9 Tips Memilih Apartemen untuk Investasi Masa Kini

Tips Memilih Apartemen untuk investasi masa kini menjadi salah satu tips yang banyak dicari. Terlebih bagi kaum muda yang sudah mulai tertarik ke dunia investasi.

Investasi apartemen menjadi salah satu pilihan properti yang cocok untuk investasi terbaik yang dapat dipilih. Bisa Anda gunakan sebagai objek sewa yang kemudian akan menghasilkan pendapatan. Atau dapat juga Anda jual lagi dikemudian hari.

Nah, bagi Anda yang masih bingung dan membutuhkan tips memilih apartemen untuk investasi, berikut tips-tips yang dapat Anda gunakan untuk investasi pada apartemen.

Apartemen memiliki surat-surat yang lengkap

Tips yang pertama adalah Anda harus mengecek apakah apartemen tersebut memiliki surat-surat yang lengkap atau tidak. Jadi, sebelum membeli apartemen, pastikan terlebih dahulu apakah apartemen tersebut memiliki kelengkapan surat-surat.

Ini adalah hal paling dasar dan krusial yang harus dipastikan. Apartemen yang tidak memiliki surat, patut dipertanyakan hak kepemilikannya.

Surat-surat yang harus dicek antara lain seperti sertifikat tanah, yang menjelaskan kepemilikan tanah yang dibangun apartemen tersebut. Sehingga akan lebih jelas apakah tanah tersebut milik pribadi atau milik pemerintah.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui surat ijin mendirikan bangunan atau biasa disebut dengan IMB. Surat ijin ini menjadi salah satu surat yang penting dan harus ada saat akan mendirikan bangunan apartemen.

IMB merupakan perizinan yang diberikan kepada daerah atau kepada pemilik bangunan untuk mendirikan banguanan, mengubah dan melakukan perawatan bangunan sesuai dengan administratif dan teknis yang berlaku.

9 Tips Memilih Apartemen untuk Investasi Masa Kini 1
tips memilih apartemen via akamaized.net

Sehingga siapa saja yang tinggal di dalam apartemen tersebut akan lebih nyaman dan aman. Tapa khawatir akan adanya gusuran atau hal-hal yang tidak diinginkan, karena surat-surat yang dibutuhkan sudah ada semua.

Tips memilih apartemen harus dari developer terpercaya

Tips yang ke dua adalah memilih apartemen harus dari developer yang terpercaya. Hal ini harus ada ketahui terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk membeli suatu apartemen.

Siapakah developer apartemen tersebut menjadi hal yang penting dan harus Anda ketahui. Cari tahu juga track record dari pengembang tersebut. Jika track recordnya baik, Anda bisa memilih apartemen tersebut.

Namun jika track recordnya jelek, lebih baik Anda tidak membeli apartemen tersebut. Hal ini menjadi salah satu hal yang akan membuat Anda lebih nyaman dan aman jika tingga di dalam apartemen.

Apartemen memiliki lokasi yang strategis

Tips yang ke tiga adalah lokasi apartemen. Lokasi menjadi salah satu hal yang perlu Anda perhatikan. Apalagi jika akan Anda gunakan sebagai objek sewa-menyewa.

Lokasi akan sangat berpengaruh pada pengambilan keputusan sewa. Terutama bagi siapa saja yang ingin melakukan transaksi sewa. Karena sewa sifatnya hanya sementara, jadi pilihlah lokasi yang strategis agar bisa memudahkan mobilitas penghuninya.

Lokasi yang strategis misalnya lokasi yang dekat dengan pusat perbelanjaan, dekat dengan tempat ibadah, dekat dengan sekolah atau kampus serta pelayanan publik. Jadi diharapkan bisa memudahkan penghuni apartemen untuk memenuhi kebutuhan dan memudahkan aktivitas sehari-harinya.

Lingkungan sekitar apartemen yang sudah berkembang

Tips memilih apartemen yang ke empat adalah memilih apartemen dengan lingkungan yang sudah berkembang. Misalnya adalah daerah yang menjadi pusat bisnis.

Hal ini menjadikan kemungkinan aktivitas di lingkungan tersebut akan lebih banyak dan kebutuhan akan hunian, seperti apartemen juga akan meningkat. Jadi memilih untuk membeli apartemen di daerah yang sudah berkembang adalah suatu hal harus Anda perhatikan.

Mempertimbangkan fasilitas internal penunjang

Tips memilih apartemen yang ke lima adalah dengan mempertimbangkan fasilitas internal penunjang yang ada di apartemen tersebut. Semakin lengkap fasilitasnya dan semakin baik desain interiornya akan menaikkan harga jual.

Apalagi jika Anda menambahkan berbagai furnitur mewah pada unit apartemen, ini akan semakin meningkatkan harga jual dan investasi karena pertambahan nilai barang.

Jadi bagi Anda yang sedang akan memilih apartemen, hal ini perlu Anda perhatikan juga dan semoga dengan adanya tips ini akan membantu Anda dalam pengambilan keputusan memilih apartemen yang tepat untuk berinvestasi.

Mencari unit apartemen dengan view terbaik

Tips memilih apartemen yang ke enam adalah dengan mencari unit apartemen yang miliki view yang indah. Pemandangan yang disajikan menjadikan hal yang bisa mempengaruhi pengambilan keputusan.

9 Tips Memilih Apartemen untuk Investasi Masa Kini 2
tips memilih apartemen via awsimages.detik.net.id

Pemandangan luar apartemen yang bagus bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang bisa menjadi faktor penentu apakah seseorang mau tinggal disitu atau tidak. Jadi bagi Anda yang hendak membeli apartemen ini bisa menjadi salah satu hal yang bisa Anda pertimbangkan.

Pertimbangan waktu yang tepat

Tips memilih apartemen yang ke tujuh adalah pertimbangan waktu membeli apartemen yang tepat. Apakah pada saat penjualan sedang ada promo atau membelinya dengan harga yang normal.

Pembelian saat waktu promo dengan adanya diskon biasanya adalah waktu yang banyak digunakan oleh orang-orang untuk membeli apartemen. Hal ini menjadi salah satu keuntungan tersendiri karena mendapatkan potongan harga.

Sehingga pengeluaran uang akan lebih sedikit dibandingkan ketika membeli apartemen dengan harga yang normal (tanpa adanya potongan). Jadi saat ada diskon jangan sampai Anda lewatkan dan harus memanfaatkannya dengan baik.

Memilih apartemen dengan hasil yang jelas

Tips memilih apartemen yang ke delapan adalah memilih apartemen dengan hasil yang jelas. Apartemen yang masih dalam masa pembangunan tetapi sudah ditawarkan untuk dijual, patut diselidiki terlebih dahulu.

Jangan sampai Anda salah pilih dengan memilih unit apartemen yang tidak memiliki target pasar dengan jelas. Hal ini menjadi patut diperhatikan, apakah bangunan ditunjukkan untuk wisatawan atau pekerja kantoran dan atau mahasiswa.

Dengan target pasar yang jelas, Anda bisa menentukan apakah apartemen tersebut layak dibeli atau tidak dilihat dari segi lokasi, desain bangunan, dan kelengkapan fasilitas di dalamnya. Jika masih ragu-ragu Anda bisa berkonsultasi dengan orang yang mengetahui properti dengan baik.

Pertimbangan harga dan pembayaran

Tips yang terakhir adalah pertimbangan harga dan pembayarannya. Sebelum membeli apartemen, Anda perlu membandingkan mana harga yang lebih murah dengan kelebihan yang lebih banyak. Jelas, itu akan menguntungkan Anda.

9 Tips Memilih Apartemen untuk Investasi Masa Kini 3
tips memilih apartemen via flokq.com

Carilah harga apartemen yang masuk dalam budget yang sebelumnya sudah ditentukan agar terhindar dari masalah keuangan. Karna nantinya, apartemen memerlukan banyak biaya perawatan dan pembayaran pajak bangunan. Jika Anda kehabisan biaya di awal pembelian maka akan sangat merugikan.

Namun jika Anda ingin yang lebih dari budget, Anda bisa melakukan pembayaran dengan cara cicilan per tahap. Cicilan ini akan dipermudah jika Anda membayarkannya langsung kepada developer karena tidak memerlukan syarat-syarat khusus.

Demikian beberapa tips yang dapat Anda terapkan ketika hendak memilih apartemen yang tepat untuk investasi. Poin-poin tersebut menjadi hal yang penting diperhatikan dan dipertimbangkan sebelum Anda mengambil keputusan memilih apartemen.

Semoga dengan adanya informasi di atas, Anda bisa mendapatkan apartemen impian yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Sehingga apartemen tersebut bisa menjadi apartemen yang bisa memberikan banyak kebermanfaatan untuk Anda semua. (fy)

fisayasinta

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 5 Mei 2019. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.