Skip to content

5 Cara Membersihkan Kaca Aquarium dengan Alat dan Bahan Sederhana

Membersihkan kaca aquarium merupakan suatu keharus bagi Anda yang memelihara ikan di dalam aquarium. Hal ini menjadi sangat penting mengingat kebersihan aquarium akan sangat berpengaruh dengan kelasungan hidup hewan atau tumbuhan yang ada didalamnya.

Aquarium yang bersih juga akan semakin enak dipandang dan bisa menambah keindahan ruangan Anda. Terlebih jika aquarium tersebut diletakan di ruang tamu, sehingga menjadi suatu keharusan aquarium tetap dalam keadaan bersih.

Oleh karena itu, perlu bagi Anda untuk selalu rajin membersihkan aquarium. Namun, tidak dapat dipungkiri pekerjaan ini menjadi salah satu pekerjaan rumah yang jarang dilakukan karena rasa malas atau adanya alas an lainnya.

Nah, bagi Anda yang akan membersihkan aquarium, berikut beberapa cara membersihkan aquarium dengan alat dan bahan sederhana, sehingga tidak merepotkan Anda dan tidak menjadi beban yang terlalu berat untuk Anda.

Membersihkan kaca aquarium dengan pasta gigi dan sikat

Tips pertama untuk aquarium yang berlumut adalah dengan membersihkannya menggunakan pasta gigi (odol) dan sikat. Seperti yang diketahui bahwa pasta gigi ini mengandung bahan pemutih. Jika digunakan untuk membersihkan kaca pada aquarium, membantu mengangkat lumut dan kotoran lebih efektif.

Hal pertama yang dilakukan adalah sediakan sikat (bebas menggunakan sikat apa saja), setelah itu sediakan pasta gigi dengan merek apa saja. Kemudian, oleskan pasta gigi pada permukaan kaca aquarium yang hendak dibersihkan.

Lalu, gosok permukaan tadi menggunakan sikat untuk menghilangkan lumut. Langkah terakhir adalah bilas aquarium tersebut menggunakan air bersih. Jika masih terdapat lumut pada kaca, lakukan tahapan pembersihan dari awal sampai akhir hingga kaca aquarium bersih seperti semula.

Membersihkan kaca aquarium menggunakan jeruk nipis dan soda kue

Tips yang ke dua adalah cara membersihkan kaca aquarium dengan menggunakan jeruk nipis dan soda kue. Cara ini dapat Anda gunakan jika aquarium yang Anda miliki berkerak.

Campuran kedua bahan tersebut dapat mengangkat kerak lebih mudah karena kandungan asam yang tinggi. Cara membersihkannya adalah pertama siram aquarium terlebih dahulu dengan air. kemudian gosok bagian yang berkerak agar nodanya sedikit terangkat.

5 Cara Membersihkan Kaca Aquarium dengan Alat dan Bahan Sederhana 1
membersihkan kaca aquarium via i0.wp.com

Setelah itu, siram bagian berkerak menggunakan perasan air jeruk nipis dan jangan lupa untuk menambahkan bubuk soda kue setelahnya. Kemudian, diamkan beberapa menit agar kedua bahan tersebut bekerja mengangkat kerak.

Untuk hasil yang lebih bersih, Anda bisa kembali menggosoknya dengan sikat. Setelah itu bilas aquarium dengan air bersih, dan Aquarium siap digunakan kembali. Untuk menghindari kerak muncul kembali, lakukan perawatan pada aquarium secara teratur.

Membersihkan kaca aquarium dengan sitrun dan air hangat

Tips yang ke tiga adalah membersihkan kaca aquarium dengan menggunakan sitrun dan air hangat. Sitrun adalah salah satu bahan pemutih yang berbentuk butiran kecil seperti gula pasir tetapi lebih putih. Bahan satu ini memiliki kadar keasaman yang tinggi dan memang sering digunakan untuk bahan pembersih lainnya seperti memutihkan pakaian.

Untuk kaca aquarium, sitrun dapat membersihkan dan mematikan jamur. Cara pengaplikasiannya adalah yang pertama siapkan sitrun secukupnya, kemudian tuangkan pada bagian yang berjamur.

Tunggu beberapa menit, lalu gosok menggunakan sikat pembersih. Karena sitrun berbentuk butiran, siram menggunakan air hangat untuk melarutkannya. Setelah disiram menggunakan air hangat, kemudian bisa Anda gosok menggunakan sikat, kemudian bilang dengan menggunakan air bersih.

Membersihkan kaca aquarium dengan menggunakan detergen dan cairan pembersih

Tips yang ke empat adalah membersihkan kaca aquarium dengan menggunakan detergen dan cairan pembersih. Deterjen adalah bahan pembersih yang biasa digunakan sehari-hari untuk membersihkan noda pada pakaian atau perabotan lain. Deterjen juga bisa digunakan membersihkan noda kaca aquarium yang akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan cairan pemutih.

Pertama-tama, kaca aquarium yang kotor bisa dibasahi menggunakan air. setelah itu, tuangkan cairan pemutih dan diamkan beberapa saat. Hal ini dilakukan untuk mengangkat noda yang ada lebih mudah. Setelah itu bilas menggunakan air bersih.

Lalu, tuangkan deterjen bubuk bisa juga deterjen cair pada kaca. Tambahkan sedikit air untuk membuatnya berbusa, dan gosok menggunakan sikat. Setelah dirasa sudah bersih, bilas kaca menggunakan air bersih.

Penggunaan deterjen dan cairan pemutih membuat kaca aquarium lebih bersih. Karena keduanya adalah bahan pembersih yang efektif. Sedangakan deterjen mempunyai bahan pewangi untuk menetralisir bau dari cairan pemutih yang memiliki bau menyengat.

Membersihkan kaca aquarium dengan bahan cuka

Tips yang ke lima adalah membersihkan kaca aquarium dengan bahan cuka. Kandungan asam pada cuka yang tinggi, ampuh membersihkan noda seperti kerak, dan lumut pada kaca aquarium. Karena kandungan cuka yang bisa dibilang terlalu keras, maka Anda perlu mencapurnya dengan menggunakan air sebelum diaplikasikan pada kaca aquarium.

5 Cara Membersihkan Kaca Aquarium dengan Alat dan Bahan Sederhana 2
membersihkan kaca aquarium via semutmulia.com

Setelah dicampurkan, masukan bahan tersebut kedalam botol semprot yang sudah dibersihkan. Perlu diingat bahwa kaca yang akan dibersihkan harus dalam kondisi kering agar bahan cuka dapat bereaksi secara maksimal. Lalu semprotkan larutan cuka ke permukaan kaca aquarium.

Setelah beberapa menit, gosok bagian tersebut menggunakan kain atau koran berkas hingga bersih. Selanjutnya, bilas dengan air bersih. Jika masih terdapat noda pada kaca, ulangi cara di atas sampai kaca bersih.

Untuk kaca aquarium yang buram, Anda dapat menggunakan campuran cuka dan alkohol yang dilarutkan menggunakan air. Kemudian, semprotkan ke permukaan kaca dan gosok bagian tersebut. Maka kaca aquarium akan lebih bening dari sebelumnya.

Membersihkan kaca aquarium dengan pembersih kaca khusus

Tips yang selanjutnya adalah membersihkan kaca aquarium dengan pembersih kaca khusus. Pembersih kaca khusus ini juga sudah banyak beredar di pasar, sehingga Anda dapat menemukannya dengan mudah.

Pembersih ini dianggap sangat efektif dan efisien, karena penggunaannya yang mudah. Cukup dengan menuangkan cairan pembersih khusus ini pada bagian yang bernoda. Lalu, gosok bagian tersebut menggunakan spon atau sikat. Maka, kaca aquarium akan bersih seketika.

Namun, jika Anda memilih bahan pembersih ini, Anda perlu mengeluarkan budget lebih mahal dibandingkan bahan sederhana di atas.

Membersihkan kaca aquarium secara alami

Tips yang terakhir adalah membersihkan kaca aquarium secara alami. Cara ini dapat Anda pilih jika Anda termasuk orang yang malas membersihkan kaca aquarium. Caranya adalah dengan memelihara ikan sapu-sapu di dalam aquarium.

5 Cara Membersihkan Kaca Aquarium dengan Alat dan Bahan Sederhana 3
membersihkan kaca aquarium via bersihinaja.com

Hal tersebut bisa Anda pilih karena ikan sapu-sapu merupakan ikan pemakan segalanya termasuk lumut dan alga. Sehingga dapat dipastikan aquarium yang Anda miliki akan bersih dari lumut yang mungkin ada di dalam aquarium.

Jadi aquarium akan terlihat bersih tanpa harus repot membersihkannya. Jadi bagi Anda yang tertarik dengan cara ini, Anda bisa mencobanya dengan memelihara ikan sapu-sapu.

Demikian beberapa tips cara membersihkan kaca aquarium. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa cara tersebut yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sehingga, diharapkan bisa membantu Anda dalam memiliki aquarium yang bersih.

Semoga informasi di atas bisa memberikan banyak kebermanfaatan bagi Anda semua, khususnya bagi Anda yang sedang bingung terkait cara membersihkan kaca aquarium. (fy)

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.
Tags:
nv-author-image

fisa yasinta

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 5 Mei 2019. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *