Skip to content

9 Langkah Memasang Wallpaper Dinding dengan Mudah

Kegiatan memasang wallpaper dinding umumnya dilakukan oleh tukang spesialis pemasangan wallpaper. Jasa mereka biasanya satu paket dengan pembelian wallpaper yang kita beli di toko.

Banyak orang lebih mempercayakan pemasangan wallpaper dinding rumah mereka kepada tenaga profesional, demi mendapat hasil yang maksimal.

Wallpaper dijual dalam bentuk roll dengan lebar tertentu, yaitu 50 cm sampai 130 cm, dengan panjang roll 10 meter sampai 50 meter. wallpaper merupakan material yang cukup rentan dengan kelembapan.

Ketika seseorang ingin memasang wallpaper, pastikan permukaan dinding benar-benar kering karena wallpaper tidak akan bisa benar-benar merekat sempurna pada permukaan dinding yang lembab, sehingga dapat mengakibatkan kertas dinding cepat rusak.

Jika Anda termasuk orang yang senang dengan sesuatu yang praktis tentunya lebih memilih menggunakan wallpaper dibandingkan harus repot mengecat rumah.

Ragam desain wallpaper juga lebih bervariatif dan tentunya akan memudahkan Anda dalam menentukan tema ruangan.

Tapi, material cat juga tak kalah menyuguhkan banyaknya ragam warna yang dapat Anda gunakan untuk mengkreasikan dinding rumah sesuai dengan selera Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan wallsticker sebagai alternatif penutup dinding selain wallpaper.

Wallsticker sendiri merupakan alternatif menghias dinding ynag lebih simpel dari wallpaper. Karena kegunannya hanya sebatas hiasan, walsticker tidak bisa diandalkan sebagai penghias dinding.

Memasang Wallpaper Dinding 3D, kenapa tidak?

Bagi Anda pemilik rumah minimalis, memasang wallpaper dinding 3d bisa Anda akan mampu menghadirkan jangkauan visual tak terbatas. Anda bisa membuat seolah rumah Anda menembus dengan alam bebas di rimba nan jauh disana.

Inovasi dari desain Interior untuk rumah minimalis memang tak ada habisnya, terlebih ide dalam menggunakan desain wallpaper 3d ini, semakin bisa mengekspresikan karakter diri dari pemilik rumah.

Wallpaper merupakan jenis bahan yang digunakan untuk menutupi dan menghiasi dinding rumah atau gedung.

Alasan orang mempercayakan pemasangan wallpaper kepada tukang profesional, karena masih banyak yang belum paham tentang tata cara memasang wallpaper dinding dengan tahapan yang benar. Terlebih bila belum tahu peralatan dan bahan-bahan yang nantinya akan digunakan.

Wallpaper banyak dipasang di dinding karena memiliki corak yang beragam dan tahan terhadap api, sehingga mampu meredam kebakaran. Ada beberapa jenis bahan wallpaper,  yaitu vinni wallpaper, pre-pasted walpaper, lining paper.

1. Vinni wallpaper merupakan kertas dinding berlapis PVC yang membuatnya lebih kuat dan tahan air.

2. Pre-pasted walpaper merupakan kertas dinding yang dibuat dengan lapisan belakang bahan adesif koring.

3. Lining paper merupakan kertas dinding yang digunakan di bawah kertas dinding untuk memberi tampilan yang lebih baik.

Wallpaper dijual dalam bentuk roll dengan lebar tertentu, yaitu 50 cm sampai 130 cm, dengan panjang roll 10 meter sampai 50 meter. wallpaper merupakan material yang cukup rentan dengan kelembapan.

Ketika Anda ingin memasang wallpaper, pastikan permukaan dinding benar-benar kering. Karena wallpaper tidak akan bisa benar-benar merekat sempurna pada permukaan dinding yang lembab, sehingga dapat mengakibatkan kertas dinding cepat rusak.

Langkah-Langkah Memasang Wallpaper Dinding

memasang wallpaper dinding
memasang wallpaper dinding

Dengan memasang wallpaper sendiri, Anda bisa menghemat anggaran yang mestinya dialokasikan untuk membayar jasa tukang profesional. Berikut tata cara memasang wallpaper dengan benar.

1. Bersihkan dinding terlebih dulu

Sebelum memasang wallpaper dinding, pastikan dinding yang akan dilapisi wallpaper benar-benar bersih dan kering, karena dinding yang kotor dan lembab, dalam waktu lama akan merusak wallpaper.

2. Siapkan Peralatan yang Akan Digunakan

Peralatan yang diperlukan diantarnya:  alas plastik, tangga, cutter, pensil, penggaris dan meteran, lem untuk wallpaper dinding.

3. Pengukuran

Ukur panjang dan lebar bidang yang akan dilapisi wallpaper. Sesuaikan lebar bidang dengan lebar wallpaper.

4. Pemotongan

Potong panjang wallpaper menjadi beberapa bagian sesuai dengan kebutuhan. Lihat petunjuk pemasangan pada kertas keterangan di setiap kemasan.

5. Posisi

Tandai posisi wallpaper dengan pensil. Gunakan alat bantu berupa benang dengan alat pemberat agar lurus dan rapi.

6. Pengeleman

Setelah bidang dinding siap, campur lem dengan air. Buatlah dalam dua ember terpisah, yaitu lem untuk bagian sambungan dan lem untuk keseluruhan. Lem bagian sambungan lebih kental, sehingga daya rekatnya lebih tinggi. Lakukan tahapan ini secara perlahan.

7. Menempel

Tempel wallpaper dengan hati-hati. Perhatikan marking yang telah Anda buat sebelumnya memakai pensil.

8. Sambungan

Pada bagian sambungan, gunakan lem yang lebih kental. Sapukan dengan kuas khusus pada bagian ini.

9. Meratakan

Ratakan wallpaper yang telah terpasang dengan penggaris. Potong sisa wallpaper dengan cutter. Gunakan spons untuk menyerap kelebihan lem. Proses ini juga berfungsi untuk meratakan wallpaper dinding.

Demikian ulasan kami tentang cara memasang  wallpaper dinding sendiri di rumah Anda. Semoga berguna. (ls.) editted by RN13122019, 11/08/2022 by UN.

Leave a Reply

Your email address will not be published.