9 Model Lemari Gantung Dapur Kayu Minimalis untuk Kesan Lebih Estetis

Tidak sedikit orang yang ingin menghadirkan lemari gantung dapur kayu minimalis di area memasak ataupun ruang makan bersama keluarga. Pasalnya, lemari kayu minimalis memang selalu menyiratkan kesan khusus pada siapa pun yang melihatnya.

Mulai dari kesan historis, futuristik, estetik, dan sederet perasaan kagum lainnya pada lemari kayu. Di samping karena tampilannya, lemari gantung bermaterial kayu juga dapat memberikan keuntungan yang maksimal.

Dalam hal daya tahannya yang tinggi, ruang penyimpanan lebih terjamin aman untuk makanan atau bahan baku, serta minim risiko lembap.

Selain itu, masih banyak lagi benefit yang bisa didapatkan jika Anda memiliki lemari gantung dapur kayu minimalis sebagai bagian penting rumah Anda.

Tips Menghadirkan Lemari Gantung Kayu Minimalis untuk Dapur

Di pasaran, Anda tentu bisa dengan mudah menemukan lemari gantung dapur kayu minimalis.

Seperti halnya rak bumbu dapur gantung minimalis yang sudah banyak dipakai secara terpisah, lemari gantung juga bisa sekaligus sebagai tempat menyimpan bumbu-bumbu dapur.

Namun, mencari yang sesuai dengan gaya rumah Anda bisa jadi sedikit sulit. Oleh karena itu, alternatif untuk mendapatkan furnitur tersebut dengan gaya yang diinginkan adalah membuatnya atau memodifikasinya.

Untuk diketahui, terdapat beberapa poin yang harus diperhatikan jika ingin lemari gantung kayu yang dihadirkan sesuai dengan nuansa dapur Anda. Di antara poin-poin tersebut adalah sebagai berikut:

Model Lemari Gantung

Poin pertama yang harus Anda perhatikan saat akan menghadirkan lemari gantung berbahan kayu dengan gaya minimalis adalah modelnya. Meskipun diketahui bahwa gaya minimalis identik dengan kesederhanaan, Anda perlu memastikan desain di tiap bagian lemarinya.

Misalnya, model pintu lemarinya akan dibuat seperti biasanya, dijadikan pintu geser, dihadirkan dengan gorden, atau yang lainnya.

Selain model pintu, Anda mungkin berniat memberikan sentuhan tertentu pada lemari. Contohnya, memberikan ukiran, mengecat dengan satu warna atau dua warna, dan ide-ide kreatif lainnya..  

Ukuran Lemari Gantung

Poin kedua yang penting diperhatikan agar lemari gantung dapur kayu minimalis tampak sesuai dengan gaya dapur Anda adalah ukurannya. Setiap dapur pasti memiliki ukuran tertentu, entah itu 3 m x 2 m, 4 m x 4 m, atau lebih besar lagi.

Mengingat hal itu, Anda harus memastikan ukuran lemari gantungnya pas. Tidak terlalu kecil untuk area masak yang lega dan tidak terlalu besar bagi dapur sempit.

Biasanya, ini bisa ditentukan dengan ukuran dan berapa banyak jumlah ruang yang ingin dihadirkan dalam lemari.

Posisi Penempatan Lemari Gantung

Poin terakhir ialah posisi penempatan lemari gantungnya. Secara umum, penempatan lemari gantung biasanya di antara dua sudut tembok sehingga lemari berbentuk L shaped. Selain itu, ada juga yang menempatkan di dinding, tepatnya di atas meja kompor.

9 Model Lemari Gantung Dapur Kayu Minimalis

Jika Anda belum mendapatkan ide sendiri soal model lemari gantung dapur kayu minimalis, informasi di bawah ini bisa dijadikan referensi. Langsung saja simak selengkapnya, yuk!

1. Lemari Gantung Klasik

Di antara dua sudut, lemari gantung bisa ditempatkan di salah satu di temboknya. Dengan model klasik, lemari menampilkan warna kayu dan pola urat yang alami. Ini akan membuat dapur Anda terkesan lebih menyejukkan mata.

Namun, atmosfer ruangan terkesan lebih hangat, terlebih jika di tembok satunya lagi diberikan jendela dengan gorden kayu warna vintage brown.

2. Lemari Gantung Pintu Kaca

Lemari gantung pintu kaca bisa jadi opsi terbaik jika Anda ingin menampilkan kesan spacious pada ruang memasak. Model lemari ini bisa dihadirkan dengan warna putih yang terkesan elegan.

Sementara itu, model kacanya bisa dibuat tanpa sekat ataupun dilengkapi sekat kayu agar menampilkan kesan klasik.

3. Lemari Gantung Nuansa Earthy

Lemari gantung dengan nuansa earthy biasanya menampilkan warna-warna shabby chic. Oleh karena itu, lemari ini lebih cocok ditempatkan di dapur dengan ukuran sempit atau sedang.

Dengan warna-warna yang terkesan lembut, dapur Anda bakal terasa lebih teduh. Terlebih jika temboknya juga dicat dengan warna shabby.

4. Lemari Gantung Kaca Bening Sekat Dapur

Berbeda dari model pada umumnya, lemari gantung dapur kayu minimalis bisa diposisikan di area perbatasan dapur dan ruangan lainnya. Sehingga, fungsinya tak sekadar lemari dapur, tetapi penyekat juga.

Model lemari gantung kekinian ini sangat pas dijadikan pilihan oleh Anda yang memiliki rumah minimalis dengan ruang terbatas. Pasalnya, bisa memberikan kesan luas pada rumah Anda.

Adapun cara menempatkan lemari model ini bisa dengan membangun tiang terlebih dulu. Supaya tiang tersebut bersifat multifungsi, pastikan membuatnya dengan ukuran besar dan struktur solid.

Anda bisa membuatnya dengan bebatuan. Dengan begitu, tiang tersebut juga bisa dijadikan tempat menyimpan hal lain, misalnya lampu gantung, pigura, lukisan, atau bahkan pot tanaman dinding.

Baca juga: 15 Inspirasi Model Lemari Dapur Aluminium Minimalis Terpopuler

5. Lemari Rak Gantung Abu-Abu

Warna abu-abu bisa memberikan kesan lebih tenang pada ruangan. Jika dapur Anda dicat dengan warna putih atau abu-abu, model lemari gantung dapur kayu minimalis satu ini bisa dipilih sebagai furnitur.

Pada model ini, lemari dihadirkan tanpa adanya pintu sehingga lebih pas disebut rak. Jadi, jika Anda tertarik menghadirkan lemari gantung model ini, sebaiknya gunakan untuk menaruh barang saja.

Jika dipakai untuk menyimpan bumbu, pastikan tempat bumbunya selalu ditutup rapat sebelum disimpan.

6. Lemari Gantung Kayu Kombinasi Besi dengan Bukaan Samping

Model lemari gantung dapur kayu minimalis ini bisa dihadirkan dengan kayu sebagai permukaannya sementara tiang-tiangnya dibuat dari besi. Untuk pintunya dapat dihadirkan dengan kaca buram plus bukaan samping. Sementara itu, warna terbaiknya adalah hitam agar terkesan lebih premium dan menarik.

7. Model Lemari Gantung Rustic

Lemari gantung rustic bisa dihadirkan dengan meja kompor di bawahnya. Dominasi warna cokelat menjadi ciri khas dari model lemari gantung ini.

Selain itu, ada juga pintu kaca yang dibuat transparan tanpa sekat sehingga menampilkan kesan estetik. Apalagi jika di dalamnya ditaruh tempat bumbu dengan model rustic juga.

8. Lemari Gantung dengan Gorden Minimalis

Bagi Anda yang minim budget dan ingin menghadirkan lemari gantung di dapur, model satu ini bisa jadi alternatif. Lemari gantung dengan gorden minimalis menampilkan bentuk layaknya rak.

Namun bedanya, ada gorden yang bisa disesuaikan motifnya dengan preferensi masing-masing. Misalnya, menggunakan gorden karakter kartun, gorden floral, gorden polos, atau yang lainnya.

Baca juga: 14 Desain Dapur dan Taman Belakang Rumah Minimalis Terbaik dan Estetik

9. Lemari Gantung Dapur Kayu Minimalis

Kombinasi pintu kaca dan pintu kayu bisa dihadirkan bersamaan di satu model lemari. Kemudian, untuk kesan yang lebih lapang, lemari ini sebaiknya dihadirkan dalam warna kayu alami dan ditempatkan di antara sudut tembok. Anda juga bisa menata meja kompor dan meja wastafel di area tersebut.

Dapur yang nyaman sebetulnya bukan hanya bisa dihadirkan karena keberadaan lemari gantung. Namun, tergantung pada kebersihan dan suasananya.

Supaya Anda bisa menghadirkan dapur nyaman dan bersih, lemari gantung dengan model tepat bisa dihadirkan. Jika bingung dengan modelnya, referensi lemari gantung dapur kayu minimalis di atas bisa dipertimbangkan.

9 Model Lemari Gantung Dapur Kayu Minimalis untuk Kesan Lebih Estetis 1