8 Keunggulan dan Kelemahan Lantai Marmer

Dalam dunia desain interior, sekarang ini banyak sekali elemen dekorasi yang bisa dieksplorasi.

Salah satunya pada elemen lantai dimana ada banyak jenis material lantai yang bisa dipilih. Lantai marmer adalah satu dari sekian banyak jenis lantai yang bisa dipakai.

Adapun keunggulan utama dari jenis marmer sebagai maerial lantai adalah strukturnya yang kuat danĀ  warnanya yang mengkilap.

Dua keunggulan inilah yang banyak dijadikan sebagai alasan orang-orang memilih lantai marmer sebagai material interior mereka.

Meski keunggulan tersebut cukup mendominasi, namun bukan berarti lantai marmer tidak memiliki kekurangan, diantaranya harganya lebih mahal dan pemasangannya harus dilakukan oleh ahli.

Untuk pemnbahasan selengkapnya tentang plus minus lantai dari bahan marmer akan dibahas pada lanjutan paragraf di bawah ini. Selamat membaca!

Sejarah Penggunaan Marmer

lantai marmer, lantai marmer rumah, harga lantai marmer per meter
marmer putih yang elegan – narmadi.com/properti

Lantai marmer sendiri sudah dipergunakan sebagai lantai rumah di berbagai belahan dunia selama berabad-abad yang lalu. Marmer merupakan batuan sedimen yang terbentuk melalui tekanan dan panas.

Marmer biasanya ditambang dalam potongan besar kemudian dipotong menjadi lempengan, blok ataupun ubin.

Potongan ini kemudian diasah rata dan dipoles hingga mengkilap. Bisa juga dengan bantuan porcelanix lantai agar lebih maksimal hasilnya.

Dunia desain interior saat ini mengedepankan banyak hal seperti kualitas, kemudahan instalasi, hingga jaminan estetika yang tidak main-main. Untuk tiga aspek ini para pelaku usaha menukarnya dengan harga yang lebih mahal dibandingkan material lain.

Namun yang mesti disadari oleh para konsumen adalah ketiga aspek tersebut seharusnya sudah mampu jadi alasan untuk menggunakannya.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Marmer untuk Rumah

Seperti sudah disinggung di awal bahwa marmer bukan satu-satunya material lantai terbaik unuk dipilih. Sebab akan tetap ada sisi-sisi minus dari jenis ini.

Namun untuk Anda yang merupakan penggemar material interior berbahan marmer pasti tidak akan ambil pusing dengan kekurangan-kekurangan tersebut.

Di bawah ini kami ulas tentang kelebihan dan kekurangan lantai berbahan dasar batu marmer untuk rumah minimalis Anda. Semoga cukup kuat sebagai bahan pertimbangan Anda akan memilih marmer atau bahan lain untuk lantai rumah Anda.

Kelebihan

  1. Bahan alami marmer memberikan motif yang beragam dan tidak sama pada setiap potongannya.
  2. Bisa memberikan kesan mewah pada rumah Anda.
  3. Daya tahan terhadap beban relatif tinggi sehingga lebih tahan lama.
  4. Mampu menetralkan suhu di dalam dan di luar ruangan
lantai marmer, lantai marmer rumah, harga lantai marmer per meter
marmer harga per meternya relatif mahal,namun berbanding lurus dengan kesan mewah yang akan Anda dapatkan – narmadi.com/properti

Kekurangan

  1. Harganya relatif mahal.
  2. Proses pemasangannya membutuhkan keahlian khusus dan memakan waktu.
  3. Memiliki pori-pori, sehingga noda susah dihilangkan jika tidak diberi lapisan pelindung.
  4. Akan membekas jika tergores. Jadi, untuk kamar-kamar yang rawan gores bisa ditambahkan karpet lantai.

Tips Perawatan Marmer

Karena lantai marmer memiliki pori-pori, untuk itu diperlukan beberapa langkah untuk merawatnya, diantaranya :

1. Pastikan lantai marmer selalu dalam keadaan kering. Bila marmer terkena tumpahan minuman atau cairan seperti susu, tinta, kopi atau bahan kimia lain, harap segera dilap sebelum noda tersebut mengering.

2. Gunakan pembersih lantai yang lembut dengan pH netral. Hindari penggunaan pembersih lantai yang terlalu keras karena zat kimianya dapat mengurangi kilap lantai marmer Anda.

3. Bersihkan dan lap lantai secara teratur untuk mengurangi debu kasar yang dapat menggores mamer.

4. Lindungi ruang masuk lantai dengan keset untuk mengurangi debu yang masuk.

5. Hindari penggunaan marmer di daerah terbuka yang sering terkena hujan atau panas, karena asam dan zat kimia yang terkandung dalam hujan akan mengurangi kilap marmer.

6. Lapisi lantai marmer dengan lapisan pelindung minimal dua kali setahun untuk melindunginya dari noda.

Dari uraian kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh lantai marmer, tentu Anda punya perspektif tersendiri. Anda bisa memilih mana yang paling pas dengan rumah Anda.

Jika ingin menggunakan lantai keramik atau lantai kayu, maka pasti juga ada kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Hanya saja untuk lantai memiliki nilai lebih pada sisi keawetan dan tampilannya yang glossy sehingga menambah kesan elegan pada interior rumah.

Lantai marmer cocok digunakan untuk rumah bergaya Mediterania atau rumah modern karena akan menambah kesan elegan dan menawan. Marmer akan pas dipasang di ruang tamu, ruang keluarga atau ruang makan.

Bila hendak dipasang di daerah yang sering terkena basah atau noda seperti kamar mandi dan dapur, marmer perlu dilapisi pelindung untuk memudahkan perawatannya.

Demikian ulasan kami tentang kelebihan dan kekurangan lantai marmer sebagai bahan dasar lantai rumah minimalis Anda. Semoga bermanfaat. (ls) editor: RN 05022020, 03/02/2022 UN

Lutfi N

Menulis seputar property sejak tanggal 7 Agustus 2016. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar konsep hunian. Topik yang disukai adalah topik yang mengedepankan kenyamanan tempat tinggal.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *