberapa orang bahkan memakai keramik lantai untuk dapur yang tidak licin, hal ini menjadi pilihan terbaik agar lantai tetap aman saat dipijak.

Pilihan Lantai Dapur Minimalis Untuk Tampilan yang Elegan dan Mewah

Lantai Dapur Minimalis
Lantai Dapur Minimalis

Berikut ini beberapa inspirasi dan model lantai dapur minimalis untuk hunian yang dapat anda terapkan.

Lantai Dapur Minimalis Porselen

Lantai dapur jenis porselen merupakan tipe lantai yang cukup populer dan banyak dipilih untuk lantai dapur minimalis.

Jenis material ini dikenal mampu bertahan lama, mudah dibersihkan, dan mempunyai beragam pilihan warna, pola, serta tekstur yang dapat disesuaikan dengan gaya desain dapur minimalis.

Anda dapat memilih porselen dengan motif polos yang dapat memberikan kesan bersih, atau anda juga bisa memilih jenis porselen dengan motif atau pola yang menarik yang dapat memberikan sentuhan visual yang unik pada lantai dapur anda.

Lantai dapur jenis porselen juga dikenal mempunyai kualitas yang baik dan mampu bertahan dalam segala kondisi. Dengan perawatan yang benar, lantai porselen dapat bertahan dalam jangka yang lama.

Lantai Dapur Minimalis Kayu

Lantai dapur kayu dapat memberikan sentuhan yang alami dan hangat pada dapur minimalis anda. Anda dapat memilih jenis kayu yang tahan terhadap kelembapan, seperti kayu berteknologi tinggi yang tahan air.

Lantai kayu dapat memberikan rasa hangat dan nyaman dibawah kaki anda. Kayu juga memiliki sifat isolasi termal yang baik dan menjaga suhu ruangan agar tetap nyaman.

Lantai Vinyl

Vinyl merupakan alternatif yang tepat dan populer untuk lantai dapur minimalis. Bahan lantai jenis vinyl juga tahan terhadap air, mudah dibersihkan, dan awet.

Model lantai vinyl juga hadir dalam berbagai pilihan model dan desain, serta tekstur yang mirip dengan material seperti kayu, batu, atau ubin keramik.

Anda dapat memilih vinyl dengan tampilan yang sesuai dengan gaya desain dapur minimalis anda.

Vinyl juga dapat memberikan tampilan yang elegan dan aestetik dengan biaya yang cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan material lantai dapur minimalis lainnya.

Permukaan vinyl yang tahan lama dan mudah dibersihkan membuat perawatannya menjadi lebih mudah.

Lantai Dapur Minimalis Beton Polos

Jika anda menginginkan desain dapur modern dan industry, lantai beton polos bisa menjadi solusinya. Jenis lantai beton polos dapat memberikan kesan minimalis dan bersih pada dapur.

Anda juga dapat membiarkan lantai beton terlihat polos atau memberikan sentuhan finishing seperti pola tercetak agar semakin terlihat modern dan minimalis.

Lantai Dapur Minimalis Batu Alam

Jenis batu alam seperti marmer, granit, atau travertine dapat memberikan tampilan yang mewah dan elegan pada lantai dapur minimalis.

Batu alam dikenal mempunyai keindahan alami dan tahan lami. Namun, perlu diingat bahwa batu alam membutuhkan perawatan yang khusus dan mungkin memerlukan sealing yang teratur untuk menjaga keindahannya agar tetap awet dan tahan lama.

Lantai Dapur Minimalis Bata Merah

Lantai keramik dapur selanjutnya adalah keramik batu bata merah. Keramik jenis ini dikenal tidak licin dan dapat menambah kesan minimalis pada dapur anda. Selain itu, warna merahnya juga dapat memberikan kesan hangat pada dapur.

Tidak hanya berwarna merah, keramik jenis ini juga mempunyai berbagai warna yang dapat dikombinasikan sehingga menghasilkan kesan gradasi warna yang cantik. Keramik bata merah juga dapat membuat tampilan dapur terlihat menjadi lebih unik dan minimalis.

Lantai Dapur Minimalis Batu

Rekomendasi keramik lantai dapur minimalis selanjutnya adalah mengguakan bebatuan alam. Jenis lantai seperti ini terkenal awet karena terbuat dari batu alami sehingga menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin dapur tampak unik, alami, dan sejuk.

Tidak hanya itu, lantai dapur dari batu juga tidak licin karena materialnya juga tidak membuat licin serta mudah untuk perawatannya, sehingga tentunya sangat aman ketika sedang beraktivitas didapur.

Lantai Dapur Minimalis Granit

Lantai granit menjadi pilihan lainnya yang digunakan menjadi lantai dapur. Permukaan granit yang sedikit kasar membuat lantai dapur tidak licin ketika terkena cipratan air maupun minyak.

Meski memiliki tekstur yang cenderung kasar, lantai dapur dengan material granit tidak akan memberikan kesan yang tidak nyaman ketika diinjak dengan kaki secara langsung.

Selain itu, menggunakan granit sebagai keramik lantai dapur juga akan menambah kesan mewah pada dapur anda.

Bagian ruang masak juga akan terlihat lebih elegan apabila warna lantai granit yang dipilih sesuai dengan tema furniture dan cat dinding pada dapur.

Lantai Dapur Minimalis Semen

Semen juga dapat dijadikan sebagai pelapis lantai dapur. Semen dapat digunakan sebagai lantai dapur karena permukaannya yang tidak licin, sehingga aman untuk digunakan untuk dijadikan sebagai lantai. Dapur dengan lantai semen juga dapat memberikan tema industrialis pada dapur anda.

Supaya lebih menarik dan elegan, padukan lantai semen dengan furniture bergaya klasik dan modern.

Tips Memilih Keramik Lantai Dapur Minimalis dan Tidak Licin

Setelah mengetahui rekomendasi model dan desain lantai dapur minimalis, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memilih model lantai dapur.

Hal ini dikarenakan bukan hanya dari model, dan material yang digunakan juga tidak kalah penting untuk diperhatikan.

Berikut beberapa tips memilih lantai dapur yang perlu anda ketahui.

  • Tekstur Kesat

Tips pertama yang harus anda perhatikan adalah memilih tekstur lantai yang akan dipakai. Hal ini dikarenakan dapur merupakan area yang rentan terkena kotoran, baik dari minyak, atau cipratan air atau sabun saat mencuci piring. Pilihlah keramik lantai yang bertekstur kesat.

  • Warna Terang

Dapur adalah area yang mudah kotor, karenannya hindari pemilihan warna lantai dapur yang gelap.

Keramik dapur dengan warna yang cenderung terang dapat membuat suasana dapur menjadi lebih nyaman untuk beraktivitas.

  • Motif yang Tepat

Memilih motif yang tepat juga suatu keharusan. Terdapat banyak motif diluar sana untuk keramik lantai dapur yang menarik. Pastikan motif yang dipilih sesuai dengan keinginan dan konsep desain yang diusung.

Itulah pembahasan mengenai tips memilih lantai dapur minimalis yang harus anda ketahui. Pastikan juga anda menyiapkan semua anggaran untuk membuat dapur elegan dan minimalis.

Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

Tinggalkan komentar